P. 1
Ciri Khusus Tumbuhan

Ciri Khusus Tumbuhan

|Views: 1,378|Likes:
Published by Ahmadi Nedjad

More info:

Published by: Ahmadi Nedjad on Feb 28, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/18/2014

pdf

text

original

CIRI KHUSUS TUMBUHAN CEMARA Pohon cemara mempunyai bentuk daun yang runcing.

Daunnya yang runcing berguna untuk mengurangi penguapan. Bentuk daun tersebut merupakan adaptasi pohon cemara terhadap lingkungan yang panas.

CIRI KHUSUS TUMBUHAN TERATAI Teratai merupakan tumbuhan yang hidup di permukaan air. Tumbuhan teratai mempunyai daun yang berbentuk lebar dan tipis. Daunnya ada yang lebar dan ada juga tipis, berfungsi untuk memperbanyak penguapan. Bentuk daun tersebut merupakan bentuk adaptasi teratai terhadap tempat hidupnya.

CIRI KHUSUS TUMBUHAN PUTRI MALU Tumbuhan putri malu banyak dijumpai tumbuh di tepi jalan. Tumbuhan putri malu mempunyai ciri khusus pada daunnya. Daun tumbuhan putri malu akan mengatup apabila tersentuh sesuatu. Hal ini menunjukkan bahwa putri malu beradaptasi terhadap rangsang sentuhan.

Tanaman kantung semar mempunyai cairan khusus yang ada di dalam kantung. Batang kaktus tebal dan berlapis lilin. dengan kulit batang halus licin dan dapat berkembang biak dengan cara stek. CIRI KHUSUS TUMBUHAN KANTUNG SEMAR Kantung semar adalah tanaman pemakan serangga atau disebut insektivora. dimana masing-masing putik akan menghasilkan buah tunggal. bunga kantung semar mengeluarkan bau menyengat. atau pada jenis tertentu memiliki warna kuning cerah. Bau tersebut berguna untuk menarik serangga. Ciri Khusus Tumbuhan Mawar Ciri-ciri khusus bunga mawar dapat dilihat dari bunganya. Seluruh permukaan batang kaktus tertutup oleh duri. Pada waktu tertentu. Bunga berwarna merah. merah jambu. Akar tunjang merupakan bentuk adaptasi tumbuhan bakau terhadap lingkungan pantai.CIRI KHUSUS TUMBUHAN KAKTUS Kaktus merupakan tanaman yang hidup di daerah panas. CIRI KHUSUS TUMBUHAN BAKAU Tumbuhan ini hidup di pinggiran pantai. Ciri lain bunga mawar yaitu adanya duri-duri tajam pada batangnya. Bunga mawar akan menghasilkan buah yang dinamakan rose hips. Ovari terletak dibagian bawah daun mahkota dan daun kelopak. Tumbuhan bakau memiliki akar tunjang untuk menopang tubuhnya agar tetap kokoh. . Duri tersebut berguna sebagai pelindung diri. Batang kaktus yang tebal berfungsi sebagai tempat persediaan air. Cairan tersebut untuk mencerna serangga yang terjebak. mahkota bunga terdiri dari lima helai daun mahkota. Hal ini menunjukkan bahwa tanaman kantung semar beradaptasi untuk memperoleh makanan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->