RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan Mata Pelajaran Kelas/Semester Alokasi Waktu

: Sekolah N 1 Karangpucung : Matematika : IV/2 : 1 x 25 menit

A. Standar Kompetensi : 8. Memahami sifat bangun ruang sederhana dan hubungan antarbangun datar.

B. Kompetensi Dasar

:

8.2. Menentukan jaring-jaring balok dan kubus

C. Indikator 8.2.1. Mampu membuat jaring-jaring balok dan kubus. : D. Tujuan Pembelajaran - Melalui model pembelajaran kooperatif guru, siswa mampu membuat jaring-jaring balok dan kubus.

E. Materi Pembelajaran Bangun ruang

F. Model dan Metode Pembelajaran Model Metode : Pembelajaran kooperatif : Kerja kelompok, tanya jawab, diskusi, dan penugasan

G. Kegiatan Pembelajaran 1. Kegiatan awal

Elaborasi Siswa diberi lembar kerja menentukan jaring-jaring balok dan kubus  oleh guru untuk didiskusikan dengan teman sekelompoknya Tiap kelompok diberi tugas untuk membuat masing-masing 2 jaring-jaring kubus dan balok. Guru memberi motivasi kepada siswa agar konsentrasi dalam belajar. Guru memberikan tugas sebagai PR untuk mengingatkan kembali siswa pada materi yang baru saja dipelajari. Guru mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing. Konfirmasi    Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi Melalui tanya jawab guru dan siswa membahas lembar kerja siswa Siswa dibimbing untuk mengetahui jawaban yang benar dari hasil diskusi mereka 3. Penutup   Siswa dengan bimbingan guru bersama-sama menyimpulkan inti pembelajaran yang baru saja dilakukan. . Guru memperlihatkan contoh kubus dan balok kepada siswa Guru membagi siswa menjadi 4 kelompok b. yaitu murid akan mempelajari tentang jaring-jaring balok dan kubus. 2. c. serta presensi. dan menyiapkan materi yang akan diajarkan   Menyampaikan tujuan pembelajaran. Kegiatan Inti a. Eksplorasi     Guru menjelaskan materi tentang jaring-jaring balok dan kubus sesuai dengan tujuan pembelajaran.

19 April 2012 Mengetahui. Prosedur 2. b. Media dan Alat Peraga  Sumber belajar : a. Jenis penilaian : Post Test : Tertulis.H. Kunci jawaban 6. Sumber belajar. Bentuk penilaian : Tes tertulis (isian singkat) 4. Penilaian 1. perbuatan 3. Skor penilaian : Soal tes formatif (terlampir) : Terlampir : x 100 Karangpucung. Alat penilaian 5. Kepala Sekolah SD N 1 karangpucung Guru Tematik Kelas IV NIP NIP . Silabus kelas IV Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 4  Media Kubus dan balok  Alat Peraga Kubus dan balok I.

Kubus adalah sebuah benda ruang yang ditutup oleh enam buah persegi yang berukuran sama dan mempunyai panjang rusuk sama. sedangkan Balok adalah sebuah benda ruang yang ditutup oleh enam buah persegi yang terdiri dari tiga pasang sisi yang berhadapan. Gabungan dari beberapa persegi yang membentuk kubus disebut jaring-jaring kubus. .Lampiran 1 Materi pelajaran Bangun ruang kubus dan balok terbentuk dari bangun datar persegi dan persegi panjang. Sedangkan jaring-jaring balok adalah gabungan dari beberapa persegi panjang yang membentuk balok. yang panjang rusuk tiap pasangan berbeda dengan pasangan lainnya.

Lampiran 2 Manakah dari gambar berikut yang termasuk jaring-jaring kubus? .

Manakah dari gambar berikut yang bukan termasuk jaring-jarin balok? .

Pernyataan di bawah ini benar. a. persegi b. . persegi panjang c. 12 buah 3. kecuali . a. kecuali . kubus mempunyai 6 buah sisi d. bola tidak mempunyai titik sudut c. 10 buah d. 8 buah c. . kecuali . banyak rusuk pada tabung ada 4 d. kubus mempunyai 8 titik sudut b. bola mempunyai 1 rusuk 5. . . kerucut mempunyai 1 rusuk d. . kubus 2. banyak sisi pada balok adalah 6 b. a. . . 6. banyak rusuk pada kerucut ada 1 7.Lampiran 3 Soal evaluasi 1. . Pernyataan di bawah ini benar. Bangun-bangun di bawah ini yang titik sudutnya lebih dari . . kubus sisinya berbentuk persegi panjang c. . a. . . 6 buah b. . Pernyataan di bawah ini benar. Balok mempunyai titik sudut sebanyak . Gambar di bawah ini yang bukan merupakan jaring-jaring kubus adalah . banyak rusuk pada kubus ada 12 c. . . belah ketupat d. a. kubus semua rusuknya sama panjang 4. . kerucut mempunyai. Yang termasuk bangun ruang adalah . . . titik sudut b.

limas segitiga. kubus. limas. . a. prisma segitiga d. . limas. bola 8. a. . balok. 9. III d. tabung c. . balok. II c. prisma segitiga.2 adalah . . Gambar di bawah ini yang merupakan jaring-jaring balok adalah . . kerucut b. . maka atas/tutupnya adalah . VI . I b. . . balok. Jaring-jaring kubus di samping jika alasnya IV.

. . Gambar di bawah ini merupakan contoh jaring-jaring . . Gambar dibawah ini merupakan contoh jaring-jaring.. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat! 1..10.. kecuali . Gambar di bawah ini yang merupakan jaring-jaring balok. . .. 2..

Jaring-jaing kubus 2. Jawaban isian 1. Jawaban Piliha Ganda 1. C II. B 4. C 8. C 7. D 2. B 3. C 9. B 10.Lampiran 4 Kunci Jawaban I. A 6. C 5. jaring-jaring balok .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful