Kategori : Artikel Umum Kimia air adalah salah satu area yang paling sering diabaikan atau sering

di salah pahami ketika kita ingin memelihara udang atau ber aquascape, terutama pada subyek pH, GH / KH, dan hubungan antara pH dan KH. Demikian pula dengan test kit, test kit untuk GH / KH adalah test kit yang paling sering diabaikan pada saat kita mengelola aquarium, padahal GH dan KH juga merupakan hal yang sangat penting dari kimia air. Penjelasan singkat masing-masing item : GH (General Hardness – Gesamthaerte (dalam bahasa Jerman)) Ini adalah ukuran dari jumlah Magnesium (Mg +) dan Kalsium (Ca +) ion dalam air. Ketika kita menyebut air sebagai “soft” atau “hard,” kita merujuk pada GH. Hal ini diukur dalam German degrees of hardness (dH). Satu dH adalah sekitar 17,5 mg / L (ppm). Tabel GH :

Kekerasan karbonat mengukur jumlah karbonat dan bicarbonates dalam air, dinyatakan dalam derajat Jerman kekerasan (DKH). Istilah “hardness” dalam KH ini agak membingungkan karena tidak benar-benar mengukur kekerasan, melainkan alkalinitas (buffer kapasitas – kemampuan untuk menetralisir asam) dari kemampuan untuk melawan perubahan pH. Semakin tinggi KH semakin lebih stabil air anda dan semakin lebih kuat menghadapi pH swings. Parameter 2-3dKH secara umum dapat diterima sebagai nilai minimum untuk mendapatkan pH yang stabil. pH (Per Hidrogen) pH adalah ukuran keseimbangan antara Hidrogen (H +) dan hidroksida (OH) ion dalam air. Skala pH bernilai dari 0-14. Seperti yang kita tahu, nilai pH 7,0 berarti bahwa pH air netral, dengan pembacaan 0-6,9 sebagai asam, dan menjadi 7,1-14 Basa.

pH juga berfungsi sebagai pusat konsentrasi dari KH dan CO 2. Artinya, kita dapat menentukan jumlah CO 2 (mg / L atau ppm) dalam air jika kita mengetahui nilai pH dan KH. Dalam pengaplikasiannya, pH akan berfluktuasi bila kita menambahkan CO 2, sedangkan KH tetap stabil. Carbon Dioxide ( CO 2 ) Karbon Dioksida (CO 2) Karbon dioksida tidak disebutkan di dalam judul artikel ini, tetapi juga merupakan bagian dari kimia air yang sangat penting. CO 2 ada dalam air dalam konsentrasi yang jauh lebih besar daripada gabungan oksigen dan nitrogen (70:2:1). We often think of injecting CO 2 to increase the growth rate of plants in our tanks. Kita sering melakukan penambahan pasokan CO2 dengan harapan tanaman akan tumbuh cepat dan subur, tapi sebenernya kita juga harus paham hubungan antara CO2, KH dan pH. Tanpa terlalu detail kedalam proses kimia nya, ketika karbon dioksida dilarutkan dalam air, ia menjadi asam karbonat, meningkatkan jumlah asam, dan menurunkan pH dalam akuarium. Jumlah karbonat (KH) yang ada di dalam air akan menentukan seberapa jauh pH akan turun. Di bawah ini adalah bagan hubungan dari pH, KH dan CO2 :

Menyesuaikan GH / KH / pH

Karena hubungan antara ketiga aspek tersebut. terdapat penjelasan cara atau metode yang paling umum untuk menurunkan / menaikkan GH. dan pH. KH. Pada tabel dibawah ini. . menerapkan metode untuk menurunkan atau menaikkan satu aspek biasanya akan memiliki mempengaruhi aspek yang lain.

bisa diujikan di laboratorium yang terpercaya.Inilah cara praktis mengetahui kondisi air tanah di rumah. berbau. Untuk mengetahui bahwa air dari sumbernya memenuhi syarat kesehatan. Juga. berasa. Tubuh kita tak hanya memerlukan air dalam jumlah yang cukup. Air yang kita minum tidak boleh berwarna. tapi juga membutuhkan air yang berkualitas. teruji dengan APF Water Test Kit. Namun. dan mengandung unsur-unsur kimia berbahaya dan beracun. @ 3 parameter di atas. kini ada cara yang lebih praktis. serta tidak mengandung bakteri yang merugikan kesehatan. APF Water Test Kit terdiri dari serangkaian bahan kimia yang bereaksi jika dalam air tanah terdapat kadar besi (sekaligus mangan) dan kapur yang tinggi. Amway menghadirkan APF Water Test Kit yang memudahkan kita menguji air tanah yang ada di rumah. dapat digunakan untuk menguji pH air demi mengetahui tingkat kesadahan (asam dan basa) air. keruh. Satu boks APF Water Test Kit bisa digunakan untuk 10 kali pengujian. Contoh uji coba kandungan kapur terhadap air tanah menggunakan APF WATER TEST KIT Tes air tanah .

Langkah 3-5 : Dengan alat suntik. Langkah 2 : Tambahkan 3 tetes bahan kimia dari botol D dan biarkan air berubah warna menjadi ungu. atau mencerminkan hasil yang bagus. berarti kadar kapurnya tinggi. berarti air sample memiliki kadar kapur yang rendah. Langkah 6 : Bila air berubah warna menjadi biru sebelum atau 1 kali tabung suntik habis diteteskan. Namun bila membutuhkan lebih dari 1 tabung suntik.Langkah 1 : Masukkan air tanah ke dalam APF water test. . teteskan bahan kimia dari botol B ke botol A secara perlahan sambil menggoyang-goyang botol.

amagram April 2010 . 235.000 / 1 kali pengujian. Nb : Harga IBO hanya Rp.000/ 10 kali pengujian (1 pack) Rp 26.Cara pengujian lainnya bisa dilihat pada lembar petunjuk pemakaian yang tersedia dalam kemasan APF Water Test Kit.

tingkat kekerasan (dH). akan tetapi pengaruhnya diketahui sangat kecil dan relatif sulit diukur sehingga diabaikan. yaitu: (1) kesadahan umum (“general hardness” atau GH) dan (2) kesadahan karbonat (“carbonate hardness” atau KH). Satu satuan kesadahan Jerman atau dH sama dengan 10 mg CaO (kalsium oksida) per liter air. Berikut adalah kriteria selang kesadahan yang biasa dipakai: .12 – 18 dH. Secara lebih rinci kesadahan dibagi dalam dua tipe. Kesadahan pada umumnya menggunakan satuan ppm CaCO3. 70 – 140 ppm : rendah (lunak) . sedangkan pada air berkesadahan tinggi tidak akan terbentuk busa. GH pada umumnya dinyatakan dalam satuan ppm (part per million/ satu persejuta bagian) kalsium karbonat (CaCO3). 140 – 210 ppm : sedang . 210 – 320 ppm : agak tinggi (agak keras) .8 ppm CaCO3. Kesadahan umum atau “General Hardness” merupakan ukuran yang menunjukkan jumlah ion kalsium (Ca++) dan ion magnesium (Mg++) dalam air. dengan demikian satu satuan Jerman (dH) dapat diekspresikan sebagai 17. Sedangkan satuan konsentrasi molar dari 1 mili ekuivalen = 2. Pada air berkesadahan rendah. dikenal pula tipe kesadahan yang lain yaitu yang disebut sebagai kesadahan total atau total hardness. air akan dapat membentuk busa apabila dicampur dengan sabun.70 ppm : sangat rendah (sangat lunak) . kesadahan juga merupakan petunjuk yang penting dalam hubungannya dengan usaha untuk memanipulasi nilai pH.4 .0 .8 – 12 dH. Disamping dua tipe kesadahan tersebut. Kesadahan total merupakan penjumlahan dari GH dan KH.METODE PENGOLAHAN KESADAHAN (HARDNESS) AIR DENGAN MENGGUNAKAN RESIN PENUKAR ION Oleh : Arifin Kesadahan merupakan petunjuk kemampuan air untuk membentuk busa apabila dicampur dengan sabun.4 dH.8 dH. Ion-ion lain sebenarnya ikut pula mempengaruhi nilai GH. 0 . atau dengan menggunakan konsentrasi molar CaCO3.8 dH = 50 ppm. Disamping itu.

Apabila ikan atau tanaman dikatakan memerlukan air dengan kesadahan tinggi (keras) atau rendah (lunak). meskipun demikian. istilah kesadahan karbonat.18 – 30 dH. karbondioksida yang masuk keperairan melalui keseimbangan dengan atmosfer tidak cukup besar konsentrasinya . dolomite. Penambahan kalsium karbonat akan menaikan sekaligus baik KH maupun GH dengan proporsi yang sama. dan alkalinitas sering digunakan untuk menunjukkan hal yang sama. dan pertumbuhan. Pemijahan bisa gagal apabila dilakukan pada nilai GH yang tidak tepat. Ketidaksesuaian GH akan mempengaruhi transfer hara/gizi dan hasil sekresi melalui membran dan dapat mempengaruhi kesuburan.2H2O. Untuk menaikkan kesadahan karbonat dapat dilakukan dengan menambahkan natrium bikarbonat (soda kue). CaMg (CO3)2. hampir semua jenis ikan dan tanaman dapat beradaptasi dengan kondisi GH lokal. Air yang mengandung karbon dioksida mudah melarutkan kalsium dari mineral-mineral karbonat. kapasitas pem-bufferan asam. KH sering disebut sebagai alkalinitas yaitu suatu ekspresi dari kemampuan air untuk mengikat kemasaman (ion-ion yang mampu mengikat H+). Kesadahan karbonat atau KH merupakan besaran yang menunjukkan kandungan ion bikarbonat (HCO3-) dan karbonat (CO3–) di dalam air. Pada umumnya. pengikat kemasaman. Setiap jenis ikan memerlukan kisaran kesadahan (GH) tertentu untuk hidupnya. anhidratnya. kalsit dan argonite yang merupakan modifikasi yang berbeda dari CaCO3. 320 – 530 ppm : tinggi (keras) Dalam kaitannya dengan proses biologi. CaCO3 + CO2 + H2O Ca2+ + 2HCO3- Reaksi sebaliknya berlangsung bila CO2 hilang dari perairan. Mineral yang merupakan sumber primer ion kalsium dalam air diantara mineral-mineral yang berperan adalah gips. Kesadahan karbonat dapat diturunkan dengan merebus air yang bersangkutan. Oleh karena itu.. fungsi organ dalam (seperti ginjal). hal ini pada dasarnya mengacu kepada GH. atau dengan melalukan air melewati gambut. tidak demikian halnya dengan proses pemijahan. dalam sistem air tawar. GH lebih penting peranananya dibandingkan dengan KH ataupun kesadahan total. KH pada umumnya sering dinyatakan sebagai derajat kekerasan dan diekspresikan dalam CaCO3 seperti halnya GH. KH berperan sebagai agen pem-buffer-an yang berfungsi untuk menjaga kestabilan pH. Dalam hubungannya dengan kemampuan air mengikat kemasaman. atau kalsium karbonat. CaSO4. CaSO4.

Ion kalsium. dan sediment berperan sangat besar terhadap kadar CO2 dan HCO3. mula-mula sabun harus bereaksi terlebih dahulu dengan setiap ion kalsium dan magnesium yang terdapat dalam air sebelum sabun dapat berfungsi menurunkan tegangan permukaan. Kesadahan sementara disebabkan oleh bikarbonat dalam air dan dapat dihilangkan dengan jalan mendidihkan air tersebut karena terjadi reaksi: Ca2+ +2 HCO3CaCO3 + CO2 + H2O Sedangkan kesadahan tetap disebabkan oleh adanya kalsium atau sulfat yang proses pelunakannya melalui proses kapur – soda abu. Ca2+ mempunyai kecenderungan relatif kecil untuk membentuk ion kompleks. terutama air tanah. Bila sabun digunakan pada air sadah. Hal yang sama dalam air yang kandungan sulfatnya tinggi pasangan ion Ca2+ – SO42. Ion kalsium.dalam air. Pernafasan mikroorganisma. maka densitas muatan ion Mg2+ jauh lebih besar dan ikatan . proses zeolit. dan proses resin organik. Kerak ini akan mengurangi penampang basah pipa dan menyulitkan pemanasan air dalam ketel. oleh karena itu konsentrasi HCO3. Kelebihan ion Ca2+ serta ion CO32-+ (salah satu ion alkaliniti) mengakibatkan terbentuknya kerak pada dinding pipa yang disebabkan oleh endapan kalsiumkarbonat CaCO3. jenis kalsium yang pertama-tama larut yang ada adalah Ca2+. serta mengurangi daya koagulasi yang melalui dalam pipa dengan menurunnya turbulensi. tetapi gumpalan-gumpalan yang terjadi akan mengendap sebagai lapisan tipis pada alat-alat yang dicuci sehingga mengganggu pembersihan dan pembilasan oleh air. Hal ini merupakan faktor penting dalam proses kimia perairan dan geokimia. bersama-sama dengan magnesium dan kadang-kadang kesadahan air. Air sadah juga tidak menguntungkan/mengganggu proses pencucian menggunakan sabun. penghancur bahan organik dalam air.untuk melarutkan kalsium dalam perairan alami.dapat terbentuk dalam jumlah yang cukup banyak. Air sadah mengakibatkan konsumsi sabun lebih tinggi. pasangan ion. Dalam kebanyakan sistem perairan air tawar. Ca2+ – HCO3. Hal ini bukan saja akan banyak memboroskan pengunaan sabun.dapat terjadi. baik yang bersifat kesadahan tetap. karena adanya hubungan kimiawi antara ion kesadahan dengan molekul sabun menyebabkan sifat detergen sabun hilang.yang sangat tinggi. Tidak seperti halnya dengan kalsium yang densitas muatan dari ion Ca2+ relatif lebih kecil dibandingkan dengan lainnya.

Fe2+ dan semua kation yang bermuatan dua.terjadi bila konsentrasi bikarbonat dan sulfat yang tinggi. Magnesiun dalam air terutama terdapat sebagai ion Mg2+ HCO3. CaMg (CO3)2 + 2 CO2 +2 H2O Ca2+ + Mg2+ + 4 HCO3- Pelunakan adalah penghapusan ion-ion tertentu yang ada dalam air dan dapat. Namun.yang sudah terlarut dalam air sesuai dengan reaksi berikut : . karena dalam keadaan tidak jenuh terjadi reaksi yang mengakibatkan karat terhadap pipa. terjadi endapan garam kalsium karbonat CaCO3 dan membuat kerak yang terlihat pada dinding pipa atau dasar ketel.dan Mg2+ SO42. Kerak yang tipis akibat keadaan sedikit jenuh itu justru melindungi dinding dari kontak dengan air yang tidak jenuh (agresip). Sebaliknya reaksi dengan CO32. bereaksi dengan zat-zat lain hingga distribusi air dan penggunaannya terganggu. HCO3. Ion Ca2+ dan Mg2+ diendapkan sebagai CaCO3 dan Mg(OH)3 menurut reaksi keseimbangan kimiawi sebagai berikut : Mg2+ + Ca2+ + 2 OHC032Mg(OH)2 CaCO3 CO32. pada proses pelunakan ini keadaan harus dibuat sehingga sedikit jenuh.yang lebih kuat dengan air untuk melakukan hidrasi. Ca2+ dapat bereaksi dengan HCO3membentuk garam yang terlarut tanpa terjadi kejenuhan.berasal dari karbondioksida CO2 dan bikarbonat HCO3.akan membentuk garam karbonat yang larut sampai batas kejenuhan di mana titik jenuh berubah dengan nilai pH. Sebagai kation kesadahan.membentuk garam yang terlarut sampai batas kejenuhan dan mengendap sebagai Mg(OH)2 bila titik kejenuhan dilampaui. Air yang kesadahannya tinggi biasanya terdapat pada air tanah di daerah yang bersifat kapur.dan OH-. Kesadahan dalam air terutama disebabkan oleh ion-ion Ca2+ dan Mg2+.. juga oleh Mn2+. Ca2+ selalu berhubungan dengan anion yang terlarut khususnya anion alkaliniti : CO32. Ion Mg 2+ akan bereaksi dengan OH. Mineral-mineral seperti dolomit adalah paling umum dalam air. Bila titik jenuh dilampaui.

bisa juga dengan asam klorida jika dipakai resin dengan sifat asam. Untuk proses air minum sampai sekarang hunya dipakai resin dengan sifat anionik. Gugus ion yang biasa dipakai pada .+ H2O HCO3+ + OH- Kesadahan yang terlalu tinggi akan menambah nilai pH larutan sehingga daya kerja aluminat tidak efektif karena ion aluminium yang bersifat amfoter akan mengikuti lingkungannya dimana akan terbentuk senyawa aluminium yang sukar mengendap. Kesadahan ini umumnya dihilangkan menggunakan resin penukar ion. Dalam regenerasi itu dihasilkan eluen yang mengandung organik dengan konsentrasi tinggi. Resin adalah zat yang punya pori yang besar dan bersifat sebagai penukar ion yang berasal dari polysterol. Sering kali resin dipakai untuk menghilangkan molekul yang besar dari air misalnya asam humus. Resin penukar ion sintetis merupakan suatu polimer yang terdiri dari dua bagian yaitu struktur fungsional dan matrik resin yang sukar larut.CO2 + OH- HCO3CO32. Polimer ini dibuat dengan mereaksikan stiren dengan divinilbenzena. Resin penukar ion ini dibuat melalui kondensasi phenol dengan formaldehid yang kemudian diikuti dengan reaksi sulfonasi untuk memperoleh resin penukar ion asam kuat. atau polyakrilat yang berbentuk granular atau bola kecil dimana mempunyai struktur dasar yang bergabung dengan grup fungsional kationik. Resin pelunak air komersial dapat digunakan dalam skala kecil. non ionik/anionik atau asam. Ikatan kimia pada polimer ini amat kuat sehingga tidak mudah larut dalam keasaman dan sifat basa yang tinggi dan tetap stabil pada suhu diatas 150oC. Sedangkan untuk resin penukar ion basa kuat diperoleh dengan mengkondensasikan phenilendiamine dengan formaldehid dan telah ditunjukkan bahwa baik resin penukar kation dan resin penukar anion hasil sintesis ini dapat digunakan untuk memisahkan atau mengambil garam – garam. liqnin. meskipun demikian tidak efektif digunakan untuk sekala besar. Untuk regenerasi dipakai garam alkali atau larutan natrium hidroksida. Pada umumnya senyawa yang digunakan untuk kerangka dasar resin penukar ion asam kuat dan basa kuat adalah senyawa polimer stiren divinilbenzena. Resin penukar kation dibuat dengan cara mereaksikan senyawa dasar tersebut dengan gugus ion yang dapat menghasilkan (melepaskan) ion positif. setelah terbentuk kerangka resin penukar ion maka akan digunakan untuk menempelnya gugus ion yang akan dipertukarkan. Apabila kesadahan terlalu rendah secara simultan alkalinitas juga cenderung rendah ini akan mengganggu penyusunan ikatan antara koloida dengan aluminat dimana gugus hidrofobik koloida akan tetap melayang dan sukar bereaksi dengan koagulan mengakibatkan massa atom relatif ringan sehingga sukar mengendap. asam sulfonat.

. dengan memasukkan grup fungsional dari asam sulfonat. Resin penukar on yang direaksikan dengan gugus ion yang dapat melepaskan ion negatif diperoleh resin penukar anion. bentuk H+ diregenerasi dengan larutan HCl sedangkan material penukar anionik bentuk OH− dapat diregenerasi dengan larutan NaOH (lihat buku panduan dari pabrik yang menjual material ini). artinya material penukar ion dapat diregenerasi. Resin penukar anion dibuat dengan matrik yang sama dengan resin penukar kation tetapi gugus ion yang dimasukkan harus bisa melepas ion negatif. Jika penukar anion tersebut adalah poliamin.resin penukar kation asam kuat adalah gugus sulfonat dan cara pembuatannya dengan sulfonasi polimer polistyren divinilbenzena (matrik resin). Pada resin penukar anion. Pertukaran ion dengan resin ini terjadi pada keseluruhan struktur gel dari resin dan tidak hanya terbatas pada efek permukaan. telah jenuh. maka ia dapat menarik seluruh molekul polimer dalam air. pertukaran terjadi akibat absorbsi kovalen yang asam. Gugus ion dalam penukar ion merupakan gugus yang hidrofilik (larut dalam air). Mekanisme pertukaran ion dalam resin meskipun non kristalisasi adalah sangat mirip dengan pertukaran ion. maka polimer resin ini diikat dengan ikatan silang (cross linked) dengan molekul polimer lainnya. kandungan amina resin tersebut adalah ukuran kapasitas total pertukaran. ion karboksil.ion kisi kristal. Sebagai contoh untuk proses regenerasi material penukar kationik bentuk Na+ dapat diregenerasi dengan larutan NaCl pekat. Proses pergantian ion bisa “reversible” (dapat balik). penginfeksian dengan kekuatan baru terhadap resin penukar ion yang telah habis saat kerjanya atau telah terbebani. akibatnya akan mengembang dalam air. Regenerasi penukaran ion dapat dilakukan dengan mudah karena pertukaran ion merupakan suatu proses yang reversibel yang perlu diusahakan hanyalah agar pada regenerasi berlangsung reaksi dalam arah yang berkebalikan dari pertukaran ion. misalnya –N (CH3)3+ atau gugus lain atau dengan kata lain setelah terbentuk kopolimer styren divinilbenzena (DVB). Senyawa ini merupakan penukar ion positif (kationik) untuk menukar ion dengan muatan elektrolit yang sama (positif) demikian sebaliknya penukar ion negatif (anionik) untuk menukar anion yang terdapat di dalam air yang diproses di dalam unit “Ion Exchanger”. Regenerasi adalah suatu peremajaan. Senyawa ini merupakan struktur yang porous. Material penukar ion yang utama berbentuk butiran atau granular dengan struktur dari molekul yang panjang (hasil co-polimerisasi). Dalam proses pertukaran ion apabila elektrolit terjadi kontak langsung dengan resin penukar ion akan terjadi pertukaran secara stokiometri yaitu sejumlah ion – ion yang dipertukarkan dengan ion – ion yang muatannya sama akan dipertukarkan dengan ion – ion yang muatannya sama pula dengan jumlah yang sebanding. Ion yang terlarut dalam air adalah ion – ion yang dipertukarkan karena gugus ini melekat pada polimer. Senyawa ini akan bergabung dengan ion pasangan seperti Na+. OH− atau H+. maka diaminasi kemudian diklorometilasikan untuk memperoleh resin penukar anion.

dan pertimbangan lainnya.Pengendapan. mungkin dapat digunakan alat Soften Water Kit (nama dagang industri).com/ . .chem. setelah itu diamkan semalam.Menkes No. Untuk secara rumah tangga jika air digunakan untuk minum.Dipanaskan (untuk kesadahan sementara) . umumnya menggunakan resin.Filtrasi dengan Zeolit. Sebaiknya periksakan dulu di laboratorium apakah sesuai standar Kep. Regards. Jika air akan digunakan dalam bentuk lain. tentunya semua tergantung dari fungsi. untuk lebih lanjut silahkan open (maaf. Sebagai tambahan referensi mengenai air sadah silahkan anda explore http://inorg-phys. Akan tetapi kesadahan yang cukup dapat membuat air menjadi terasa segar karena ada Ca-karbonat. maka sebaiknya direbus dahulu hingga mendidih sempurna. Secara kimia .907/VII/MENKES/2002.Pendesakan ion (review deret volta).htm (via internet juga banyak.Ditambahkan sada abu/ soda ash/ sodex/ natrium karbonat/ sodium karbonat (Na2CO3). lalu saring. kencing batu). . Terima kasih atas commentnya dan salam kenal.Soften Water Kit (nama dagang industri) b.ac. . .id/web/DIDAC/Didac03/Content/L09. umumnya menggunakan garam dapur/ garam meja/ natrium khlorida/ sodium khlorida/ NaCl. jika berlebih tidak baik untuk kesehatan menyebabkan gangguan kesehatan (ginjal. Note : endapan yang terapung merupakan ciri adanya air sadah.blog.itb. umumnya menggunakan Natrium stearat. Trinanto. bukan iklan): http://doctorwater.) Untuk menghilangkan air sadah maka dapat dilakukan dengan beberapa cara : a. financial. .Pertukaran ion.Dear. . umumnya Pentanatriumtrifosfat (Na5P3O10). Secara fisika : .Penambahan Fosfat.

