MODUL PRAKTIKUM

AKUNTANSI KEUANGAN MENENGAH 1

Versi Tahun Penyusunan Tim Penyusun

3.0 2011 1. Budi Santoso, SE., MM. 2. Beny Susanti, SE., MM. 3. Erna K., SE., MM.

Laboratorium Akuntansi Menengah Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi UNIVERSITAS GUNADARMA
Daftar Isi

Daftar Isi................................................................................................................ 1 Quote.........................................................................................................19 Order......................................................................................................... 20 Bill 20

MYOB PREMIER V8
Page 2

1.  Tingkat keamanan yang cukup valid untuk setiap user Page 3 . Hingga kini telah diterbitkan MYOB Accounting.P1. Mengenal MYOB Premier Perkembangan aplikasi komputer dewasa ini mengalami kemajuan yang begitu pesat. lengkap dengan pengendalian inventory. Komputer mampu membantu manusia di berbagai bidang pekerjaan karena memiliki kecepatan yang dibutuhkan dalam menyajikan informasi. bahkan oleh orang awam yang tidak mempunyai pengetahuan mendasar tentang akuntansi. asset perusahaan bahkan tersedia lebih dari 150 jenis laporan keuangan yang tersimpan secara otomatis dan tersaji secara detail. MYOB Accounting Plus dan MYOB Just Invoice dengan berbagai versi. Dalam teknologi peranti lunak. Selandia Baru dan lainnya. Dikembangkan pertama kali oleh MYOB Limited Australia dan sekarang telah dikembangkan di beberapa negara lain seperti di Amerika. penjualan. ketelitian. pembelian. Dari beberapa buku sebagai acuan dapat disimpulkan secara umum pengertian MYOB adalah sebuah software akuntansi yang diperuntukkan bagi usaha kecil dan menengah (UKM) yang dibuat secara terpadu (integarated software). salah satu teknologi baru yang mulai banyak dimamfaatkan adalah MYOB. Menurut Feroza Ranti MYOB adalah software akutansi yang berfungsi membantu bagian keuangan dalam menyusun laporan keuangan. Kanada. Beberapa kelebihan MYOB dibandingkan dengan software akuntansi lain:  User Friendly (mudah digunakan). MYOB Premier dan MYOB Basic Bussinness. setra keakuratan dalam memberikan solusi.

Enter Sales. Page 4 . Receive Payment. Kemampuan explorasi semua laporan ke program Excel tanpa melalui proses ekspor/impor file yang merepotkan  Kemampuan trash back semua laporan ke sumber dokumen dan sumber transaksi  Dapat diaplikasikan untuk 105 jenis perusahaan yang telah direkomendasikan  Menampilkan laporan keuangan komparasi (perbandingan) serta menampilkan analisis laporan dalam bentuk grafik P1.2. Record Journal Entry. Activity Log. Reconcile Account.  Time Billing Menyediakan fitur Activities List. Print Invoice. Beberapa modul (fitur) gabungan yang disediakan oleh MYOB yang kemudian digabung salah satu form yang disebut dengan Command Centre adalah sebagai berikut:  Accounts Menyediakan fitur Accounts List.  Sales Menyediakan fitur Sales Register. Prepare Time Billing Invoice. Bank Register. Enter Activity Slip. Fitur yang Disediakan oleh MYOB MYOB dibuat sebagai gabungan beberapa modul yang disajikan dalam satu paket.  Banking Menyediakan fitur Spend Money. Prepare Bank Deposit. Receive Money. Print cheque.

P1. Persiapan Data Awal Berikut beberapa data awal yang harus Anda sediakan sebelum bekerja dengan MYOB : 1. Yang perlu dimasukkan dalam form tersebut adalah informasi tentang pembeli (customer). Enter Purchase. 3. kecuali untuk form Record Journal Entry.4. 4. Adjust Inventory. harga persatuan dan potongan yang mungkin diberikan. Employee. Setelah faktur tersebut dibuat (record) secara otomatis akan menambah piutang (data pembeli). Personal. Purchases Menyediakan fitur Purchase Register.  Inventory Menyediakam fitur Item Register. Set Item Prices. kode dan jenis barang. Misal: Bagian penjualan cukup mengisikan formulir Sales Invoice. employee dan personal Item List Catat dan kelompokkan nama barang/jasa yang akan diperjualbelikan Page 5 . Item List.3. Count Inventory. Print Purchase Order. nomor invoice. Semua form yang sudah diotomatisasi tersebut dihubungkan oleh account yang telah dipilih dan ditentukan di dalam isian form. Otomatisasi Sistem Pencatatan Semua form yang disediakan oleh MYOB sudah diotomatiskan dimana suatu angka dalam form tersebut ditransformulasikan ke sisi debit atau ke sisi kredit. Auto Build Inventory. P1. supplier. of Account sesuai dengan GAAP (General Accepted Accounting Principles)/Prinsip-prinsip Akuntansi yang diterima umum. Transfer Inventory. tanggal.  Card File Menyediakan fitur Card List seperti Customer. mengurangi barang yang dijual dan lainnya. sistem pengiriman barang. Setiap kelompok command centre akan bermuara ke dalam Transaction Journal. Supplier. Susunlah Chart 2. kecuali Card File. Chart of Account Pengkodean dan pengelompokan account disebut dengan Chart of Account. Job List Buatlah dan tetepkan Job (proyek) perusahaan Anda (jika ada) Card File Catat dan kelompokkan data customer.

    Current Financial Year Last Month of Financial Year Convertion Month Number of Accounting Periods Page 6 . Cek kembali keseimbangan neraca Anda sebelum memasukkan transaksi. Selanjutnya akan muncul kotak dialog New Company File. untuk menampilkan data contoh yang telah disediakan d. untuk mengakhiri program MYOB Setelah Anda membuka program MYOB klik pilihan Create New Company File. 6. untuk menampilkan file.5.5. What’s New. P1. yaitu: Introduction. customer. Setelah muncul Assistant Introduction. yang berisi berita terbaru dalam versi ini e. inventory dan job (jika ada). klik tombol Next sehingga akan muncul kotak dialog Company Information untuk mengisikan data nama dan alamat perusahaan. Create. Form ini terbagi menjadi 6 bagian. Account List dan Company File 6. Accounting Information. untuk membuat data perusahaan baru c.html yang terhubung dengan internet. 7. 5. Exit. Setelah itu klik Next untuk pengisian Accounting Information dimana ada 4 field yang harus diisi dengan fungsi masing-masing sebagai berikut : diisikan Tahun Tutup Buku pilihan Bulan Tutup Buku pilihan Bulan Awal Buku pilihan jumlah periode setahun 7. 2. maka langkah-langkahnya adalah sebagai berikut : 1. Klik tombol start Pilih all program > MYOB Premier > Didalam kotak dialog yang terbuka terdapat 5 tombol akses : a. supplier. Company Information. untukmembuka data MYOB yang telah ada b. 3. Explore. Linked Account Tetapkan dan pilih Account yang akan dimasukkan ke dalam Linked Account Opening Balances Masukkan saldo awal masing-masing account. Gunakan menu Easy Setup Assistant untuk memandu Anda melakukan berbagai setup awal dengan tuntunan dari MYOB. Membuat Data Baru Untuk membuat data baru untuk perusahaan. Open. 4.

timebilling. account. sales. lalu pilih folder direktori tempat data akan diletakkan. Pilihan ini memungkinkan Anda untuk memilih salah satu type Account dari 105 jenis perusahaan yang telah disediakan oleh MYOB. purchase. I Would like to import a list of accounts provide by my accountant after I’m done creating my company file Pilihan ini memungkinkan Anda untuk mengimpor daftar account yang telah ada setelah membuat file baru. sales. Dalam hal ini adalah menu account. purchase. Berikutnya adalah Assistant untuk pengisian Account List. dan cardfile.8. pembuatan Account:    9. 10. inventory. Jika muncul kata Congratulations. Jika Anda ingin merubah nama file dan tempat folder sesuai yang Anda kehendaki maka klik tombol Change. Pilihan ini memungkinkan Anda untuk membuat dan mendesain sendiri daftar account. I Would like to build my own accounts list one I begin using MYOB. berarti pembuatan file baru Anda telah berhasil. Selanjutnya komputer akan melakukan proses beberapa detik untuk membuat data baru tersebut. banking.6. Jika anda menginginkan beberapa perubahan cara kerja pada beberapa content tersebut. Hasil pembuatan file baru akan diinformasikan pada Assistant Conclution.  P1. maka klik fungsi tersebut. Kedua pilihan di atas akan memunculkan Assistant berikutnya yang menginformasikan bahwa data Anda akan dibuatkan secara otomatis dengan nama direktori dan nama file yang telah dibuatkan oleh MYOB. serta ketikkan nama file lalu klik Save.. Linked Account Page 7 . fungsi yang lazim digunakan sudah sesuai dengan setup yang sudah aktif dan karenanya tidak perlu diubah lagi. Namun. Command Centre: adalah pusat perintah semua content (isi) yang disediakan oleh MYOB. Ada tiga pilihan dalam I Would like to start with one of the last provided by MYOB. Akan ada dua tombol pilihan yang dapat dipilih: • Setup Assistant : adalah fitur yang membantu kita untuk mengendalikan beberapa fungsi contents pada command centre seperti customize.

Anda dapat melihatnya dengan cara: a. Page 8 . Cheque Account for Undeposited Funds Account ini untuk menampung penerimaan dari customer yang berbentuk giro belum jatuh tempo. Ada 3 kelompok linked account yang harus diisi dan saling berhubungan yaitu: 1. b. 3. Jadi sebelum dana/giro tersebut masih dalam masa kliring dimasukkan dalam account ini. c. Berikut penjelasan dan fungsi dari masing-masing account tersebut: • Equity Account for Current Earnings Untuk menampung selisih Laba/Rugi yang dapat juga dinamakan sebagai Laba Rugi Tahun Berjalan. Linked Account yang diisi dari menu Setup Linked Account yang melekat pada Tax Codes Linked Account yang melekat pada Form Item List  Linked Account yang terdiri dari menu Setup terdiri dari 3 Account. Linked Accounts-Accounts & Banking Accounts Ada 5 linked account dimana terdapat 2 account yang tidak dapat diganti di form ini sementara 3 account lainnya dapat diganti dengan account yang lain. tetapi kita dapat menggantinya dengan nomor lain.Beberapa dari default account tidak dapat dihapus karena telah terhubung dengan account dan form yang lain (linked account). pilih Linked Accounts. 2. dan telah dilakukan tutup buku tahunan. Linked Account-Sales Account Terbagi menjadi 2 account yang harus diisi dan 4 pilihan account yang dapat digunakan : • Assets Account for Tracking Receivables Untuk menampung account Piutang Dagang (Buku Besar Umum Piutang Usaha/Piutang Dagang). • Equity Account for Retained Earning Untuk menampung laba/rugi pada tahun sebelumya yang tidak dibagi ke pemilik. • • Equity Account for Historical Balancing Untuk menampung selisih saldo Debit dan Credit pada saat pengisian data awal. Klik menu Setup. Setelah cair baru dilakukan deposit ke bank yang bersangkutan.

jika option I track deposit collected from customer aktif • Expense or Cost of Sales Account for Discounts Untuk menampung account Potongan Penjualan yang akan diberikan pada customer. • Liability Account for Customer Deposits Untuk menampung account Uang Muka Penjualan dari customer. • Expense for Cost of Sales Accont for Freight Untuk menampung account Beban/Biaya Angkut yang diambil dari form Purchase Invoice. • Assets Account for Supplier Deposits Page 9 . jika option I give discounts for early payment diaktifkan. karena membayar hutang mereka pada masa termin potongan. Linked Accounts-Purchases Accounts Terbagi menjadi 2 Accounts yang harus diisi dan 4 option account yang dapat digunakan : • Liability Account for Tracking Payables Untuk menampung account Hutang Dagang (Buku Besar Umum Hutang Usaha/Hutang Dagang) • Cheque Account for Paying Bills Untuk menampung account kas/bank yang digunakan untuk membayar hutang pada supplier. jika option I access charge for late payment diaktifkan.• Cheque Account for Customer Receipts Untuk menampung account kas/bank yang digunakan untuk menerima pembayaran dari customer. • Income Account for Freight Untuk menampung account Pendapatan Angkut Penjualan yang diambil dari form Sales Invoice. jika option I charge freight on sales aktif. • Income Account for Late Charges Untuk menampung account Pendapatan Denda/Bunga atas keterlambatan customer membayar hutangnya pada tanggal jatuh tempo. d. jika option I pay freight on purchases aktif.

jika option I track deposit paid to supplier diaktifkan.Untuk menampung account Uang Muka Pembelian yang dibayar pada supplier. Dalam setiap item yang dibuat disediakan 3 option:  I Buy This Item  I Sell This Item  I Inventory This Item : Cost of Sales Account : Income Account for Tracking Sales : Assets Account for Item Inventory  a. Menurut Prinsip Akuntansi Indonesia tipe account ini adalah Current Liabilities. Linked Account for Tax Paid Account ini untuk menampung jumlah pajak yang terdapat fakur pembelian dan akan dimasukkan ke dalam Pajak Masukan (VAT In). Selisih antara PPN Masukan dan Keluaran tersebut nantinya akan menjadi Hutang Pajak atau Piutang Pajak. Jumlah pajak masukan pada akhir bulan dapat dilakukan pengkreditan dan dialokasikan ke dalam PPN Keluaran. Linked Account yang ketiga adalah yang melekat pada isian Item Information. c.  Linked Account yang kedua adalah yang melekat pada isian Tax Code Information. Dalam setiap jenis Tax Codes yang ada selalu diisikan 2 jenis Accounts: Linked Account for Tax Collected Account ini untuk menampung jumlah pajak yang terdapat pada faktur penjualan dan akan dimasukkan ke dalam Pajak Keluaran (VAT Out). b. Cost of Sales Account (Harga Pokok Penjualan) Page 10 . • Expense (or Contra) Account for Discounts Untuk menampung account Potongan Pembelian yang akan diterima dari supplier karena kita membayar hutang pada masa termin potongan jika option I take discounts for early payment diaktifkan • Expense Account for Late Charge Untuk menampung Beban Denda/Bunga atas keterlambatan kita membayar hutang pada tanggal jatuh tempo. a. Linked Card for Tax Authority Ini bukanlah linked account. jika option I access charge for late payment diaktifkan. tipe account ini adalah Current Assets. Menurut Prinsip Akuntansi Indonesia. tetapi linked account yang berlaku untuk card file (customer/supplier) tertentu saja.

ke dalam account beban apa. b. Pajak yang harus dipungut oleh penjual dan nantinya harus disetorkan ke kas negara. Membuat Kode Pajak  Klik menu list. yaitu pajak nasukan dan pajak keluaran. c. tax code  Klik tombol new Page 11 . Account ini akan muncul jika option  I Inventory This Item diaktifkan. 1. Assets Account for Item Inventory Account ini untuk menampung rekening persediaan barang yang akan mencatat jumlah barang dibeli dan jumlah barang yang dikeluarkan pada saat dijual. Pajak Keluaran.  2. Account ini akan muncul jika option  I Buy This Item P1. maka pajak yang telah dibayar dapat dikreditkan ke Pajak Keluarannya.7. Income Account for Tracking Sales Account ini untuk menampung suatu jumlah yang tertera pada Sales Invoice. Pajak yang harus dibayar oleh pembeli. Sistem perhitungan pajak dibagi menjadi 2 yaitu:  Tax Inclusive : Jumlah yang diisikan di dalam unit price adalah harga sudah termasuk pajak dan sudah dipotong diskon (jika ada). MYOB memberikan fasilitas perhitungan pajak secara otomatis untuk menghitung Pajak Masukan dan Keluaran atas faktur pembelian maupun penjualan. Expense Account for Tracking Cost Account ini untuk menampung suatu item jika dibeli akan masuk diaktifkan. Tax Codes Ada 2 istilah yang berlaku umum di Indonesia. Berikut ini akan dijelaskan prosedur untuk membuat kode pajak dan menghapus kode pajak. Pajak Masukan.Account ini untuk menampung suatu item dijual kembali yang menimbulkan kerugian pada perusahaan karena berkurangnya persediaan. Jika pembeli tersebut akan menjual lagi.  Tax Exlusive : Jumlah yang diisikan di dalam unit price adalah harga sebelum dikenai pajak dan belum dipotong diskon. d.

 Klik menu Edit (menu utama). atau mengganti kode pajaknya (Edit). P1.  Hapus semua kode pajak kecuali 2 jenis yang tidak dapat dihapus yaitu kode GST dan N-T.  Setelah itu untuk membuat kode pajak lagi yang Anda inginkan dengan menekan tombol New. Account List MYOB membagi klasifikasi account menjadi 8 kelompok.  Pada linked card for Tax Authority masukan nomor pajak yang tercatat dalam kartu file pemasok atau dapat pula dikosongkan  Klik ok. lalu klik Delete Tax Code. Kemudian isi kode pajak PPn pada kolom isian tax code  Kmudian tab. isi pajak pertambahan nilai pada description  Lalu pilih tipe pajak good & service tax dengan mengklik tombol pull down pada tax type  Pada kolom isian Linked Account for Tax Collected klik tombol drop down pilih 2-2100 (Pajak Keluaran) pada kotak dialog select from list klik tombol use account dan 2-2200 (Pajak Masukan) pada kolom isian Linked Account for Tax Paid.8. yaitu setiap account dapat Page 12 . Masing-masing klasifikasi telah diberikan nomor default seperti berikut ini:         Assets Liability Equity Income Cost of Sales Expense Other Income Other Expense Aktiva/Harta Hutang/Kewajiban Modal/Ekuitas Pendapatan HPP Beban Usaha diawali dengan nomor diawali dengan nomor diawali dengan nomor diawali dengan nomor diawali dengan nomor diawali dengan nomor 1-xxxx 2-xxxx 3-xxxx 4-xxxx 5-xxxx 6-xxxx 8-xxxx 9-xxxx Pendapatan Lain-lain diawali dengan nomor Beban Lain-lain diawali dengan nomor Account di dalam MYOB dapat disusun secara hierarkis. close  Menghapus Kode pajak :  Sorot kode pajak yang akan dihapus.

Employee dan Personal). P1. Di antara 7 modul Command Centre hanya modul Card File yang tidak mempengaruhi posisi keuangan perusahaan. Supplier. Address 1 = default sebagai Bill to (alamat penagihan faktur) Address2 = default sebagai Ship to (alamat pengiriman barang) Address 3-5 = merupakan alamat alternatif lainnya. Sedangkan untuk setiap account ada kemungkinan hirarkinya. : Anda dapat mengisikan keterangan tentang gambar areanya.9. yaitu sebagai account induk (header) atau sebagai account anak (detail). Ada 2 kelompok yang mempunyai saldo (balance) yaitu kelompok supplier (Hutang Dagang) dan Customer (Piutang Dagang). Berikut field-field yang perlu diisikan di form Customer: Profile Card Type Designation Inactive Card Name Code ID : : : : : Pilih tipe card (customer) Pilih tanda customer sebagai idividual atau company Aktifkan jika untuk sementara tidak dipakai. yaitu. Nomor account dapat diisi maksimal 5 digit. Ada 2 jenis Tipe Customer.10. Page 13 . Supplier. Card List Terdiri dari 4 kelompok (Customer. Ketikkan nama customer (lengkap) Pilih lokasi alamat customer. Employee dan Personal.dirinci lagi menjadi sub account dibawahnya. P1. Card Details Area : Jika anda klik ganda field tersebut akan ditampilkan form yang menanyakan letak file (folder) dan file name yang berbentuk gambar (*BMP) yang merupakan Area (Map) lokasi customer Notes berada. New – Card List – Customer Card ini digunakan untuk mencatat data nama dan alamat customer (Pelanggan). Card File Card File di dalam MYOB merupakan kumpulan data Customer. sebagai Individual atau Company.

Aktifkan jika customer tersebut kena pajak/sebaliknya. Jika melakukan time billing isikan tarif bill per satuan. Master Card. Selling Details Sale Layout Income Account Salesperson Sale Comment Shipping Method Customer Billing Rate Credit limit Available Credit Currently past due Tax Code Freight Tax Code Use Customer Tax Code : : : : : : : : : : : : Pilih salah satu dari 6 default tipe sales Pilih salah satu account tipe revenue. : Tanggal jatuh tempo dihitung sekian hari setelah payment is due : % discount diberikan jika membayar sebelum discount date : % denda jika terlambat bayar : % volume discount yang diberikan. Batasan kredit yang masih dapat digunakan. : Tanggal jatuh tempo dihitung sekian hari dari transaksi penjualan. Isikan default Tax Code pada saat membuat sales. Ada beberapa pilihan yang telah disediakan seperti Cash. Disikan sebesar piutang yang telah lewat jatuh tempo. Payment Details Bagian ini merupakan pilihan cara pembayaran yang sering digunakan oleh customer dalam membayar hutang-hutangnya.Identifiers… Custom List #1 Custom List #2 : Anda dapat mengelompokkan customer tersebut akan dikelompokkan dalam daftar abjad mana (identitas). Pilih salesperson Anda yang menangani customer ini. Page 14 . : MYOB memberikan fasilitas pembuatan field kosong untuk masing-masing card sebanyak 3 field name. Pilih jenis/metode pengiriman barang ke customer ini. Isikan plafon (batasan atas) kredit yang mungkin dapat diberikan. Customer Term Information: Payment is due Discount date Balance due date % Discount for Early Payment % Monthly Charge for late payment % volume discount : Jatuh tempo pembayaran dihitung setelah transaksi. Pilih comment yang dibubuhkan di footer invoice. Visa Card dan lainnya serta Anda masih dapat membuat cara pembayaran sendiri sesuai dengan kebijakan perusahaan Anda. : Disetiap field name yang dipilih Anda dapat isikan isi dari field tersebut. Isikan default untuk freight di sales.

pembayaran terakhir. Job List Jobs di dalam MYOB diartikan sebagai suatu bagian pekerjaan di dalam sebuah departemen. P1. History Bagian ini akan menampilkan daftar perubahan saldo rata-rata customer yang bersangkutan pada suatu bulan (yang lalu dan sekarang). P1. Dengan menggunakan fasilitas Job memungkinkan perusahaan untuk dapat melihat laporan laba rugi per masing-masing job (pekerjaan) selain dapat pula melihat laporan laba rugi secara keseluruhan. Anda dapat membuat Item List dari menu: • • Menu Command Centre – Inventory – Item List. atau Menu utama – List – Items Page 15 . rata-rata perputaran piutang dan invoice tertinggi serta saldo piutang tertinggi yang pernah ada.12. Hanya akan tampil jika customer tersebut dihubungkan (linked) dengan salah satu Job List yang ada. Fungsi Jobs ini sangat tepat jika dipergunakan di perusahaan: • perusahaan konstruksi • perusahaan anak/cabang • perusahaan industri dengan sistem Harga Pokok Pesanan • perusahaan yang menjadikan setiap departemen sebagai Profit Centre. Selain itu juga diberikan informasi tentang penjualan terakhir. nama yang tertera di kartu dan tanggal kadaluwarsa atas kartu tersebut. Jobs Akan menampilkan daftar Job yang berhubungan dengan customer tersebut.Jika pilihan Anda adalah selain Cash. Yang ditampilkan dalam form ini adalah saldo suatu Job yang berhubungan dengan customer ini. Item List Item list adalah kumpulan beberapa item yang nantinya akan diisikan pada saat membuat faktur baik di Sales maupun di Purchases.11. akan ditanyakan informasi tentang Card (kartu) Customer seperti nomor kartu.

Saat membuat item ini Anda hanya mengaktifkan ikon I Sell This Item saja. Berikut ini akan dijelaskan prosedur pengisian item list yang ada di dalam MYOB. b. Item tersebut merupakan bagian dari Service (jasa) yang ditawarkan (dijual) pada customer. c. Item tersebut merupakan bagian dari Perlengkapan/Beban Usaha. I Sell dan I Inventory lalu isikan beberapa linked account yang berhubungan dengan item tersebut. yaitu: Persediaan Barang Dagang Item Number Name Qty On Hand Current Value Average Cost Inactive Item Copy From : : : : : : : Isikan kode barang (maksimal 30 karakter) Isikan nama barang (maksimal 30 karakter) Menunjukkan stock (qty) sampai dengan sekarang. Aktifkan ketiga field I Buy.Ada beberapa kategori (pengelompokkan) item yang ada di dalam MYOB. diantaranya: 1. Page 16 . I Sell dan I Inventory. Saat membuat item ini Anda harus mengaktifkan icon I Buy. 3. Mempunyai harga pokok (cost) per unit Melekat pada account inventory Mempunyai satuan Qty (kuantitas) 2. Jika item ini dibeli akan dimasukkan sebagai perlengkapan atau beban (expense) dan jika dijual biasanya dimasukkan ke kelompok Income atau Other Income. Menyalin (menyamakan) beberapa default atas item tersebut dengan item yang lain. Ciri item ini: a. Item ini hanya dapat dijual saja dan tidak dapat dibeli. Aktifkan I Buy dan I Sell This Item saat membuat item jenis ini. lalu geser ke tab form berikutnya untuk mengisikan informasi tentang pembelian (Buying Details) dan penjualan (Selling Details). Item tersebut merupakan bagian dari Barang Dagang. Setelah mengisikan form Profile. Last Purchase Price Buying Units of Measure Number of Item per Buying : : : Harga beli terakhir (otomatis diisi) Satuan pembelian dalam ukuran terkecil (pcs) Ukuran satuan terkecil ke ukuran Qty Item. Menunjukkan nilai uang dari Qty yang ada sampai sekarang. Harga rata-rata per unit (Current value/Qty On Hand) Jika diaktifkan maka tidak dapat digunakan untuk transaksi.

Auto Build Form ini digunakan untuk jenis barang yang harus dirakit dulu sebelum dijual. Pilih harga yang ditetapkan di Base Selling Price di atas apakah sudah termasuk pajak (Inclusive) atau belum termasuk pajak (exclusive). Pilih apakah PPN dihitung dari harga Base Selling Price atau dari Actual Selling Price (yang sebenarnya kita isi di dalam faktur invoice. Isikan satuan terkecil dalam Qty penjualan. Nomor (kode) barang dari supplier. Isikan satuan unit untuk menghitung Qty-nya Pilih jenis kode pajak saat dijual. Default setiap order pembelian berapa Qtynya. Primary Supplier to Reorder Supplier Item Number Default Reorder Quantity Base Selling Price Selling Unit of Measure Number of Item per Buying Unit Tax Code When Sold Inclusive/Exclusive : : : : : : : : Calculate Sales Tax On : History : P1.13. Berikut ini adalah tampilan auto-build: Page 17 . Supplier pertama yang sering diminta order barang.Unit Tax Code When Bought Minimum Level Restocking Alert : for : Kode pajak saat dibeli barang tersebut. Minimum Qty yang ada di gudang untuk informasi peringatan saat barangnya sudah mencapai sama/di bawah limit. Jadi jika Quantity barang tersebut di gudang tidak mencukupi dan Anda akan melakukan penjualan tersebut ada kemungkinan Anda untuk membuat (build) sendiri item tersebut dari beberapa part item lainnya. Otomotis diisikan oleh MYOB berdasarkan rekap transaksi untuk mengetahui perbandingan setiap periodenya. Isikan dasar perhitungan harga jual pada setiap customer.

mencatat pembelian berulang. memriksa barang yang dibeli agar sesuai spesifikasi yang dipesan. Purchase Purchase digunakan untuk mencatat transaksi-transaksi pembelian seperti menentukan quota pembelian. Berikut ini adalah tampilan dari modul purchase: Page 18 . menyiapkan pesanan pembelian. membuat pesanan pembelian dan mencatatat retur pembelian.14. menerima barang dagangan yang telah dipesan. Dengan memamfaatkan modul purcahse perusahaan dapat memasukkan pembelian. melakukan pembayaran yang tepat waktu terhadap pemasok dan mengelola uatng usaha secara terperinci dan akurat.P1.

yaitu: a. Quote Form ini berguna untuk membuat permohonan atas pembelian suatu barang (item). Page 19 .Pada Gambar di atas memperlihatkan bahwa Purchase memiliki beberapa aktivitas. Tampilan Quote. Dalam Quote ini tidak ada jurnal akuntansinya.permohonan tersebut belum tentu disetujui dengan beberapa pertimbangan yang diambil oleh atasannya. Enter Purchase Dalam perusahaan menengah setiap ada pembelian harus diketahui dan disetujui oleh atasannya. Perbedaan yang mencolok adalah warna formnya. Bagian pembelian sebelum melakukan order kepada supplier harus membuatkan order pembelian ke atasannya. Order dan Bill sama saja.

Order yang dilakukan tanpa membuat Quote sebelumnya. ketikkan harga pesanan (jika ada). isikan Job jika berhubungan dengan Job (proyek) tertentu.Adapun cara pengisian quote adalah sebagai berikut: Received Item Number Description Price Disc % Total Job Tax : : : : : : : : Qty barang yang akan dipesan. ketikkan diskon yang mungkin didapat (jika ada). Pilih/isikan kode pajak (jika item tersebut kena pajak pembelian). secara otomatis langsung diisikan nama item yang bersangkutan. Order yang dilakukan sudah dibuatkan Quote sebelumnya. otomatis dihitung dari (Received x Price – Disc %). masukkan kode barang yang akan dibeli. Bill Enter Bills adalah kegiatan memasukkan tagihan yang diterima dari supplier ke hutang perusahaan. 2. Order Enter order ada 2 kemungkinan terjadinya: 1. Ada 3 kemungkinan munculnya Bill dari supplier tersebut: Page 20 .

returns & debits. Membebankan invoice yang minus tersebut ke invoice lainnya (Apply to Purchase) 2. Cara pengisiannya sama dengan pengisian Purchase biasa. Setiap melakukan proses retur Anda harus melakukan 2 tahap. orders. Purchase register terdiri dari: quotes. d.000 setiap minggunya. penjualan. Kejadian itu bisa terjadi berkali-kali dalam waktu yang relatif sama. 2. recurring templates. open bills. c. Kendaraan tersebut disewa dengan sistem pembayaran sebesar Rp 1000. pembayaran. Contoh: Perusahaan dalam kegiatan sehari-hari menggunakan jasa penyewaan truk untuk mengangkut barang-barang yang dijual dan dibelinya. hanya untuk kolom Received diisi dalam angka minus. yaitu: 1. closed bills. Page 21 .1. b. Mengurangkan invoice (Qty minus) di dalam form BILL. e. atau membebankan invoice yang minus tersebut dengan penerimaan uang tunai (Received Refund) sebagai pengembalian dana jika pembelian yang diretur tersebut asalnya adalah pembelian tunai. Recurring Adakalanya perusahaan selalu membeli jenis barang yang sama dengan Qty yang sama di tempat vendor yang sama pula. Report-Purchase Anda dapat melihat laporan-laporan yang berhubungan dengan aktivitas pembelian selama periode yang Anda inginkan dengan membukanya dari menu Report-Purchase. penerimaan dan lainnya. 3. Purchase Return and Debit MYOB tidak menyediakan form khusus untuk pengisian retur pembelian. Bill (Direct Purchases) Change from Quote to Bill Change from Orders to Bill Purchase Register Purchase register digunakan untuk melihat semua transaksi pembelian yang telah dilakukan sebelumnya. MYOB hampir menyediakan fasilitas Recurring ini di semua transaksi seperti pembelian.

Sales Penjualan merupakan bagian yang memegang peranan penting dalam suatu perusahaan karena hasil dari penjualan merupakan sumber kelangsungan usaha. Ada beberapa kemungkinan dalam hal pembayaran hutang: 1. Penjualan biasanya berpengaruh pada pendapatan kas jika dilakukan secara tunai. atau pada piutang usaha jika penjualn dilakukan secara kredit. Enter Sales.16. Receive Payment sampai dengan Transaction Journal. Berikut ini adalah tampilan dari modul sales: Page 22 . Pay Bills MYOB menyediakan fasilitas yang memungkinkan perusahan melakukan pembayaran hutang secara teliti dan sistimatis. Karena aktivitas yang berhubungan dengan penjualan ini sangat penting maka perusahaan harus mencatatnya dengan tepat dan akurat. P1.P1. 3. anda dapat menggunakan modul sales pada MYOB Premier. Membayar hutang dengan pilihan langsung ke Cash/Transfer Membayar hutang sebuah faktur lunas dengan mendapatkan potongan.15. Membayar hutang karena terlambat sehingga diberikan finance charge. Untuk mencatat semua aktivitas yang berhubungan dengan penjualan. Pada prinsipnya cara pengisian Sales sama dengan pengisian Purchase yaitu mulai terjadinya Quote Sales. Yang berbeda adalah berada pada posisi yang berlawanan. Order Sales. Semua aktivitas penjualan yang dicatat dalam modul sales secara otomatis akan masuk dalam daftar jurnal transaksi Semua yang ada di menu Purchases terdapat pula di menu Sales. 2.

Bisa disimpulkan Spend Money adalah pengeluaran uang selain untuk membayar hutang dagang. Page 23 .P1. Spend Money diartikan sebagai transaksi yang bersifat mengeluarkan uang untuk keperluan usaha. Jika untuk membayar hutang dagang maka akan dicatat di menu Purcahse-Pay Bills. baik untuk keperluan pembayaran. Transaksi yang dicatat dalam menu ini seperti membeli perlengkapan (ATK). Banking MYOB menyediakan fasilitas transaksi yang berhubungan dengan bidang perbankan. maupun manajemen keuangan lainnya. penerimaan. Modul Banking secara bisa divisualisasikan sebagai berikut (lihat Gambar halaman berikutnya): • Spend Money. membayar biaya.17. mengeluarkan cek dari bank untuk keperluan intern maupun ekstern.

Anda dapat membuat voucher pengeluaran dengan menu ini. hal itu dapat dilakukan lewat satu menu yaitu Bank Register ini. penjualan aktiva selain inventory dan lainnya. Receive Money. Anda dapat langsung melakukan proses Spend Money. Perbedaan yang ditampilkan hanyalah account list dengan type Detail Cheque Account. Bank Register hampir sama dengan General Ledger. Receive Money. Menu ini adalah proses pencairan cek dan giro yang diterima dari customer atau card yang lainnya.• Print Cheque. Receive Money adalah kebalikan daripada Spend Money. pengembalian pinjaman dari karyawan. Jika selama ini dibahas adalah selalu memasukkan transaksi dari modul masing-masing. Di dalam bank register Anda dapat melihat mutasi setiap bank sekaligus Anda juga langsung dapat memasukkan transaksi lewat menu tersebut. Receive Payment. Enter Sales. Report Banking. Reconcile Account berfungsi seperti kita melakukan rekonsiliasi bank secara manual. seperti penerimaan pinjaman uang. Segala transaksi yang Anda catat dari menu banking ini dapat dilihat pada laporan Banking. Bank Register. atau dapat mencetak secara langsung dari komputer. • • Prepare Bank Deposit. pendapatan bunga dari bank. Menu ini digunakan untuk mencatat jenis transaksi penerimaan kas/bank selain dari customer. • Page 24 . Enter Purchase dan Pay Bill. • • Reconcile Account.

dipilih beberapa slip yang sudah selesai dikerjakan dan siap untuk dikirim tagihan (invoice). perusahaan dapat dengan mudah mengecek barang-barang Page 25 . Suatu daftar jasa/service yang akan dijual pada customer atau akan dipakai oleh perusahaan sendiri dengan system perhitungan pembayaran per jam atau per satuan tertentu. Time Billing Time billing berguna untuk mencatat transaksi jasa yang memerlukan aktivitas dan perhitungan tarif tertentu. • Activity Log.18.19.P1. P1. Inventory Persediaan merupakan bagian penting dalam suatu perusahaan. Anda dapat memberikan tagihan pada customer secara manual melalui modul Sales dengan pilihan layout Time Billing. Tampilan modul time billing bisa dilihat pada gambar berikut ini: • Activities List. lalu mengumpulkannya menjadi Prepare Time Billing Invoice secara bersama-sama atau • Prepare Time Billing Invoice. Digunakan untuk proses pengambilan data dari Activity Slip. Form kumpulan dari Activity Slip yang menunjukkan suatu Activity Slip yang telah dilakukan dengan tampilan per Diary View atau Detail View. • Enter Activity Slip. Selain dengan cara manual tersebut anda juga dapat melakukan sendiri-sendiri. Dengan pengelolaan persediaan yang tepat dan akurat. proses pembuatan Activity Slip.

Adjust Inventory digunakan perusahaan untuk mengatur jumlah dan nilai dari item persediaan.persediaan yang terjual. termasuk penyesuaian jurnal persediaan dan perpindahannya. Perusahaan yang mengatur manajemen persediaanya dengan baik akan mudah memperoleh informasi persediaan yang masih ada. menyediakan atau merakit barang dagangan menjadi suatu kesatuan beserta harga yang telah ditetapkan. menambah. Adapun tampilan modul inventory dalam MYOB adalah sebagai berikut: MYOB Premier dalam modul inventory pada command center dibagi menjadi beberapa bagian yaitu : • • Set Item Prices berfungsi unruk mengubah harga jual yang berlaku. Perusahaan dapat menelusuri semua transaksi persediaan barang. menetapkan harga beli dan harga jual barang dagangan. Page 26 . • • Item List merupakan daftar singkat barang yang dibeli dan dijual perusahaan. Transfer Inventory berfungsi mengijinkan perusahaan untuk menyimpan perpindahan barang dari bahan baku mentah ke barang jadi. • Items Register berfungsi mengijinkan perusahaan untuk melihat secara umum perubahan persediaan yang terjadi di perusahaan. Dari jurnal ini perusahaan dapat mengedit. nilai nominal suatu barang dagangan beserta penyusutannya. atau menghapus masukan barang yang diperlukan.

Hal ini untuk melihat sejauh mana hubungan kinerja perusahaan dengan relasi. perpindahan persediaan. MYOB Premier mampu memasukan daftar nama pelanggan dan pemasok jika perusahaan bergerak dibidang perdagangan jasa ataupun barang.• Transaction Journal merupakan transaksi jurnal dari modul persediaan yang terdiri atas catatan semua transaksi yang terjadi hingga penyesuaian persediaan. Auto Build Inventory akan otomatis menyesuaikan dari sub item menjadi kombinasi harganya menjadi sebuah item persediaan baru.20. Dengan MYOB anda juga mampu memasukan dan melihat daftar perinciaan orangorang atau perusahaan yang pernah berhubungan dengan bisnis perusahaan anda. • P1. karyawan. Auto Build Inventory berfungsi mengijinkan perusahaan untuk mengkombinasikan atau merakit sejumlah item persediaan untuk membentuk item persediaan baru. • Count Inventory berfungsi mengijinkan perusahaan untuk memasukan persediaan yang tersedia saat ini. Card File Adakalanya perusahaan harus berinteraksi dengan orang. dan perakitan persediaan. arau perusahaan lain. Tampilan modul card file adalah sebagai berikut: MYOB Premier dalam modul card file pada command center dibagi menjadi beberapa bagian yaitu : Page 27 .

dimana perusahaan dapat menetapkan dan mencetak mailing labels untuk individu atau perusahaan yang terdapat pada file kartu. Cards List berfungsi untuk membuka jendela view card file. dimana perusahaan dapat membuat daftar nama orang atau perusahaan yang berhubungan dengan bisnis perusahaan.• Contact Log berfungsi untuk membuka jendela view contact log. dimana perusahaan dapat melihat daftar ringkasan dari seluruh kontak yang pernah dilakukan perusahaan. • • Print Mailing Labels berfungsi untuk membuka jendela form selection. Dala jendela ini. Page 28 . • Create Personalised Letters berfungsi untuk membuka jendela form selection. dimana perusahaan dapat membuat sebuah file mail merge yang berisi informasi tentang individu atau perusahaan pada file kartu. perusahaan dapat melihat perician file kartu yang pernah dibuat perusahaan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful