P. 1
Slide Seminar KKU Kelompok XII-2012 2013

Slide Seminar KKU Kelompok XII-2012 2013

|Views: 88|Likes:
Published by Gusty Adya Herdy
Bahan Presentasi Kelompok XII
Bahan Presentasi Kelompok XII

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Gusty Adya Herdy on Feb 28, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/15/2014

pdf

text

original

DPL : Dr. Dede Jajang S.,M.M Ketua Kelompok : Sheilla P.

Tyas Anggota : Shelly Frimanita Dimas Gandi Wibawa Siti Mariam Nia Rosnia Wiwi Yuningsihbdi Yusdinar Majid Siti Anantia Lestari Lucke Adha Gahana Aswinder Ira Desiyani Rosa Acep Dede H. Rina Kurnia

BIDANG GARAPAN : UKM / KEWIRAUSAHAAN USAHA EKONOMI MASJID

Dalam kegiatan bidang garapan UKM ( Usaha Kecil dan Menengah ) / kewirausahaan , kelompok KKU Desa Ungkal memilih Usaha Kolotok, Dodol Singkong, dan Wedang Jahe karena memiliki potensi yang baik untuk kedepannya.

1.

Kolotok
lokasi dan waktu kegiatan : Kegiatan dilakukan pada tanggal 10 januari di rumah Bapak Manta RT 04 RW 01 Dusun Sukaluyu. Permasalahan yang terjadi : Masalah dalam inovasi produk. Tidak adanya tenaga kerja hanya produksi jika ada pesanan Tidak adanya pemasok untuk memasarkan produk.

  

Pemecahan masalah yang bisa dilakukan :  Dibuatnya inovasi dalam pembuatan produk,misalnya kolotok versi mini yang dibuat menjadi gantungan kunci.

 Menjalankan

kegiatan pemasaran yang aktif.

2. Dodol Singkong
lokasi dan waktu kegiatan : Kegiatan dilakukan pada tanggal 1 februari 2013 di rumah
Bapak Yayat Hidayat Dusun Sukahaji RT 02 RW 02 . Permasalahan yang terjadi : Pembuatan produk hanya dilakukan berdasarkan pesanan. Sulitnya memperoleh bahan baku. Kemasan produk yang kurang menarik. Pemecahan yang bisa dilakukan : Pelaku usaha lebih aktif dalam membuat produk serta memasarkannya agar usaha terus berjalan. Pemanfaatan lahan sekitar dengan melakukan Penanaman Tanaman Singkong . Pelaku usaha membuat design kemasan produk agar dapat menarik konsumen.

 

  

3. Wedang Jahe
Lokasi dan Waktu Kegiatan : Kegiatan dilakukan pada tanggal 30 januari 2013 di rumah Bapak Yayat Hidayat Dusun Sukahaji RT 02 RW 02. Permasalahan yang terjadi : Pembuatan produk dilakukan berdasarkan pesanan. Sulitnya memperoleh bahan baku Kemasan produk yang kurang menarik Pemecahan masalah yang bisa dilakukan : Memulai membuat produk secara terus-menerus. Pemanfaatan lahan sekitar untuk penanaman tanaman jahe. Para pelaku usaha harus mempunyai ide kreatif dalam pembuatan label / merek serta memiliki pengemasan yang menarik supaya para konsumen menarik.

 

  

Adapun hasil kegiatan pada bidang garapan UKM / Kewirausahaan adalah sebagai berikut :  Kolotok - Mengalihfungsikan kolotok yang pada awalnya digunakan sebagai ciri hewan ternak menjadi bel pintu atau sebagai barang hiasan.  Dodol Singkong Memberikan design label baru pada kemasan. Memperbaharui kemasan lama menjadi kemasan baru yang lebih menarik.  Wedang Jahe Memberikan design label baru pada kemasan. Memperbaharui kemasan lama menjadi kemasan baru yang lebih menarik.

Lokasi dan Waktu Kegiatan :  Masjid Al - Hikmah pada tanggal 5 Januari 2013.  Masjid Al – Ikhlas pada tanggal 22 januari 2013.  Tujuan Kegiatan : • Mensosialisasikan usaha ekonomi masjid kepada masyarakat desa. • Menanamkan kebiasaan bershadaqah. • Memecahkan masalah ekonomi ummat islam, khususnya yang berada disekitar masjid dengan memanfaatkan potensi ummat islam yang ada dan sekaligus memecahkan kecenderungan menurunnya akhli / jamaah masjid melalui kegiatan Usaha Ekonomi Masjid.

Kegiatan Sosialisasi
Kegiatan ditujukan kepada Kepala Desa beserta perangkatnya, Ketua RW, Ketua RT, Ketua DKM, Tokoh masyarakat dan pelaku ekonomi.

Hasil Kegiatan Sosialisasi Melalui Sosialisasi Usaha Ekonomi Masjid (UEM) diharapkan adanya kesadaran masyarakat desa untuk dapat melaksanakan program UEM dan mengetahui bagaimana tentang memakmurkan jamaah/ warga masyakarat sekitar masjid untuk dapat mencapai kesejahteraan dengan cara memperoleh pendapatan yang sesuai dengan syariat islami serta bagaimana pengelolaan/pengadministrasian keuangan (pengetahuan tentang UEM). Kegiatan UEM yang sudah disosialisasikan, baru sebatas pembentukan kepengurusan saja, dikarenakan situasi dan kondisi yang belum memungkinkan untuk pelaksanaan kegiatan selanjutnya.

Permasalahan yang terjadi: Masyarakat desa ungkal belum sepenuhnya mengerti mengenai usaha ekonomi masjid, serta permasalahan modal yang menjadi kendala utama.
Pemecahan Masalah : Memberikan pengarahan, serta berusaha menegaskan bahwa Usaha Ekonomi Masjid bermanfaat bagi masyarakat dalam memecahkan masalah ekonomi umat islam sekitar masjid dengan memanfaatkan potensi umat islam untuk bershadaqah.

TERIMA KASIH 

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->