P. 1
1

1

|Views: 1|Likes:
Published by fiefie

More info:

Published by: fiefie on Feb 26, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/17/2014

pdf

text

original

1) Tugas hidup manusia yang utama dan esensial adalah beribadah (Dzariat:56, Hijr:99).

2) Pedoman hidup yang utama dalam menjalankan tugas hidup tersebut adalah Al-Qur’an dan Sunah Rosul (An’am:116, 153; Yunus:57-58; Hijr:41-42; Nahl:42-44, 64, 89; Baqarah:213). 3) Bahwa niat utama menjalankan tugas hidup adalah mencari ridho Allah (Lail:18-21; Hijr:40). 4) Tujuan jangka panjang dalam menjalankan tugas hidup adalah kehidupan akhirat yang baik yakni masuk sorga (Imron:133; Fajr:27-30, An’am:32) dan terhindar atau selamat dari neraka (Baqarah:24; Nahl:85; An’am:27-30; Fatir:36-37; Ali Imron:16). 5) Tujuan jangka panjang itu baru bisa dirasakan setelah manusia mengalami kematian yang pasti akan dijumpai (Jum’at:8; Nahl:61). 6) Di samping tujuan jangka panjang, manusia juga memiliki tujuan jangka pendek yaitu kehidupan dunia yang baik (Nahl:97; Sof:13; Hud:61; Qasas:77). 7) Untuk mencapai tujuan jangka pendek dan jangka panjang, manusia pasti menghadapi cobaan atau rintangan dan godaan (Mulk:2; Kahfi:7; Baqarah:49, 155-157, 214; Ambiya: 3435, 86-87; Haji:52-53; Furqan:18-20; Ankabut:2-7; Hijr:39). 8) Bahwa dalam mencapai tujuan dan menghadapi cobaan dan godaan, manusia harus bersikap takwa (Khaser:18; Thalaq:2-3; Nahl:42) dan sabar (Baqarah:153, 155). 9) Sejalan dengan sikap sabar dan takwa, manusia secara akal dan perbuatan harus tetap berusaha (Ro’du:11; Ankabut:69), dengan menyusun suatu rencana (Khaser:18), kerja atau pelaksanaan rencana secara berurutan/sistematis dan sungguh-sungguh (Alam Nasyrah:7). 10) Manusia juga harus selalu melakukan kontrol diri/evaluasi diri (Rum:36, 41; Khaser:18-19), yang selalu disertai rasa bersyukur atas apa yang telah dimiliki sampai saat ini (Ibrahim:7). 11) Dalam segala usahanya manusia harus diperkuat dengan do’a dan minta pertolongan kepada Allah sang pencipta karena pada hakikatnya semua di dunia ini telah ditakdirkan oleh Yang Maha Kuasa (Rum:37; Baqarah:153, 155; A’rof:205-206; Al-Isro’79-81, 108-110).

TIPS SUKSES MENYUSUN TUGAS AKHIR Setiap mahasiswa yang menempuh dunia pendidikan pasti menginginka lulus cepat dengan nilai yang sangat bagus. Namun, realitanya tak sedikit mahasiswa yang justru terhambat saat menyelesaiakan tugas akhir sehingga kuliahnya menjadi berlarut-larut dan tidak lulus bahkan ada yang hingga harus drop out. Dalam menyikapi hal tersebut ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menempuh kuliah agar cepat lulus dan cepat menyelesaikan tugas akhirnya: Buatlah planing masa studi Ketika kuliah bisanya hanya mengalir begitu saja tanpa adanya planing yang jelas waktu kelulusan yang dharapakan. Walaupun hal ini kelihatannya sepele namun penting karena dengan memiliki planing yang jelas maka planing itulah yang akan mengarahkan studi kita. Buatlah planing ini seawal mungkin agar lebih mudah untuk mencapainya.

Sesibuk apapun usahakan tugas akhir tersebut tetap ber jalan walaupun sedikit demi sedikit. Selalu berdoa Tugas akhir adalah pintu untuk mendapatkan gelar akademis atau predikat kelulusan. ketika pengerjaan tugas akhir tidak fokus maka akan berpengaruh pada pengembangan konsep awal penelitian. Ketika sudah memiliki gambaran bidang yang akan didalami maka segeralah mencari masalah yang terkait dalam bidang tersebut. karena rasa malas inilah banyak mahasiswa yang hancur didunia perkuliahan. Konsultasikan jika mengalami kesulitan Ketika mengalami kesulitan saat penelitian atau pengerjaan tugas akhir segeralah berkonsultasi dengan dosen pembimbing atau dosen lain yang faham mengenai masalah tersebut agar mendapatkan jalan keluarnya dan tidak berlarut-larut. Jangan takut mengajukan proposal Sebelum membuat tugas akhir biasanya didahului untuk menyusun proposal rancangan penelitian. . justru itu jadikan pijakan untuk terus melangkah. Saat inilah masa terberat dalam menempuh studi. Fokuskan pengerjaan Saat pengerjaan inilaha biasanya terbengkelai karena berbagai alasan. Jangan lupa berdoa pada Tuhan agar dimudahkan. Sehingga masalah itu nantinya dapat dipecahkan dengan melakukan penelitian saat penyusunan tugas akhir. Buang jauh-jauh rasa malas Rasa malas adalah kendala terbesar saat penyusunan tugas akhir. Yang sering dialami adalah takut pada dosen pembimbing karena sering dikritik mengenai tugas akhirnya. Hal ini jangan menjadika putus asa justru jadikan kritikan itu sebagai semangat untuk bisa menyusun tugas akhir dengan sebaik-baiknya. diberi kelancaran saat pengerjaan tugas akhirnya dan segera dapat lulus. Buang jauh-jauh rasa itu.Rencanakan tugas akhir sejak awal Ketika masuk perguruan tinggi mestinya sudah ada bayangan apa yang akan didalami dalam jurusan tersebut. Disinilah awal perjuangan panjang dimulai. karena tugas akhir tidak akan dapat selesai hanya dengan bermalsa-malasan. Jangan takut dengan dosen Saat pengerjaan tugas akhir biasanya dipandu oleh beberapa dosen pembimbing. pada saat pengajuan proposal usahakan judul sudah matang termasuk rancangan penelitian yang akan dilaksanakan. Jangan takut jika ditolak dosen. Jadikan dosen pembimbing sebagai tempat untuk berkonsultasi dan berdiskusi mengenai penelitian tersebut. Karena semakin berlarut-larut akan semakin menyita waktu pengerjaan tugas akhir tersebut.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->