Sel

MAKALAH FISIOLOGI TUMBUHAN “SEL TUMBUHAN”

Disusun Oleh: Nama NIM Kelas : Ayu Hilyatul Millah : 115090107111017 :A

JURUSAN BIOLOGI FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG 2013

1. 2002). termasuk organel-organel penyusun sel tumbuhan dalam bentuk tugas makalah ‘Sel Tumbuhan’. Apakah pengertian dari sel? Apa saja organel-organel yang menyusun sel tumbuhan? Bagaimana fungsi masing-masing organel yang menyusun sel tumbuhan tersebut? Bagaimana perbedaan antara sel tumbuhan dan sel hewan? 1. Latar Belakang Fisiologi tumbuhan merupakan salah satu cabang ilmu yang mempelajari mengenai proses metabolisme yang terjadi didalam tubuh tumbuhan yang dapat menyebabkan tumbuh dan berkembang. 1. Organisme multiseluler merupakan organism yang tersusun dari beberapa sel. d) Untuk mengetahui perbedaan sel hewan dan tumbuhan. d. 4. Rumusan Masalah Rumusan masalah yang digunakan dalam makalah “Sel Tumbuhan” ini adalah : a. Untuk mengetahui proses metabolism yang terjadi dalam tubuh tumbuhan yang merupakan kajian dari fisiologi tumbuhan.2011). Sedangkan sel merupakan unit terkecil dari makhluk hidup(Campbell. maka dilakukan pencarian informasi mengenai sel tumbuhan. Tujuan Tujuan daripembuatan makalah yang berjudul “Sel Tumbuhan” ini adalah : a) Untuk mengetahui pengertian dari sel. 1. Manfaat Manfaat yang diperoleh dalam pembuatan makalah “Sel Tumbuhan” ini adalah mahasiswa dapat mengetahui organel-organel penyusun sel tumbuhan dan keterkaitan antar organel yang dapat mendukung mahasiswa dalam memahami mata kuliah fisiologi tumbuhan. 3. 2. Dimana setiap proses metabolisme pada tumbuhan diyakini dapat dijelaskan secara kimia dan fisika(Lakitan. . Tumbuhan merupakan organisme multiseluler yang terdiri dari berbagai jenis sel yang terspesialisasi yang saling bekerja sama dalam melakukan fungsinya. c) Untuk mengetahui fungsi masing-masing organel dan membran sel yang menyusun sel tumbuhan. Oleh karena itu. tentunya kita harus mempelajari proses dari penyusun unit terkecil dari tumbuhan yaitu sel. b.BAB I PENDAHULUAN 1. b) Untuk mengetahui organel-organel apa saja yang menyusun sel tumbuhan. c.

2011). Ini mengandung bahwa sel prokariotik bukannya tanpa inti. Di alam sel dikelompokkan menjadi dua kelompok yaitu sel prokariotik dan sel eukariotik. sedangkan pada tumbuhan darat berfungsi sebagai pencegah terjadinya dehidrasi(Sumadi dan Marianti. 2. senyawa karbohidrat lainnya yang ikut menyususn dinding sel adalah hemiselulosa dan senyawa pectin. 1. 2011).2007). Dinding Sel Dinding sel hanya dimiliki oleh sel tumbuhan. 2007). 2. Gambar 1. lunak kerasnya. yaitu selulosa. 2011). Istilah prokariotik dibangun dari kata pro yang artinya sebelum dan karyon yang berarti inti. dan karyon yang berarti inti. Dinding sel dari berbagai spesies tumbuhan memiliki perbedaan tebal tipisnya. Definisi dan Pembagian Sel Sel merupakan unit terkecil dari makhluk hidup. kekakuannya. Air juga merupakan . Dinding sel tersebut berperan untuk melindungi sel tumbuhan. Dinding sel pada tumbuhan air berguna untuk melindungi protoplas agar tidak lisis serta sebagai penguat tanaman. Sebagian penyusun dinding sel adalah senyawa karbohidrat. serta mencegah penghisapan air secara berlebihan. mempertahankan bentuk sel. yang berarti sel mampu atau dapat hidup tanpa kehadiran sel yang lain. dan seterusnya. Eukariotik berasal dari kata Eu artinya sungguh atau benar. Selain selulosa. Sel mampu melakukan pertumbuhan dan reproduksi yang berbeda dengan virus yang tidak memiliki kemampuan reproduksi secara mandiri (Lakitan. tetapi memiliki inti yang materi intinya tersebar di dalam sitoplasma(Lakitan. Sel eukariot dan sel prokariot (bacterialphylogeny. Jadi sel eukaryiotik merupakan sel-sel yang telah memiliki inti sel atau sel yang memiliki materi inti yang terorganisasi dalam suatu selaput. sehingga inti selnya tampak jelas(Lakitan.BAB II PEMBAHASAN 2.

Bagian hidrofilik terdiri atas gliserol. seperti glukosa dan gula lain.Akan tetapi.2002). Atom atau molekul bermuatan dan lapisan airnya sulit menembus lapisan hidrofobik membran. dimana memiliki bagian hidrofobik dan hidrofilik. sekalipun ion kecil seperti H+ dan Na+. . 1993). Membran lipid fosfolipid bilayer(Jimmy. dan lain-lain. Bilayer ini juga tidak relative tidak permeable terhadao ion.2009) Inti hidrofobik membrane menghalangi transport ion dan molekul polar yang bersifat hidrofilik. Molekul hidrofobiK dapat larut dalam membrane dan melintasinya dengan mudah.penyusun dinding sel dan sering kali terdapat dalam jumlah yang sangat banyak (Solomon. 2001). Lemak yang terdiri atas bilayer. Gambar 2. 3. sekalipun ion kecil seperti H+ dan Na+. dan glikolipida. Sedangkan bagian hidrofobik terdiri dari atas asam lemak(Sackman dan Reinhard. dan gugus tambahan seperti kolin.1994). Membran Sel Membran sel merupakan lapisan yang melindungi inti sel dan sitoplasma sel dan membungkus organel-organel sel lainnya. Membran sel terdiri dari beberapa komponen yaitu phospolipid. phosfat. bilayer lipid tidak sangat permeable terhadap molekul polar tak bermuatan yang lebih besar. 2. Atom atau molekul polar bermuatan dan lapisan airnya sulit menembus lapisan hidrofobik membrane(Campbell. kolesterol. Bilayer ini juga relatif tidak permeabel terhadap semua ion. Struk membran sel terdiri dari dua lapis lipid atau biasa disebut lipid bilayer(Albert dan Gwen. serin. Membran sel berperan sebagai alat transportasi bagi sel dimana tempat keluar masuknya zat-zat yang dibutuhkan dan tidak dibutuhkan oleh sel. Contoh – contohnya ialah air dan etanol yang cukukp kecil untuk dapat lewat diantar lipid membran. sfingomyelin. seperti glukosa dan gula lainnya. Bilayer lipid tidak sangat permeabel terhadap molekul polar tak bermuatan yang lebih besar.

yang terdapat tersuspensinya kromatin dan nucleolus. jumlah DNA.5. ribosom. protein. 4. dan khloroplas.2. Umumnya dapat kita temukan dibagian tengah dan berbentuk ekivalen dengan bentuk selnya.5 – 1. Organel ini memiliki membrane ganda yang membentuk lipatan-lipatan yang . vakuola. Ukuran nucleus bergantung pada volume sel. Gambar 3. 1. Komposisinya tersusun atas asam nukleat yang merupaka materi genetik. Selain itu didalam nucleus terdapat DNA yang diorganisikan dengan protein mebentuk kromatin (Campbell. zona amorf dan kromatin nucleolus. 2002). Organel – organel Sel Sel tumbuhan tersusun atas organel-organel sel yang terdapat didalam sel tumbuhan. 2. dan garam-garam mineral(Sumadi dan Marianti. 2007). Didalam nucleus terdapat subtansi yang menyerupai sitoplasma yang disebut dengan nukeoplasma. badan golgi. serta berkaitan dengan perkembangan metabolisme(Sumadi dan Marianti. Nukleus berfungsi untuk mengontrol sintesis protein dalam sitoplasma dengan cara mengirim pesan molekuler yang dalam bentuk RNA. Nukleus Nukleus atau inti sel pertama kali diidentifikasi oleh Robert Brown pada tahun 1931.2001). bulat atau memanjang berdiameter 0. Mitokondria Dalam tumbuhan mitokondria ditemukan dalam bentuk dan ukuran yang beragam. peroksisom. nucleus. Nukleoplasma merupakan subtansi transparan dan semi solid. Organel-organel yang menyusun sel meliputi reticulum endoplasma.0 mikrometer dan panjangnya antara 1-4 mikrometer. Struktur dan bagian nucleus(Farabee. 2. Didalam nukelus terdapat nekleolus atau anak inti yang merupakan butiran asam yang memiliki jumlah tertentu bergantung spesies.5. Berikut ini merupakan penjelasan masing-masing organel : 2. Struktur nucleolus terdiri dari zona granuler. zona fibrilar atau nukleolonema. 2007). dan protein. mitokondria.

