P. 1
Suction

Suction

|Views: 16|Likes:
Published by numanlatief
Adalah: Suatu metode untuk mengeluarkan secret dari jalan nafas.

Pengisapan ini biasa dilakukan melalui: mulut, nasal atau trachea melalui ETT/ TT

Tujuan pengisapan ini adalah:
Untuk mempertahankan kepatenan jalan nafas dan menjaga kelancaran serta membebaskan jalan nafas dari secret yang menumpuk juga dapat merangsang batuk dalam.
Adalah: Suatu metode untuk mengeluarkan secret dari jalan nafas.

Pengisapan ini biasa dilakukan melalui: mulut, nasal atau trachea melalui ETT/ TT

Tujuan pengisapan ini adalah:
Untuk mempertahankan kepatenan jalan nafas dan menjaga kelancaran serta membebaskan jalan nafas dari secret yang menumpuk juga dapat merangsang batuk dalam.

More info:

Published by: numanlatief on Feb 26, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/05/2014

pdf

text

original

Suction / Pengisapan Sekret

Adalah: Suatu metode untuk mengeluarkan secret dari jalan nafas. Pengisapan ini biasa dilakukan melalui: mulut, nasal atau trachea melalui ETT/ TT Tujuan pengisapan ini adalah: Untuk mempertahankan kepatenan jalan nafas dan menjaga kelancaran serta membebaskan jalan nafas dari secret yang menumpuk juga dapat merangsang batuk dalam. Persiapan alat yang diperlukan: 1. Mesin suction dinding / portable 2. Selang penghubung + 180 cm 3. Selang / kateter suction ukuran sesuai kebutuhan 4. Air steril (NaCl 0,9%) 100cc 5. Handuk atau lap kering 6. Mangkuk steril 7. Sarung tangan steril 8. Ambubag / set oksigen 9. Ky jelly (pelumas larut air) 10.Botol penampung 11.Bengkok Ukuran Kateter Suction: Neo - bayi 6 bulan 6 - 8 Fr 18 bulan - 22 bulan 8 - 10 Fr 24 bulan - 7 tahun 10 - 12 Fr 7 tahun - 10 tahun 12 Fr Dewasa 12 – 16 Fr
(1)

(2) .100 mmHg Anak 100 .5 mmHg Anak 5 . atur posisi tidur yang nyaman jelskan juga fungsi batuk dalam.10 mmHg Dewasa 7 .Regulator Vakum - Vakum Dinding Bayi 60 . Bisa diulangi lagi sampai dengan 2 kali penghisapan. Dengan penghisap tidak menghisap masukkan kateter perlahan-lahan sampai dengan Faring dan laring jika terasa tahanan tarik +1 cm.120 mmHg Dewasa 120 .Vakum Portable Bayi 3 . dengan pengisap mengisap keluarkan kateter secara memutar lama pengisapan 10” – 15”.150 mmHg . berikan istirahat sebentar.  Menilai tanda-tanda vital klien pernafasannya dan hemodinamiknya  Memeriksa fungsi mesin suction dan atur regulator vakumnya  Berikan O2 konsentrasi tinggi dengan menggunakan ambubag jika menggunakan ETT + 2 menit  Gunakan sarung tangan steril dan sambukan ujung selang penghubung pada mesin penghisap sedangkan ujung yang lain tetap dijaga kesterilannya.15 mmHg Cara Kerja:  Mencuci tangan  Menjelaskan prosedur pada klien / keluarga.

 Menilai kembali kondisi klinis klien pernafasan sebelum dan sesudah pengisapan  Pendokumentasian prosedur dan respon klien  Catat dalam evaluasi perawatan jumlah warna konsistensi bau sekret juga respon klien terhadap prosedur yang telah dilakukan  Untuk maintance suction / pengisapan secret dapat diulang beberapa jam kemudian sesuai dengan kebutuhan (3) . Setelah pengisapan dari nasal dan oral kateter yang terkontaminasi jangan dimasukkan kembali ke ETT / TT. lakukan pengisapan pada oral / nasal untuk membersihkan jalan nafas atas dari sekret. Bilas kateter dengan NaCl sampai bersih.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->