P. 1
Langkah-langkah Pengambilan Sampel Stratified

Langkah-langkah Pengambilan Sampel Stratified

|Views: 35|Likes:
Published by ceritakami
sampel
sampel

More info:

Published by: ceritakami on Feb 27, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/10/2013

pdf

text

original

3.

Pengambilan sampel secara acak Stratifikasi (stratified sampling atau stratified random sampling) Apabila suatu populasi terdiri dari unit yang mempunyai karakteristik yang berbeda-beda atau heterogen, maka teknik pengambilan sampel yang tepat digunakan adalah stratified sampling. Hal ini dilakukan dengan cara mengidentifikasi karakteristik umum dari anggota populasi, kemudian menemukan strata atau lapisan dari jenis karakteristik unit-unit tersebut. Penentuan straia ini dapat didasarkan bermacam-macam, misalnya tingkatan sosial ekonomi pasien, tingkat keparahan penyakit, umur penderita, dan lain sebagainya. Setelah ditentukan stratanya barulah dari masing-masing strata ini diambil sampel yang mewakili strata tersebut secara random atau acak. Agar perimbangan sampel dari masing-masing strata itu memadai maka dalam teknik ini sering pula dilakukan perimbang antara jumlah anggota populasi berdasarkan masing-masing strata. Oleh sebab itu maka disebut pengambilan sampel secara prappartion stratified sampling. Pelaksanaan pengambilan sampel dengan stratified, mula-mula menetapkan unitunit anggota populasi dalam bentuk strata yang didasarkan pada karakteristik umum dari anggota-anggota populasi yang berbeda-beda. Setiap unit yang mempunyai karakteristik umum yang sama, dikelompokkan pada satu strata, kemudian dari masyarakat masingmasing strata diambil sampel yang mewakilinya. Langkah-langkah yang ditempuh pengambilan sampel secara stratified adalah : a. Menentukan populasi penelitian. b. Mengidentifikasi segala karakteristik dari unit-unit yang menjadi anggota populasi. c. Mengelompokkan unit anggota populasi yang mempunyai karakteristik umum yang sama dalam suatu kelompok atau strata misalnya berdasarkan tingkat pendidikan. d. Mengambil dari setiap strata sebagian unit yang menjadi anggotanya untuk mewakili strata yang bersangkutan.

. Pengambilan sampel dari masing-masing strata sebaiknya dilakukan berdasarkan perimbangan (proporsional).e. Teknik pengambilan sampel dari masing-masing strata dapat dilakukan dengan cara random atau non-random. f.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->