mengelilingi suatu ruangan yang disebut lumen yang berbentuk labirin. Protein transmebran yang berda didalam membrane diperuntukkan bagi membrane organel yang lain. Struktur dalam mitokondria(Avonapbio. Gambar 4. Retikulum Endoplasma Retikulum endoplasma merupakan lembaran-lembaran yang berlipat-lipat. Cristae mengandung hampir semua enzim yang berperan dalam memacu system pengangkutan electron yang dihasilkan oleh reaksi dari siklus Krebs.disebut dengan cristae yang berbeda dengan khloroplas. serta tertutup membentuk lumen yang memisahkan dengan lingkungan sitoplasma. Membran Retikulum endoplasma bersifat kontinyu dan tidak terputus.5. melainkan menembus membrane retikulum endoplasma . 2012). Retikulum endoplasma terbagi menjadi dua bentuk yaitu retikulum endoplasma kasar dan retikulum endoplasma halus. . Reaksi-reaksi itu berlangsung pada matriks(Lakitan. Hal ini menyebabkan perpindahan ke arah lateral lebih mudah daripada membrane sel sehingga retikulum endoplasma dikatan lebih dinamis dibandingkan dengan membran sel(Sumadi dan Marianti. 2. yang elongasinya tidak berada di sitosol. Pada membrane retikulum endoplasma memiliki kandungan protein lebih tinggi daripada lipidnya bila dibandingkan dengan membrane sel. 2011). 2007). Hal ini disebut kasar dan halusnya dikarenakan ribosom yang menempel pada retikulum endoplasma. 3. dan protein yang lain dilepas didalam sinterna retikulum endoplasma diperuntukkan bagi organel lainnya atau disekresikan. Butiran – butiran ribosom akan mensistesis rantai polipeptida.

Struktur anatomi Retikulum Endoplasma(micromaghnet. namun berhubungan dengan kompleks membrane di bagian dalamnya. Disela-sela kompleks tersebut berisis morf matriks yang disebut stroma yang setara dengan matriks mitokondria.Gambar 5. Struktur dalam kloroplas(S-cool. Khloroplas memiliki double membrane yaitu membrane dalam dan membrane luar yang dipisahkan oleh ruang antar mebran. 2.2004). Kloroplas Khloroplas merupakan organel yang hanya ditemukan pada sel tumbuhan yang umumnya berkaitan dengan fotosintesis. dan faktor yang menggandeng transport electron pada fosforilasi(Sumadi dan Marianti. Kompleks membrane dalam memiliki bentuk s[erti kantung pipih yang disebut tilakoid. Membran tilakoid berisi enzim-enzim lengkap untuk reaksi terang fotositesis.5. yang dapat ditemukan kholorofil. Membrane dalam tidak membentuk Krista seperti dimiliki oleh mitokondria. pembawa electron. 4. 2007). Organel ini dapat diamati dengan mikroskop cahaya dengan perbesaran paling kuat. Gambar 6. Tumpukan tilakoid disebut dengan ganum. Membrane dalam khloroplas berisi karier khusus untuk mentranspor agen metabolic penting dalam fotosintesis.2013) .

Pada sel daun dewasa. 2000). Oleh sebab itu getah sel berbeda komposisinya dari sitosol. memecah makromolekul. 2000). vakuola berperan sangat penting dalam kehidupan karena mekanisme pertahanan hidupnya bergantung pada kemampuan vakuola menjaga konsentrasi zat-zat terlarut di dalamnya. kecuali pada hewan uniseluler tingkat rendah. memainkan peran utama dalam pertumbuhan tanaman. terjadi karena vakuola kehilangan tekanan turgor pada dinding sel. vakuola mendominasi sebagian besar ruang sel sehingga seringkali sel terlihat sebagai ruang kosong karena sitosol terdesak ke bagian tepi dari sel. dan dengan membesar. Organel ini berfungsi untuk mensistesis protein pada kloroplas dan mitokondria(Lakitan. . Proses pelayuan. Ribosom juga terdapat secara bebas di dalam matriks sitoplasma.2. 2011). dan pertumbuhan(Salysbury dan Ross. 6. tonoplas bersifat selektif dalam menyalurkan bahan terlarutnya. Vakuola ini menyimpan bahan kimiwi.5. Struktur anatomi ribosom(Micromaghnet. 5. Fungsi vakuola termasuk penyimpanan. Ribosom Ribosom banyak kita jumpai melekat pada reticulum endoplasma dan permukaan luar inti sel atau nucleus. Ribosom sering kali membentuk poliribosom atau polisom yang beebentuk rantai-rantai yang diikat antara unit yang satu dengan yang lain oleh m-RNA atau messenger Ribonucleic acid. Seperti semua membran selular. yang disebut getah sel. pembuangan limbah.2005). perlindungan. misalnya. Bagi tumbuhan. Ribosom yang bebas menghasilkan protein struktural dan enzim yang digunakan untuk metabolisme sel itu sendiri (Clegg and Mackean. Gambar 7.5. 2000). Vakuola Vakuola ditemukan pada semua sel tumbuhan namun tidak dijumpai pada sel hewan dan bakteri. Membran vakuola (tonoplas) memisahkan sitosol dari larutan di dalam vakuola. 2. Dalam vakuola terkumpul pula sebagian besar bahan-bahan berbahaya bagi proses metabolisme dalam sel karena tumbuhan tidak mempunyai sistem ekskresi yang efektif seperti pada hewan(Salisbury.

8. Aparatus golgi terdiri dari setumpuk kantong pipih yang tersusun dari membrane yang serupa dengan membrane sel. peroksisom pada biji tumbuhan berperan penting mengubah cadangan lemak biji menjadi karbohidrat yang digunakan dalam tahap perkecambahan(Salysbury dan Ross.Peroksisom pada sel hati dan ginjal juga mendetoksifikasi berbagai molekul beracun yang memasuki darah. 7. Aparatus golgi terlibat dalam beberapa kegiatan sel antara lain adalah perakitan protein dan lipid berkarbohidrat tinggi atau glikolisis. Struktur anatomi peroksisom(Mela. Peroksisom Peroksisom berukuran mirip dengan lisosom dan dapat ditemukan dalam semua sel eukariota. Hidrogen peroksida merupakan bahan kimia beracun. Organel ini berasosiasi dengan reticulum endoplasma kasar. perbaikan membrane sel dan sekresi(Sumadi dan Marianti. namun di dalam peroksisom senyawa ini digunakan untuk reaksi oksidasi lain atau diuraikan menjadi air dan oksigen. Gambar 8. .5. 2000). Sementara itu. 2007).5. bukan menyatu utuh tetapi terpisah oleh jarak yang sempit. misalnya alkohol. dan badan-badan kecil berbentuk bola yang terletak didekat nucleus. Salah satu tugas peroksisom adalah mengoksidasi asam lemak panjang menjadi lebih pendek yang kemudian dibawa ke mitokondria untuk oksidasi sempurna. 2012). Jadi diktiosom dengam pengamatan menggunakan mikrograf electron akan tampak seperti anyamananyaman benang hitam. Badan Golgi Pada Tumbuhan apparatus golgi oleh para ahli biologi sering disebut dengan diktiosom yang berasal dari kata dicty artinya jala dan soma adalah badan.Organel ini dinamai demikian karena biasanya mengandung satu atau lebih enzim yang terlibat dalam reaksi oksidasi menghasilkan hidrogen peroksida atau H2O2.2. 2.

.2006).Gambar 9. Struktur anatomi apparatus golgi(Micromaghnet.

dan khloroplas. . vakuola. mitokondria.BAB III KESIMPULAN Sel merupakan unit terkecil dari makhluk hidup. peroksisom. Sel tumbuhan memiliki dinding sel yang berfungsi sebagai pencegah terjadinya dehidrasi. nucleus. badan golgi. ribosom. Organel-organel yang menyusun sel meliputi reticulum endoplasma. yang berarti sel mampu atau dapat hidup tanpa kehadiran sel yang lain. Selain itu sel memiliki membran sel yang merupakan lapisan yang melindungi inti sel dan sitoplasma sel dan membungkus organel-organel sel lainnya yang berperan sebagai alat transportasi bagi sel dimana tempat keluar masuknya zat-zat yang dibutuhkan dan tidak dibutuhkan oleh sel. Sel dilindungi oleh membrane sel yang bersifat semipermabel.

Lakitan.co. http://mederigamamv. Diakses 18 February 2013.com/p/characteristics-ofplant-cells-and. John Murray Publisher Ltd.html. Biology Fifth Edition.edu/cells/ribosomes/ribosomes. Diakses 16 Februari 2013.ipbworks.pbworks.html. Mitochondria: The power House of a Cell http://avonapbio.html. Rajawali Grafindo Persada. Micromaghnet. http://micro. http://ridge.html. S-cool. http://mederigamamv.blogspot. com/w/page /1214578 5 /Membranes.s-cool. The Golgi Aparatus. 2010.magnet. Micromaghnet. Bacterialphylogeny. New York. The Endoplasmic Reticulum. http://micro.jp/biobk/BioBookCELL2. 2011. et al.DAFTAR PUSTAKA Albert. Child. Advanced Biology: Principles and Applications 2nd Edition. J. C. . Diakses 18 February 2013. Diakses 18 February 2013. Penerbit Erlangga. Campbell. The Origin of the Eukaryotic Cell.wordpress. 1994. 2013. Benyamin.com/w/page/9429473/Mitochondria%3A%20The%20Powerh ouse%20of%20a%20Cell. Diakses 18 February 2013.J. 2012.uk/a-level/biology/cells-and-organelles/reviseit/organelles.magnet. and D.fsu.bacterialphylogeny.icu.html. M. and Gwen V.edu/cells/golgi/golgiapparatus. Organelles. Membrane. 2000. http://www. London. Avonapbio. 2005. Cell II : Cellular Organization. http://www. Diakses 17 Februari 2013. Molecular Biology of The Cell. G. Farabee.com/page/2/. 2001. Clegg.fsu. 2009. Jimmy.html.ac.blogspot. Garland Publishing. http://fhs-bio-wik. Mackean. Diakses 18 Februari 2013. 2012. Diakses 15 Februari 2013. Peroksisom. Mederi. http://melajr. Ribosomes. 2004. Jakarta.com/eukaryotes. 2007. Jakarta. Dasar-Dasar Fisiologi Tumbuhan.com/p/characteristics-of-plant-cells-and. Diakses 17 Februari 2013. Diakses 18 Februari 2013. Mela. Micromaghnet. 2006. Cell of Life Beings. 2003.

. Ross. Berg. USA. 1993. 2007. Elsevier: New York. E.Sackman. Erick. Fisiologi Tumbuhan. 2000. Salisbury. Reinhard lipowsky. and Claude Ville.. Biologi Sel. Solomon.W. Structure and dynamics of membrans. Sumadi dan Aditya Marianti. Yogyakarta. Diana W.B dan C. F. Biology Third Edition. Graha Ilmu. Linda R.P. 2001. Martin. Bandung. ITB Bandung . Saunders College Publisher.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful