Apa itu Batu Ginjal ? Batu ginjal merupakan batu pada saluran kemih.

Batu saluran kemih dapat diketemukan sepanjang saluran kemih mulai dari ginjal, pielum, ureter, kantung kemih dan uretra. Batu ini mungkin terbentuk di di ginjal kemudian turun ke saluran kemih bagian bawah atau memang terbentuk di saluran kemih bagian bawah karena adanya stasis urin.

Apa saja penyebab Batu Ginjal? Penyebab terbentuknya batu saluran kemih diduga berhubungan dengan gangguan aliran urin, gangguan metabolik, infeksi saluran kemih, dehidrasi. Faktor intrinsik, meliputi: 1. Herediter; diduga dapat diturunkan dari generasi ke generasi. 2. Umur; paling sering didapatkan pada usia 30-50 tahun 3. Jenis kelamin; jumlah pasien pria 3 kali lebih banyak dibanding pasien wanita. Faktor ekstrinsik, meliputi: 1. Geografi 2. Iklim dan temperatur
3. Asupan air  kurangnya asupan air dan tingginya kadar mineral kalsium dapat

meningkatkan insiden batu saluran kemih.
4. Diet  diet tinggi purin, oksalat dan kalsium mempermudah terjadinya batu saluran

kemih.
5. Pekerjaan  penyakit ini sering dijumpai pada orang yang pekerjaannya banyak duduk

atau kurang aktivitas fisik. Komposisi Batu Ginjal

kerang. jamur. kangkung). jeruk sitrun dan sayuran hijau terutama bayam. arbei. Kadar kasium urine lebih dari 250-300 mg/24 jam 2. • Batu Kalsium Batu kalsium paling banyak ditemukan. ikan sarden. kegemukan. kakao. soft drink. asam urat. kalsium fosfat. xanthyn dan sistin. Apa saja gejala penyakit Batu Ginjal ? - Nyeri di pinggang Sulit BAK / BAK tidak lancar Nyeri saat BAK BAK berpasir (keluar batu kecil) Nyeri perut yang hilang timbul dan mendadak (kolik) Segera konsultasi ke dokter Tindakan non bedah  dipecahkan dengan ESWL (Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy) Tindakan bedah laparoskopi atau pembedahan terbuka. Apa yang harus dilakukan ketika mengalami keluhan diatas? - Pencegahan apa saja yang harus dilakukan oleh penderita Batu Ginjal? − Biasakan banyak minum air putih . buncis. makanan dari biji bijian. coklat.Batu saluran kemih pada umumnya mengandung unsur: kalsium oksalat. Faktor tejadinya batu kalsium adalah : 1. • Batu Urat Batu asam urat meliputi 5-10% dari seluruh batu saluran kemih. Kadar asam urat urine melebihi 850 mg/24 jam. 3. magnesium-amonium-fosfat (MAP). Asam urat dalam urine dapat bersumber dari konsumsi makanan kaya purin (daging. banyak dialami oleh penderita gout. alkoholik dan diet tinggi protein. ikan teri. • Batu Struvit Batu struvit disebut juga batu sebagai batu infeksi karena terbentuknya batu ini dipicu oleh adanya infeksi saluran kemih. Kadar konsumsi makanan kaya oksalat seperti teh. kopi instan.

− Jangan menahan BAK − Olahraga teratur − Hindari mengkonsumsi alkohol − − Kurangi mengkonsumsi kopi. makanan laut (kerang. teh. bayam). soft drink Kurangi makanan biji bijian. ikan) *boleh dikonsumsi namun jangan berlebihan . sayuran hijau ( kangkung.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful