P. 1
Manfaat Bunga Rosella

Manfaat Bunga Rosella

|Views: 11|Likes:
Published by Fitri Wahyuni Putri

More info:

Published by: Fitri Wahyuni Putri on Feb 28, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/09/2013

pdf

text

original

Manfaat Bunga Rosella

Friday, November 9th 2012. Posted in Blog

Salah satu kenikmatan hidup adalah minum teh di pagi hari sehabis sholat subuh dan zikir pagi. Apalagi jika tehnya adalah teh bunga rosella, rasanya yang asam kecut memberikan nuansa kenikmatan tersendiri. Ditambah lagi dengan Manfaat Bunga Rosella yang terbukti dapat membantu menurunkan tekanan darah serta meredakan batuk. Dengan minum teh bunga rosella sebelum beraktifitas akan membuat badan terasa segar, karena darah mengalir dengan lancar tanpa hambatan, kepala yang tadinya pusingpun berangsur angsur hilang. Rasa kecutnya menyebabkan rasa kantuk menghilang seketika. Dan mata jadi terbuka lebar, walaupun pada waktu minum menyipit karena menahan kecut.

Sekilas Tentang Tanaman Rosella
Rosella dengan nama latin Hisbiscus sabdariffa, adalah spesies bunga yang berasal dari benua Afrika. Tanaman ini termasuk tanaman semusim, tingginya bisa mencapai 3.5 meter. Mudah dibudidayakan dari biji atau dari stek batang. Perlu banyak cahaya matahari dan tanah yg gembur. Bagusnya diberi pupuk kandang. Untuk menyemai rosella, bijinya perlu ditanam kira-kira 20cm dari permukaan tanah. Pada awal pertumbuhan tanaman rosela perlu sering dibersihkan dari gulma / tanaman liar disekitarnya. Kelopak Bunga rosella sudah bisa dipetik setelah 3 minggu dihitung dari hari pertama bunga mekar.

Kandungan Bunga Rosella
Setelah diteliti oleh pakar kesehatan modern maupun pakar kesehatan tradisional di berbagai negara di dunia. Kelopak bunga rosella diketahui mengandung zat-zat penting yang dibutuhkan tubuh, seperti vitamin C , vitamin A , protein esensial, kalsium , dan 18 jenis asam amino , termasuk arginina dan legnin yang berperan dalam proses peremajaan sel tubuh. Dan diketahui juga bahwa bunga tanaman ini memiliki kandungan senyawa fenolik yang berfungsi sebagai antioksidan sebesar 23,10 mg dalam setiap gram bobot kering bunga rosella. Sejumlah antioksidan yang dikandung bunga rosella tersebut memiliki aktivitas 4 kali lebih tinggi dibanding bubuk kumis kucing. Penelitian yang dilakukan oleh Ir Didah Nur Faridah MSi, periset Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan Institut Pertanian Bogor,

aprodisiak (meningkatkan gairah seksual). rosela juga memiliki potensi untuk mengurangi kadar kolesterol jahat yang disebut LDL dan lemak dalam tubuh. termasuk vitamin C dan beta karoten Mengobati batuk. menetralkan racun Menghambat tumbuhnya kanker Menjaga stamina Menurunkan tingkat penggumpalan lemak di hati Menyeimbangkan berat badan Mengurangi panas dalam dan susah buang air besar Membantu memulihkan dari ketergantungan obat Mengurangi pusing / migraine Mengandung multivitamin. diare. dan katarak. sedativ (penenang). Flora ini terbukti secara klinis mampu mengurangi jumlah plak yang menempel pada dinding pembuluh darah. Hal ini menunjukkan bahwa bunga rosella juga bermanfaat terhadap penurunan tekanan darah pada penderita hipertensi (tekanan darah tinggi) serta membantu program diet. antosianin. Manfaat Bunga Rosella Secara tradisional. dan glukosida hibiscin yang mampu memberikan perlindungan terhadap berbagai penyakit degeneratif (akibat proses penuaan) seperti jantung koroner. adalah sebagai berikut :              Menurunkan kolesterol dalam darah Menurunkan tekanan darah Menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes Sebagai detoks. Chau-Jong Wang. ekstrak bunga rosella berkhasiat sebagai antibiotik . Diantara Manfaat Bunga Rosella yang lain. dan tonik. diuretik (melancarkan buang air kecil). kanker. konsumsi rosela digunakan sebagai salah satu cara baru untuk mengurangi risiko penyakit jantung. .Sebuah penelitian yang dilakukan ilmuwan Chung San Medical University di Taiwan . diabetes melitus. pelarut. Tidak hanya itu.menunjukkan bahwa kandungan antioksidan yang dimiliki oleh kelopak rosella terdiri atas senyawa gossipetin.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->