BEBERAPA PRODUK yang sudah kami launching dan sudah kami pasarkan meliputi beberapa produk test kit seperti di bawah ini. 4. BLENDER 1 SENDOK TEH BAHAN MAKANAN YANG AKAN DIUJI DENGAN 2 SENDOK MAKAN (±10 ml) AIR MENDIDIH 2.1 botol Reagent B . ADUK LALU AMBIL 1 SENDOK MAKAN DAN TAMBAHKAN HCl TEKNIS SEBANYAK 2 ML. KOCOK SEBENTAR 5. SENSITIFITAS: 100 PPM (g/L) Untuk antisipasi beberapa ulah nakal pengusaha dengan menggunakan bahan berbahaya pada makanan. JIKA BAHAN UJI BERUPA CAIRAN.1 ML) REAGENT A KE DALAM BOTOL UJI DAN TAMBAHKAN AIR AQUA 6 TETES LALU REAGENT B 2 TETES DAN KOCOK AGAR TERCAMPUR RATA.1 botol kosng tempat Reagent A . persiapkan terlebih dahulu HCl Teknis) 1. AMBIL 2 TETES (0. • • • Test Kit FORMALIN (Baca Info Lengkapnya di Link INI) Test Kit Borax atau Boraks (Baca Info Lengkapnya di Link INI) Test Kit Pewarna Batik Merah atau Rhodamin B.1 lembar petunjuk pemakaian test kit PROSEDUR PENGUJIAN (Sebelum analisis.si Test Kit: .1 pack Ragent A (padatan) . CAMPURAN INI DISEBUT LARUTAN UJI. "EASY TEST" melounching beberapa produk test kit untuk analisis bahan berbahaya pada makanan.(Baca Info Lengkapnya di Link Ini) . ABAIKAN LANGKAH PERTAMAN DAN KEDUA INI DAN LANGSUNG KE LANGKAH BERIKUTNYA 3. TAMBAHKAN LARUTAN UJI 2 TETES DAN REAGENT C 2 TETES. WARNA BIRU YANG TERBENTUK MENUNJUKKAN BAHWA BAHAN YANG DIUJI MENGANDUNG IODAT SEPERTI POTASIUM IODAT (KIO3) ATAU SODIUM IODAT (NaIO3).

..• Test Kit Pewarna Batik Kuning atau Methanyl yellow .!! ... Methyl Yellow(Baca Info Lengkapnya di Link INI) EASY TEST juga telah meluncurkan produk terbaru test kit untuk anda semua. DENGAN HARGA YANG PASTI TETAP BERSAING.Metanil Yellow.

Contohnya. barangkali Anda memutuskan untuk menikahi seseorang.. Entah mobilnya ditabrak motor. Oleh karenanya. Ada puluhan atau bahkan ratusan keputusan kita ambil tiap harinya. Nah apakah Anda tahu jawabannya? Seorang teman yang lain bercerita setiap hari Selasa ia selalu mengalami nasib sial. Sifatnya jadi reaksional. Tindakan mencurinya itu didasari oleh keputusan untuk mengambil harta orang lain. ubahlah cara berpikir agar kita terhindar dari masalah. Setelah dilakukan berulang-ulang barulah keputusan itu keluar begitu cepat tanpa kita sadari. Belajar ke luar negeri. bukan yang lain. baru saja Anda memutuskan untuk membaca artikel ini. Kemana pun ia pergi kok selalu ada saja masalah. Keputusankeputusan apa saja yang membuat diri Anda menjadi orang seperti sekarang ini? Dari serangkaian keputusan di masa lalu. Beberapa tahun yang lalu. beberapa diantaranya adalah keputusan penting yang menentukan arah hidup Anda sekarang. Proses Berpikir Saya ingin mengatakan bahwa semua keputusan merupakan hasil dari proses berpikir – yang bisa terjadi sangat cepat sampai kita tidak menyadarinya. Yang sering terjadi. Sekarang kita sudah tahu bahwa keputusan ternyata dipengaruhi oleh cara kita berpikir.Keputusan Anda Menciptakan Garis Hidup Salah seorang teman di Facebook pernah punya status yang bunyinya “Kemana pun gw pergi kenapa masalah selalu ngikuti?” Status diatas jelas-jelas menggambarkan suasana hatinya yang galau. Pindah dari pekerjaan. baik itu keputusan kecil atau besar. Membuka usaha baru. hampir semua keputusan kita ambil tanpa kita sadari alias auto-pilot. Sesungguhnya apa yang ada dibenak pikirannya yang membuat ia .. Lantas apa hubungannya dengan cerita si teman yang selalu diikuti masalah? Yang patut kita sadari disini. kartu ATM tertelan. Apakah ini karma atau nasib buruk? Keputusan Anda Menciptakan Garis Hidup Saya ingin mengajak Anda untuk merenung sejenak sambil mengingat masa lalu. Membangun Cara Berpikir Seorang pencuri dijebloskan ke penjara. Semua keputusan yang Anda ambil di masa lalu menghantarkan Anda ke titik dimana Anda berada sekarang. atau mood berantakan. Atau apa saja.. masalah merupakan output dari suatu tindakan yang diawali oleh sebuah keputusan. Keputusan auto-pilot sekalipun tetap saja awalnya membutuhkan proses berpikir. Setiap hari kita mengambil keputusan. Selalu saja ada hal-hal diluar dugaan yang terjadi di hari itu.

Selanjutnya. putuskan pilihan mana yang akan ditindaklanjuti. Anda akan surprise dengan pilihan kreatifitas yang tiba-tiba muncul. Kita pensiunkan diri ini dari rasa takut dan khawatir. merasa kekurangan sehingga ia mengambil jalan pinta untuk mencuri. Anatominya begini: Cara berpikir -> Keputusan -> Tindakan -> Output Cara berpikir yang benar menghasilkan output positif. khawatir. kekurangan. Undang pikiran Anda untuk brainstorm dengan memunculkan ide-ide baru yang sebelumnya tidak pernah terbayangkan. Kelilingi pikiran kita dengan kelegaan. Cara berpikir salah menghasilkan output negatif. kejelekan niscaya akan memunculkan tindakan negatif yang pada akhirnya menghasilkan output negatif pula. Saya yakin hasilnya akan membawa kepuasan bagi diri Anda. http://id. Kemudian ajak pikiran Anda untuk mencari tahu apakah ada cara lain yang lebih baik untuk menyelesaikan satu persoalan. kebebasan.scribd. Artinya semua pikiran-pikiran yang didasari oleh ketakutan. Membangun cara berpikir yang benar sebetulnya sederhana saja.mengambil keputusan seperti itu? Barangkali ia stress. dan kelimpahan.com/doc/103138808/Dasar-Teory-PALM-OIL .

Kondisi ukuran dari nut. NutGradingDrum Nut grading drum berfungsi untuk mensortir nut yang berukuran kecil dan besar agar diperolehefek pemecahan yang baik. dimana sterilisasi yang tidak baik mengakibatka kernel tidaklekang darinutnya. Geratan harus disesuaikan untuk mendapatkan efisinesi pemecahan yang optimum. VibratorNutHopper Unit ini berfungsi mengatur feeding nut ke dalam ripple mill. Bagian yang ringan terangkat ke atas dan dibawa ke winnower cyclone dan masuk ke fuelconveyor. pelumasan bearing. semakin tinggi kapasitas. Hal yang perludiperhatikan adalah kekencangan belting fan. Material sedang selanjutnyadibawa ke winnower tingkat kedua. • Kecepatan rotor. Nut akan masuk ke ripple mill di atara rotor dan stator. ShellWinnower Hasil pemecahan ripple mill disebut cracked mixture.setelan damper udara pada fan dan ducting. Peralatan ini terletak tepat di bawah nut hopper. Apabila jarak tidak diatur maka nut yang masuk akan tidak terpecahkan karena nut yang berukuran kecil akan memasuki ruang besar pada ripple milldan sebaliknya nut besar memasuki ruang yang kecil sehingga banyak terjadi broken kerneldan terhisap di winnower. Hal-hal yang perlu diperhatikan : • Jarak antara stator dan rotor. material sedang (nut. Ripple millterdiri dari rotor bar dan stator. Nut yang kecil masuk ke hopper 1 dan yang besar ke hopper 2. half nut) ke huthopper. dan half nut dari ripple mill. • Kondisi sterilizer. maka nut akan pecah. karena putaran. NutHopper Nut hopper adalah penampungan nut sebelum dipecah di ripple mill. dibawa ke bagian pemisahan oleh crackedmixture conveyor.Besarnya lubang oval pada drum berputar ini berkisar <15 mm untuk laluan nut kecil dan >15 mmuntuk laluan nut besar. kebersihan baut sambungan. RippleMill Ripple mill adalah alat pemecah nut sehingga kernel terppisah dari cangkangnya. dimana nut hopper terdiri daridua buah hopper yang berisi nut dengan ukuran berbeda. kadar kekeringan nut kebersihan dari fibre yangmengikut nut. Hopper ini juga diperlukan untuk mengatur jumlah nut yang akandipecah di ripple mill. Hal ini dimungkinkan dengan adanya perbedaan kecepatan aliran udara pada ducting akibat perbedaan diameter. Apabila getaran vibrator dinaikkanmaka feeding akan semakin banyak. Kecepatan putaran berpengaruh terhadap hasil pemecahan nut. material sedang (broken kernel dan half nut). Destoner ini berfungsi untuk memisahkan materialringan (fibre dan dust) ke fuel coneyor. beberapa pabrik menggunakan screw conveyor kecil yang tujuan sama yaitumengatur feeding ke dalam riple mill.Nut dibawa ke desoner melalui nut conveyor. Material ringan menuju kernel drier untuk dikeringkan. Jikaukuran shell dan kernel sudah sedemikian rupa sehingga sulit . tetapi semakin tinggi pul broken kernel. Tujuan pemisahan berdasarkan ukuran iniadalah untuk mendapatkan efesiensi pemecahan yang baik agar tidak banyak broken kernel. broken kernel. • Kondisi awal nut. Unit pemisahan ini disebut shell winnower yang berfungsi memisahkan material berat (kernel dan whole nut). dan material berat (batu dan besi) ke bawah. demikian sebaliknya. wholenut. Semakintinggi putaran.Selain vibrator. serta material ringan(shell). Disini prinsip kerjanya serupa dengan tingkat pertama.

Shell masuk ke ducting shell trasport dan dihembusoleh shell transport fan ke fuel conveyor.dantahunan. Sementara broken kernel masuk ke common point dan bersatu dengan kernel dari shell winnower dan dibawa ke kernel drier oleh kernel winnoer fan ataukernel elevator. tekanan steam. sementara bagian underflownya berisishell dialirkan ke vibrating shell. kernel dibawa ke kernel bulking melalui transport fan. KernelBulking Kernel bulking merupakan tempat penyimpanan kernel sementara sebelum dijual. Broken kernel di permukaan larutan akan dioverflow ke vibrating kernel. Setelahdkeringkan di kernel drier. Hal yang menjadi perhatian antara lain pengisian kernelke dalam drier. untuk laporan harian. Sterilisasi • Memantau pegisian FFB ke dalam lorry • Menyeleksi FFB yang diisi ke lorry guna mendapat CPO dengan FFA yang sesuai • Memantau steaming time dan cycle time selama proses. bagian atas vibrating dipasang pipa penyiram. Claybath Claybath memisahkan broken kernel dan shell dengan menggunkan larutan clay.KontrolAsisten Rate This PenerimaanBuah • Memeriksa kematangan FFB • Perlakuan sortasi secara terbuka dan fair • Menentukan kriteria yang sama dalam perlakuan sortasi • Memberi informasi program sortasi FFB kepada pihak penyedia buah • Melaporkan hasil sortasi kepada Kepala Pabrik • Memberi laporan sortasi kepada Estates secara terbuka dan transparan • Merecord secara up to date hasil sortasi. maka akan dipisahkan dengan metode perbedaan massa jenis di dalam unitclaybath. bulanan. kebersihan heater.Udara dimasukkan ke dalam kernel drier setelah melalui air heater.dipisahkan dengan metode pemisahan udara. Untuk membersihkannya dari larutan clay yang menempel. KernelDrier Kernel drier berfungsi mengurangi kadar air pada kernel dan menghambat pertumbuhan jamur. 9. dll. Sementara shell yang berat akan tenggelam di bawahnya. Udara tersebut akan masuk kecelah-celah kernel melalui kisi-kisi lantai. Larutan ini akanmemisahkan broken kernel dan shell. mingguan. dimana broken kernel akan terapung sebab berat jenisnyalebih kecil dari shell. memastikan target kapasitas danoil serta kernel losses akibat USB di bawah target .

Press cake yang baik tampak seperti adanyadust di antara uap yang keluar dari press cake • Cek temperatur digester dan dillution water • Lihat hasil analisis oil loses sebelumnya. Penebah • Pantau hasil thresher terhadap SFB yang dipipil dengan pemantauan USB • Kontrol penuangan SFB pada unit tippler. Bila melebihi. ukur cleareance screw danwrm screw 3 – 5 mm normal.• Memantau tekanan steam dari peak 1 sampai 3 dan blow off serta durasi condensate untuk mengetahui kecepatan steam masuk pada program peak to peak. apakah masuk dalam rekomedasi. sterilisasi FFB. Pressing • Periksa secara visual press cake yang keluar. water.35%. serta kematangan FFB hasilsortasi dengan melihat unripe dan abnormal bunch • Periksa loose fruit sebelum loose fruit elevator. level air diatur 32 . Adakan pengecekan dan perbaikan. apakah ada janjangan yang lolos. dan condensate tidak tertahan dalam vessel yang dapat mempertinggi losses • Pastika FFB transporter depan dan belakang. Bila tidak periksa press cake yang keluar. ambil sampel DCO dan tes dengan centrifugelaboratorium. perhatikanisi digester terisi penuh. temperatur digester 90 – 95 deg C. dan winch berada dalamkondisi baik. bila berlebihan periksa worm screw press • Periksa oil wet press cake tidak melebihi target. Bila unripe bunch > 10%. bollard. Perhatikan kembali FFB yang diterima. emulsi. level air 25 – 30% • Perhitungan dillution water : Throughput x %CO x %loose fruit • Perhatikan waste DCO pada unit vibrating. naikkan/turunkan setting pressure dan ampere. Klarifikasi • Setel oil layer 20 – 30 cm untuk mendapat oil content di underflow < 8% • Temperatur clarifier 90 – 95 deg C untuk mempercepat pemisahan terhadap komposisiDCO sesuai sg-nya (oil. bila kurang tambahkan denganmemutar kerangan steam • Perhatika dillution water yang digunakan. solid) • Pastikan stirrer berputar untuk mempercepat pemisahan • . bila unripe < 10%. capstand.

Hindari recycling berlebihan untuk mengurangi emulsiyang dapat mengganggu pemisahan minyak • Kadar air dan kotoran < 1% dan 0.1 % .Retention time yang baik 5 – 6 jam.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful