Biaya dan jaminan kesehatan Jika dibandingkan dengan di Indonesia, maka biaya kesehatan di negeri Belanda untuk kontrol

, pengobatan dan obat-obatan relatif mahal. Setiap orang di negeri Belanda yang berusia 18 tahun ke atas, wajib mengasuransikan diri untuk jaminan dasar pelayanan kesehatan seperti dokter umum, rumah sakit dan obatobatan. Sampai dengan usia 18 tahun setiap anak ikut secara cuma-cuma dalam asuransi orang tua atau wali mereka. Pada tanggal 01 Januari 2006 Belanda memberlakukan undang-undang asuransi kesehatan yang baru. Sesuai undang-undang itu setiap orang pada prinsipnya wajib memiliki jaminan dasar pelayanan kesehatan melalui asuransi. Untuk itu setiap orang bisa memilih salah satu dari sekian banyak perusahaan asuransi yang aktif di Belanda. Tampaknya para pelajar dan tenaga kerja dari Indonesia yang datang ke negeri Belanda sudah memiliki asuransi kesehatan melalui perantara mereka atau majikan. Periksalah surat-surat asuransi itu dengan baik. Di negeri Belanda terdapat lebih dari 20 perusahaan asuransi kesehatan, yang wajib menerima dan memberikan jaminan dasar pelayanan kesehatan kepada setiap orang yang mendaftarkan diri di perusahaan pilihan mereka. Apabila majikan atau perantara mempunyai kesepakatan/perjanjian dengan salah satu perusahaan asuransi, maka yang bersangkutan mendapat potongan biaya. Sekarang biaya asuransi untuk jaminan dasar pelayanan kesehatan sekitar 950 euro setiap tahun. Ini tidak termasuk biaya asuransi untuk jaminan tambahan pelayanan kesehatan. Besar kecilnya biaya tambahan itu tergantung dari paket pelayanan kesehatan yang anda pilih. Persyaratan asuransi dan prakteknya Sebuah asuransi kesehatan terdiri dari asuransi dasar yang wajib dan jaminan tambahan yang suka rela. Biaya jaminan tambahan tidak bisa diganti dengan biaya jaminan dasar misalnya untuk operasi-operasi kosmetik tertentu. Anda bisa memilih sendiri jaminan tambahan apa yang anda mau dan perlukan. Tetapi perusahaan asuransi kesehatan tidak wajib mengganti biaya jaminan tambahan, jadi perusahaan itu bisa menolak permohonan anda. Kalau anda ingin tahu lebih banyak tentang jaminan dasar, jaminan tambahan dan daftar biaya yang bisa diganti, anda bisa mendapatkan informasi di situs web pemerintah Belanda www.postbus51.nl (tersedia dalam bahasa Belanda dan bahasa Inggris). Dokter umum dan dokter gigi Dokter umum, yang di Belanda disebut dokter keluarga atau huisarts, tergolong kelompok pelayanan kesehatan garis pertama. Garis kedua mencakup dokter ahli. Kalau anda sakit atau anda mempunyai masalah yang berhubungan dengan kesehatan anda, dokter umum -huisarts- adalah orang pertama yang bisa anda

Untuk . Tapi ada huisarts yang pada jam-jam tertentu memberikan peluang kepada pasien untuk langsung masuk ke tempat praktek tanpa janji sebelumnya. Di kota-kota besar biasanya huisarts membuka praktek di pusat kesehatan (beberapa dokter di satu gedung).kunjungi. Tugas dan tanggung jawab huisarts terlalu banyak untuk disebut dalam artikel ini. -bertanya di maskapai asuransi anda ( biasanya mereka mempunyai daftar nama-nama dokter) atau mencarinya di buku kuning (di "artsen-huisartsen" dan selidiki mana yang paling dekat dengan rumah anda). klinik atau instansi lain bila dia sendiri tidak bisa mengobati atau membantu anda. Dokter ini akan mengirim anda ke rumah sakit. biaya pengobatan khusus gigi hanya diganti hanya buat pengobatan gigi khusus dan gigi palsu. Setiap orang di negeri Belanda harus terdaftar sebagai pasien pada salah seorang dokter umum atau huisarts. maka anda harus jelas memberi tahu lewat telepon kepada asisten dokter mengapa anda tidak bisa datang ke tempat praktek (misalnya kalau anda susah bisa bergerak karena sakit. influenza berat. Tapi yang harus anda ketahui adalah bahwa dokter umum atau huisarts adalah orang pertama yang bisa memberikan nasehat dan jawaban atas masalah-masalah kesehatan anda. Buat mereka yang berusia di atas 18 tahun. Lazimnya anda harus datang ke tempat praktek buat konsultasi tapi kalau situasi tidak memungkinkan maka dokter bisa datang ke tempat anda. Biasanya untuk konsultasi anda harus janji sebelumnya. Huisarts punya jam praktek pada hari-hari kerja. dll). Di negeri Belanda. Mencari dokter baru Ada berbagai cara untuk mencari seorang dokter di sekitar tempat tinggal anda: Anda melihat sendiri di sekitar tempat tinggal anda di mana ada tempat praktek dokter umum atau huisarts. Dia adalah pengawas arsip kesehatan pasienpasiennya. Di tempat-tempat kecil. -dengan bertanya di balaikota. huisarts adalah seorang dokter ahli dan dia juga merupakan orang kepercayaan pasien-pasiennya. mereka praktek di rumah sendiri atau punya tempat praktek sendiri. Tidak tertutup kemungkinan bahwa anda akan diundang untuk memperkenalkan diri kepada dokter anda. Anda harus mencari dokter anda sendiri dan mendaftarkan diri sebagai pasien. Kalau anda mau menerima dokter di rumah anda. Dokter gigi atau tandarts Asuransi pelayanan kesehatan dasar hanya membiayai pengobatan gigi sampai umur 18 tahun. Pada prinsipnya anda bisa menghubungi dokter anda (atau penggantinya) siang dan malam sepanjang tahun. Kalau dokter tersebut masih mempunyai tempat untuk pasien baru maka dia akan menerima anda sebagai pasien dan dia akan meminta data lengkap anda (seperti alamat rumah dll) dan juga bukti jaminan kesehatan anda.

Instansi lainnya Semua perawatan yang tidak ditangani oleh seorang huisarts. dan untuk hal-hal lain yang harus dengan segera ditangani tenaga medis. biasanya dilakukan oleh dokterdokter ahli yang terdaftar di departemen kesehatan.bisa membayar biaya2 yang lain anda harus menjaminkan diri dengan paket tambahan atau anda harus membayar biaya2 tersebut dari kantong anda sendiri. dinas kesehatan kotapraja (GGD). luka parah. biasanya ditangani oleh tenaga (para)medis lainnya. Kepada pelayan pesawat telpon 112 anda harus memberitahukan di mana posisi anda lalu minta dikirimnya sebuah ambulans untuk datang ke tempat anda dan ceritakan apa yang anda lihat atau apa yang terjadi. Biasanya mereka melaksanakan pekerjaan mereka di rumah sakit atau klinik yang diakui oleh depkes. serangan jantung. dokter gigi dan dokter ahli di RS atau klinik. Hampir setiap RS dan posyandu atau huisartsenpost tetap bisa memberikan pertolongan darurat. Dinas kesehatan ini didirikan untuk kelompok besar penduduk. pendarahan otak. Dokter gigi tetap anda mengawasi catatan kesehatan gigi anda. atau yang juga disebut garis pertolongan kedua. Contohnya . pengobatan alternatif dan ilmu mengajar ucapan atau logopedi. patah tulang. Pengobatan ahli (di rumah sakit dan di klinik) Pengobatan khusus. Nomor telepon 112 dan bagian gawat darurat sebuah RS dapat dihubungi 24 jam setiap hari dan 7 hari setiap minggu. Dinasihatkan untuk mendaftarkan diri pada seorang dokter gigi. Dokter-dokter di bagian gawat darurat akan memberikan pertolongan pertama dan sesudah itu baru bertanya tentang status asuransi jaminan kesehatan anda. Anda dapat menghubungi nomor telepon 112 saat terjadi kecelakaan lalu lintas yang parah. polisi dan pemadam kebakaran: 112 atau anda dapat pergi ke bagian gawat darurat di RS. pusat kesehatan jiwa. Anda bisa menemukan seorang dokter gigi dengan cara yang sama seperti dokter keluarga. Seperti misalnya fisioterapi. Dinas kesehatan pemerintah Banyak kotapraja besar di negeri Belanda memiliki sebuah dinas kesehatan sendiri. Biasanya anda datang ke dokter ahli atas nasehat huisarts anda atau lewat unit gawat darurat (misalnya untuk sebuah operasi sesudah kecelakaan lalu lintas). keracunan. Di negeri Belanda tidak banyak dokter ahli yang mempunyai tempat praktek sendiri seperti di Indonesia. Pertolongan darurat atau spoedeisendehulp: 112 Dalam keadaan darurat anda dapat menghubungi nomor telpon darurat sekaligus untuk ambulans.

Pendatang baru dari negeri-negeri berkembang sering diperiksa oleh dinas kesehatan kotapraja apakah mereka mengidap TBC. Di saat terjadi bencana besar dan berlangsungnya sensus kesehatan penduduk. dan dokter sekolah.yaitu dinas kesehatan kotapraja (GGD). maka dinas kesehatan kotapraja akan bertindak sebagai koordinator medis. . biro konsultasi bayi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful