JENIS-JENIS PARAGRAF

1. Paragraf Berdasarkan Letak Kalimat Utamanya 2. Paragraf Berdasarkan Tujuannya 3. Paragraf Berdasarkan Fungsinya

Drs. Gigit Mujianto, M.Si.

1

Si. Paragraf deduktif. Paragraf induktif.Paragraf Berdasarkan Letak Kalimat Utamanya 1. yaitu alur pikir yang bermula dari sesuatu yang bersifat umum menuju kepada halhal yang bersifat khusus atau spesifik. 2. menempatkan kalimat utama di akhir paragraf sebagai hasil penyimpulan dari sesuatu yang bersifat khusus dalam penyampaian sebelumnya. M. Drs. 2 . Gigit Mujianto. menempatkan kalimat utama di awal paragraf dengan mengikuti alur pikir deduktif.

Paragraf deskriptif. bertujuan memberikan paparan berupa penyampaian suatu informasi dan perumusan suatu pengertian atau definisi. Jadi. 3.Si. Drs. M. 3 . Paragraf naratif.Paragraf Berdasarkan Tujuannya 1. Dalam konteks karya tulis ilmiah. semata-mata menyampaikan atau memaparkan informasi. paragraf deskripsi digunakan untuk membuat pemerian atau pendeskripsian data atau fakta. selain menampilkan sosok orang atau tokoh yang sedang diceritakan. Paragraf ekspositoris. bertujuan menceritakan sesuatu dengan demensi waktu sebagai penentu pokoknya. Gigit Mujianto. 2. bertujuan menggambarkan sesuatu.

Paragraf Berdasarkan Tujuannya 1. M. 2. Persuasi lazimnya diawali dengan argumen-argumen tertentu dan diikuti deskripsi objek yang lengkap dan terperinci. serta kelengkapan data dan fakta. 4 . bertujuan menjelaskan atau menegaskan sesuatu sesuatu. Paragraf persuasif. Paragraf argumentatif. Drs.Si. Penjelasan tersebut lazimnya berupa pendapat yang didukung dengan alasan dan justifikasi yang kuat. bertujuan membujuk dengan membuat orang merasa yakin dengan sesuatu yang hendak dipersuasikan itu. Gigit Mujianto.

Si. berfungsi mengawali atau memulai sebuah tulisan. Gigit Mujianto. Drs. Paragraf pengantar. maka di dalamnya akan banyak pendeskripsian yang mendalam dari pokok persoalan yang telah disampaikan dalam paragraf pengantar. Paragraf isi. Apabila paragraf isi tersebut merupakan deskripsi. M. 5 . 2.Paragraf Berdasarkan Fungsinya 1. memerikan. berfungsi menguraikan. Paragraf pengantar itu lazimnya digunkan untuk menunjukkan pokok-pokok persoalan yang mendasari masalah yang hendak ditulis dan latar belakang pentingnya masalah ditulis. gagasan pokok karangan. memaparkan.

Paragraf penutup.Paragraf Berdasarkan Fungsinya 3. berfungsi menutup. Dalam konteks karya tulis ilmiah. Gigit Mujianto. mengakhiri. penyimpulan itu lazimnya diteruskan dengan memberi saran bagi pembaca yang akan melakukan penelitian lanjutan. M. atau menyimpulkan tulisan. Drs. 6 .Si.