#SLIDE 1 HISTORIGRAFI SEJARAH DISUSUN OLEH: 1. SURINIH 2. TARMIYATI 3. YENNY R 4. IRMA R 5. EVRY H 6. VERIDA I 7.

RAMADHAN F T (001) (015) (017) (024) (026) (038) (046)

#SLIDE (INI DIBUAT KOTAK KOTAK TERUS DI LINK) PENGERTIAN HISTORIOGRAFI SEJARAH PERKEMBANGAN HISTORIOGRAFI MACAM-MACAM HISTORIOGRAFI

#SLIDE (INI DIBUAT KOTAK KOTAK TERUS DIBUAT LINK)     HISTORIOGRAFI TRADHISIONAL HOSTORIOGRAFI KOLONIAL HISTORIOGRAFI PASCA KEMERDEKAAN HISTORIOGRAFI INDONESIA MODERN

PENGERTAN HISTORIOGRAFI

pemaparan. Genealogis Bentuk ini merupakan gambaran mengenai pertautan antara individu dengan yang lain atau suatu generasi dengan generasi berikutnya. Penulisan sejarah (historiografi) merupakan cara penulisan.  HISTORIOGRAFI TRADHISIONAL Historiografi tradisional merupakan ekspresi kultural dari usaha untuk merekam sejarah. 1982: XIV ). 3. atau pelaporan hasil penelitian sejarah yang telah dilakukan (Dudung Abdurrahman. asal usul suatu bangsa. Sebenarnya bentuk ini merupakan cabang dari kronik hanya saja bentuk annals ini sudah lebih maju dan lebih jelas. cerita rakyat Bentuk ini pada dasarnya merupakan suatu proses internalisasi dari pengalaman spiritual manusia tentang kenyataan lalu di ungkapkan melalui kisah sejarah 2. legenda. Namun demikian juga masih di lingkungan kepercayaan yang bersifat kosmosmagis 4.beberapa corak historiografi cukup menonjol.Logis Kisah yang di ungkapkan mengamdungh mitos.  SEJARAH PERKEMBANGAN HISTORIOGRAFI Dalam perkembangan penulisan sejarah (historiografi) di Indonesia. Sudah berusaha membeberkan kisah dalam uraian waktu. Kronik. Supranatural . Sil silah sangat penting untuk melegitimasikan kedudukan mereka. 6. penulisan sejarah (historiografi) merupakan fase atau langkah akhir dari beberapa fase yang biasanya harus dilakukan oleh peneliti sejarah. Dalam historiografi tradisional ada unsure-unsur yang tidak bisa lepas yaitu sebagai karya imajinatif dan sebagai karya mitologi BENTUK HISTORIOGRAFI TRADHISIONAL 1. Secara umum dalam metode sejarah.Penulisan sejarah merupakan representasi kesadaran penulis sejarah dalam masanya ( Sartono Kartodirdjo.1999:67). historiografi kolonial dan historiografi nasional. Dalam penulisan ini sudah ada penulisan kesadaran tentang waktu. yaitu historiografi tradisional. 5. kisah disini merupakan merupakan kisah yang merupakan suatu pembenaran berdasar emosi dan kepercayaan. dongeng. Annals.

Etnosentris Penulisan selalu bersifat kedaerahan. Historiografi semacam ini di tulis oleh penulis-penulis orang asing di dunia timur. pernyataan waktu dengan fakta sejarah termasuk di dalamnya penggunaan kosa kata penggunaan kata nama dll. maka tidak dijamin keutuhan redaksionalnya. Dan sangat berpusat pada kedaerahan. Jenis sejarah semacam ini perlu di hargai sebagai fungsi sosiopolitik. Anakronistik Dalam menempatkan waktu sering terjadi kesalahan kesalahan. Penulisan sejarah semacam ini memusatkan perhatiannya kepada belanda sebagai tempat perjalanan baik pelayaran maupun pemukiman di benua lain. HISTORIOGRAFI KOLONIAL Historiografi colonial sering di sebut sebagai Eropa Sentris. yaitu membangkitkan semangat nasional HISTORIOGRAFI PASCA KEMERDEKAAN Penulisan sejarah pada masa pasca kemerdekaan didominasi oleh penulisan mengenai peristiwaperistiwa yang masih hangat waktu itu. ekonomis. yaitu mengenai perjuangan bangsa Indonesia dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan CIRI-CIRI HISTORIOGRFI PASCA KEMERDEKAN  berisi mengenai peristiwa-peristiwa yang terjadi di masa lalu. dan institusional berisi perlawanan terhadap pemerintah colonial yang di lakukan oleh pahlawan nasional merupakan ekspresi dan semangat nasionalistis yang berkobar kobar Tokoh tokoh nasional menjadi symbol kenasionalan dan memberi identitas bagi bangsa Indonesia.Dalam hal ini kekuatan kekuatan gaib yang tidak bias diterima dengan akal sehat sering terdapat di dalamnya. 3. 2. Hanya terpaut pada suku bangsa tertentu. Oral tradition Historiografi jenis ini di sampaikan secara lisan. CIRI-CIRI HISTORIOGRAFI KOLONIAL     menonjolkan peranan bangsa Belanda dan memberi tekanan pada aspek politis. dan tentu saja sangat berkaitan erat dengan tokoh yang menjadi aktor atau pelaku sejarah tersebut . CIRI-CIRI HISTORIOGRAFI TRADHISIONAL 1.

 yang menjadi sorotan utama adalah tokoh nasional yang sering disebut sebagai Dwitunggal yaitu Soekarno dan Moh. waktu diselenggarakannya Seminar Sejarah Nasional Indonesia pertama di Yogyakarta. Semenjak itu penulisan sejarah Indonesia mengenai peristiwa-peristiwa yang terjadi di Indonesia ditulis oleh orang Indonesia sendiri. Dua tokoh inilah yang menjadi tokoh utama dalam peristiwa proklamasi tersebut HISTORIOGRAFI INDONESIA MODERN Historiografi Indonesia modern dimulai sejak diselenggarakannya Seminar Sejarah Nasional Indonesia di Yogyakarta dimulai pada tahun 1957. Hatta. dimulai sekitar tahun 1957. Sehingga dengan demikian dapat dilihat perkembangan Indonesia-sentris yang mulai beranjak CIRI-CIRI HISTORIOGRAFI INDONESIA MODERN   Dalam perkembangaannya historiografi Indonesia modern. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful