P. 1
Rangkaian Flip Flop

Rangkaian Flip Flop

|Views: 6|Likes:
Published by Auel N. Hidayat
rangkaian logika
rangkaian logika

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Auel N. Hidayat on Feb 26, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/27/2014

pdf

text

original

Rangkaian Flip Flop adalah rangkaian bistabil yang dapat menghasilkan kondisi logika 0 dan 1 pada keluarannya.

Kapasitas dari rangkaian flip flop adalah 1 bit. Selama salah satu dayanya masih terpasang maka memorinya akan bertahan. Dalam penggunaannya memori yang terkandung dalam flip-flop dapat diubah dengan memberikan clock pada masukannya. Rangkaian Flip Flop tersusun dari rangkaian dasar yang berupa latch yaitu latch RS. Latch jenis ini dapat dibentuk dari gerbang NAND dan gerbang NOR. Tidak seperti fungsi gerbang logika dasar dan kombinasi lainnya, keluaran suatu flip-flop sering tergantung pada keadaan sebelumnya. Kondisi tersebut dapat pula menyebabkan keluaran tidak berubah atau dengan kata lain terjadi kondisi memory. Oleh sebab itu flip-flop dipergunakan sebagai elemen memory. Di bawah ini gambar dari flip flop RS.

Penjelasan dari gambar di atas adalah pada saat S = 1 dan R = 0,dan reset ketika S = 0 dan R = 1 akan menghasilkan keluaran Q = 0 dan Q = 1. Dapat di simpulkan bahwa kondisi dari gambar di atas adalah satbbil dari RS flip-flop. Ketika kedua latch ini di masukan R dan S berlogika 0, maka keluaran flip-flop tidak berubah tetap seperti pada kondisi sebelumnya. Tetapi ketika kedua latch ini di masukan R dan S berlogika 1 maka keluaran flip-flop tidak dapat di tentukan karena kondisinya tidak tergantung pada toleransi komponen dan tunda waktu temporal dan lain sebagainya dan kondisi tersebut dapat diabaikan. Sebuah flip flop RS umumnya dapat di bangun dari rangkaian dua buah gerbang AND yang saling dihubungkan silang. Tipe yang sangat penting dalam flip flop adalah master slave flip-flop atau disebut juga dua memory yang pada dasarnya dibangun dari dua flip-flop yang terhubung secara seri. Berikut gambar dari rangkaian flip flop.

Daftar nama dari komponen-komponen di atas :
     

R1,R4 = Resistor 470 ohm R2,R3 = Resistor 22k ohm/2200 ohm Transistor = Tipe FCS 9014 Led1,Led2 = Lampu LED Sumber Tegangan 9 volt C1,C2 = ElCo 4,7 volt

Demikian penjelasan tentang cara membuat rangkaian flip flop sederhana, semoga artikel ini bisa membantu anda yang sedang ingin belajar membuat flip flop sederhana. Baca juga artikel cara membuat rangkaian led.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->