Karya Ilmiah

“KUPAS TUNTAS TENTANG KANKER”

Oleh : Nadhira Shafa Ghassani

Daftar Isi
Kata Pengantar .................................................................................................. 3 BAB I Pendahuluan ........................................................................................... 4 Latar Belakang ................................................................................................ 4 Rumusan masalah .......................................................................................... 4 Tujuan penelitian ............................................................................................. 4 Metode penulisan ............................................................................................ 4 Bab II Pembahasan ............................................................................................ 5 Macam-macam Kanker ................................................................................... 5 Kanker Kulit .................................................................................................. 5 Kanker Mulut ................................................................................................ 6 Kanker Tenggorokan .................................................................................... 7 Kanker Paru-paru ......................................................................................... 8 Kanker Payudara .......................................................................................... 9 Kanker Rahim ............................................................................................. 15 Kanker Otak ............................................................................................... 18 Kanker Lainnya........................................................................................... 21 Bab III Penutupan ............................................................................................ 23 Kritik dan Saran .......................................................................................... 23 Daftar Pustaka ................................................................................................. 24

2

Shalawat tercurah kepada Nabi besar Nabi Muhammad saw.KATA PENGANTAR Assalamu’alaikum Wr. Dengan mengupas tuntas semua penyakit ini maka siapa pun yang membaca ini dapat menambah wawasan dan mengetahui tentang Kanker. Allah swt. dan terima kasih Wassalamu’alaikum Wr.Wb 3 . Demikian. Karya Ilmiah ini membahas tentang kanker yang didapat dari berbagai sumber. meski tanpa gambar Insya Allah karya ilmiah ini dapat menambah wawasan. Karya ilmiah yang dibuat ini. membahas tentang penyakit Kanker yang terkenal pada dunia medis. Meski tidak terlalu lengkap.Wb Puji syukur selalu terpanjat kan kepada Tuhan yang maha esa. karena saya masih pelajar dan saya belum menjadi Dokter spesialis Kanker.

gejala dan cara pencegahannya? Mungkin kita sering mendengar kata “kanker” namun kita belum tentu mengetahui apa itu kanker. TUJUAN Dengan penjelasan dalam penelitian ini. 4 . Perubahan atau mutasi gen yang menyebabkan terjadinya hiperekspresi onkogen atau kurang/hilangnya fungsi gen tumor suppresor menyebabkan sel tumbuh dan berkembang tak terkendali. masyarakat akan mengetahui apa saja macam-macam kanker. gejala bahkan obatnya. D. Yang terlintas dipikiran kita tentang kanker adalah penyakit mematikan. penelitian langsung. buku. Oleh karena itu mari kita uraikan pengertian kanker itu. LATAR BELAKANG Banyak orang yang mengetahui kanker namun tak mengetahui bahaya dan gejala dari penyakit mematikan tersebut. wawancara dan browsing internet. Metode penulisan Siswi mencari pengetahuan dari berbagai sumber misalnya. Kanker memiliki potensi untuk menyerang dan merusak jaringan yang berdekatan dan menimbulkan metastasis.BAB I PENDAHULUAN A. RUMUSAN MASALAH Bagaimana masyarakat dapat mengetahui tentang kanker. Kanker adalah nama lain dari Tumor ganas. B. Sebuah sel normal dapat menjadi sel kanker apabila terjadi ketidak seimbangan antara fungsi onkogen dengan gen tumor suppresor dalam proses tumbuh dan kembangnya sebuah sel. Apa itu Kanker? Kanker adalah suatu istilah penyakit yang digunakan diamana adanya pembelahan sel yang abnormal tanpa kontrol dan dapat menyebar ke jaringan sekitarnya. Sel kanker dapat menyebar ke bagian lain di tubuh lewat aliran darah dan sistem limfatik. Perubahan ini berjalan dalam beberapa tahap atau yang dikenal dengan proses multistep carcinogenesis. C.

Dalam hal ini yang terbaik. antara lain: 1. Hindari segala bedak dan handbody lotion yang terbuat dari zat kimia.BAB II PEMBAHASAN A. Kanker kulit biasanya tumbuh di epidermis (lapisan paling luar kulit). paru-paru. Kanker kulit paling umum terjadi pada lapisan sel skuamosa. perubahan warna kulit bercakbercak. ginjal dan batang otak pada manusia. 2. 5 . minumlah 2 gelas sehari. riwayat keluarga (turunan) 5. timbul rasa sakit pada daerah tertentu. adanya bintik-bintik yang berubah warna dan ukuran 4. Terapi hendaknya melakukan: 1. radiasi ionisasi. ini disebabkan karena kulit jarang dapat mencapai organ-organ vital seperti jantung. 4. sering mengalami infeksi yang tidak kunjung sembuh 3. adanya benjolan pada kulit yang menyerupai kutil (mengeras seperti tanduk) 2. tetapi ada beberapa faktor yang mempengaruhi terjadinya kanker kulit. bahan kimia yang bersifat karsinogen pada kulit 3. Penyebab kanker kulit belum dapat diketahui secara pasti. basal dan melanosit. kanker kulit juga merupakan kanker yang paling sedikit resiko kematiannya pada penderita. sehingga tumor (benjolan) dapat terlihat dari luar. sehingga kanker kulit merupakan jenis kanker yang paling mudah ditemukan gejalanya pada stadium awal. Penyebab kanker kulit berbeda-beda dan tingkat keganasan kanker pun berbeda-beda. terenak dan termurah adalah kolak waluh (labu parang) tanpa santan. Minumlah suplemen yang mampu membersihkan kotoran yang melekat di dinding usus (colon cleanshing). Hindari terkena sinar matahari secara langsung diatas jam 9 pagi. 3. paparan sinar matahari yang berlebihan 2. Hindari mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung zatzat kimia termasuk gula pasir dan air mineral. kulit kurang pigmen seperti albino dan tipe kulit putih halus dengan rambut pirang dan mata biru lebih tidak tahan pada sinar matahari 4. Yang perlu diingat dalam mengonsumsinya harus ditambah air jeruk nipis. Gejala kanker Kulit : 1. MACAM-MACAM KANKER Kanker Kulit Kanker kulit adalah pertumbuhan sel-sel pada kulit pada taraf abnormal.

Balurkan bedak ini ke kankernya. biasanya perjalanan melalui sistem limfatik. 30 menit sehari. bukan kanker paruparu. dll. ketela pohon tahunan yang beracun. Tujuannya adalah agar ada injeksi oksigen ke dalam juss. Sebagai contoh. tumor baru mempunyai jenis yang sama sel-sel abnormal sebagai tumor primer. buah anggur. jangan dibiarkan lam karena oksigennya bisa menguap lagi. Faktor-faktor risiko tertentu yang menyebabkan kanker mulut antara lain : 1. Sel-sel kanker sering muncul pertama pada kelenjar getah bening terdekat di leher. dll. jika kanker mulut menyebar ke paru-paru. Ketika ini terjadi. Karena itu harus langsung diminum habis. temu putih . sebaiknya di blender selama 20 menit. Ketika kanker menyebar oral. daun sukun. dan bagian lain dari tubuh. 2. Untuk pembuatan juss. minumlah 2 gelas sehari. 6. Buatkanlah rebusan herbal yang lebih keras dari pada di atas. 9. dan bibir. seperti juss dari buah tomat sayur. Kanker mulut Kanker mulut atau Oral Cancer adalah sejenis kanker yang tumbuh di sekitar mulut. Hampir semua kanker mulut dimulai dalam sel datar (sel skuamosa) yang menutupi permukaan mulut.Dokter kadang-kadang menyebut tumor baru "jauh" atau penyakit metastasis. daun benalu teh. Kanker sel-sel yang memasuki sistem limfatik yang terbawa oleh getah bening.5 kali sehari. Buatkanlah rebusan herbal yang banyak mengandung zat-zat anti oksidan. dan taoge kacang hijau. Buatlah suplemen yang banyak mengandung zat-zat anti oksidan. daun tapak dara. 8. Penyakit ini metastasis kanker mulut. Herbal ini antara lain daun benalu mangga. paru-paru. 4. Kanker ini disebut karsinoma sel skuamosa. Sel kanker juga dapat menyebar ke bagian lain dari leher. buah wortel. Minumlah 2 gelas sehari. Minumlah 2 gelas sehari.5. Buatkanlah bedak dari keladi tikus. jintan hitam. Kanker mulut dapat berkembang dalam setiap bagian dari rongga mulut atau orofaring. 3. Bisa menggunakan mahkota dewa. lidah. Lakukanlah senam ayun tangan. daun mahkota dewa. jelas berair. 7. 4 . Rokok/Tembakau Minuman beralkohol Terkena sinar matahari Riwayat kanker kepala dan leher 6 . cairan. Kebanyakan kanker mulut dimulai di lidah dan di dasar mulut. pace. jangan berhenti. sel-sel kanker di paru-paru sebenarnya sel-sel kanker mulut.

dan bahkan berbicara. pembengkakan pada mulut perdarahan yang tidak jelas sebabnya timbulnya rasa nyeri di bagian yang ditumbuhi sel kanker suara jadi serak berkepanjangan mengalami kesulitan untuk mengunyah. 9.5. 5. Sulit atau nyeri saat menelan 15. 11. 7. 10. merah atau gelap di dalam mulut. 3. Rasa kebal di sekitar wajah dan mulut dan leher. 3. 4. Gigi-gigi yang goyang tanpa penyebab yang jelas 12. 2. leher. Adanya luka atau sakit pada wajah. 2. 6. Nyeri pada bibir atau mulut 13. 5. Selalu sikat dan flossing secara teratur Jangan merokok atau mengunyah produk tembakau Hindari minum minuman beralkohol Batasi ekspos terhadap sinar matahari Berolahraga secara teratur Makan makanan anti kanker Kurangi mengolah makanan dengan menggoreng Periksa gigi Melakukan pemeriksaan sendiri Kanker Tenggorokan 7 . kekurangan makan buah-buahan serta sayuran dapat meningkatkan kemungkinan terkena kanker mulut. Nyeri pada telinga Pengobatan kanker mulut: 1. 6. 8. Benjolan di leher 17. 4. 3. Sulit memakai gigi palsu 16. 5. 9. Sering mengalami sariawan pada mulut 8. menelan. serta ulcus atau sariawan dalam mulut yg tidak hilang dalam waktu 2 minggu. Kehilangan gigi 14. Bercak putih. 4. 2. Lidah dan gusi yang tidak kunjung sembuh sampai jangka waktu yang cukup lama. 7. Gejala kanker mulut: 1. Operasi Terapi Photodynamic (PDT) Radioterapi Kemoterapi Obat-obatan Pencegahan: 1.

kesulitan menelan makanan padat 5. kebiasaan menelan makanan atau minuman panas. 3. namun beberapa hal dibawah ini diduga kuat sebagai penyebab serta pemicu munculnya penyakit kanker tenggorokan. Terapi radiasi Pembedahan Kemoterapi Terapi obat yang ditargetkan Kanker Paru-paru Kanker paru-paru adalah pertumbuhan sel kanker yang tidak terkendali dalam jaringan paru. Jenis kanker ini biasanya akan mempengaruhi pada faring atau laring. banyak dan berbau. telinga terasa penuh seperti terisi air. Kanker tenggorokan adalah kanker ke-enam yang paling umum dilaporkan di seluruh dunia dan satu dengan rasio kematian yang tinggi di antara semua keganasan. Gejala kanker tenggorokan: 1. Sebagai respon dari luka selular. Batuk terus menerus suara serak dan parau benjolan atau bintil di leher keluhan pada telinga. kebiasaan merokok dan minum alkohol 2. 8 . 8. 3. hidung terasa buntu. Penyebab kanker tenggorokan Belum diketahui secara pasti apa penyebabnya. berkurangnya pendengaran. 4. penglihatan terasa dobel hingga buta Kulit di daerah pipi dan hidung kurang sensitif terhadap rasa sentuhan nyeri kepala atau pusing. pada umumnya melibatkan berbagai sel skuamosa. berdengung. antara lain: 1. Sepertinya sel mukosal bronkial mengalami perubahan metaplastik sebagai respon terhadap paparan kronis dari partikel yang terhirup dan melukai paru. 6.Kanker tenggorokan adalah salah satu dari sekian banyak kanker kepala dan leher. Pengobatan : 1. 2. proses reaksi dan radang akan berevolusi. gemrebeg dan kadang nyeri pada telinga keluhan pada hidung semisal dijumpai pilek yang tidak sembuhsembuh. 4. Patogenesis kanker paru belum benar-benar dipahami. 9. 7. kegiatan oral seks yang tidak aman dan tidak bersih 3. 2.

hanya diperkirakan kurang lebih antara 10 hingga 20 tahun.kadang melebihi dari tempat ditemukannya tumor dan membuang semua kelenjar getah bening yang terkena kanker. Kaum pria juga dapat terserang kanker payudara. Salah satu penyebab kanker paru-paru adalah merokok. Suara serak/parau. 2. Pengobatan yang paling lazim adalah dengan pembedahan dan jika perlu dilanjutkan dengan kemoterapi maupun radiasi. Kelelahan kronis Kehilangan selara makan atau turunnya berat badan tanpa sebab yang jelas. walaupun kemungkinannya lebih kecil dari 1 di antara 1000. Pembengkakan di wajah atau leher. Sakit kepala. berubah warna dan makin banyak. yang disertai dengan atipia selular dan peningkatan aktivitas mitotik yang berkembang menjadi displasia mukosal. Sepertinya aktivitas metaplastik terjadi akibat pergantian lapisan epitelium kolumnar dengan epitelium skuamus. 7. nyeri atau retak tulang dengan sebab yang tidak jelas. Gejala kanker paru paru : 1.Sel basal mukosal akan mengalami proliferasi dan terdiferensiasi menjadi sel goblet yang mensekresi mukus.    Radioterapi atau radiasi dengan sinar-X berintensitas tinggi untuk membunuh sel kanker. semakin lama akan semakin besar. Kemoterapi Meminum obat oral dengan efek samping tertentu yang bertujuan untuk memperpanjang harapan hidup penderita Kanker payudara Kanker pada jaringan payudara. Rentang waktu proses ini belum dapat dipastikan. 3. Napas sesak dan pendek-pendek. Dahak berdarah. Ini adalah jenis kanker paling umum yang diderita kaum wanita. Pembedahan dengan membuang satu bagain dari paru . 5. Benjolan itu mula-mula kecil. Gejala klinis kanker payudara dapat berupa: 1. 6. Benjolan pada payudara Umumnya berupa benjolan yang tidak nyeri pada payudara. 4. lalu melekat pada 9 . Batuk yang terus menerus atau menjadi hebat. 8. Cara yang dapat dilakukan untuk mengobati kanker paru-paru 1.

mengkerut. Keluarnya cairan (Nipple discharge) Nipple discharge adalah keluarnya cairan dari puting susu secara spontan dan tidak normal. Cairan yang keluar disebut normal apabila terjadi pada wanita yang hamil. terdapat nodul supraklavikula. berlangsung terus menerus. bengkak (edema) pada lengan. kulit terfiksasi pada dinding toraks. 10 . hanya pada satu payudara (unilateral). serta terdapat dua dari tanda-tanda locally advanced. atau timbul borok (ulkus) pada payudara. dan mudah berdarah. adanya edema lengan. yaitu ulserasi kulit. atau bila sudah muncul metastase ke tulang-tulang. kanker payudara jenis mastitis karsinimatosa. adanya nodul satelit pada kulit payudara. Ciri-ciri lainnya antara lain:    Pendarahan pada puting susu. Rasa sakit atau nyeri pada umumnya baru timbul apabila tumor sudah besar. keluar sendiri tanpa harus memijit puting susu. Kanker payudara lanjut sangat mudah dikenali dengan mengetahui kriteria operbilitas Heagensen sebagai berikut:         terdapat edema luas pada kulit payudara (lebih 1/3 luas kulit payudara). dan cairan selain air susu. sudah timbul borok. 2. sering berbau busuk. edema kulit.5 cm. Kemudian timbul pembesaran kelenjar getah bening di ketiak. berwarna merah muda atau kecoklat-coklatan sampai menjadi oedema hingga kulit kelihatan seperti kulit jeruk (peau d'orange). menyusui dan pemakai pil kontrasepsi.kulit atau menimbulkan perubahan pada kulit payudara atau pada puting susu. 3. terdapat model parasternal. dan kelenjar getah bening aksila melekat satu sama lain. 1990). Erosi atau eksema puting susu Kulit atau puting susu tadi menjadi tertarik ke dalam (retraksi). kelenjar getah bening aksila berdiameter lebih 2. dan penyebaran kanker ke seluruh tubuh (Handoyo. Seorang wanita harus waspada apabila dari puting susu keluar cairan berdarah cairan encer dengan warna merah atau coklat. adanya metastase jauh. Borok itu semakin lama akan semakin besar dan mendalam sehingga dapat menghancurkan seluruh payudara.

menopause pada umur lebih tua. Pada hiperplasis dan papiloma. Dari 11 . risiko meningkat hingga 5 kali. Radiasi: Eksposur dengan radiasi ionisasi selama atau sesudah pubertas meningkatkan terjadinya risiko kanker payudara. 6. Sedangkan pada hiperplasia atipik. Risiko utama kanker payudara adalah bertambahnya umur. risiko sedikit meningkat 1.Faktor-faktor penyebab Menurut Moningkey dan Kodim. penyebab spesifik kanker payudara masih belum diketahui. dan fibrosis. tidak ada peningkatan risiko terjadinya kanker payudara. 4. 3. Variasi terhadap kekerapan kanker ini di negaranegara Barat dan bukan Barat serta perubahan kekerapan sesudah migrasi menunjukkan bahwa terdapat pengaruh diet terhadap terjadinya keganasan ini. Penyakit fibrokistik: Pada wanita dengan adenosis. Penggunaan hormon: Hormon estrogen berhubungan dengan terjadinya kanker payudara. melakukan studi prospektif selama 8 tahun tentang konsumsi lemak dan serat dalam hubungannya dengan risiko kanker payudara pada wanita umur 34 sampai 59 tahun. Konsumsi lemak: Konsumsi lemak diperkirakan sebagai suatu faktor risiko terjadinya kanker payudara. Willet dkk. fibroadenoma. periode antara terjadinya haid pertama dengan umur saat kehamilan pertama merupakan window of initiation perkembangan kanker payudara. Faktor reproduksi: Karakteristik reproduktif yang berhubungan dengan risiko terjadinya kanker payudara adalah nuliparitas. Suatu metaanalisis menyatakan bahwa walaupun tidak terdapat risiko kanker payudara pada pengguna kontrasepsi oral. Obesitas: Terdapat hubungan yang positif antara berat badan dan bentuk tubuh dengan kanker payudara pada wanita pasca menopause. dan kehamilan pertama pada umur tua.5 sampai 2 kali. Laporan dari Harvard School of Public Health menyatakan bahwa terdapat peningkatan kanker payudara yang signifikan pada para pengguna terapi estrogen replacement. menarche pada umur muda. Sel-sel yang sensitive terhadap rangsangan hormonal mungkin mengalami perubahan degenerasi jinak atau menjadi ganas[15]. tetapi terdapat banyak faktor yang diperkirakan mempunyai pengaruh terhadap terjadinya kanker payudara diantaranya: 1. Secara anatomi dan fungsional. wanita yang menggunakan obat ini untuk waktu yang lama mempunyai risiko tinggi untuk mengalami kanker payudara sebelum menopause. Kurang dari 25% kanker payudara terjadi pada masa sebelum menopause sehingga diperkirakan awal terjadinya tumor terjadi jauh sebelum terjadinya perubahan klinis. Diperkirakan. 5. payudara akan mengalami atrofi dengan bertambahnya umur. 2.

serta benjolan di sekitar ketiak. 1992):  Modified Radical Mastectomy. Apabila terdapat BRCA 1. tetapi bukan kelenjar di ketiak. Faktor genetik yang dimaksud adalah adanya mutasi pada beberapa gen yang berperan penting dalam pembentukan kanker payudara gen yang dimaksud adalah beberapa gen yang bersifat onkogen dan gen yang bersifat mensupresi tumor. yaitu pengangkatan hanya pada jaringan yang mengandung sel kanker. probabilitas untuk terjadi kanker payudara sebesar 60% pada umur 50 tahun dan sebesar 85% pada umur 70 tahun. jaringan payudara di tulang dada. yaitu suatu gen kerentanan terhadap kanker payudara. yaitu operasi pengangkatan seluruh payudara saja. Resiko terbesar usia 75 tahun [16] Faktor Genetik Kanker peyudara dapat terjadi karena adanya beberapa faktor genetik yang diturunkan dari orangtua kepada anaknya. tulang selangka dan tulang iga. yaitu operasi pengangkatan sebagian dari payudara. Biasanya disebut lumpectomy. Gen pensupresi tumor yang berperan penting dalam pembentukan kanker payudara diantaranya adalah gen BRCA1 dan gen BRCA2.  Radical Mastectomy. Terdapat peningkatan risiko keganasan pada wanita yang keluarganya menderita kanker payudara. Mastektomi Mastektomi adalah operasi pengangkatan payudara. 12 . 1994). yaitu operasi pengangkatan seluruh payudara.  Total (Simple) Mastectomy. bukan seluruh payudara. Pada studi genetik ditemukan bahwa kanker payudara berhubungan dengan gen tertentu.beberapa penelitian yang dilakukan disimpulkan bahwa risiko kanker radiasi berhubungan secara linier dengan dosis dan umur saat terjadinya eksposur. Pengobatan kanker Ada beberapa pengobatan kanker payudara yang penerapannya banyak tergantung pada stadium klinik penyakit (Tjindarbumi. 7. Ada 3 jenis mastektomi (Hirshaut & Pressman. yaitu: 1. Faktor Usia sangat berpengaruh -> sekitar 60% kanker payudara terjadi di usia 60 tahun. Riwayat keluarga dan faktor genetik: Riwayat keluarga merupakan komponen yang penting dalam riwayat penderita yang akan dilaksanakan skrining untuk kanker payudara. Operasi ini selalu diikuti dengan pemberian radioterapi.

Biasanya lumpectomy direkomendasikan pada pasien yang besar tumornya kurang dari 2 cm dan letaknya di pinggir payudara. serta oligonukleotida dan proto-onkogen c-myc.[18] CT dapat menginduksi sel kanker payudara untuk memproduksi cAMP dan menghambat perkembangan sel kanker.[20] Respon berupa produksi cAMP yang kuat. dan meningkat seiring inkubasi senyawa penghambat pertumbuhan seperti tamoxifen dan 1. [17] Walaupun pada umumnya asupan asam bifosfonat dapat ditoleransi tubuh. penggunaan dalam jangka panjang dapat menimbulkan efek samping seperti osteonekrosis dan turunnya fungsi ginjal. Efek pengobatan ini tubuh menjadi lemah. Efek dari kemoterapi adalah pasien mengalami mual dan muntah serta rambut rontok karena pengaruh obat-obatan yang diberikan pada saat kemoterapi. tapi juga di seluruh tubuh (Denton. 2.[19] Molekul cAMP tersebut terbentuk dari ekspresi pencerap CT yang terhubung adenylate cyclase oleh paling tidak satu buah guanine nucleotide-binding protein. Kemoterapi Kemoterapi adalah proses pemberian obat-obatan anti kanker atau sitokina dalam bentuk pil cair atau kapsul atau melalui infus yang bertujuan membunuh sel kanker melalui mekanisme kemotaksis. Respon cAMP terhadap CT dapat menurun ketika sel terinkubasi senyawa mitogenik berupa 17beta-estradiol dan EGF. menunjukkan efektivitas untuk menurunkan metastasis sel kanker payudara menuju tulang. hiperplasia dan kanker. Radiasi Penyinaran/radiasi adalah proses penyinaran pada daerah yang terkena kanker dengan menggunakan sinar X dan sinar gamma yang bertujuan membunuh sel kanker yang masih tersisa di payudara setelah operasi (Denton. nafsu makan berkurang. melalui mekanisme adrenomedulin. 4. Lintasan metabolisme Asam bifosfonat merupakan senyawa penghambat aktivitas osteoklas dan resorpsi tulang yang sering digunakan untuk melawan osteoporosis yang diinduksi oleh ovarian suppression. Tidak hanya sel kanker pada payudara. 1996). tidak ditemukan pada senyawa selain CT.25(OH)2D3. 1996). Namun penggunaan tamoxifen meningkatkan risiko terjadi polip endometrial. warna kulit di sekitar payudara menjadi hitam. Senyawa efektor adenylate cyclase seperti forskolin 13 . serta Hb dan leukosit cenderung menurun sebagai akibat dari radiasi. 3. hiperkalsemia dan kelainan metabolisme tulang.

Pencagahan primer ini juga bisa berupa pemeriksaan SADARI (pemeriksaan payudara sendiri) yang dilakukan secara rutin sehingga bisa memperkecil faktor risiko terkena kanker payudara. Karena itu.[21] dan menghambat ekspresi mRNA uPA yang diperlukan sel MDA-MB-231 untuk invasi dan metastasis. Pada sel MDA-MB-231. pada pejamu.[22] Walaupun demikian kalsitonin tidak mempunyai efek yang signifan untuk menghambat proliferasi sel MCF-7. Pencegahan sekunder dilakukan dengan melakukan deteksi dini. tetapi keterpaparan terus-menerus pada mammografi pada wanita yang sehat merupakan salah satu faktor risiko terjadinya kanker payudara. Skrining melalui mammografi diklaim memiliki akurasi 90% dari semua penderita kanker payudara. strategi pencegahan dikelompokkan dalam tiga kelompok besar. Hampir setiap epidemiolog sepakat bahwa pencegahan yang paling efektif bagi kejadian penyakit tidak menular adalah promosi kesehatan dan deteksi dini. yaitu pencegahan pada lingkungan. Setiap wanita yang normal dan memiliki siklus haid normal merupakan populasi at risk dari kanker payudara. Apoptosis sel MDA-MB231 juga diinduksi oleh asam lipoat yang menghambat fosforilasi Akt dan mRNA AKT. CT akan menginduksi fosforilasi c-Raf pada serina posisi ke 259 melalui lintasan protein kinase A dan menyebabkan terhambatnya fosforilasi ERK1/2 yang diperlukan bagi kelangsungan hidup sel MDA-MB-231.[23] serta meningkatkan aktivitas kaspase-3. MMP-9 dan MMP-2. pencegahan yang dilakukan antara lain berupa: Pencegahan primer Pencegahan primer pada kanker payudara merupakan salah satu bentuk promosi kesehatan karena dilakukan pada orang yang "sehat" melalui upaya menghindarkan diri dari keterpaparan pada berbagai faktor risiko dan melaksanakan pola hidup sehat. Begitu pula pada kanker payudara.[25] Pencegahan sekunder Pencegahan sekunder dilakukan terhadap individu yang memiliki risiko untuk terkena kanker payudara. dan milestone.[24] Strategi pencegahan Pada prinsipnya. aktivitas Bcl-2 dan protein Bax.dan senyawa beta-adrenergic receptor agonist seperti isoproterenol hanya menghasilkan sedikit produksi cAMP. skrining dengan mammografi tetap dapat dilaksanakan dengan beberapa pertimbangan antara lain: 14 . Beberapa metode deteksi dini terus mengalami perkembangan.

Kedua jenis tersebut didiagnosis dan diobati dengan cara yang sama. Apa Yang Menyebabkan Kanker Serviks? Sebuah tumor kanker dimulai dari satu sel.   Wanita yang sudah mencapai usia 40 tahun dianjurkan melakukan cancer risk assessement survey. Kanker Rahim Ada dua jenis utama kanker serviks:   Sel kanker serviks skuamosa adalah yang paling umum. bila dikombinasikan dengan mammografi maka sensitivitas mendeteksi secara dini menjadi 75% Pencegahan tertier Pencegahan tertier biasanya diarahkan pada individu yang telah positif menderita kanker payudara. Hal ini membuat sel yang sangat abnormal dan jumlahnya tidak terkendali. Tindakan pengobatan dapat berupa operasi walaupun tidak berpengaruh banyak terhadap ketahanan hidup penderita. Penanganan yang tepat penderita kanker payudara sesuai dengan stadiumnya akan dapat mengurangi kecatatan dan memperpanjang harapan hidup penderita. Ini berkembang dari sebuah sel kulit seperti (sel skuamosa) yang menutupi leher rahim yang menjadi kanker.) 15 . pengobatan yang diberikan hanya berupa simptomatik dan dianjurkan untuk mencari pengobatan alternatif. Adenokarsinoma kanker serviks kurang umum. Wanita normal mendapat rujukan mammografi setiap 2 tahun sampai mencapai usia 50 tahun. (Lihat brosur terpisah yang disebut Apa Penyebab Kanker untuk lebih jelasnya. Pada stadium tertentu. Pencegahan tertier ini penting untuk meningkatkan kualitas hidup penderita serta mencegah komplikasi penyakit dan meneruskan pengobatan. Ini berkembang dari sebuah sel kelenjar (sel yang membuat lendir) di dalam saluran leher rahim yang menjadi kanker. Diperkirakan bahwa sesuatu kerusakan atau mengubah gen tertentu dalam sel. Bila kanker telah jauh bermetastasis. dilakukan tindakan kemoterapi dengan sitostatika. Pada wanita dengan faktor risiko mendapat rujukan untuk dilakukan mammografi setiap tahun. Walaupun sensitivitas SADARI untuk mendeteksi kanker payudara hanya 26%. Foster dan Constanta menemukan bahwa kematian oleh kanker payudara lebih sedikit pada wanita yang melakukan pemeriksaan SADARI (Pemeriksaan Payudara Sendiri) dibandingkan yang tidak.

Dalam kebanyakan kasus. Sekitar 950 wanita di Inggris meninggal karena kanker ini setiap tahun. Dyskaryosis Serviks berarti bahwa beberapa sel leher rahim tidak normal. Selama pengujian berlangsung beberapa sel yang diambil dari permukaan serviks. Ini kadang-kadang disebut CIN 1. serviks dyskaryosis digolongkan sebagai: Dyskaryosis ringan.Dalam kasus kanker serviks. tetapi tidak bersifat kanker. Namun. sering tahun kemudian. CIN singkatan neoplasia intraepitel serviks. Ini terjadi ketika sel-sel yang sangat abnormal. namun masih belum bersifat kanker. Hal ini jarang terjadi pada wanita berusia di bawah 25 tahun. dalam beberapa kasus. Dalam banyak kasus (dyskaryotic) yang abnormal sel tidak berkembang menjadi kanker. Dalam beberapa kasus. Sel-sel yang abnormal kadang-kadang disebut sel pra kanker atau sel displastik. Sel-sel ini dikirim ke laboratorium untuk dilihat di bawah mikroskop. Namun. Serviks dyskaryosis bukan kanker serviks. Abnormal (dyskaryotic) sel terlihat pada beberapa kasus. 16 . Siapa Yang Dapat Menderita Kanker Serviks? Kebanyakan kasus berkembang pada wanita berusia 30-an atau 40-an. Apa Itu Tes Skrining Serviks? Wanita di Inggris yang ditawarkan tes reguler skrining serviks. Ini terjadi ketika ada perubahan sel hanya sedikit. Dyskaryosis parah(atau CIN 3). Pra-kanker awal kelainan sel leher rahim biasanya disebabkan oleh infeksi sebelumnya dengan human papillomavirus (HPV). Dyskaryosis sedang(atau CIN 2). sel-sel abnormal yang hadir selama bertahun-tahun sebelum salah satu sel yang abnormal menjadi kanker dan mulai berkembang biak tak terkendali menjadi tumor kanker. mereka kembali ke normal. Beberapa kasus berkembang pada wanita yang lebih tua dan lebih muda. jumlah kasus didiagnosis setiap tahun telah jatuh beberapa tahun terakhir. sel-sel abnormal berubah menjadi kanker. kanker berkembang dari sel yang sudah tidak normal – lihat di atas. Tergantung pada derajat abnormalitas dari sel. Dalam tes yang paling sel-sel terlihat normal. Kanker serviks merupakan jenis yang paling umum kedua belas dari kanker pada wanita di Inggris. Hal ini karena kanker serviks dapat dicegah dengan rutin tes skrining serviks.

paru-paru dan leher rahim. perlu diketahui pada vagina terdapat kuman yang disebut Basillus Doderlain. Oleh karena dianjur untuk memperbanyak makan sayuran dan mengkonsumsi vitamin C. Dan apabila badan rahim/endometrium terpapar oleh hormon ini maka kemungkinan terjadi perubahan yang sangat cepat menjadi kanker. Katanya. Padahal dengan kebiasaan seperti itu dapat menimbulkan kanker.Beberapa kebiasan-kebiasan yang tanpa kita sadari dapat memicu terjadinya kanker rahim: 1. Kebiasaan seperti ini dianggap sesuatu yang wajar saja. Dan biasanya terjadi pada tenggorokan. Mengkosumsi Makanan Rendah Lemak Apabila kita terlalu banyak konsumsi jenis makanan yang berlemak maka estrogen pun semakin banyak. berguna membasmi kuman pada vagina. penghasil asam laktat yang memang fungsinya menjaga kelembaban vagina. Padahal antiseptik yang digunakan mengandung bahan kimia yang berbahaya yang dapat menimbulkan iritasi pada leher rahim 5. Apabila nikotin yang diserap oleh tenggorakan terlalu banyak maka akibatnya semakin besar kemungkinan tiga organ itu terkontaminasi. karena lemak yang potensial memproduksi hormon estrogen. Sering Menabur Bedak Pada Vagina Butiran-butiran bedak yang menempel pada vagina dapat menyebabkan timbulnya kanker ovarium. Jika kita kekurang vitamin tersebut tidak menutup kemungkinan kita akan terjangkit kanker rahim. demi menjaga kesegaran pada vagina. 2. 4. material dalam leher rahim. 17 . Hal itu dapat mengakibatkan infeksi dan luka di ovarium. 3. Kebiasaan Merokok Nikotin yang terkandung dalam rokok dapat mempermudah selaput lendir sel-sel tubuh terangsang atau bereaksi. Kurangnya asupan vitamin Vitamin C merupakan vitamin yang dapat memperbaiki dan memperkuat mukosa. Pembersih Vagina Pada umumnya wanita sering menggunakan antiseptik untuk membersihkan daerah kewanitaan mereka.

makanan berlemak. pada umumnya berupa makanan dan radiasi. Bahan karsiogenik: minyak goreng yang dipakai berulang-ulang. Faktor-faktor lainnya:    Pola hidup yang kurang sehat: misalnya merokok. kurang serat. berarti peluang Anda terkena kanker otak lebih besar daripada mereka yang keluarganya tidak ada penderita kanker otak. Faktor External Merupakan faktor yang datang dari luar tubuh. Faktor kedua yang dapat memicu terjadinya kanker otak adalah riwayat benturan (jika kepala Anda pernah terbentur).Kanker Otak Penyebab kanker otak Faktor Internal Faktor keturunan / genetik. Obat-obatan tertentu yang diminum secara terusmenerus berpotensi menyebabkan kanker. bahan kimia yang termakan Radiasi: paparan radiasi dalam gelombang tertentu dapat memicu berkembangnya sel kanker   Beberapa gejala kanker otak yang mudah ditemui sebagai berikut:          Mudah mengalami sakit kepala Mudah mual Tubuh lemas Sulit berjalan Sulit mendengar dan melihat Mati rasa di kaki dan tangan Sulit berkonsentrasi Menurunnya daya ingat dan respon Menurunnya daya penciuman 18 . Benturan ini dapat menyebabkan trauma pada jaringan otak. Jika ada sanak saudara yang punya riwayat menderita kanker otak. dsb. sehingga bisa jadi penyebab tumbuhnya jaringan abnormal dalam otak (yang kemudian dapat berkembang menjadi kanker otak).

penyakit anda. Mencegah penyakit Diare. Mencegah penyakit Katarak. 19 . sangat tepat menjadi produk herbal pilihan untuk kesehatan Anda dan keluarga. Mencegah penyakit Kanker. dikenal sebagai produk herbal terbaik yang terbuat dari keajaiban kulit buah manggis dan daun sirsak hasil alam Indonesia untuk kesehatan menyeluruh. dan H2O menghadirkan untuk Anda dalam kombinasi brilian dengan ekstrak daun sirsak yang sangat terkenal dengan khasiatnya mengusir kanker dan berbagai penyakit lainnya. Mencegah penyakit Urat Syaraf. Mencegah penyakit Alzheimer.              Khasiat buah manggis Anti-peradangan (anti-inflamasi). Anti-depresi. Ace Maxs Obat Herbal diolah dengan teknologi terkini dan dikendalikan oleh tangan-tangan terampil dari disiplin ilmu. Buah yang jujur begitulah sebutan lain dari manggis. Ace Maxs merupakan solusi tepat untuk mengatasi penyakit . si ratu eksotik yang terkenal dengan sebutan ratu segala buah (queen of fruits). karena mengandung XANTHONE sebuah kandungan antioksidan super yang terdapat dalam kulit dan daging buah manggis. seperti ilmu gizi.   Lumpuh pada sebagian wajah atau badan Kantuk yang berkepanjangan Berhentinya haid secara tidak normal Obat kanker herbal Obat Kanker Otak Ace Maxs Ace Maxs merupakan produk unggulan dari H2O. Memperkuat sistem kekebalan tubuh. Bermanfaat untuk mengurangi kadar gula dalam darah. Bermanfaat untuk mengatasi penyakit Jantung. Sebagai anti-oksidan. kesehatan dan teknologi makanan-minuman.

para ilmuwan tersebut kemudian mengambil sel penyebab leukemia seperti K562. Mengobati tekanan darah tinggi. penelitian lainnya di Swiss menemukan bahwa xanthone dalam kulit buah Manggis mampu 20 . mangostinone. Mengencangkan kulit. Setelah kulit buah Manggis berada di Jepang. garcinone E. U937 dari Ibaraki.        Mencegah kerapuhan tulang. NB4. Tak berhenti sampai disitu. Menurunkan berat badan. tim peneliti yang terdiri dari Kenji Matsumoto. 7-dihydroxy-3methoxyxanthone. Dan Lain Lain. Dari proses ekstraksi tersebut ternyata menghasilkan enam turunan xanthone yang merupakan senyawa utama yang terkandung dalam buah Manggis. Itu terjadi pada abad ke-16. Hasil Penelitian Tentang Kulit Manggis Laurent Garcin yang berkebangsaan Prancis adalah sang penemu yang pertama kali memberi nama buah Manggis dengan sebutan Garcinia Mangostana. Sampai akhirnya pada tahun 1993. Menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur. Namun. mengekstrak kulit buah Manggis yang sudah kering tersebut dengan benzena. Setelah lumayan terkumpul banyak. yakni a-mangostin yang merupakan salah satu unsur turunan dari xanthone berperan dalam memicu proses apoptosis sel leukemia. dan kepanikan. b-mangostin. Derivasi xanthone tersebut terdiri dari a-mangostin. g-mangostin. Hasilnya cukup mengejutkan. Jepang untuk diteliti. Jepang. senyawa xanthone dari kulit buah Manggis dilarutkan kedalam kultur sel penyebab leukemia tadi. Selanjutnya sel kanker yang menjadi penyebab leukemia tersebut kemudian dikulturkan. Mengurangi tingkat kegelisahan. Mencegah penuaan dini.Lalu. dan beberapa orang lainnya. 2-isoprenyl-1. seseorang berkebangsaan Jepang bernama Munekazu Iiunama berinisiatif untuk mengumpulkan kulit buah Manggis dari berbagai pelosok Nusantara. alkohol 70% dan heksana.Hasil penelitian tersebut seolah telah menjadi pemicu untuk memunculkan hasil-hasil penelitian lainnya tentang kevalidan kulit buah Manggis yang mengandung banyak manfaat. kulit Manggis tersebut kemudian dibawa ke Gifu Pharmaceutical. cemas. Munekazu Iinuma sendiri. Garcin hanya berperan dalam memberikan nama buah yang kini telah diakui memiliki banyak khasiat untuk kesehatan manusia. HL60. aseton. Pasca-penelitian oleh tim Munekazu.

penelitian xanthone berakhir pada kesimpulan bahwa senyawa yang satu ini ampuh untuk penyakit malaria. daun. diadakan dua penelitian lainnya di Taiwan. Sejak berabad-abad silam.mengatasi depresi. Kanker Saluran Pencernaan Gejala Kanker Saluran Pencernaan meliputi : adanya darah dalam kotoran yang ditandai warna merah terang atau hitam. dan adanya penurunan berat badan. salah satunya menumpas penyakit ganas seperti kanker. Pemaparan berikut merupakan hasil penelitian mengenai khasiat dan manfaat acetogenins untuk menumpas berbagai penyakit. yaitu kumpulan senyawa aktif yang berpotensi sebagai sitotoksik yang bermanfaat bagi kesehatan. membedakan dan membunuh sel kanker usus besar dengan 10. Penelitian Health Sciences Institute di ambil berdasarkan kebiasaan hidup suku Indian yang hidup di hutan Amazon. kanker otak. masalah liver (hati) dan rematik. Penelitian tentang manfaat dan khasiat acetogenins juga banyak dilakukan di berbagai negara. Rasa tidak enak terus menerus disekitar wilayah perut. Suatu studi yang dipublikasikan oleh the Journal of Natural Products menyatakan bahwa studi yang dilakukan oleh Catholic University di Korea Selatan. Dimana penelitian yang satu menemukan bahwa xanthone berkhasiat dalam mengatasi depresi. daun sirsak dan bagian pohon sirsak lainnya telah dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional. Graviola atau sirsak diyakini mampu menyembuhkan sakit jantung. asma. lidah dan gusi yang tidak kunjung sembuh sampai jangka waktu yang cukup lama. diabetes. Sampai akhirnya pada medio 1997-2004 penelitian terhadap kulit buah Manggis ini dilakukan di berbagai penjuru dunia dan hasilnya sangat beragam: bermanfaat untuk menyembuhkan tuberkulosis. selama berabad-abad menjadi obat bagi suku Indian. adanya benjolan pada daerah perut. menyebutkan bahwa salah satu unsur kimia yang terkandung di dalam graviola. maupun arthritis dll. daging buah dan bijinya. Kemudian sekitar tahun 1996. dan penelitian lainnya menemukan bahwa xanthone berperan juga sebagai anti-kanker.000 kali lebih kuat dibandingkan dengan adriamycin dan kemotrapi. Kanker Kolon 21 . akar. Kanker Lainnya Kanker Mulut Gejala Kanker Mulut meliputi : Sering mengalami sariawan pada mulut. kanker payudara. rasa sakit setelah makan.  Khasiat Daun Sirsak Daun sirsak merupakan bahan alam yang didalamnya terkandung zat Annonaceous Acetogenins.Di kawasan Oregon Amerika Serikat. mampu memilih. Beberapa bagian dari pohon ini seperti kulit kayu.

ukuran penampungan buah zakar yang membesar dan menebal secara mendadak. timus. dan terasa begitu sakit pada daerah kandung kemih. dan sering mengalami mimisan. rasa sakit yang terus menerus pada daerah pinggang bagian belakang. dan sumsum tulang. mudah terkena infeksi. mudah terluka. rasa sakit pada tulang dan persendian. Limfoma Jenis kanker yang berasal dari jaringan yang membentuk darah. daerah penis dan paha bagian atas. lacteal. kelelahan kronis.Gejala Kanker Indung Telur meliputi : adanya pendarahan pada rectum. Kanker Prostat Gejala Kanker Prostat meliputi : Kencing tidak lancar. misalnya jaringan limfe. limfa. berbagai kelenjar limfe. Kanker Kandung Kemih Gejala Kanker Kandung Kemih Meliputi : Keluar darah pada saat buang air seni. dada membesar atau menjadi lembek. keseringan atau kesulitan untuk buang air kecil. Jenis kanker Limfoma yang lebih spesifik adalah penyakit Hodgkin yaitu Kanker Kelenjar Limfe dan Limfa. Kanker Leukemia (Darah) Gejala Kanker Darah meliputi : muka sering pucat. rasa sakit atau perih pada saat buang air kecil. 22 . Kanker Buah Zakar (Testis) Gejala Kanker Buah Zakar meliputi : adanya benjolan asing pada buah zakar. adanya perubahan buang air besar (diare yang terus menerus atau mungkin sulit untuk buang air besar). ada darah pada kotoran. penurunan berat badan. sakit pada perut bagian bawah.

BAB III PENUTUP Kritik: Saran: 23 .

wikipedia.blogspot.com/2008/10/apa-itu-kanker.html Macam macam kanker http://forum.Daftar Pustaka Pengertian kanker http://konsultasikesehatangratis.com/2012/06/kanker-rahim.com/gejala-dan-pengobatan-kanker-tenggorokan.org/wiki/Kanker_kulit http://www.html 24 .blogspot.blogspot.wikipedia.deherba.kompas.html kanker mulut http://id.com/gejala-gejala-kanker-kulit.com/kanker-serviks-dan-gejalanya/ http://infokesehatan101.html Kanker otak http://obatherbal64.html http://www.org/wiki/Kanker_payudara kanker Rahim http://pusatnatesh.com/2013/01/obat-kanker-otak.org/definisi-kanker-tenggorokan-gejala-tanda-danpenyebabnya.html Kanker paru-paru http://id.deherba.org/wiki/Kanker_mulut Kanker tenggorokan http://carasehat.org/wiki/Kanker_paru-paru Kanker payudara http://id.com/kesehatan/34451-berbagai-macam-penyakit-kanker-yangwajib-diketahui.wikipedia.html Kanker kulit http://id.wikipedia.