P. 1
sosiologi.pdf

sosiologi.pdf

|Views: 1|Likes:
Published by kangyumen

More info:

Published by: kangyumen on Feb 27, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/10/2014

pdf

text

original

ASSALAMUALAIKUM WR. WB.

PENGANTAR ILMU SOSIOLOGI

TERKIKISNYA BUDAYA KITA
KELOMPOK III

. yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. yaitu mengolah atau mengerjakan. yang berasal dari kata Latin Colere. kebudayaan disebut culture.Pengertian Budaya Secara Umum Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah. Bisa diartikan juga sebagai mengolah tanah atau bertani. Dalam bahasa Inggris. Kata culture juga kadang diterjemahkan sebagai "kultur" dalam bahasa Indonesia.

Unsur-unsur sosio-budaya ini tersebar dan meliputi banyak kegiatan sosial manusia. adat istiadat. bahasa. Bahasa. termasuk sistem agama dan politik. sebagaimana juga budaya. . dan karya seni. dan luas. perkakas. bangunan. merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis.Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Banyak aspek budaya turut menentukan perilaku komunikatif. Ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang berbeda budaya dan menyesuaikan perbedaan-perbedaannya. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit. pakaian. membuktikan bahwa budaya itu dipelajari. budaya bersifat kompleks. Budaya adalah suatu pola hidup menyeluruh. abstrak.

dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat seseorang sebagai anggota masyarakat. adat istiadat. Melville J.norma sosial. . Istilah untuk pendapat itu adalah Cultural-Determinism. ilmu pengetahuan serta keseluruhan struktur-struktur sosial. Menurut Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi. Herskovits memandang kebudayaan sebagai sesuatu yang turun temurun dari satu generasi ke generasi yang lain. dan lain-lain. Menurut Edward Burnett Tylor. religius. kebudayaan mengandung keseluruhan pengertian nilai sosial. moral. tambahan lagi segala pernyataan intelektual dan artistik yang menjadi ciri khas suatu masyarakat. kesenian. rasa. dan cipta masyarakat. kebudayaan adalah sarana hasil karya.Budaya Menurut Para Ahli Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat. yang di dalamnya terkandung pengetahuan. hukum. Herskovits dan Bronislaw Malinowski mengemukakan bahwa segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri. yang kemudian disebut sebagai superorganic. kepercayaan. kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks. Menurut Andreas Eppink.

Unsur-Unsur Kebudayaan a. Manusia yang mempunyai kecerdasan .contoh bercocok tanam. yaitu meningatkan kesejahtraan hidupnya.manusia sadar bahwa tubuhnya lemah. System religi dan upacara keagamaan merupakan produk manusia sebagai homoriligius.Namun. lalu mengusahakan kerjinan. dengan akalnya manusia membuat kekuatan dengan menyusun organisasi kemasyarakatan yang merupakan tempat berkerja sama untuk mencapai tujuan baersama. b. dan berdagang. kemudian berternak . System organisasi kemasyarakatan merupakan produk manusia sebagai homosocius. . c. dan perasaan luhur . tangapan bahwa kekuatan lain mahabesar yang dapat “menghitam-putikan” kehidupannya.pikiran . System mata pencarian yang merupakan produk dari manusia sebagai homoeconomicus manjadikan tingkat kehidupan manusia secara umum terus meningkat.

Kebudayaan Bangsa Indonesia Budaya Indonesia adalah seluruh kebudayaan nasional. Definisi kebudayaan nasional menurut TAP MPR No. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Arti dan Puncak-Puncak Kebudayaan Lama dan Asli bagi Masyarakat Pendukukungnya. karya dan karsa bangsa Indonesia dan merupakan keseluruhan daya upaya manusia Indonesia untuk mengembangkan harkat dan martabat sebagai bangsa. Kebudayaan nasional adalah kebudayaan yang diakui sebagai identitas nasional. serta diarahkan untuk memberikan wawasan dan makna pada pembangunan nasional dalam segenap bidang kehidupan bangsa. yakni: Kebudayaan nasional yang berlandaskan Pancasila adalah perwujudan cipta. maupun kebudayaan asal asing yang telah ada di Indonesia sebelum Indonesia merdeka pada tahun 1945. . Dengan demikian Pembangunan Nasional merupakan pembangunan yang berbudaya. Wujud. kebudayaan lokal.II tahun 1998.

Dewasa ini tokoh-tokoh kebudayaan Indonesia sedang mempersoalkan eksistensi kebudayaan daerah dan kebudayaan nasional terkait dihapuskannya tiga kalimat penjelasan pada pasal 32 dan munculnya ayat yang baru. sedangkan kebudayaan nasional sendiri dipahami sebagai kebudayaan bangsa yang sudah berada pada posisi yang memiliki makna bagi seluruh bangsa Indonesia. Mereka mempersoalkan adanya kemungkinan perpecahan oleh kebudayaan daerah jika batasan mengenai kebudayaan nasional tidak dijelaskan secara gamblang. UUD 1945 menggunakan dua istilah untuk mengidentifikasi kebudayaan daerah dan kebudayaan nasional. Di dalamnya terdapat unsur kebudayaan bangsa dan unsur kebudayaan asing. serta unsur kreasi baru atau hasil invensi nasional. . Kebudayaan bangsa. Dalam kebudayaan nasional terdapat unsur pemersatu dari Banga Indonesia yang sudah sadar dan menglami persebaran secara nasional. Sebelum di amandemen. ialah kebudayaan-kebudayaan lama dan asli yang terdapat sebagi puncak-puncak di daerah-daerah di seluruh Indonesia.Pernyataan yang tertera pada GBHN tersebut merupakan penjabaran dari UUD 1945 Pasal 32.

Perhimpunan Indonesia telah menanamkan kesadaran tentang identitas Indonesia dalam Manifesto Politiknya (1925). Namun selanjutnya.Di masa lalu. saling menghormati. Hampir dua dekade sesudah Boedi Oetomo. yaitu: (1) kedaulatan rakyat. untuk bersama-sama menjaga kedaulatan dan martabat bangsa. (2) kemandirian dan (3) persatuan Indonesia. Termasuk di dalamnya adalah nilai-nilai yang menjaga kedaulatan negara dan integritas teritorial yang menyiratkan kecintaan dan kebanggaan terhadap tanah air. . saling mencintai dan saling menolong antar sesama warga negara. nilai-nilai tentang kebersamaan. serta kelestariannya. Gagasan tentang kebudayaan nasional Indonesia yang menyangkut kesadaran dan identitas sebagai satu bangsa sudah dirancang saat bangsa kita belum merdeka. kebudayaan nasional Indonesia perlu diisi oleh nilai-nilai dan norma-norma nasional sebagai pedoman bagi kehidupan berbangsa dan bernegara di antara seluruh rakyat Indonesia. yang dikemukakan dalam tiga hakekat. Gagasan ini kemudian segera direspons dengan semangat tinggi oleh Sumpah Pemuda pada tahun 1928. kebudayaan nasional digambarkan sebagai “puncak-puncak kebudayaan di daerah-daerah di seluruh Indonesia”.

tindak kriminal. jangan begitu saja menerima budaya asing yang masuk agar generasi muda Indonesia tidak hancur dan kita semua dapat membangun Indonesia menjadi negara yang Maju tanpa pengaruh budaya asing. . untuk itu kita sebagai generasi muda harus dapat memilahmilah budaya asing yang masuk ke indonesia.Akibat dari Kebudayaan Asing Budaya asing yang masuk ke indonesia membawa dampak yang sangat besar dalam kehidupan generasi muda saat ini. Inilah fenomena yang terjadi pada generasi muda kita saat ini akibat tidak bisa memilah budaya asing yang masuk. tawuran. narkoba. Dalam menyikapi kebudayaan yang masuk kita harus berupaya menanggulanginya agar jati diri kita sebagai anak bangsa tidak rusak. Banyaknya tindak kejahatan yang terjadi saat ini juga tidak lepas dari budaya asing yang masuk. Dalam hal ini pemerintah dan juga kita sebagai generasi muda mulai saat ini. perkosaan.Tidak semua budaya asing membawa dampak positif bagi generasi muda saat ini. pergaulan bebas terjadi karena generasi muda kita meniru kebudayaan asing yang menurut mereka sudah tidak tabu lagi untuk diikuti.

Tak ketinggalan gaya rambut mereka dicat beraneka warna. ada lagi pegangan wajib mereka yaitu handphone. Apa lagi bagi anak muda internet sudah menjadi santapan mereka sehari.jelas tidak sesuai dengan kebudayaan kita. Hal ini ditunjukkan dengan gejala. Jika digunakan secara semestinya tentu kita memperoleh manfaat yang berguna. Mereka menggunakan pakaian yang minim bahan yang memperlihatkan bagian tubuh yang seharusnya tidak kelihatan. . Pendek kata orang lebih suka jika menjadi orang lain dengan cara menutupi identitasnya. Dari cara berpakaian banyak remaja.Dari masalah ini semua yang mendasarinya adalah arus globalisasi yang tak bisa dibendung lagi. Tidak banyak remaja yang mau melestarikan budaya bangsa dengan mengenakan pakaian yang sopan sesuai dengan kepribadian bangsa. banyak pelajar dan mahasiswa yang menggunakan tidak semestinya. Dan sekarang ini. Padahal cara berpakaian tersebut jelas. Teknologi internet merupakan teknologi yang memberikan informasi tanpa batas dan dapat diakses oleh siapa saja. Rasa sosial terhadap masyarakat menjadi tidak ada karena mereka lebih memilih sibuk dengan menggunakan handphone. Bukan hanya internet saja. Arus globalisasi begitu cepat merasuk ke dalam masyarakat terutama di kalangan muda.hari. kita akan mendapat kerugian.gejala yang muncul dalam kehidupan sehari.hari anak muda sekarang. Pengaruh globalisasi tersebut telah membuat banyak anak muda kita kehilangan kepribadian diri sebagai bangsa Indonesia. Tetapi jika tidak.remaja kita yang berdandan seperti selebritis yang cenderung ke budaya Barat. Misal untuk membuka situs-situs porno. Pengaruh globalisasi terhadap anak muda juga begitu kuat.

Sementara itu. vcd. . Komunikasi dan sarana transportasi internasional telah menghilangkan batasbatas budaya setiap bangsa. Korea. Jepang. dll melalui stasiun televisi di tanah air. Misalnya saja khusus dalam bidang hiburan massa atau hiburan yang bersifat masal. Sekarang ini setiap hari kita bisa menyimak tayangan film di tv yang bermuara dari negara-negara maju seperti Amerika Serikat. dan dvd yang berasal dari manca negara pun makin marak kehadirannya di tengahtengah kita. Ilmu pengetahuan dan teknologi telah mengubah dunia secara mendasar. makna globalisasi itu sudah sedemikian terasa.Terkikisnya Budaya Kita Perubahan budaya yang terjadi di dalam masyarakat tradisional. yakni perubahan dari masyarakat tertutup menjadi masyarakat yang lebih terbuka. Kebudayaan setiap bangsa cenderung mengarah kepada globalisasi dan menjadi peradaban dunia sehingga melibatkan manusia secara menyeluruh. kesenian-kesenian populer lain yang tersaji melalui kaset. Belum lagi siaran tv internasional yang bisa ditangkap melalui parabola yang kini makin banyak dimiliki masyarakat Indonesia. dari nilai-nilai yang bersifat homogen menuju pluralisme nilai dan norma social merupakan salah satu dampak dari adanya globalisasi.

Ada berbagai kesenian yang masih menunjukkan eksistensinya. . Pesatnya laju teknologi informasi atau teknologi komunikasi telah menjadi sarana difusi budaya yang ampuh. yang terdapat di Gedung Wayang Orang Bharata Jakarta kini tampak sepi seolah-olah tak ada pengunjungnya. Contoh lainnya adalah kesenian Ludruk yang sampai pada tahun 1980-an masih berjaya di Jawa Timur sekarang ini tengah mengalami “mati suri”. Sekalipun demikian bukan berarti semua kesenian tradisional mati begitu saja dengan merebaknya globalisasi. melainkan juga dalam berbagai ekspresi kesenian tradisional di berbagai tempat di Indonesia. sekaligus juga alternatif pilihan hiburan yang lebih beragam bagi masyarakat luas. Misalnya saja kesenian tradisional wayang orang Bharata. Wayang orang dan ludruk merupakan contoh kecil dari mulai terdepaknya kesenian tradisional akibat globalisasi. Bisa jadi fenomena demikian tidak hanya dialami oleh kesenian Jawa tradisional.Kesenian-kesenian yang bersifat ritual mulai tersingkir dan kehilangan fungsinya. bahkan secara kreatif terus berkembang tanpa harus tertindas proses modernisasi. Akibatnya masyarakat tidak tertarik lagi menikmati berbagai seni pertunjukan tradisional yang sebelumnya akrab dengan kehidupan mereka. Sekalipun demikian. Hal ini sangat disayangkan mengingat wayang merupakan salah satu bentuk kesenian tradisional Indonesia yang sarat dan kaya akan pesan-pesan moral. dan merupakan salah satu agen penanaman nilai-nilai moral yang baik. bukan berarti semua kesenian tradisional kita lenyap begitu saja.

nilai Pancasila dengan sebaik. . 2. misal semangat mencintai produk dalam negeri. Mewujudkan supremasi hukum. 5.langkah untuk mengantisipasi dampak negatif globalisasi terhadap nilai. menerapkan dan menegakkan hukum dalam arti sebenar. 4.benarnya dan seadil. sosial budaya bangsa. Selektif terhadap pengaruh globalisasi di bidang politik. 3. Menanamkan dan mengamalkan nilai.Langkah-Langkah Antisipasi Dampak Negatif Berdasarkan analisa dan uraian di atas pengaruh negatif globalisasi lebih banyak daripada pengaruh positifnya.adilnya. Langkah. Menumbuhkan semangat nasionalisme yang tangguh. Menanamkan dan melaksanakan ajaran agama dengan sebaik.nilai nasionalisme antara lain yaitu : 1. Oleh karena itu diperlukan langkah untuk mengantisipasi pengaruh negatif globalisasi terhadap nilai nasionalisme.baiknya.baiknya. ekonomi. ideologi.

THAT’S ALL FROM US THANK YOU FOR YOUR ATTENTION .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->