P. 1
Pasar Modal Indonesia

Pasar Modal Indonesia

|Views: 18|Likes:
Published by Ni Putu Vidya
Teori Pasar Modal dan Investasi
Teori Pasar Modal dan Investasi

More info:

Categories:Types, Business/Law
Published by: Ni Putu Vidya on Feb 26, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial
List Price: $0.99 Buy Now

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
See more
See less

11/22/2013

$0.99

USD

pdf

text

original

Bab 3: PASAR MODAL INDONESIA

SEJARAH SINGKAT PASAR MODAL INDONESIA
Secara historis, pasar modal telah hadir jauh sebelum Indonesia merdeka. Pasar modal atau bursa efek telah hadir sejak jaman kolonial Belanda, tepatnya pada tahun 1912 di Jakarta. Pasar modal saat itu didirikan oleh pemerintah Hindia Belanda untuk kepentingan pemerintah kolonial Belanda. Pasar modal ini diberi nama “Vereniging voor Effectenhandel”. Mayoritas saham-saham yang diperdagangkan adalah saham-saham perusahaan Belanda dan afiliasinya yang tergabung dalam Dutch East Indies Trading Agencies. Namun Vereniging voor Effectenhandel ini beroperasi sampai kedatangan Jepang di Indonesia pada tahun 1942. Kemudian pada tahun 1951, dikeluarkanlah Undang-Undang tentang pasar modal. Dan melalui keputusan Menteri Keuangan, Bursa Efek Jakarta (BEJ) dibuka kembali pada tanggal 3 Juni 1952. Tujuannya untuk menampung obligasi pemerintah yang sudah dikeluarkan pada tahun-tahun sebelumnya dan juga untuk mencegah saham-saham perusahaan Belanda yang dulunya diperdagangkan di pasar modal Jakarta lari ke luar negeri. Pada tahun 1960, sekuritassekuritas perusahaan Belanda sudah tidak diperdagangkan lagi di BEJ. Pemerintah Indonesia mengaktifkan kembali pasar modal pada tahun 1977. Periode ini disebut sebagai periode tidur panjang karena sampai dengan tahun 1988 hanya sedikit sekali perusahaan yang tercatat di BEJ, yaitu 24 perusahaan saja. Hal ini disebabkan oleh kurang menariknya pasar modal karena tidak dikenakannya pajak atas bunga deposito, sedang penerimaan dividen dikenakan pajak penghasilan sebesar 15%. Setelah tahun 1988, hanya dalam kurun waktu 3 tahun saja, jumlah perusahaan yang terdaftar di BEJ meningkat hingga 128 perusahaan. Kemudian pada tahun 1991, BEJ diswastakan dan sebagai konsekuensinya, BAPEPAM bukan lagi pelaksana pasar modal, tetapi lebih ke pengawas pelaksana pasar modal. Peningkatan di pasar modal disebabkan oleh beberapa hal, yaitu: Permintaan dari investor asing. Investor asing tertarik dengan pasar Indonesia karena dianggap sebagai pasar yang menguntungkan untuk diversifikasi secara internasional.

Selain JATS. Perubahan Generasi. ada pula Surabaya Market Information & Automated Remote Trading (SMART). membuat kebijakan moneter lebih efektif. dan meningkatkan pasar modal. Sistem otomatisasi yang diterapkan di BEJ diberi nama Jakarta Automated Trading System (JATS) dan mulai beroperasi pada tanggal 22 Mei 1995.Pakto 88. Krisis moneter yang terjadi dimulai dari penurunan nilai-nilai mata uang negara-negara Asia . S-MART Chat: fasilitas komunikasi percakapan interaktif antaranggota bursa dengan pemakai internet lainnya. sehingga tidak lagi harus dilakukan di lantai bursa. Karena peningkatan kegiatan transaksi yang dirasakan sudah melebihi kapasitas manual. Pada periode ini terjadi perubahan kultur bisnis dari kultur bisnis keluarga tertutup ke kultur bisnis profesional terbuka yang memungkinkan orang dari luar keluarga untuk duduk di kursi kepemimpinan perusahaan. S-MART mail: Sarana surat elektronik (e-mail). Fasilitas yang diberikan oleh S-MART adalah: Trader workplace: sarana akses langsung secara elektronik oleh anggota bursa atau broker atau WPPE dari kantor mereka masing-masing. JATS ini dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas untuk mengantisipasi pertumbuhan pasar yang diperkirakan akan meningkat drastis. meningkatkan efisiensi dari bank komersial. Periode berikutnya dalam sejarah pasar modal Indonesia adalah periode krisis moneter. Selain itu JATS juga dimaksudkan untuk meningkatkan integritas dan likuiditas. Pakto 88 dikeluarkan untuk merangsang ekspor non migas. meningkatkan simpanan domestic. maka BEJ memutuskan untuk mengotomatisasikan kegiatan transaksi di bursa. S-MART Web: fasilitas world-wide-web di internet yang menyediakan informasiinformasi penting yang diperlukan. serta meningkatkan pamor pasar modal dengan meletakkan BEJ setara dengan pasar-pasar modal lain di dunia.

Agar nilai Rupiah tidak terjun bebas akibat meningkatnya permintaan dolar Amerika yang berlebihan. departemen keuangan Indonesia mendirikan Badan Pelaksana Pasar Modal (BAPEPAM). Bank Indonesia menaikkan suku bunga SBI dengan harapan jika suku bunga deposito yang ditawarkan tinggi. Semula kasus tersebut diperkirakan hanya mempunyai dampak jangka pendek dan tidak berkepanjanga.terhadap dolar Amerika. Kasus Subprime Mortgage memang besar dampaknya bagi dunia. BEJ dan BES bergabung menjadi BEI (Bursa Efek Indonesia). Namun. . Pada tahun 1998. Pada periode ini pasar modal Indonesia mengalami kondisi yang baik dan merupakan salah satu pasar modal paling berkembang di dunia. ternyata merupakan suatu bom waktu yang menunggu untuk meledak dan penyulutnya adalah pengungkapan kerugian dari beberapa bank dan lembagi keuangan lainnya. Beberapa lembaga keuangna tidak hanya mengumumkan kerugiannya tetapi juga mengumumkan kebangkrutannya termasuk perusahaan keuangan terbesar dunia Lehman Brothres. pasar modal dikejutkan dengan pengungkapan kerugian Citybank sekitar 30% akibat dari kasus Subprime Mortgage di AS.294. sehingga harga-harga saham di pasar modal mengalami penurunan yang drastis. tingginya suku bunga deposito berakibat negatif terhadap pasar modal. Untuk melindungan investor dari praktek-praktek tidak sehat di pasar saham. Karena hal tesebut. pasar modal Indonesia mengalam kerugian dan sempat terkoreksi turun dengan IHSG menjadi 2.524. pemilik modal akan menanamkan modalnya di deposito. pasar ini perlu diregulasi untuk kepentingan publik. Namun hal ini tidak banyak membantu memperbaiki lesunya pasar saham. Dan pada bulan November 2007 setelah diadakannya RUPSLB yang diadakan pada tanggal 30 Oktober 2007. pemerintah berusaha meningkatkan aktivitas perdagangannya melalui transaksi investor asing. Pada akhir bulan Januari 2008. Kondisi pasar modal Indonesia mulai memasuki periode penyembuhan pada tahun 1998 hingga 2002. Investor tidak lagi terarik untuk menanamkan dananya di pasar modal. Melalui keputusan Presiden. Peranan BAPEPAM pada saat itu adalah untuk melaksanakan jalannya kegiatan pasar modal dan juga meregulasinya. Kemudian pada tanggal 1 November 1997 pemerintah mengumumkan melikuidasi 16 bank swasta nasional. Untuk mengurangi lesunya permintaan sekuritas di pasar modal Indonesia. IHSG mulai mengalami peningkatan diatas 300 poin. karena total return yang diterima lebih kecil disbanding dengan pendapatan dari bunga deposito. Peningkatan ini terus berlanjut hingga tahun 2008.

mengarahkan. Setelah perusahaan mencatatkan sahamnya di pasar bursa. Badan ini memiliki tugas untuk mengatur. melalui Keppres. Kedua adalah memperoleh izin registrasi dari BAPEPAM-LK. Untuk melindung public yang juga merupakan pemilik dari perusahaan. Dan yang ketiga adalah melakukan penawaran perdana ke public dan memasuki pasar sekunder dengan mencatakan efeknya di bursa. BAPEPAM mempunyai fungsi hanya sebagai regulator saja. Untuk system manual. harga penawaran penjualan dan harga permintaan pembelian dari investor diteriakkan oleh broker di . Pertama adalah persiapan diri. serta merumuskan kebijakan di bidang lembaga keuangan. Hanya broker yang dapat melakukan transaksi jual dan beli di lantai bursa berdasarkan order dari investor. SISTEM PERDANGAN DI BEI Transaksi perdagangan di BEI menggunakan order driven market system dan system lelang kontinyu. Menkeu RI pada tahun 2005 dilakukan penggabungan antara uni eselon I Badan Pengawas Pasar Modal (BAPEPAM) dengan unit eeselon I Direktorat Jenderal Lembaga Keuangan (DLJK). dan mengawasi kegiatan sehari-hari pasar modal.Kedua peranan ini. BAPEPAM dan BEI mengharuskan perusahaan public menyerahkan laporan-laporan rutin atau laporan khusus yang menerangkan peristiwa penting yang terjadi. Dengan order driven market system berarti bahwa pembeli dan penjual sekuritas yang ingin melakukan transaksi harus melalui broker. perusahaan ini menjadi prusahan public yang sahamnya juga dimiliki oleh public. Karena itu. Investor tidak dapat langsung melakukan transaksi di di lantai bursa. karena badan ini dianggap meregulasi pelaksanaan dirinya sendiri. Dengan system belakang kontinyu harga transaksi ditentukan oleh penawaran dan permintaan dari investor. yaitu melaksanakan dan meregulasi dianggap menimbulkan konflik. Gabungan ini menjadi Bada Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (BAPEPAM-LK). PROSEDUR PENDAFTARAN SEKURITAS DI BEI Jika sebuah perusahaan yang akan go-public dapat mengikut prosesur yang terdiri dari tiga tahap utama. Laporan ini akan segera disebarkan ke public melalui pengumuman di bursa atau investor dapat mendapatkannya dengan meminta langsung di BEI atau lewat broker. Melalui Kep.

cross trades. yaitu indeks harga saham gabungan (IHSG). dan indeks kompas 100 1. Broker menerima komisi dari investor tidak boleh melebihi 1% dari nilai transaksinya. indeks liquid 45 (ILQ-45). Sampai sekarang. Jakarta Islamic Index (JII). cash trades. BEI mempunyai beberapa indeks. Broker membayar komisi ke BEI karena menggunakan fasilitas yang disediakan oleh BEI. Cara mendapatkan harga dengan lelang kontinyu terutama untuk jenis transaksi yang regular. Seperti di pasar lelang. harga transaksi ditentukan jika ada pertemuan antara harga penawaran dan permintaan. IHSGt = indeks harga saham gabungan hari ke-t . dan foreign board trades. Harga dari transaksi regular ini yang akan digunakan untuk menghitung indek harga gabungan dan yang akan digunakan sebagai harga yang dicantumkan di bursa dan yang akan disebarkan ke seluruh penjuru dunia.lantai bursa. indeks papan utama dan indeks papan pengembangan. salah satu sumber penghasilan BEI adalah komisi dari broker akibar terjadinya transaksi. Untuk membiayai semua aktivitasnya. Indeks harga saham gabungan Indeks harga saham gabungan (IHSG) di BEi meliputi pergerakan-pergerakan harga utnuk saham biasa dan saham preferen. add-lot trades. Sebaliknya broker menerima komisi dari investor karena melakukan order yang diinginkan oleh investor. INDEKS PASAR MODAL Suatu indeks diperlukan sebagai sebuah indicator untuk mengamati pergerakan harga dari sekuritas-sekuritas. PT BEi merupakan perusahaan swasta yang menyediakan jasa fasilitas perdangan sekuritas.. Di BEI. transaksi regular dilakukan dengan cara round lot yaitu sebanyak 500 lembar untuk non-investment fund dan 100 lembar untuk investmen fund. IHSG mulai dikenalkan pertama kali pada tanggal 1 Apil 1983 dengan menggunakan landasan dasar tanggal 10 Agustus 1982. Untuk beberapa transaksi non-reguler dilakukan seperti block trades.

yaitu ILQ-45. Pertimbanganpertimbangan yang mendasari pemilihan saham yang masuk di ILQ-45 adalah liquiditas dan kapitalisasi pasar dengan criteria sebagai berikut: a. Jakarta Islamic Indeks (JII) Selain IHSG dan ILQ-45. Telah tercata di BEI paling tidak selama 3 bulan. 3. Indeks Liquid-45 (ILQ-45) Karena pasar modal di Indonesia sebagaian besar sekuritasnya masih kurang aktif diperdagangkan. Selama 12 bulan terakhir. JII merupakan indeks yang berisi dengan 30 saham perusahaan yang memenuhi criteria investasi berdasarkan Syariah Islam. rata-rata transaksi sahamnya masuk dalam urutan 60 terbesar di pasar regular b. JII dibuat oleh BEI bekerjsama dengan PT Danareksa Invesment management. JII menggunakan basis Januari 1995 dengan nilai awal sebesar 100. Selama 12 bulan terakhir. maka pada tanggal 24 Februari 1997 dikenalkan alternative indeks yang lain. sekarang ini telah dibuat beberapa indeks yang lain. dengan prosedur sebagai berikut: . Indeks ILQ-45 dimulai tanggal 13 Juli 1994 dan tanggal ini merupakan hari dasar indeks dengan nilai awal 100. rata-rata nilai kapitalisasi pasarnya masuk dalam urutan 60 terbesar di pasar regular c. diantaranya adalah JII.Nilai Pasar = rata-rata tertimbang nilai pasar (jumlah lembar tercatat di bursa dikalikan dengan harga pasar perlembarnya) dari saham umum dan sahamprefren pada hari ke-t Nilai Dasar = sama dengan nilai pasar tetapi dimulai dari tanggal 10 Agustus 1982 NDB = nilai dasar baru yang disesuaikan NPL = nilai pasar lama NPTS = nilai pasar tambahan saham NDL = nilai dasar lama 2.

Kemudia dipilih 30 saham dengan urutan tingkat likuiditas rata-rata nilai perdagangan regular selama 1 tahun terakhir. Dari yang masuk criteria nomer 1 dan 2. Perusahaan yang tidak masuk ke dalam Indeks Papan Utama akan masuk ke dalam Indeks Papan Pengembangan. Indeks ini berisi dengan 100 saham yang berkategori mempunyai liquiditas yang baik. Pekerjaan ini adalah pekerjaan administrasi. Mempunyai rasio utan terhadap aktiva tidak lebih dari 90% di laporan keuangan tahunan atau tengah tahun c. fundamental yang kuat. Indeks Papan Utama dan Indeks Papan Pengembangan 8 April 2002. Perusahaan yang baru masuk ke papan pengembangan dapat berpindah ke papan utama atau sebaliknya yang sudah masuk ke papan utama dapat didegrasi turun ke papan pengembangan. serta kinerja perusahaan yang baik PENYELESAIAN TRANSAKSI Setelah transaksi perdagangan terjadi di lantai bursa. pembayaran dan penerbitan sertifikat kepemilikan. pekerjaan yang panjang di belakang bursa masih menunggu. Papan Pengembangan dimaksudkan untuk penyehatan perusahaan-perusaan yang kinerjanya menurun. kapitalisasi pasar yang tinggi. BEJ memperkenalkan 2 indeks lagi. perusahaan yang berprospek baik tetapi belum menguntungkan. 4. 5. Indeks Kompas 100 10 Agustus 2007.a. kecuali saham yang termasuk dalam 10 kapitalisasi besar b. dipikih 60 saham dengan urutan rataata kapitalisasi pasar terbesar selama 1 tahun terakhir d. Proses penyelesaian pekerjaanpekerjaan ini disebut dengan kliring dan perusahaan yang dipercaya untuk menanganinya . Saham dipilih harus sudah tercatat paling tidak 3 bulan terakhir. Papan Utama dimaksudkan untuk menampung emiten yang berukuran besar dan mempunyai catatan kinerja yang baik. BEj bekerja sama dengan harian kompas merilis indeks yang baru yang disebut dengan Indeks Kompas 100.

maka penyelesaian transaksi antara anggota bursa akan lebih mudah diselesaikan. Dengan system netting ini. Dengan sistem ini pemindahan-tanganan suatu sekuritas tidak harus selalu dibuatkan sertifikatnya. akan tetapi cukup dicatat dan dilakukan pemindah-bukuan posisi kepemilikan secara elektronik.adalah PT Kliring Pinjaman Efek Indonesia (KPEI) dan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI). yaitu system yang dapat menghitung penghaslian neto dari dana dan efek terhadap seluruh transaksi yang dilakukan oleh anggota bursa pada satu hari kerja bursa. . Target utama dari PT KPEI adalah mengembangkan dan menerapkan system penyelesaian transaksi tanpa sertifikat. Pada januari 1995 dengan menggunakan lima buah saham yang paling likuud di BEJ. System ini adalah system netting. PT KDEI telah berhasil mencoba system penyelesaian saham (kliring) untuk pertama kalinya. Sistem ini disebut sebagai sistem pemindah-bukuan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->