P. 1
JARINGAN KOMPUTER

JARINGAN KOMPUTER

|Views: 7|Likes:
TIK
TIK

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Ayu Nurfitria Sugianingrum on Feb 26, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/19/2013

pdf

text

original

JARINGAN KOMPUTER

Jaringan komputer adalah kumpulan dari beberapa komputer yang terhubunguntuk dapat berkomunikasi satu dan yang lain dalam bentuk video, teks, gambar, suara dan data lain. Tujuan dari jaringan komputer adalah: • • • Membagi sumber data: contohnya berbagi pemakaian printer, CPU, memori, harddisk Komunikasi: contohnya surat elektronik, instant messaging, chatting Akses informasi: contohnya web browsing

HARDWARE JARINGAN KOMPUTER
Hardware yang di perlukan dalam membuat jaringan adalah : • • • • • • • • • 1 Unit Computer Media (kabel koaksial atau serat optic) Modem Hub Switch Network Card (Ethernet Card) Router Repeater Access Point (untuk jaringan Wireless)

Komputer

1

Computer merupakan perangkat keras yang harus ada dalam membuat jaringan computer. Komputer digunakan sebagai media dalam mengakses internet.

Gambar : Komputer

Media (kabel koaksial atau serat optic}
Media atau kabel ini di gunakan untuk menghubungkan antara computer dengan computer ataupun dengan jaringan.

Modem
Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut "modem", seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.

2

Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio. Setibanya di modem tujuan, sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer. Terdapat beberapa jenis modem seperti : 1. Modem Komputer Internal. Beberapa komputer memiliki modem internal yang merupakan modem built in atau komputer modem card.Untuk card modem komputer, slot PCI atau kadang-kadang slot ISA dibutuhkan, tergantung interface motherboard yang tersedia untuk menerima modem. Internal Computer Modems digunakan dengan koneksi internet dial-up melalui sepasang koneksi RJ-11. Juga dikenal dengan kabel telepon tembaga, RJ-11 memampukan komputer untuk menerima dan mengirim data sebagaimana yang diterangkan di atas. Modem komputer internal biasanya merupakan modem 56K yang berarti bahwa modem itu mampu menerima data sebesar 56 Kbits/detik ( 56 kilobits atau 56.000 bit per detik). Jenis transmisi data ini disebut transmisi downstream, datang dari provider dan ditransmisikan melalui kabel telepon. Umumnya besaran data ini merupakan bandwith standar untuk kabel telepon. Akan tetapi karena Internet mempunya sistem dua arah, data juga harus dikirim dari klien ke provider (server). Untuk tujuan ini komputer bisa menggunakan modem 56K V90 untuk mengirim data dalam transmisi upstream sebesar 33,6 Kbits/s. Di sisi lain, modem V 92 56 K mampu mengirim 48 Kbits/s transmisi upstream

3

serial port merupakan pilihan yang mudah diinstall untuk modem eksternal. bisa menjadi sebuah Modem USB yang normalnya menggunakan port USB yang biasanya ditempatkan dibelakang atau di depan komputer. Kotak kecil yang sama. ditempatkan di slot PCI komputer yang disediakan oleh koneksi intenet broadband ke pengguna. Bisa jadi itu berupa serial modem. Sangat penting untuk memperhatikan bahwa modem kabel harus dihubungkan dengan kartu Ethernet. dinamakan demikian karena benda itu menggunakan serial port untuk dihubungkan ke komputer. Semua ISP biasanya menyediakan modem spesial dinamakan modem digital di dalam paket broadband. Biasanya terinstall pada belakang komputer. Modem Eksternal . Akan tetapi modem eksternal merupakan kotak kecil yang menggunakan jenis antar muka yang lain untuk terhubung dengan komputer. Yang pertama dari jenis modem eksternal bisa jadi modem dial up tetapi jenis ini lebih mahal daripada jenis internal. Memang benar jika anda memilih koneksi Ethernet. 4 . di sisi lain.Modem Eksternal bisa digunakan untuk tujuan yang sama dan dalam kondisi yang sama dengan modem internal. Sama seperti jenis lain dari modem eksternal anda mungkin mempertimbangkan dua tipe modem : modem kabel dan DSL jika anda menginginkan layanan internet berkecepatan tinggi.Gambar : Modem internal 2. Akan tetapi anda tidak akan membutuhkannya jika pilihan anda menggunakan koneksi USB.

5 Mbits/s hingga 9 Mbits/s dan transmisi upstream hingga 3 Mbits/s. dipisahkan dalam dua kategori utama :  ADSLor Asymetric Digital Subcriber Line biasanya digunakan di Amerika Utara dan mendukung transmisi downstream dari 1. tersedia dan seringkali dipakai. Sayangnya besaran transmisi ini berubah-rubah tergantung jumlah pengguna karena pembagian bandwith yang menggunakan teknologi kabel ini. Modem DSL ( Digital Subscriber Line) secara eklusif digunakan untuk koneksi dari telepon kantor yang dipindahkan ke pengguna. Gasmbar : Modem kabel 4.Gambar : modem eksternal 3. Akses yang benar-benar cepat ke Web yang disediakan oleh modem kabel dengan transmisi downstream hingga 38 Mbits/s dan transmisi upstream hingga 1 Mbits/s. Teknologi ini. Gambar : Modem A Gambar : Modem ADSL 5 . Modem kabel menggunakan sumbu kabel jaringan televisi untuk menyediakan bandwitdth yang hebat dibandingkan modem komuter dial up. Modem kabel.

Gambarannya adalah seperti ini : Hub Sama seperti switch. SDSL or Symetric Digital Subcriber Line biasanya digunakan di Eropa dan mempunyai besaran downstream dan upstream data yang sama yaitu sekitar 128 Kbits/s. tetapi perbedaannya adalah hub tidak memiliki faslitas routing. routing sendiri berfungsi untuk batu loncat untuk melakukan koneksi dengan komputer lain dalam LAN. Sehingga semua informasi yang datang akan dikirimkan ke semua komputer (broadcast) 6 . Dan switch ini digunakan sebagai repeater/penguat. SDSL. Berfungsi untuk menghubungkan kabel-kabel UTP ( Kategori 5/5e ) komputer yang satu dengan komputer yang lain. Dalam switch biasanya terdapat routing. Gambar : Modem SDSL Switch Biasanya switch banyak digunakan untuk jaringan LAN token star.

Gambar : PCI 3.Gambar : Hub Network Card (Ethernet Card) Ethernet card merupakan suatu adapter jaringan (peralatan jaringan) yang merubah satu bit data komputer menjadi sinyal elektrik yang dihantarkan kabel menuju jaringan (jaringan kabel) dan sebaliknya. Bisanya adapter ini dipasang pada komputer oleh pabriknya. untuk memasang harus membuka casing desktop Gambar : ISA 2. ISA > merupakan adapter tertua. PCMCIA > dipasang pada laptop 7 . PCI > generasi terbaru berdasarkan ISA. Ada beberapa macam ethernet card: • Berdasarkan penghubung ke computer 1.

USB > generasi terbaru. 1000 Mbit/detik atau 1 Gbit/detik. 8 . 100 Mbit/detik. Pemasnagn hanya menancapkan adapter pada USB Gambar : USB • Berdasarkan kecepatan data 1. 100BaseTX) Gambar : Ethernet card 100 mbit/s 3. 1000BaseSX. 1000BaseLX. 1000BaseT). disebut sebagai Fast Ethernet (standar yang digunakan: 100BaseFX.Gambar “ PCMCIA 4. 10 Mbit/detik. 10BaseT. 10BaseF) Gambar : Ethernet card 10 mbit/s 2. 100BaseT. disebut sebagai Gigabit Ethernet (standar yang digunakan: 1000BaseCX. 100BaseT4. 10Base5. disebut sebagai Ethernet saja (standar yang digunakan: 10Base2.

2wire. Adtran (www. melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. yakni:  static router (router statis): adalah sebuah router yang memiliki tabel dynamic router (router dinamis): adalah sebuah router yang memiliki dab routing statis yang diset secara manual oleh para administrator jaringan.Gambar : Ethernet card 1000 mbit/s 4. dengan mendengarkan lalu lintas jaringan dan juga dengan saling berhubungan dengan router lainnya.asus.com) 3. Alcatel (www. Proses routing terjadi pada lapisan 3 (Lapisan jaringan seperti Internet Protocol) dari stack protokol tujuh-lapis OSI Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya.com) 2. Secara umum. 3Com (www. Router berbeda dengan switch.adtran. router dibagi menjadi dua buah jenis. Asus (www.alcatel.3com.com) 9 . Apple Computer (termed 'AirPort Base Stations') 6.  membuat tabel routing dinamis.com) 5. Beberapa produsen router contohnya : 1. 2Wire (www. 10000 Mbit/detik atau 10 Gbit/detik. Router Router adalah sebuah alat jaringan komputer yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya.com) 4. Switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN).

(www.5 km.ericsson.com) 16.com) 11.com) 9.cisco.com) 17. CISCO SYSTEMS.draytek. CANYON (www.enterasys. repeater berfungsi untuk memperpanjang rentang jaringan dengan cara memperkuat isyarat elektronis.dlink.com) 14. LAN yang memakai ethernet dapat diperpanjang rentang jaringannya sampai 20 km dengan memasang repeater pada setiap 2. dll.billion.7.com) 12. Gambar : Router Repeater Di dalam jaringan komputer.buffalotech. Gambar : Repeater 10 .com) 13. Enterasys Networks (www. D-Link Systems (www. Dengan menggunakan repeater.com) 15. Cyclades Corporation (www. Buffalo Technology (www.cyclades. Billion (www.com) 10.canyon-tech. INC.belkin. Belkin (www. Ericsson AB (www.com) 8. Draytek (www.

dan dapat meneruskan data antara perangkat nirkabel (seperti komputer atau printer) dan kabel perangkat di dalam jaringan. titik akses nirkabel (WAP) adalah sebuah alat yang memungkinkan perangkat komunikasi nirkabel untuk terhubung ke jaringan nirkabel dengan menggunakan Wi-Fi. WAP biasanya menyambung ke jaringan kabel. sengaja atau tidak. Hotspot dapat ditemukan di kedai kopi dan berbagai instansi publik lainnya di seluruh sebagian besar Amerika Utara dan Eropa. sehingga membuka hubungan mereka.Acces Point Dalam jaringan komputer. untuk berbagi dengan siapa pun dalam jangkauan.. Kelemahannya adalah bahwa akses ke router tidak dapat dikontrol. Software ini berjalan pada router itu sendiri atau sebuah 11 .. • Tertutup jaringan publik menggunakan Sistem Manajemen Hotspot untuk mengontrol HotSpot. Gambar : Acces point Hot spot Wi-Fi Sebuah hotspot adalah lokasi fisik yang menawarkan akses internet melalui LAN nirkabel melalui penggunaan bersama koneksi internet dan satu router . Jenis – jenis hotspot : Wi-Fi hotspot Free hotspot beroperasi dalam dua cara: • Menggunakan jaringan publik terbuka adalah cara termudah untuk membuat HotSpot gratis. Swasta pengguna router nirkabel dapat menonaktifkan persyaratan otentikasi mereka.. Bluetooth atau standar terkait.

di mana seperti biasanya pengguna akan dikenakan biaya berdasarkan akses per-minuite. Sering kali ini dilakukan melalui Service Level Agreements. ZoneCD adalah distribusi Linux yang menyediakan layanan pembayaran untuk hotspot yang ingin menyebarkan layanan mereka sendiri. atau layanan pembayaran lainnya Sebuah taman bertembok fitur yang memungkinkan akses gratis ke situs tertentu Banyak pelayanan menyediakan layanan pembayaran ke penyedia hotspot. Kebanyakan hotel menyediakan layanan gratis untuk tamu. Dengan layanan roaming pengguna dari penyedia komersial dapat memiliki akses ke hotspot provider lain dengan biaya tambahan. Roaming memperluas layanan antara penyedia layanan hotspot utama.komputer eksternal.. 12 . BOZII.Oleh karena itu setiap pengguna terbatas pada kecepatan tertentu untuk memastikan bahwa semua orang mendapat layanan yang berkualitas baik. iPass. PayPal.. Operator juga kini dapat membatasi setiap pengguna bandwidth . operator dapat mengotorisasi hanya pemakai tertentu untuk mengakses Internet. untuk • • biaya bulanan atau komisi dari pendapatan pengguna akhir. • Komersial hotspot Sebuah hotspot komersial mungkin fitur: • captive portal / Login Screen yaitu pengguna diarahkan untuk otentikasi dan pembayaran Sebuah pilihan pembayaran menggunakan kartu kredit. Mayor bandara dan hotel bisnis lebih mungkin dikenakan biaya untuk pelayanan. dan mereka sering mengasosiasikan akses gratis ke menu atau membatasi pembelian. Dengan software ini. dan semakin kecil lounge bandara dan maskapai penerbangan menawarkan layanan gratis.

Esperto Wireless adalah hanya Australia hotspot selular. Berdasarkan fungsi pemrosesan data 4. FON memiliki perjanjian dengan banyak broadband provider / ISP.internasional internet berkecepatan tinggi HotSpot mediator.FON adalah sebuah perusahaan Eropa yang memungkinkan pengguna untuk berbagi broadband nirkabel dan menjual kelebihan bandwidth untuk user dari luar (AliensKarena ini mungkin melanggar persyaratan layanan pengguna. Gambar : Hotspot JENIS – JENIS JARINGAN KOMPUTER Jaringan computer di klasifikasikan menjadi : 1. Berdasarkan jangkauan/area 3. Berdasarkan media transmisi data 5. Boingo adalah penyedia utama lainnya hotspot. Berdasarkan sumber data 2. jaringan komputer dibagi menjadi:  Jaringan terpusat Jaringan ini terdiri dari klien dan server. Berdasarkan Topologi jaringan Berdasarkan sumber data Berdasarkan sumber data. Salah satu perusahaan adalah TravelNetCon . yang mana klien sebagai pengakses data yang disediakan oleh server  Jaringan terdistribusi 13 .

1.. kantor. contoh : 172..Jaringan ini merupakan penggabungan dari beberapa jaringan terpusat. 24 Port Kabel UTP : Unshielded Twisted P.1.88. cakupanya seperti laboratorium.. 172. Jadi jaringan ini terdapat beberapa komputer server yang terhubung untuk membentuk suatu jaringan tertentu Berdasarkan jangkauan/area • • • Personal Area Network (PAN) Campus Area Network (CAN) Local Area Network (LAN) Local Area Network (LAN).. 16 Port. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya (resouce. serta dalam 1 warnet. Hardware yang digunakan: • • • • • SWITCH : Terdiri dari 8 Port.1.. merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer.2 14 . Dari Komputer ke SWITCH Ã Kabel UTP jenis Straight Dari SWITCH ke SWITCH Ã Kabel UTP jenis Cross Setiap komputer punya identifier (alamat) yang disebut dengan IP. misalnya printer) dan saling bertukar informasi.88...

prinsip sama dengan LAN. Dari Komputer ke SWITCH Ã Kabel UTP jenis Straight Dari SWITCH ke SWITCH Ã Kabel UTP jenis Cross Setiap komputer punya identifier (alamat) yang disebut dengan IP.Gambar : LAN • Metropolitan Area Network (MAN) Metropolitan Area Network (MAN).. bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.. contoh : 172. yaitu 10-50 km. pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN.. MAN mampu menunjang data dan suara. serta jaringan relay beberapa ISP internet. Hardware yang digunakan: • • • • • • SWITCH : Terdiri dari 8 Port. 16 Port. 172.2 Router : menghubungkan dua topologi (jaringan) 15 .1.88. Contohnya jaringan telepon lokal.88. sistem telepon seluler.... 24 Port Kabel UTP : Unshielded Twisted P.1.. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. hanya saja jaraknya lebih luas.1.

.. Telkomsel.88.1.2 Router : menghubungkan dua topologi (jaringan) 16 . PT.88. Telkom.1. ini sama dengan internet.1. WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.. 16 Port. jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas. contoh : 172. Contohnya jaringan PT. dan masih banyak lagi. jaraknya antar kota. Hardware yang digunakan: • • • • • • SWITCH : Terdiri dari 8 Port.. negara. Dari Komputer ke SWITCH Ã Kabel UTP jenis Straight Dari SWITCH ke SWITCH Ã Kabel UTP jenis Cross Setiap komputer punya identifier (alamat) yang disebut dengan IP.Gambar : MAN • Wide Area Network (WAN) Wide Area Network (WAN).. Indosat. seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. 172... dan benua. 24 Port Kabel UTP : Unshielded Twisted P. serta jaringan GSM Seluler seperti Satelindo.

Orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan lainnya. baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya. Gambar : Intenet 17 . Kumpulan jaringan yang terinterkoneksi inilah yang disebut dengan internet. seringkali menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda-beda . Biasanya untuk melakukan hal ini diperlukan sebuah mesin yang disebut gateway guna melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahan yang diperlukan.Gambar : WAN • Internet / GAN Sebenarnya terdapat banyak jaringan didunia ini. Keinginan seperti ini memerlukan hubungan antar jaringan yang seringkali tidak kampatibel dan berbeda.

Komputer yang akan menjadi komputer server maupun menjadi komputer client dan diubah-ubah melalui software jaringan pada protokolnya. Diperlukan adanya satu komputer khusus yang berkemampuan lebih untuk ditugaskan sebagai server. yang mengelola administrasi dan sistem keamanan jaringan. • • • Biaya operasional relatif lebih mahal. • Sistem backup data lebih baik. Keunggulan • Kecepatan akses lebih tinggi karena penyediaan fasilitas jaringan dan pengelolaannya dilakukan secara khusus oleh satu komputer (server) yang tidak dibebani dengan tugas lain seperti sebagai workstation. • Sistem keamanan dan administrasi jaringan lebih baik. Komputer client sebagai perantara untuk dapat mengakses data pada komputer server sedangkan komputer server menyediakan informasi yang diperlukan oleh komputer client. karena pada jaringan client-server backup dilakukan terpusat di server. Bila server mengalami gangguan maka secara keseluruhan jaringan akan terganggu. Kelemahan.Berdasarkan fungsi pemrosesan data • Jaringan Client-Server Pada jaringan ini terdapat 1 atau beberapa komputer server dan komputer client. karena terdapat sebuah komputer yang bertugas sebagai administrator jaringan. yang akan membackup seluruh data yang digunakan di dalam jaringan. 18 . Kelangsungan jaringan sangat tergantung pada server.

Gambar : Jaringan peer to peer Berdasarkan Transmisi data • Jaringan Berkabel (Wired Network) Pada jaringan ini. untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain diperlukan penghubung berupa kabel jaringan.Gambar : Jaringan client server • Jaringan Peer-to-peer Pada jaringan ini tidak ada komputer client maupun komputer server karena semua komputer dapat melakukan pengiriman maupun penerimaan informasi sehingga semua komputer berfungsi sebagai client sekaligus sebagai server. Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan Jaringan ini menggunakan kebel sebagai media untuk menghantarkan sinyal elektrik data yang diproses kartu jaringan 19 .

Misalnya orang yang ingin mendapat informasi atau melakukan komunikasi walaupun sedang berada diatas mobil atau pesawat terbang.Gambar : Wired network • Wireless (Jaringan tanpa kabel) Jaringan tanpa kabel merupakan suatu solusi terhadap komukasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel. maka mutlak jaringan tanpa kabel diperlukan karena koneksi kabel tidaklah mungkin dibuat di dalam mobil atau pesawat. Gambar : wireless Berdasarkan Topologi jaringan 20 . Saat ini jaringan tanpa kabel sudah marak digunakan dengan memanfaatkan jasa satelit dan mampu memberikan kecepatan akses yang lebih cepat dibandingkan dengan jaringan yang menggunakan kabel.

Topologi linier Topologi Bus Pada topologi Bus semua terminal terhubung ke jalur komunikasi. Topologi Hierarchical 6. maka informasi tersebut akan diterima dan diproses. Informasi yang hendak dikirimkan melewati terminal pada jalur tersebut.1. Jika alamat terminal sesuai dengan alamat pada informasi yang dikirim. Topolog Star 4. Jika tidak. Keuntungan:        Kemampuan pengembangan tinggi (open-endedness) Jarak LAN tidak terbatas Keterandalan jaringan tinggi Kecepatan pengiriman tinggi Jumlah terminal dapat ditambah atau dikurangi tanpa mengganggu operasi yang telah berjalan Tidak diperlukan pengendali pusat Kondusif untuk konfigurasi jaringan pada gedung bertingkat. Kerugian:    Jika tingkat lalu lintas terlalu tinggi dapat terjadi kongesti (kemacetan) Diperlukan repeater untuk menguatkan sinyal pada pemasangan jarak jauh Operasional jaringan LAN tergantung pada setiap terminal 21 . informasi tersebut akan diabaikan terminal yang dilewatinya. Topologi Extended Star 5. Topologi Bus 2. Topologi Mesh 7. Topologi Ring 3.

Jika bukan untuknya. sehingga jika terjadi kerusakan pada satu terminal seluruh LAN akan terganggu. Setiap Informasi yang diperoleh. Setiap terminal dalam LAN saling bergantungan. Keuntungan:  Laju data tinggi  Dapat melayani lalu lintas data yang dapat  Tidak diperlukan host. video dan data 22 . diperiksa alamatnya oleh terminal yang dilewatinya. relative lebih murah  Dapat melayani berbagai media pengirim  Komunikasi antar terminal mudah  Waktu yang diperlukan untuk mengakses data optimal Kerugian:  Penambahan atau pengurangan terminal sangat sukar  Kerusakan pada media pengirim dapat menghentikan kerja seluruh jaringan  Harus ada kemampuan untuk mendeteksi kesalahan dan metode pengisolasian kesalahan  Kerusakan pada salah satu terminal mengakibatkan kelumpuhan jaringan komputer  Tidak kondusif untuk pengiriman suara.Gambar : Topologi Bus Topologi ring Topologi ring mirip dengan topologi titik ke titik tetapi semua terminal saling dihubungkan sehingga menyerupai lingkaran. informasi diputar lagi sampai menemukan alamat yang benar.

Gambar : Topologi ring Topolog Star Topologi Star. Keuntungan:  Keterandalan terbesar diantara topologi lain  Mudah dikembangkan  Keaman data tinggi  Kemudahan akses ke jaringan LAN lain Kerugian:  Lalu lintas yang padat dapat menyebabkan jaringan lambat  Jaringan tergantung pada terminal pusat. yang merupakan bagian paling bertanggung jawab terhadap pengaturan arah semua informasi ke terminal yang dikehendaki. Terminal-terminal lain terhubung padanya dan pengiriman data dari satu terminal ke terminal lain terhubung padanya dan pengiriman data dari satu terminal ke terminal lainnya melalui terminal pusat. 23 . sebuah terminal pusat bertindak sebagai pengatur dan pengendali semua komunikasi data yang terjadi.

sedangkan sub node berkomunikasi dengan central node. karena untuk berkomunikasi antara satu node ke node lainnya membutuhkan beberapa kali hops. traffic data mengalir dari node ke sub node lalu diteruskan ke central node dan kembali lagi. 24 . keunggulan : jika satu kabel sub node terputus maka sub node yang lainnya tidak terganggu. • • Digunakan pada jaringan yang besar dan membutuhkan penghubung yang banyak atau melebihi dari kapasitas maksimal penghubung.Gambar : Topologi star Topologi Extended Star Topologi Extended Star merupakan perkembangan lanjutan dari topologi star dimana karakteristiknya tidak jauh berbeda dengan topologi star yaitu : • setiap node berkomunikasi langsung dengan sub node. tetapi apabila central node terputus maka semua node disetiap sub node akan terputus • tidak dapat digunakan kabel yang “lower grade” karena hanya menghandel satu traffic node.

Gambar : Topologi Extended star Topologi Hierarchical Topologi ini biasa disebut sebagai topolodi tree. Topologi jaringan jenis ini cocok digunakan pada sistem jaringan computerKeungguluan jaringan model pohon seperti ini adalah. Cara kerja jaringan pohon ini relatif menjadi lambat. Sebagai contoh. apabila simpul yang lebih tinggi kemudian tidak berfungsi. perusahaan dapat membentuk kelompok yang terdiri atas terminal pembukuan. Topologi ini dapat mensupport baik baseband maupun broadband signaling dan juga mensupport baik contention maupun token bus access. Topologi ini biasanya digunakan untuk interkoneksi antar sentral denganhirarki yang berbeda. Dibangun oleh seperti halnya topologi extended star yang dihubungkan melalui sub node dalam satu central node. Untuk hirarki yang lebih rendah digambarkan pada lokasi yang rendah dan semakin keatas mempunyai hirarki semakin tinggi. dapat terbentuknya suatu kelompok yang dibutuhkan pada setiap saat. maka kelompok lainnya yang berada dibawahnya akhirnya juga menjadi tidak efektif. serta pada kelompok lain dibentuk untuk terminal penjualan. Adapun kelemahannya adalah. 25 .

. Topologi ini secara teori memungkinkan akan tetapi tidak praktis dan biayanya cukup tinggi untuk diimplementasikan. Tingkat kerumitan jaringan sebanding dengan meningkatnya jumlah sentral yang terpasang.Gambar : Topologi Tree Topologi Mesh Topologi jala atau mesh adalah sejenis topologi jaringan yang menerapkan hubungan antarsentral secara penuhMESH topologi dibangun dengan memasang link diantara atation-station. Biasanya digunakan pada jaringan komputer kecil. Sebuah ‘fully-connected mesh’ adalah sebauh jaringan dimana setiap terminal terhubung secara langsung ke semua terminal-terminal yang lain. n = jumlah sentral). Jumlah saluran harus disediakan untuk membentuk jaringan ini adalah jumlah sentral dikurangi 1 (n-1. Topologi ini selain kurang ekonomis juga relatif mahal dalam pengoperasiannya Gambar : topologi mesh 26 . Sehingga jika terdapat satu link yang rusak maka suatu station dapat mencari link yang lainnya. Mesh topologi memiliki tingkat redundancy yang tinggi.

tidak butuh kendali pusat. dan diperlukan Repeater untuk jarak jauh. keamanan data kurang terjamin. Konektor yang digunakan bertipe BNC (British Naval Connector). • Kerugian. Keuntungan dan kerugian dari jaringan komputer dengan topologi linier bus adalah : • Keuntungan. BNC Kabel konektor ---> Untuk menghubungkan kabel ke T konektor. BNC T konektor ---> Untuk menghubungkan kabel ke komputer. layout ini termasuk layout umum. BNC Terminator ---> Untuk menandai akhir dari topologi bus. Installasi dari topologi linier bus ini sangat sederhana dan murah tetapi maksimal terdiri dari 5-7 Komputer. 27 . hemat kabel. deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil. Tipe konektornya terdiri dari 1. dan penambahan maupun pengurangan terminal dapat dilakukan tanpa mengganggu operasi yang berjalan. BNC Barrel konektor ---> Untuk menyambung 2 kabel BNC. 4. 3. sebenarnya BNC adalah nama konektor bukan nama kabelnya. kepadatan lalu lintas tinggi. 2. layout kabel sederhana. mudah dikembangkan. Satu kabel utama menghubungkan tiap titik koneksi (komputer) yang dihubungkan dengan konektor yang disebut dengan T Connector dan pada ujungnya harus diakhiri dengan sebuah terminator. kecepatan akan menurun bila jumlah pemakai bertambah.Topologi linier Jaringan komputer dengan topologi linier biasa disebut dengan topologi linier bus. kabel yang digunakan adalah RG 58 (Kabel Coaxial Thinnet).

Gambar : Topologi linier 28 .

macammacam kabel yang di gunakan pada jaringan antara lain : 1. Kabel merupakan komponen fisik jaringan yang paling rentan dan harus diinstalasi secara cermat dan teliti. Sebelum ‘membangun’ jaringan di rumah atau dikantor. Kelebihan jaringan komputer dengan menggunakan kabel jenis ini adalah:  Koneksi yang sangat stabil dengan kecepatan yang cukup tinggi bisa mencapai 10Gbps terutama kabel UTP  Biaya serta peralatan instalasi serta material kabelnya murah. Jaringan ini menggunakan kabel untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain. Jaringan dengan media Kabel. karena kemungkinan besar masalah timbul pada komponen ini. Namun begitu jaringan terkena masalah. walaupun kabel bukanlah sesuatu yang begitu menarik dan biasanya segera dilupakan orang begitu selesai diinstalasi. maka kabel merupakan komponen pertama yang diperiksa. STP(Shielded Twisted Pair) c) Kabel coaxial.. kenali dahulu jenis-jenis kabel jaringan yang tersedia ditoko-toko komputer untuk memudahkan memilih dan membeli kabel yang diperlukan. 2)Fiber Optik (FO) Kabel tembaga a) Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) b) Kabel telepon. Kekurangannya adalah: 29 .MEDIA JARINGAN KOMPUTER Media jaringan komputer secara garis besar terbagi atas 2 1. Kabel tembaga 2.

 Instalasi jaringannya cukup repot dan membutuhkan pengerjaan yang sangat teliti dan cermat dan harus penuh perhitungan terutama untuk troubleshoot-nya  Cukup rentan terhadap radiasi listrik yang kenal dengan EMF(Electromotive force)  Jarak jangkauannya cukup terbatas. Kabel ini tidak dilengkapi dengan pelindung (unshilded). • Kabel UTP Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair ) merupakan salah satu jenis kabel yang paling banyak digunakan dalam jaringan komputer saat ini. Kabel ini berisi empat pasang (pair) kabel yang tiap pair-nya dipilin (twisted). untuk UTP dan STP maksimum 100 meter ( dalam praktek bisa sampai 150 meter ) sedangkan untuk coaxial bisa mencapai 500 meter. Sampai saat ini terdapat lima kategori kabel UTP. Keempat pasang kabel (delapan kabel) yang menjadi isi kabel berupa kabel tembaga tunggal yang berisolator. Kabel UTP kategori satu dan dua tidak digunakan dalam jaringan komputer karena kemampuan transfer datanya sangat rendah. atau berfungsi sebagai kabel telepon. Gambar : Kabel UTP • Kabel STP 30 . Kabel kategori tiga bisa digunakan untuk komuniukasi dengan kecepatan 10 Mbps. Sedangkan untuk jaringan komputer digunakan kabel kategori tiga sampai lima. yaitu kabel UTP kategori satu sampai dengan kategori lima. Kabel UTP kategori lima bisa dipergunakan untuk jaringan dengan kecepatan 100 Mbps. Kabel kategori ini banyak digunakan untuk komunikasi telepon.

berupa kabel tunggal atau kabel serabut yang merupakan inti dari kabel Coaxial. yang juga berfungsi sebagai pelindung kabel inti (konduktor). Beberapa tipe kabel Coaxial. Semua tipe kabel Coaxial memiliki bagian-bagian sebagai berikut : • Konduktor. kabel ini banyak digunakan karena mudah dalam instalasinya. di samping mudah instalasinya. • Isolator dalam. yaitu : 31 . Kabel ini berisi dua pair kabel (empat kabel) yang masing-masing pair dipilin (twisted).Kabel STP (Shielded Twisted Pair) merupakan salah satu jenis kabel yang digunakan dalam jaringan komputer. merupakan lapisan isolator antara konduktor dengan grounding. bagian berupa lapisan isolator yang juga merupakan kulit kabel. juga murah harganya. Masing-masing kabel berupa kabel dengan inti kawat tembaga tunggal yang berisolator. Bagian ini merupakan bagian kabel yang digunakan untuk transmisi data atau sebagai kabel data. Gambar : Kabel STP • Kabel Coaxial Kabel Coaxial banyak digunakan untuk instalasi jaringan. Kabel ini mampu mentransmisikan data hingga 16 Mbps dengan jarak maksimal 100 meter. Keempat kabel tersebut dibungkus dengan anyaman kabel serabut yang berfungsi sebagai pelindung dan grounding (shielded). Sebagai pelindung luar adalah lapisan isolator yang merupakan kulit kabel. sehingga dapat menekan biaya instalasi jaringanya. Isolator luar. • Ada beberapa tipe kabel coaxial yang digunakan dalam jaringan komputer.

Kabel coaxial ini mampu mentransfer data dengan kecepatan mencapai 2. Kabel Coaxial RG-58A/U menggunakan inti kabel berupa kabel tembaga tunggal. Ukuran kabel ini kurang lebih 0.25 inch (6 mm). Gambar : Kabel Coaxial RG-62A/U b. Kabel Coaxial RG-62A/U Kabel Coaxial RG-62A/U berupa kabel Coaxial kecil berwarna hitam dengan inti berupa kabel serabut. yang merupakan kecepatan yang cukup rendah rendah untuk sebuah komunikasi data dalam sebuah jaringan komputer. Kabel ini mempunyai impedensi sebesar 93 ohm dan mampu mentransfer data sampai jarak 1000 feet pada topologi bus dan mencapai 2000 feet pada topologi star dengan menggunakan bantuan active hub.5 Mbps. Kabel Coaxial RG-58A/U (Thinnet) Baseband Kabel Coaxial RG-58A/U merupakan kabel coaxial kecil berwarna hitam mirip seperti kabel coaxial RG-62A/U.• • • Coaxial RG-62A/U Coaxial RG-58A/U (Thinnet) Coaxial RG-8 (Yellow Cable / Thicknet) Gambar : Kabel coaxial a. namun ada juga yang menggunakan kabel serabut. Kabel 32 . namun karena kemudahan instalasinya maka kabel ini banyak digunakan.

yaitu berdiameter 13 mm (0. Kabel Coaxial RG-8 (Yellow Cable / Thicknet) Broadband Kabel Coaxial RG-8 ini berwarna kuning maka kabel ini sering disebut dengan Yellow Cable. Gambar Kabel Coaxial RG-58A/U (Thinnet) Baseband c.5 inch). Namun demikian kabel ini memiliki nilai independensi sama dengan kabel coaxial RG-58A/U.ini memiliki impedensi sebesar 50 ohm. 33 . Kabel ini mampu menghubungkan hingga 30 simpul jaringan (node) dengan jarak maksimum mencapai 185 meter (607 feet). Kabel coaxial ini memiliki ukuran fisik dua kali lebih besar dibanding kabel coaxial RG-58A/U . yaitu sebesar 50 ohm. Kabel Coaxial ini mampu mentransmisikan data hingga jarak 500 meter tanpa perangkat tambahan repeater atau lainnya Gambar : Kabel Coaxial RG-8 (Yellow Cable / Thicknet) Broadband Fiber Optik (FO) Jaringan FO merupakan jaringan terbaik terutama dalam hal jangakauannya yang bisa mencapai puluhan kilometer ( tanpa penguat atau system station penyambung ) dan juga kemampuannya dalam melewatkan data (100 Gbps) serta tidak akan terkena dampak dari radiasi listrik (EMF) sebab kabel ini menggunakan frekusensi cahaya yang dilewatkan melalui lensa-lensa super mikro yang ada dalam kabel tersebut.

Kekurangannya adalah terutama pada material kabelnya yang mahal dan peralatan instalasinya cukup mahal serta membutuhkan tenaga kerja yang berpengalaman. kemampuan melewatkan data juga sudah cukup tinggi untuk wi-fi yang menggunakan teknologi OFDM mencapai 14 Mbps . 34 . Untuk intalasinya tidak terlalu membutuhkan ruang yang luas dan tidak membutuhkan pekerjaan konstruksi yang merepotkan.8 GHz 2.Untuk VSAT bisa menjangkau lokasi yang sangat terpencil sekalipun.) Jaringan Microwave menggunakan frekuesi di atas 3 GHz 3) Infra merah (IR) 4) GSM dengan General paket radio service(GPRS) dan juga 3G dan 3. Pembagian sangat beragam seperti : 1) Wi-fi menggunakan RF dengan frekuensi 2.5 G -nya 5) CDMA 6) VSAT Kelebihan dari media ini sangat fleksibel dan bisa membuat user-nya bisa bergerak bebas ke mana saja selama sinyalnya masih bisa dijangkau. Gambar : Fiber optic 2.4 GHz dan 5. Mudah untuk di-setup dan handal sehingga cocok untuk pemakaian di kantor atau di rumah.Jaringan dengan media Tanpa Kabel Jaringan tanpa kabel atau wireless merupakan media yang menggunakan RADIO FREQUENCY (RF) sebagai media penghubung antara satu komputer dengan komputer lain.

atau dapat mentransfer data melalui jaringan Ethernet kabel. Titik akses pada sebuah jaringan infrastruktur memiliki area cakupan yang lebih besar. 35 . Untuk topologi infrastruktur. Setiap adapter memiliki nomor ID yang permanen dan unik yang berfungsi sebagai sebuah alamat. standar-standar tersebut tidak saling kompatibel.11b. sebuah wireless LAN mengirim data dalam bentuk paket. Bila kartu mendeteksi adanya data lain yang sedang menggunakan frekuensi radio. Kualitas dari daya hantar datanya tergantung pada sinyal yang diterima oleh perangkat receiver atau penerimanya Cara kerja wireles Mirip dengan jaringan Ethernet kabel.. maka paket langsung dikirimkan. dan tiap paket selain berisi data juga menyertakan alamat penerima dan pengirim paket tersebut. Vendor-vendor wireless LAN biasanya menggunakan beberapa standar. Wireless LAN biasanya menggunakan salah satu dari dua topologi--cara untuk mengatur sebuah jaringan. Pada topologi ad-hoc--biasa dikenal sebagai jaringan peer-topeer--setiap PC dilengkapi dengan sebuah adapter wireless LAN yang mengirim dan menerima data ke dan dari PC lain yang dilengkapi dengan adapter yang sama. Bila jaringan dalam keadaan kosong. sebuah kartu wireless LAN akan memeriksa kondisi jaringan sebelum mengirim paket ke dalamnya. Saat titik akses menerima data. tiap PC mengirim dan menerima data dari sebuah titik akses. Sayangnya. Sama dengan sebuah adapter Ethernet. yang dipasang di dinding atau langit-langit berupa sebuah kotak kecil berantena.Kelemahan jaringan ini adalah biaya perangkatnya masih mahal pemasangannya pun butuh tenaga yang berpengalaman.11. tergantung pada standar yang mereka gunakan. IEEE 802. OpenAir. termasuk IEEE 802. maka ia akan menunggu sesaat kemudian memeriksanya kembali. ia akan mengirimkan kembali sinyal radio tersebut (dengan jangkauan yang lebih jauh) ke PC yang berada di area cakupannya. Walau menggunakan prinsip kerja yang sama. dan HomeRF. dalam radius 300 kaki (±100 meter). kecepatan mengirim data dan frekuensi yang digunakan oleh wireless LAN berbeda berdasarkan jenis atau produk yang dibuat. tetapi membutuhkan alat dengan harga yang lebih mahal.

36 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->