LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN BIRO KESTARI BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA JURUSAN KIMIA PERIODE 2012-2013

VISI Menjadikan kesekretariatan BEMJ Kimia yang tertib, rapi, dan bersih

MISI 1. Menertibkan seluruh kegiatan keadministrasian yang ada di BEMJ Kimia 2. Membangun kepedulian seluruh pengurus terhadap kesekretariatan BEMJ Kimia 3. Mengadakan controlling adminstrasi secara menyeluruh di dalam BEMJ Kimia 4. Menjalin kerjasama dalam rangka meningkatkan kinerja Biro Kestari dengan kesekretariatan tingkat fakultas dan universitas

MOTTO Tertib Administrasi, Setia Berkontribusi

KEANGGOTAAN: 1. Oktavia Pratiwi 2. Ayu Masriah 3. Hayyun Lisdiana

kalian adalah orang-orang yang Allah kirimkan untuk menjadi keluargaku. pencipta alam semesta yang berkuasa atas apapun yang ada di dalamnya. Perasaan takut dan khawatir sempat terlintas. . dan ini saatnya untuk mempertanggungjawabkan satu periode kepengurusan BEMJ Kimia sebagai kepala biro kestari. Ahmad Rifai. cinta. “Setiap orang diantara kamu adalah pemimpin dan setiap pemimpin akan dimintai pertanggungjawabannya. Kalian bukan hanya sekedar teman dan rekan kerja.4. Bukhori-Muslim) Masih teringat saat ketua BEMJ Kimia terpilih untuk periode kepengurusan 2012-2013. Berakhir sudah kepengurusan BEMJ Kimia periode 2012-2013. DINAMIKA Teruntuk BPH BEMJ Kimia 2012-2013 tersayang… Terimakasih untuk semuanya. dan kasih sayang yang telah Allah berikan kepada kita semua. saya sangat bersyukur kepada Allah karena telah memberikan orang yang sangat baik dan sangat membantu saya dalam menjalankan amanah ini.” (H. teladan bagi umat manusia dan semoga kita termasuk pengikutnya hingga akhir zaman.R. Tak lupa shalawat serta salam teruntuk Rasulullah SAW. Sungguh tak bisa dan tak akan pernah bisa terhitung semua nikmat. bagian yang sangat penting dalam hidupku . Kartika Ika Cahyani PENDAHULUAN Bismillahirrohmanirrohim Assalamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh… Segala puji bagi Allah SWT. namun seiring berjalannya waktu. memberikan amanah ini untuk saya.

Aster ini sering ngajak perang atau sebaliknya aku yang ngajak perang Aster. buat jadi temen cerita. iya gak ter? *tersenyum licik. tapi semua itu sirna setelah mengenalnya lebih dekat. dan penguatan yang udah Iis kasih . sosok yang sering ‘ruwet’ kalo udah menyangkut keuangan BEMJ Kimia. ga bias diem. keluarga dan leader yang baik. tapi itu bagus kan. dengan jadwalnya yang padat merayap. sering banget minta dipanggil Widihyuk (entah nama apa itu haha) tapi aku lebih seneng manggil dia Widy iuuuuh . sosok keibuan dan senang untuk membantu orang lain. makasih ya Mita . dia ga pernah lupa sama amanahnya di BEMJ Kimia. Terimakasih untuk nasehat. sahabat. Terimakasih untuk menjadi teman. Tapi salut banget sama Nadiya. hehehehe. Jaga kesehatan ya mbakyuuu  Mita Fadhilah. Widya Lestari. Si Bundar yang satu ini (eh salah Bunda maksudnya. udah kayak bus antar kota antar propinsi deh pokoknya. suka banget sama lagu dan artis korea beserta antekanteknya. ke luar kota terus. Nadiya Fikriyah Muasyiroh.piss ya Pak. tapi mita itu seru banget buat jadi temen bercanda. dan tampaknya dia bangga banget buat jadi yang termuda. hehe. Asterina Anggraini. Sosok Nadiya yang dewasa ini sangat menjunjung tinggi penampilan looh. ibu-ibu rempong yang satu ini pergaulannya luas banget. tapi itu semua tidak membuat langkahnya mundur dan tetap semangat dalam mengemban amanah ini. hehe. Sukses di ranah yang berikutnya ya! Isnaini Risfiana.. Meskipun menjadi kepala dari biro yang baru ada di BEMJ Kimia. semangat.Ahmad Rifai. kenapa kami perang? Karna kami punya „sesuatu‟ yang sama hahaha. . juga jadi temen curhat. sosok yang begitu berpendirian walaupun terkadang terkesan keras kepala hehe. harus kece sampe kaos kaki gitu deeh. berarti Ibu Bendum kita ini perhatian banget sama keuangan BEMJ. Bapak Rifai ini terlihat sangat serius dan jaim. sosok yang periang dan punya banyak ide ini kalo ngomong cepeeet banget. masukan. Mita adalah personil BPH termuda. hehe) selalu siap sedia untuk mendengarkan keluh kesah dan curhatan siapapun. tapi ini hanya bercanda kok.

tapi dia punya sejuta mimpi dan sejuta ide kreatif *sebenernya kalau dihitung ga sejuta juga siiih. Oiya. punya segudang aktivitas baik di kampus A maupun kampus B. Semangat ya Pepeb! Teruntuk adik-adik kestariku… Tidak mungkin saya mengemban amanah ini tanpa adik-adik yang hebat dan luar biasa yang membantu. Febry ini orang yang baik dan sholeh loo. Satu hal yang nyebelin dari ucul. Good Job! Umar Hasan. amiin. walaupun dulunya di kaderisasi. heee. Maaf kalau kakak punya salah sama kalian ya deek  Hayyun. Febry ini paling ga bisa diajak serius kalo syuro. dua kata untuk ucul yaitu ‘sibuk abis’. hehehe. Semangat terus yaa. naah ini nih temen duet nya Sahid. Tetep semangat yaa. Pak! Sahid Hidayat. telepon ga diangkat *kayak lagu apa gitu. hayyun emang jarang banget dateng ke acara BEMJ Kimia. hayyun juga . udah deh hebooh bangeeet *hehe piss. tapi adikku yang satu ini semangat banget untuk ngejalanin tugas yang udah diembannya. Febry juga selalu bisa mencairkan suasana saat orang-orang pusing mikirin proker atau masalah di BEMJ Kimia. Mochammad Febry Pratama.Uswatun Hasanah. Sahid ini kalau udah duet sama febry dalam hal bercanda. kalau orang yaa si Ucul inilah Si Gesit Irit. kalau ada motor yang julukannya Si Gesit Irit. selalu siap sedia kalau dikasih tugas. orangnya siih boleh kecil. gerak cepat. sms ga dibales. dan well done!. Sahid selalu menunjukkan keprofesionalannya dalam bekerja sebagai kadept P2M dan dalam melayani mahasiswa kimia. Kadept yang sering dipanggil staffnya dengan sebutan Papi Umay ini sibuk banget. Tapi semangatnya luar biasa. Tapi good banget karena nilai akademiknya tetap bagus walaupun sibuk. susaaaah banget dihubungin. apalagi kalau udah ngingetin kita semua buat solat. Temenku yang perawakannya kecil ini jarang makan tapi aktifnya luar biasa. Tapi dibalik semua itu. beuuh semangat banget.. udah kayak upin ipin deh mereka berdua ini. kadang sampe buat Bunda Iis marah sama kelakuannya. Tapi emang deh top banget untuk mencairkan suasana terutama saat kumpul dan saat syuro.

Mahasiswa yang akan didata dimulai dari angkatan 2008 sampai 2011 (disesuaikan). Ika ini orangnya kalem tapi full of spirit. Bukan pula karena didasarkan pemberian harta. kamu bisa lebih mengeksplor kemampuan yang kamu miliki. Ditunggu kontribusi selanjutnya di BEMJ Kimia yaaa… Ika. Bukan oleh sebab kekerabatan dan darah. makasih ya dek. Dalam hal ini. "Segolongan manusia yang saling mencintai karena rahmat Allah." HR. Ika juga menjalankan tugas yang diembannya dengan baik. Ditunggu kontribusinya di BEMJ Kimia lagi ya dek. .sering jadi temen pulang atau lebih tepatnya aku yang nebeng hehehe. tetap semangat! Ayu. Walaupun kamu ga bisa menemani kakak menjalani amanah ini sampai akhir. kakak berterima kasih sekali sama kamu. kalau ketemu sama Ika pasti dia akan panggil aku dengan sebutan „kakaknya‟. Q-Base Q-base (Q3A database) adalah kegiatan pengarsipan data-data mahasiswa jurusan kimia dan dosen-dosen yang ada di jurusan kimia Universitas Negeri Jakarta. Q-base pada akhirnya dijalankan oleh departemen Infokom karena pihak BEM UNJ yang meminta. biro kestari hanya membantu departemen infokom dalam mengumpulkan data dari mahasiswa kimia yang masih aktif. Dan mereka tidak bersedih ketika manusia lain berduka. Imam Abu Daud PROGRAM KERJA 1. semoga di kampus barumu. Makasih banyak ya dek atas kontribusinya di BEMJ Kimia. Demi Allah. wajah mereka pada hari itu bersinar cemerlang dan mereka berada di atas cahaya. si pendiam nan kreatif. Mereka tiada merasa khawatir ketika manusia lain ketakutan.

nyaman untuk ditempati. Selain itu kegiatan ini juga menjadikan pengurus BEMJ Kimia menjadi lebih akrab dan menjalin silaturrahmi satu sama lain. bersih. Kendala yang dihadapi dan evaluasi    Tidak semua anggota BEMJ Kimia mengikuti acara ini Kurangnya informasi akan adanya acara ini Keterbatasan alat untuk bersih-bersih.2. namun di akhir periode kami telah membeli alat-alat kebersihan sehingga lebih mudah untuk melakukan bersihbersih BEMJ kimia  Banyak benda-benda di BEMJ Kimia yang tidak diketahui pemiliknya sehingga sulit untuk merapikannya Solusi dan Saran   Informasi akan adanya acara ini harusnya sampai pada semua anggota BEMJ Harus lebih memperketat prosedur penitipan barang di BEMJ Kimia1 3. BBQ (Bersih-bersih Bem Q3A) BBQ (bersih-bersih Q3A) ini merupakan acara bersih-bersih BEMJ Kimia untuk menciptakan BEMJ Kimia yang rapi. Keseluruhan arsip tersebut dicatat dalam . Pengarsipan dan Pengadministrasian Pengarsipan ini dilakukan dengan mencatat dan mengarsipkan semua lalu lintas persuratan yang ada di BEMJ Kimia.

dan LPJ (Laporan Pertanggungjawaban). surat keluar. buku pintar BEMJK ini adalah buku yang berisi tentang seluk beluk. Buku Pintar BEMJ Kimia Sesuai dengan namanya.buku besar BEMJ Kimia. tata tertib. Kendala yang dihadapi dan evaluasi    Sulit mengumpulkan data-data yang dibutuhkan untuk Buku Pintar Kurangnya koordinasi dengan sekum untuk membuat buku pintar ini Buku pintar tidak berhasil dibuat pada keperngurusan tahun ini . kebijakan-kebijakan dan masih banyak lagi yang berhubungan dengan BEMJ Kimia. LK (Laporan Kegiatan). Kendala yang dihadapi dan evaluasi    Tidak semua surat masuk dan keluar tercatat di buku besar BEMJ Kimia Tidak semua surat sampai langsung pada kestari Bamyak surat masuk yang tercecer Solusi dan Saran   Kestari harus menyempatkan waktu untuk mencatat keseluruhan arsip Setiap anggota yang menerima surat di BEMJ sebaiknya langsung memberikannya pada kestari  Kestari harus sering mengecek surat yang masuk ke BEMJ 4. informasi departemen-departemen. Mulai dari surat masuk. RK (Rancangan Kegiatan).

5. Mahasiswa kimia dapat meminjam buku baik buku kuliah maupun bukan di BEMJ Kimia sesuai dengan SOP yang di buat oleh biro kestari.  Menyediakan tempat untuk tempat menyimpan buku-buku perpustakaan BEMJ Kimia ini. ataupun social media sehingga banyak yang akan menyumbangkan bukunya untuk perpustakaan BEMJ Kimia ini.Solusi dan Saran    Kestari dan Sekum harus lebih fokus untuk membuat buku pintar BEMJ Lebih dikomunikasikan lagi antar kestari untuk menyelesaikan buku ini Lebih giat untuk mengumpulkan data-data yang dibutuhkan untuk membuat buku ini. pamphlet. Kendala yang dihadapi dan evaluasi  Kurangnya sosialisasi dari kestari dan pengurus BEMJ Kimia mengenai perpustakaan kimia ini sehingga buku yang terkumpul jumlahnya masih sangat sedikit  Kurangnya tempat di BEMJ Kimia untuk menyimpan buku-buku yang telah terkumpul Solusi dan Saran  Kestari dibantu dengan pengurus BEMJ Kimia yang lain harus lebih mensosialisasikan adanya perpustakaan BEMJ Kimia ini baik melalui SMS. QL (Q3A library) Memfasilitasi mahasiswa kimia untuk mendapatkan wawasan yang lebih luas di BEMJ Kimia. .

. terutama pengumpulan proposal dan LPJ. Kestari harus mendata jumlah dan buku apa saja yang terdapat dalam perpustakaan BEMJ Kimia dan terus melakukan pengecekan apabila terjadi perubahan jumlah buku. Selain itu. sehingga pengarsipan administrasi pun berjalan kurang baik. Hubungan antar anggota kestari pun menjadi kurang karena kurangnya rapat internal. jangan sampai pengumpulan melewati batas waktu yang telah ditentukan. EVALUASI KESTARI Komunikasi yang terjalin antar staff kestari ataupun dengan tiap departemen kurang lancar. sehingga perkembangan atau masalah yang ada pada kestari menjadi lamban untuk diatasi. Rapat internal juga kurang dilakukan. Kestari juga perlu lebih memperketat pengawasan lalu lintas administrasi yang ada di BEMJ Kimia. SARAN UNTUK KESTARI MENDATANG  Dari internal kestari harus belajar dan memahami mengenai prosedur-prosedur kestari terlebih dahulu  Job desc yang sudah dibagi harus dilaksanakan sebaik-baiknya oleh anggota kestari  Harus berkomunikasi dengan baik antara staf kestari dengan tiap departemen serta dengan BLMJ   Peningkatan ketegasan kepada tiap departemen dalam masalah administrasi Rapat internal harus secara intens dilakukan agar permasalahan pada kestari dapat dengan cepat diatasi. ilmu mengenai prosedur administrasi pun perlu ditingkatkan lagi oleh anggota kestari.

namun tak ada satupun yang dapat membuat ukhuwah kita berakhir. dan ukhuwah . dan LK harus lebih ditingkatkan agar tidak ada keterlambatan dalam pengumpulan ke BLMJ PENUTUP Demikianlah laporan pertanggungjawaban ini kami buat dengan sebenarbenarnya. Tak ada gading yang tak retak. sehingga saya meminta maaf atas semua kesalahan selama menjalankan amanah ini. Alhamdulillahirobbil ‘Aalamiin. cinta.   Lebih memperhatikan pengarsipan administrasi Kestari harus rajin untuk mengecek adanya surat masuk dan keluar Pengawasan terhadap proposal. Terima kasih untuk BPH. Kepengurusan ini memang berakhir. namun karena kita bahagia hari ini menjadi indah Bukan karena tidak ada rintangan kita optimis. Semoga laporan pertanggungjawaban ini dapat dipelajari dan bermanfaat untuk BEMJ Kimia selanjutnya. Semoga ukhuwah ini dapat terus terjalin dengan baik. LPJ. Wassalamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh… Bukan karena hari ini indah kita bahagia. dan adik-adik 2011 yang telah membantu dalam satu periode kepengurusan BEMJ Kimia ini. teman-teman 2010. namun karena kita bias semua menjadi mudah Ya Allah…Kutitip rindu untuk saudara-saudaraku. semoga Engkau ikatkan hati kami dalam naungan iman. RK. namun karena kita optimis rintangan menjadi tidak ada Bukan karena mudah kita yakin bias.

Biro Kestari Oktavia Pratiwi . 5 Pebruari 2013 Ka.Jakarta.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful