Ujian Akhir Semester 1 Estetika Analisa Produk

Disusun Oleh : Demi Ariati Budi DG – 1A
POLITEKNIK NEGERI JAKARTA Jl. Prof. Dr. G.A Siwabessy, Kampus Baru UI Depok 16424

Gambar .

PRODUK : PT.kue dan makanan ringan.60182 Indonesia Untuk PT.2000 Komposisi : GARAM KALIUM IODAT Garam meja beryodium DOLPIN BRAND penyedap masakan. Susanti Megah.61219 Indonesia FINNA FOOD Kode Produksi : Baik digunakan sebelum : Des 2016 . 01 . Susanti Megah – Surabaya 60182 Indonesia untuk PT.DOLPIN Garam Konsumsi Beryodium Mengandung KLO3 > 30 ppm BPOM RI MD 245713009113 Diproduksi oleh PT. Surabaya .3556 . Cocok untuk segala masakan maupun untuk kue . Mutu dan kebersihan terjamin. Pangan Lestari. dapat dipakai langsung didapur maupun di meja makan. Pangan Lestari – Sidoarjo 61219 Indonesia Berat Bersih : 500 g SNI. sidoarjo .

Tipografi pada judul “DOLPIN” font berukuran besar .lumba. Ruang  Pada kemasan.Garis    Pada kemasan . . .3 cm Nilai Warna  Layout pada kemasan berwarna putih transparan.Terdapat subjudul “ Garam Konsumsi Beryodium “ yang menggunakan font lebih kecil dari “ DOLPIN”. dibawah lumba – lumba terdapat ilustrasi seperti air berwarna biru. pada tulisan SNI.karena layoutnya transparan.Ukuran kemasan 23.2 cm x 11. yaitu persegi panjang. dan BOLD. diatas dan dibawahnya terdapat garis lurus vertikal. terdapat tulisan: . ilustrasi lumba . garis berwarna hitam. Bentuk yang simple membuat blok teks lebih mudah Tekstur  Kemasan menggunakan bahan plastik. jenis font san serif. yaitu san serif berukuran besar dan berwarna hitam agar dapat terfokus dan dapat langsung terbaca oleh pembaca. Di dalam garis. didesain memberikan banyak ruang pada layout nya. agar terfokus pada merk produk. jadi memiliki tekstur licin. Font yang digunakan simple. san serif dan BOLD . Bentuk  Kemasan berbentuk geometri.Terdpat ilustrasi Lumba – lumba berukuran besar . Dibagian paling atas dan paling bawah terdapat garis nerwarna biru yang didalam nya terdapat tulisan DOLPIN dan ilustrasi lumba . Ukuran  Pada kemasan. terdapat outline berbentuk persegi panjang menghadap keatas yang pada garis atas melengkung. didesain ada garis besar membentuk persegi panjang yang atasnya melengkung. tulisan DOLPIN berwarna hitam pekat.lumba berwarna hitam putih. Posisi garis berada di tengah.

Pada bagian depan kemasan terdapat tulisan SNI dan lambang “halal”. Dan ukuran kemasan yang besar mempengaruhi isi. dengan begitu konsumen dapat menggunakan produk lebih banyak karena garam adalah bumbu dapur yang sangat penting untuk memasak.Brand yang digunakan adalah Finna Food dengan font san serif. Tetapi pada sub judul sedikit tidak terlihat karena font berwarna hitam dan layoutnya berwarna biru tua. Jadi garam sering dipakai dan sering habis. Banyak Spasi yang ada pada kemasan bertujuan agar terfokus pada tulisan dan memberikan istirahat pada mata. Maksud dari desain adalah garam dibuat dengan cara dikumpulkan dari laut. maka dibuat kemasan yang lebih besar. ada ilustrasi lumba – lumba yang seolah – olah sedang berenang di laut. bold berwarna biru tua. Karenna transparan. . Penekanannya pada kemasan garam yang berwarna putih transparan . Dibawah tulian DOLPIN. Judul terbaca karena menggunakan font yang besar dan berwarna hitam dengan didukung layout transparan dan garam berwarna putih. produk yang ada didalam nya terlihat jelas dan meyakinkan didalam nya adalah garam asli. membuktikan bahwa mutu dan kebersihan terjamin. Ada baik nya sub judul menggunakan warna font yang lebih cerah. Kemasan berbentuk simple dan pada bagian atas dan bawah kemasan memiliki bentuk bergelombang membuat konsumen dengan mudah membuka kemasan.

Gambar .

Toha KM 3. Moch. Moch. bubuk whey. modified potato starch . emulsifier. 00210047950508 BPOM RI MD 834310216027 Berat bersih : 200 g Komposisi : Gula.Haan Wippy Cream TOPING BUBUK INSTANT TOPPING POWDER Saran Penyajian / Serving Suggestion Diproduksi oleh / produced by : PT. tanggerang 15113 Indonesia Untuk / for PT. Tanggerang 15113 Indonesia LPPOM. SEELINDO SEJAHTERATAMA JL. GANDUM MAS KENCANA JL. pati kentang termodifikasi Ingredients : Sugar. whey powder. Toha KM 3. Pengemulsi Nabati.

Kebutuhan energi anda mungkin lebih tinggi Atau lebih rendah. (± 00 – 50 C) . Air es 400 cc. Haan Commodity Goods Baik Digunakan sebelum tanggal /Best Before : Kode Produksi/Production Code : 22 April 2014 112161007 Resep/Recipe Wippy 200 g.Informasi Nilai Gizi Takaran saji 20 g Jumlah sajian per kemasan 10 JUMPAH PER SAJIAN Energi Total 420 kkal Energi dari lemak 10 kkal % AKG* Lemak Total Protein Karbohidrat Total Gula Natrium 1 g 2% 1 g 2% 18 g 6% 8g 45 mg 2% *Persen AKG berdasarkan energi 2000 kkal.

Shaved Ice (adequate). aduk sampai merata. Cara Membuat/How To Prepareta  Tuangkan air kopi manis dingin ke dalam gels. Haan Wippy Cream (4 tbsp). Collata Chocolate Stick (1). Daun mint (1 lbr). chocolate stick.Wippy 200 g. and chinnamon powder.  Add one oart of “wippy: to 2 parts of ice water.  Masukkan es serut serta tambahkan sedikit susu kental manis  Kemudian diatasnya dihias Haan Wippy Cream. Mint leaft (1). daun mint. Haan Wippy Cream (4 sdm).  Kocok dengan mixer tangan (kecepatan tinggi) sampai mengembang selama ± 3-4 menit. SEELINDO SEJAHTERATAMA . Iced Cappucinno Resep/Recipe Es serut (secukupnya). Kayu manis bubuk (secukupnya). (± 00 – 50 C) Cara Membuat/How To Prepare  Tambahkan satu bagian “wippy” dengan 2 bagian air es. Susu kental manis (2 sdm). Diproduksi oleh/produced by : PT. dan sedikit taburan kayu manis bubuk. Ice Water400 cc. Colatta Chocolate Stick (1 batang). mix until dissolved  Beat with hand mixer for at least 3 to 4 minutes. Air Kopi manis dingin (150 ml).  Pour cool sweetened coffee into a tall glass  Add shaved ice into the glass and add condensed milk  Decorate with Haan Wippy Cream. cokelat stick. Cinnamon powder (adequate). Condensed milk (2 tbsp). mint leaft. Cool sweetened cofee (150 ml).

terdapat tulisan “Haan” untuk merk nya yang ukurannya lebih kecil dari tulisan “Wippy Cream”.JL. Ukuran kemasan 19.Indonesia Untuk/for PT. Moch. Moch. buah anggur Nilai Warna     Tulisan Haan berwarna merah.9 cm x 14. Toha KM 3. Toha KM 3.1 cm x 2. Sedangkan sub judul menggunakan font san serif berukuran lebih kecil dari judul. Judul “Wippy Cream “ menggunakan font san serif warna putih dengan ukuran paling besar dari teks yang lain agar pembaca terfokus pada produknya dan ditambah dengan dibagian belakang judul terdapat bentuk abstrak menegaskan judul “Wippy Cream”. tanggerang 15113 . untuk menjelaskan judul. . jenis font san serif Layout pada kemasan berwarna coklat muda Bentuk abstrak di belakang tulisan “Wippy Cream” warna pink. GANDUM MAS KENCANA JL.5 cm Terdapat gambar kue berukuran besar yang diatasnya dihiasi cream. buah ceri. kacang almond. Tanggerang 15113 Indonesia Garis  Terdapat garis untuk memisalkan tulisan “Toping Bubuk” dengan “Instant Topping Powder” Bentuk  Kemasan Berbentuk Persegi Tekstur  Ruang  Pada kemasan didesain sedikit ruang kosong Kemasan terbuat dari kardus Ukuran    Pada kemasan. mengguakan jenis font dekoratif Tulisan Wippy Cream berwarna putih.

buah anggur. begitu juga jarak antar kolom berdekatan . Sedikit ruang kosong. Didalam kemasan terdapat bungkusan yang berisi produk. . Jadi isi akan lebih aman. Fokus pada cream nya yang lebih terlihat jelas bahwa produk dalam kemasan ini adalah cream dan diperkuat oleh judul produk yaitu “Wippy Cream” Penekanannya ada pada judul produk yaitu “Wippy Cream” yang ukuran font nya sangat besar dan berwarna putih. jarak antara teks dengan tepi dekat. terbuat dari aluminium. buah ceri.Font yang digunakan pada brand “haan” adalah dekoratif dan berwarna merah agar pembaca dengan mudah dapat menghafal brand tersebut Pada kemasan terdapat gambar kue berukuran besar yang diatasnya dihiasi CREAM. bersih. kacang almond. menonjol dari pada yang lain. terjamin mutu nya dan titambah lagi kemasan luar yang terbuat dari bahan kardus berbentuk geometri persegi yang dapat disimpan atau dietakan dengan mudah.

Gambar .

DIBUAT MENGGUNAKAN PERALATAN YANG JUGA MEMPROSES PRODUK YANG MENGANDUNG SOYA. ALL ADDITIVES ARE OF PLANT AND SYNTHETIC ORIGIN. DIPRODUKSI PADA PERALATAN YANG JUGA MEMPROSES PRODUK YANG MENGANDUNG KEDELAI. INFORMASI ALERGEN : MENGANDUNG SUSU DN GANDUM. GARAM DAN RASA( COKLAT. RAMUAN : GULA. INDONESIA BPOM RI ML 249901078136 INGREDIENTS: SUGAR. MAKLUMAT ALERGEN : MENGANDUNG SUSU DAN GANDUM. SALT AND FLAVOURS. GANDUM). GARAM DAN RASA( COKLAT. GANDUM).AKANAN ADALAH DARIPADA SUMBER TUMBUHAN DAN SINTETIK. . COCOA POWDER. BUBUK COKLAT. KRIMER (MENGANDUNG SUSU. KRIMER (MENGANDUNG SUSU. CREAM(CONTINS MILK. VANILA). ALLERGEN INFORMATION : CONTAIN MILK AND WHEAT. MANUFACTURED ON EQUIPMENT THAT ALSO PROCESSED PRODUCTS CONTAINING SOYA. CADBURY INDONESIA PO BOX 4744/JKTM 12700. JAKARTA 12510. KOMPOSISI: GULA. WHEAT). STABILIZER(E466). ADITIF .Cadburry Hot Chocolate Drink Cadburry* 3 in 1 Hot Chocolate Drink with Real Cadbury* Hot Chocolate Taste 3in1 Serving Suggestion/Saran Penyajian/Cadangan Hidangan Minuman Coklat 3 dalam 1 Dengan Perisa Sejati Coklat Cadbury Minuman Coklat 3 in 1 Dengan Rasa Asli Coklat Cadbury NETT WEIGHT/BERAT BERSIH 30 g DIIMPOR OLEH: PT. PEMANTAP NABATI. PENSTABIL (E466). BUBUK COKLAT. VANILA).

BOX 7043. Tapak Perindustrian Lambak Kanan. Bhd.No. P. Lot Q52. Berakas BB1714. PREPARATION INSTRUCTION/ PETUNJUK PENYIAPAN /CARA PENYEDIAAN : ADD HOT WATER TO MAKE 1 CUP (200 ML) TAMBAHKAN AIR PANAS UNUK MEMBUAT 1 CANGKIR (200 ML) MINUMAN COKLAT TAMBAHKAN AIR PANAS UNUK MEMBUAT SECAWAN (200 ML) MINUMAN COKLAT BEST BEFORE / BAIK DIGUNAKAN SEBELUM (DD/MM/YY): PRODUCTION CODE / KODE PRODUKSI : 06 10 13 05 : 11 N1 . Bandar Seri Begawan. 40700 Shah Alam.1g 73.. Malaysia (Co. Your daily values maybe higher or lower depemding on your calorie needs / Persen AKG MANUFACTURED IN MALAYSIA FOR / DIPRODUKSI / DIBUAT DI MALAYSIA UNTUK: Cadbury Confectionery Malaysia Sdn. Brunei. PRODUCT OF MALAYSIA CADBURY AND THE ELLIPSE DEVICE ARE TRADEV MARKS USED UNDER LICENCE.E. 30g (1 sachet) 1 Per 100g 440 kcal/kkal 130 kcal/kkal 13.0g 6.8g 54.1g 186mg Precent daily value are based on 2000 kcal diet. Selangor D.9g 12.. Section 16. DISTRIBUTED BY / DIEDARKAN OLEH : Syarikat Perniagaan Malar Setia. Kebutuhan energi anda mungkin lebih tinggi atau lebih rendah.3g 0.0g 0.5g 0. 19442-T).O.NUTRITIONAL INFORMATION / INFORMASI NILAI GIZI / MAKLUMAT PEMAKANAN Serving Size / Takaran Sajian / saiz sajian Serving per pack / Jumlah Sajjian Per Kemasan / Jumlah Sajian Per Pek Amount / j uml ah Per Serving/Per Sajian Total Energy / Energi Total / Tenaga 130 kcal/kkal (Ene rgy From Fa t / Ene rgi Da ri Le ma k) 40 kcal/kkal %AKG* Total Fat / Lemak Total / Jumlah Lemak 4g 7% Saturated Fat / Lemak Jenuh / Tepu 4g 21% Trans Fatty Aci ds / Lemak Trans / Asi d Trans Lemak 0g Monounsaturated Fat / Lemak Ti dak Jenuh Tunggal /Monotaktepu 0g Pol yunsaturated Fat / Lemak Ti dak Jenuh Ganda / Pol i taktepu 0g Protein 2g 3% Carbohydrate / Karbohidrat total / karbohidrat 22g 7% (of wi ch Sugars / Gul a) 16g Sodium / Natrium 55mg 2% *Applicable to Indonesia Only Berdasarkan kebutuhan energi 2000 kkal . Persiaran Raja Muda.

Garis  Bentuk  Lemasan berbentuk Persegi Terdapat garis yang membentuk oval di sekitar judul kemasan.9 cm Font yang digunakan pada judul kemasan adalah script yang berukuran besar membuat terlihat dan sub judul menggunakan font sanserif yang ukuran nya lebih kecil dari judul untuk menjelaskan produk Brand pada kemasan adalh judulnya sendiri yaitu Cadbury dengan menggunakan font script yang tidak biasa menjadikan brand tersebut berbeda yang memiliki ciri khas yang dapat selalu diingat pembaca. . warna yang elegan dan ditambah lagi brand yang terkenal dengan coklatnya. Tekstur  Kemasan menggunakan bahan plastik sehingga teksturnya licin dan isi kemasan nya yang padat membuat kemasan menggembung. menggunakan warna ungu metalik. membuat pembaca terfokus ditengah. Font pada judul. dan didukung oleh ilustrasi gambar cangkir yang berisi coklat panas yang dapat menggoda selera dan menarik perhatian pembaca Penekanannya pada warna layout di kemasan yang berwarna ungu metalik. Ruang  Memiliki banyak ruang pada layout Ukuran  Nilai Warna  Pada layout didominasi warna ungu. Jarak teks dengan tepi berdekatan. sub judul berwarna putih Ukuran kemasan 8. tetapi ada warna pink.8 cmm X 12. Pada sub judul sudah menerang isi kemasan yaitu “Hot Chocolate Drink”.

font yang digunakan terlalu kecil sehingga membuat pembaca sulit untuk membacanya.Kemasan berukuran kecil sehingga dapat dibawa kemana saja dengan mudah dan terdapat sobekan kecil di bagian kanan dan kiri memudahkan konsumen untuk membuka kemasan. pembaca tetap akan terfokus pada judul produk. Warna yang mewah dan elegan ditunjukan kepada kalangan atas dan kemasan yang terlihat mahal. . Keterangan pada kemasan ditulis dengan bahasa inggris dan bahasa indonesia. Tetapi pada penjelasan komposisi dan kandungan isi produk pada belakang kemasan. jadi konsumen luar negeri dan dalam negeri dapat mmbaca dengan mudah. Tanpa menterjemahkannya. Walaupun demikian.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful