P. 1
RPP ekskresi

RPP ekskresi

|Views: 211|Likes:

More info:

Published by: M Al-Fatih Habibi Hasri on Mar 01, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/24/2015

pdf

text

original

DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN TABALONG SMPN 2 JARO

PERANGKAT RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BIOLOGI SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA
Contoh dikembangkan berdasarkan Permendiknas No. 41 Tahun 2007 dan berbasis pendidikan karakter

HATTA GANI
NIM: A2C212007

PROGRAM PASCASARJANA MAGISTER PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT BANJARMASIN 2013

KATA PENGATAR

Dengan memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, karena Rahmat dan Hidayah-Nya jualah Perangkat RPP sebagai pengembangan perangkat pembelajaran biologi di tingkat SMP dengan penerapan pendidikan karakter dapat diselesaikan tepat pada waktu yang sudah ditentukan. Ucapan terima kasih penulis sampaikan kepada semua pihak yang telah banyak membantu dalam penyelesaian penulisan makalah ini. Secara khusus tidak lupa penulis haturkan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggitingginya kepada dosen mata kuliah Desain Pembelajaran. Penulis menyadari dengan sepenuhnya Perangkat RPP ini mungkin saja masih terdapat kekurangan dan ketidaksempurnaan. Oleh karena itu, kritik, saran, dan masukan yang membangun sangat diperlukan, semoga Allah SWT selalu memberikan rahmat dan hidayah-Nya yang berlimpah kepada kita semua dan semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua. Amin ya Rabbal ‘alamin.

Tanjung , Nopember 2012 Penulis

DAFTAR ISI

1. KATA PENGANTAR 2. DAFTAR ISI 3. SILABUS 4. RPP 5. LKS 6. KUNCI LKS 7. TABEL SPESIFIKASI LEMBAR PENILAIAN (LP) 8. LP 1 Produk dan Kunci LP 1 9. LP 2 Proses dan Kunci LP 2 10. LP 3 Lembar Pengamatan Karakter 11. LP 4 Lembar Pengamatan Keteramplan Sosial 12. Media Power Point 13. Materi Ajar

Tujuan Pembelajaran Kognitif A. Menjelaskan urutan proses pembentukan urine 4. Mendeskripsikan bagian dan fungsi sistem ekskresi pada manusia A. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia II. Menjelaskan pengertian ekskresi. Standar Kompetensi 1. Indikator Kognitif A. Kompetensi Dasar 1. Menjelaskan pentingnya menjaga kesehatan organ sistem ekskresi B.Afektif Karakter Menunjukkan perilaku berkarakter meliputi jujur. Menyebutkan bagian organ dan hasil yang di ekskresikan oleh sistem ekskresi pada manusia. Menjelaskan gejala dan cara penularan penyakit yang berhubungan dengan sistem ekskresi 6. Produk . meliputi menyumbangkan ide pendapat. 3. tanggung jawab.Psikomotor B.Proses 7. Mendeskripsikan sistem ekskresi dan penyakit yang berhubungan dengan sistem ekskresi pada manusia III. Menyebutkan beberapa macam penyakit yang berhubungan dengan sistem ekskresi 5. menjadi pendengar yang baik dan komunikatif IV.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SISTEM EKSKRESI MANUSIA Satuan Tingkat Penddikan Mata Pelajaran Kelas Semester Alokasi/waktu : : : : : SMPN 2 JARO Ilmu Pengetahuan Alam IX Ganjil 2 x 40 menit I. 2.Produk 1. bekerja sama dan menghargai pendapat orang lain Keterampilan Sosial Menunjukkan kemampuan keterampilan sosial.1.

Diberikan animasi sesuai dengan alamat web pada LKS 1 siswa mampu mendeskripsi kan dengan teliti bagian dan fungsi organ ginjal pada sistem ekskresi sesuai dengan RTK (rincian tugas kinerja ) 8. Proses 7. Diberikan tes uraian tanpa membuka catatan siswa dapat Menjelaskan gejala dan cara penularan penyakit yang berhubungan dengan organ ginjal pada sistem ekskresi sesuai dengan kunci LP 1 6. Diberikan tes uraian tanpa membuka catatan siswa dapat Menjelaskan urutan proses pembentukan urine sesuai dengan kunci LP 1 4. meliputi: menyumbangkan ide pendapat. Diberikan tes uraian tanpa membuka catatan siswa dapat Menyebutkan beberapa macam penyakit yang berhubungan dengan organ ginjal pada sistem ekskresi sesuai dengan kunci LP 1 5.. Diberikan tes uraian tanpa membuka catatan siswa dapat Menjelaskan pengertian ekskresi sesuai dengan kunci LP 1 2.Siswa trampil mengunakan perangkat TIK dalam perilaku berkarakter meliputi : teliti dalam mengunakan perangkat TIK Afektif Karakter Selama proses pembelajaran siswa terlibat dan dapat menunjukkan kemajuan dalam perilaku berkarakter. menjadi pendengar yang baik dan komunikatif V. Diberikan tes uraian tanpa membuka catatan siswa dapat Menjelaskan pentingnya menjaga kesehatan organ ginjal pada sistem ekskresi sesuai dengan kunci LP 1 B.. . Materi Pembelajar Fungsi organ ekskresi pada Manusia ( www. Alokasi Waktu 6 x 40 menit ...1.. Diberikan tes uraian tanpa membuka catatan siswa dapat Menyebutkan bagian organ ginjal dan hasil yang di ekskresikan oleh sistem ekskresi pada manusia sesuai dengan kunci LP 1 3. Diberikan animasi sesuai dengan alamat web pada LKS 2 siswa mampu mendeskripsikan dengan teliti proses pembentukan urine pada sistem ekskresi dengan RTK (rincian tugas kinerja ) Psikomotor .) Bagian organ ginjal pada sistem ekskresi Manusia Proses pembentukan urine pada organ ginjal Gejala dan cara penularan penyakit sistem ekskresi manusia Pentingnya menjaga kesehataan sistem ekskresi VI. bekerja sama dan menghargai pendapat orang lain Keterampilan Sosial Selama proses pembelajaran siswa terlibat dan dapat menunjukkan kemajuan dalam perilaku keterampilan sosial. meliputi: jujur. tanggung jawab.

7 dan tujuan afektif Pembukaan (+ 5 menit) Kegiatan Memotivasi siswa dengan menampilkan contoh bagian organ ekskresi manusia melalui gambar organ ekskresi manusia melalui slide power point. Langkah-langkah Pembelajaran Pertemuan Pertama Untuk tujuan pembelajaran No: 1. psikomotor dan afektif (Fase 1 MPK: menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa) Inti (+ 65 menit) Penilaian oleh Kegiatan Pengamat 1 2 3 4 Menyampaikan informasi dengan tanya jawab dan diskusi  menggunakan gambar organ-organ ekskresi (slide 1) dan gambar irisan organ ginjal (slide 2) yang disampaikan oleh guru memfasilitasi siswa memahami bagian dan fungsi sistem ekskresi pada manusia. Penilaian oleh Pengamat 1 2 3 4 . Selanjutnya membagikan LKS 1. Ketika guru menampilkan slide power point guru mulai diskusi dengan menanyakan “siapa yang tahu. tanya jawab. Metode Pembelajaran Model : pembelajaran kooperatif (MPK) Metode : diskusi. (Fase 2 MPK: menyampaikan informasi) Mengkoordinasikan siswa dalam kelompok dengan anggota 3-5 siswa. Tanya jawab dan diskusi digunakan untuk mengarahkan siswa kepada tujuan pembelajaran yang meliputi kognitif. (Fase 3 MPK: mengorganisasikan siswa dalam kelompokkelompok belajar) Membimbing siswa untuk menyelesaikan LKS 1 secara kelompok diharapkan siswa dapat menyumbangkan ide pendapat. ketika mendistribusikan LKS 1 guru membimbing siswa untuk kerja sama dengan membantu guru membagikan LKS 1. ceramah VIII. menjadi pendengar yang baik dan komunikatif Guru perlu menekankan perlunya siswa secara jujur dengan mengatakan apa adanya ketika mereka belum memahami. Diharapkan selama diskusi dan tanya jawab tersebut siswa menyumbang ide atau pendapat sementara siswa lain mendengarkan pendapat temannya.VII. gambar apa ini ?”.

psikomotor Penilaian oleh Pengamat 1 2 3 4 Penilaian oleh Pengamat 1 2 3 4 .Selain itu. Diharapkan selama diskusi dan tanya jawab tersebut siswa menyumbang ide atau pendapat sementara siswa lain mendengarkan pendapat temannya. (Fase 5 MPK: evaluasi) Siswa yang memberikan pendapat segera diberikan umpan balik agar karakter ini diikuti oleh siswa lain. 4 dan tujuan afektif Pembukaan (+ 5 menit) Kegiatan Memotivasi siswa dengan menampilkan gambar proses pembentukan urine melalui slide power point. Apabila ada siswa mencela secara tidak langsung segera diingatkan agar tidak ditiru temannya (Fase 6 MPK: memberikan penghargaan) Penutup (+ 5 menit) Kegiatan Membimbing siswa merangkum materi sistem ekskresi dengan bantuan gambar slide power point Keterangan bagi pengamat dalam menilai 1: tidak dilakukan sama sekali (tidak baik) 2: dilakukan sebagian kecil (kurang baik) 3: dilakukan sebagian sesuai prosedur (cukup baik) 4: dilakukan sesuai prosedur (baik) Pertemuan Kedua Untuk tujuan pembelajaran No: 2. 3. perlu juga untuk memberikan pengalaman belajar agar dapat bekerja sama membantu temannya yang memerlukan bantuan (Fase 4 MPK: membimbing kelompok belajar bekerja dan belajar) Melakukan evaluasi formatif dengan cara meminta kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya dengan penuh tanggung jawab secara bergantian di depan kelas dan ditanggapi kelompok lain untuk menyumbangkan ide dan pendapat dan menjadi pendengar yang baik. Ketika guru menampilkan slide power point guru mulai diskusi dengan menanyakan “gambar apa yang kalian lihat ini?”. Tanya jawab dan diskusi digunakan untuk mengarahkan siswa kepada tujuan pembelajaran yang meliputi kognitif.

ketika mendistribusikan LKS 2 guru membimbing siswa untuk kerja sama dengan membantu guru membagikan LKS 2. (Fase 5 MPK: evaluasi) Siswa yang memberikan pendapat segera diberikan umpan balik agar karakter ini diikuti oleh siswa lain. Selain itu.dan afektif (Fase 1 MPK: menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa) Inti (+ 65 menit) Kegiatan Menyampaikan informasi dengan tanya jawab dan diskusi menggunakan gambar proses pembentukan urine (slide 3) yang disampaikan oleh guru memfasilitasi siswa memahami proses pembentukan urine pada organ ginjal manusia. Selanjutnya membagikan LKS 2. (Fase 2 MPK: menyampaikan informasi) Mengkoordinasikan siswa dalam kelompok dengan anggota 3-5 siswa. (Fase 3 MPK: mengorganisasikan siswa dalam kelompokkelompok belajar) Membimbing siswa untuk menyelesaikan LKS 2 secara kelompok diharapkan siswa dapat menyumbangkan ide pendapat. menjadi pendengar yang baik dan komunikatif Guru perlu menekankan perlunya siswa secara jujur dengan mengatakan apa adanya ketika mereka belum memahami. Apabila ada siswa mencela secara tidak langsung segera diingatkan agar tidak ditiru temannya (Fase 6 MPK: memberikan penghargaan) Penutup (+ 5 menit) Kegiatan Membimbing siswa merangkum materi proses pembentukan urine dengan bantuan gambar slide power point Penilaian oleh Pengamat 1 2 3 4 Penilaian oleh Pengamat 1 2 3 4 . perlu juga untuk memberikan pengalaman belajar agar dapat bekerja sama membantu temannya yang memerlukan bantuan (Fase 4 MPK: membimbing kelompok belajar bekerja dan belajar) Melakukan evaluasi formatif dengan cara meminta kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya dengan penuh tanggung jawab secara bergantian di depan kelas dan ditanggapi kelompok lain untuk menyumbangkan ide dan pendapat dan menjadi pendengar yang baik.

ketika mendistribusikan LKS 3 guru membimbing siswa untuk kerja sama dengan membantu guru membagikan LKS 3. Ketika guru menampilkan slide power point guru mulai diskusi dengan menanyakan “tahukah kalian gambar apakah ini?””bagaimanakah cara pencegahan dan penularan penyakit tersebut?”. Diharapkan selama diskusi dan tanya jawab tersebut siswa menyumbang ide atau pendapat sementara siswa lain mendengarkan pendapat temannya. (Fase 3 MPK dan : mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok belajar) Penilaian oleh Pengamat 1 2 3 4 Penilaian oleh Pengamat 1 2 3 4 . (Fase 2 MPK dan : menyampaikan informasi) Mengkoordinasikan siswa dalam kelompok dengan anggota 3-5 siswa. Tanya jawab dan diskusi digunakan untuk mengarahkan siswa kepada tujuan pembelajaran yang meliputi kognitif. 6 dan tujuan afektif Pembukaan (+ 5 menit) Kegiatan Memotivasi siswa dengan menampilkan contoh berbagai penyakit pada organ ginjal manusia dengan gambar melalui slide power point. psikomotor dan afektif (Fase 1 MPK dan : menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa) Inti (+ 65 menit) Kegiatan Menyampaikan informasi dengan tanya jawab dan diskusi menggunakan gambar-gambar penyakit pada organ ginjal (slide 4) yang disampaikan oleh guru memfasilitasi siswa memahami gejala dan cara pencegahan penyakit sistem ekskresi pada manusia. Selanjutnya membagikan LKS 3.Keterangan bagi pengamat dalam menilai 1: tidak dilakukan sama sekali (tidak baik) 2: dilakukan sebagian kecil (kurang baik) 3: dilakukan sebagian sesuai prosedur (cukup baik) 4: dilakukan sesuai prosedur (baik) Pertemuan Ketiga Untuk tujuan pembelajaran: 5.

LKS 1 : organ dan fungsi sistem ekskresi pada manusia 3. kunci LKS 2. LP 1 : Produk 7. LKS 2 : proses pembentukan urine pada organ ginjal 4. Windarsih. halaman 01-10 2. Kunci LKS 1. LP 4 : Pengamatan Keterampilan Sosial Penilaian oleh Pengamat 1 2 3 4 . Apabila ada siswa mencela secara tidak langsung segera diingatkan agar tidak ditiru temannya (Fase 6 MPK dan : memberikan penghargaan) Penutup (+ 5 menit) Kegiatan Membimbing siswa merangkum materi penyakit pada organ ginjal sistem ekskresi manusia dengan bantuan gambar slide power point Keterangan bagi pengamat dalam menilai 1: tidak dilakukan sama sekali (tidak baik) 2: dilakukan sebagian kecil (kurang baik) 3: dilakukan sebagian sesuai prosedur (cukup baik) 4: dilakukan sesuai prosedur (baik) IX. menjadi pendengar yang baik dan komunikatif Guru perlu menekankan perlunya siswa secara jujur dengan mengatakan apa adanya ketika mereka belum memahami. perlu juga untuk memberikan pengalaman belajar agar dapat bekerja sama membantu temannya yang memerlukan bantuan (Fase 4 MPK dan : membimbing kelompok belajar bekerja dan belajar) Melakukan evaluasi formatif dengan cara meminta kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya dengan penuh tanggung jawab secara bergantian di depan kelas dan ditanggapi kelompok lain untuk menyumbangkan ide dan pendapat dan menjadi pendengar yang baik.Membimbing siswa untuk menyelesaikan LKS 3 secara kelompok diharapkan siswa dapat menyumbangkan ide pendapat. (Fase 5 MPK dan : Evaluasi) Siswa yang memberikan pendapat segera diberikan umpan balik agar karakter ini diikuti oleh siswa lain. Buku Siswa. LKS 3 : Penyakit Sistem ekskresi Manusia 5. LP 2 : Proses 8. LP 3 : Pengamatan Perilaku Karakter 9. kunci LKS 3 6. Selain itu. Sumber Belajar 1. IPA terpadu untuk SMP/MTs. Intan Pariwara.

D. 2010.W dan Jhonson. Boston: Allyn dan Bacon. halaman 01-10. kunci LP 2. kunci LP 3. Rinawan dan Gut Windarsih. 2010. 2002. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. 2006.T. Intan Pariwara: Kalten. JP Books : Surabaya. kunci LP 3. Depdiknas: Jakarta Johnson. Kunci LP 1. Windarsih. halaman13-16. 11. Depdiknas. R. IPA Terpadu untuk SMP/MTs. Meaning Assesment A Manageable and Cooperatitive Process. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. .10. Buku Panduan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMP/Mts. kunci LP 4 Silabus DAFTAR PUSTAKA Abadi.

Mendeskripsikan bagian organ dan fungsi sistem ekskresi pada manusia Alat dan Bahan Gambar organ sistem ekskresi pada manusia Langkah kerja: 1. 3. Hasil Pengamatan : pada gambar B No 1. Tentukan fungsi dari masing-masing bagian organ sistem ekskresi tersebut Hasil Pengamatan : pada gambar A No 1. Nama Fungsi Nama Fungsi . Perhatikan gambar bagian organ sistem ekskresi pada manusia berikut: A B 2. 2. 2. 4.LKS 1: SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA Tujuan: 1.

4. Perhatikan gambar bagian organ sistem ekskresi pada manusia berikut: A B 2. Nama Ginjal Kulit Paru-paru Hati Fungsi Mengeluarkan sisa-sisa metabolisme yaitu urine Mengeluarkan sisa-sisa metabolisme yaitu keringat Mengeluarkan sisa-sisa metabolisme yaitu CO2 Mengeluarkan sisa-sisa metabolisme yaitu empedu Hasil Pengamatan : pada gambar B Bagian ginjal No Nama Fungsi . KUNCI LKS 1: SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA Tujuan: Mendeskripsikan dengan teliti organ dan fungsi sistem ekskresi pada manusia Alat dan Bahan Gambar organ sistem ekskresi pada manusia Langkah kerja: 1. 2. 4.3. 3. Tentukan fungsi dari masing-masing bagian organ sistem ekskresi tersebut Hasil Pengamatan : pada gambar A sistem ekskresi manusia No 1.

2. Merupakan lapisan dalam ginjal. Badan Malphigi terdiri atas glomerulus yang diselubungi kapsul Bowman. Jadi rongga ginjal ini sebagai tempat bermuaranya tubulus. Medula ini terdiri atas beberapa badan berbentuk piramida (kerucut). Di sini terdapat lengkung henle ascenden (naik) dan lengkung henle descenden (turun). Medula (sumsum Ginjal) 4. Rongga Ginjal Merupakan selaput tipis yang menyelubungi ginjal Merupakan lapisan bagian luar pada ginjal. Pada bagian korteks terdapat jutaan badan Malpighi dan tubulus (saluran). Tubulus terbagi menjadi tubulus kontortus proksimal (dekat dengan Malphigi) tubulus kontortus distal (menjauhi Malphigi) dan tubulus kolektivus. Lengkung ini menghubungkan antara tubulus kontortus proksimal dan tubulus kontortus distal. . kapsul Korteks 3. Merupakan tempat penampungan urine yang kemudian mengalirnya ke ureter.1.

proses pembentukan urine pada organ ginjal manusia! ( pada gambar 1 ) 3. sistem urinaria pada manusia ! ( pada gambar 2 ) .LKS 2: PROSES PEMBENTUKAN URINE PADA ORGAN GINJAL MANUSIA Tujuan: Menjelaskan proses pembentukan urine pada organ ginjal manusia Alat dan Bahan Gambar proses pembentukan urine Langkah kerja: 1. Perhatikan gambar proses pembentukan urine beikut ini: Gambar proses pembentukan urine Gambar sistem urinaria 2.

Proses pembentukan urine melalui tiga tahap yaitu : a. b. glukosa dan urea mengalami penyaringan kemudian masuk ke kapsul Bowman. Setelah direabsorpsi kadar urea dalam tubulus semakin tinggi sehingga terbentuklah filtrat tubulus (urine sekunder). Di bagian glomerulus darah disaring. garam. Filtrasi ( penyaringan ) Darah dari aorta melalui ginjal menuju ke badan Malpighi. Dalam perjalanannya terjadi reabsorpsi zat-zat yang masih berguna bagi tubuh. Perhatikan gambar proses pembentukan urine beikut ini: Gambar proses pembentukan urine Gambar sistem urinaria 2. Reabsorpsi ( penyerapan kembali ) Dari kapsul Bowman urine primer menuju ke tubulus kontortus proksimal. Zat berupa air. seperti glukosa. Zat yang bermolekul besar dan molekul protein tetap berada di pembuluh darah. Augmentasi ( pengeluaran zat ) . Hasil penyaringan itu disebut filtrat glomerulus ( urine primer ). c. garam dan asam amino.KUNCI LKS 2: PROSES PEMBENTUKAN URINE PADA ORGAN GINJAL MANUSIA Tujuan: Menjelaskan proses pembentukan urine pada organ ginjal manusia Alat dan Bahan Gambar proses pembentukan urine Alat dan Bahan Gambar proses pembentukan urine Langkah kerja: 1.

Urine ini selanjutnya menuju ke tubulus kolektivus dan akhirnya bermuara ke rongga ginjal. maka dinding kandung kemih menjadi tertekan. Selain itu juga terjadi penyerapan air. Selanjutnya. sistem urinaria pada manusia Dari rongga ginjal. 3. .Urine sekunder dari tubulus kontortus proksimal menuju tubulus kontortus distal. urine dialirkan melalui ureter menuju kandung kemih. Selanjutnya urine dikeluarkan dari tubuh melalui saluran pembuangan yang disebut uretra. terbentuklah urine sesungguhnya. Jika kandung kemih sudah cukup mengandung urine. Tekanan inilah yang menimbulkan rasa akan buang air kecil. Di sini melalui pembuluh kapiler darah melepaskan zat-zat yang tidak berguna bagi tubuh ke dalam urine sekunder.

penyebab dan pencegahannya. 4. 2. 6.LKS 3: PENYAKIT PADA ORGAN GINJAL MANUSIA Tujuan: Menyebutkan macam-macam penyakit pada organ ginjal manusia. 7. Isilah tabel berikut dengan macam-macam penyakit pada organ ginjal manusia dengan gejala dan penyebabnya! No 1. 5.  Jelaskan pentingnya menjaga kesehatan organ ginjal pada sistem ekskresi manusia! Nama Gejala Penyebab . 3.

maka penderita mengeluarkan urine berlimpah (bisa mencapai 20 liter) Urine masuk ke dalam darah Mengakibatkan pendarahan dan fungsi jantung terhenti secara tiba-tiba Kesulitan pengeluaran urine. Batu ginjal  Pentingnya menjaga kesehatan organ ginjal pada sistem ekskresi manusia. berusaha . Nefritis Gagal Ginjal 7. penyebab dan pencegahannya. Isilah tabel berikut dengan macam-macam penyakit pada organ ginjal manusia dengan gejala dan penyebabnya ! No 1. Kekurangan hormon vasopresin atau antidiuretik Hormon (ADH) Gangguan pada ginjal karena infeksi bakteri Ginjal tidak dapat berfungsi lagi sebagai organ ekskresi Terbentuknya endapan dari garam kalsium dan penimbunan asam urat sehinga membentuk CaCO3 (kalsium karbonat) pada ginjal maupun pada saluran ginjal atau kandung kemih. 6. Deabetes Insipidus 5. 4. 2.KUNCI LKS 3: PENYAKIT PADA ORGAN GINJAL MANUSIA Tujuan: Menyebutkan macam-macam penyakit pada organ ginjal manusia. 3. Penyebab Tertimbunnya urea dalam darah Gangguan tidak dapat mengeluarkan urine Adanya kerusakan glomerulus kapsul Bowman sehinga pada proses filtrasi tidak sempurna. Nama Uremia Anuria Albuminuria Gejala /cirri keracunan dalam darah Urine tidak bisa keluar Urine mengandung albumin (protein darah) Hilangnya kemampuan mereabsorpsi. karena penyakit ginjal adalah termasuk penyakit yang sulit disembuhkan agar kita dapat terhindar dari penyakit yang berbahaya bahkan mematikan perlu adanya hidup teratur disiplin dengan menjaga kebersihan.

.berhenti merokok dan berolah raga secara teratur serta banyak mengkonsumsi air putih.

Jelaskan gejala dan penyebab penyakit pada organ ginjal manusia! 8. Jelaskan pengertian ekskresi ! 2. Sebutkan hasil yang di ekskresikan oleh sistem ekskresi pada manusia ! 3. Sebutkan 7 macam penyakit pada organ ginjal manusia! 7. Jelaskan pentingnya menjaga kesehatan sistem organ ginjal pada manusia! . Jelaskan proses pembentukan urine ! 5. Sebutkan bagian organ ginjal pada sistem ekskresi manusia ! 4. Jelaskan proses sistem urinaria ! 6.LEMBAR PENILAIAN 1: PRODUK Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jelas dan benar! 1.

garam. Medula (sumsum Ginjal) merupakan lapisan dalam ginjal. Reabsorpsi ( penyerapan kembali ) Dari kapsul Bowman urine primer menuju ke tubulus kontortus proksimal. Di bagian glomerulus darah disaring. Proses pembentukan urine melalui tiga tahap yaitu : a. 2. Pada bagian korteks terdapat jutaan badan Malpighi dan tubulus (saluran). Rongga Ginjal merupakan tempat penampungan urine yang kemudian mengalirnya ke ureter. Di sini terdapat lengkung henle ascenden (naik) dan lengkung henle descenden (turun). . c. 4. Hasil penyaringan itu disebut filtrat glomerulus ( urine primer ). d. bagian organ ginjal pada sistem ekskresi manusia yaitu : a. Filtrasi ( penyaringan ) Darah dari aorta melalui ginjal menuju ke badan Malpighi. Hasil yang di ekskresikan oleh sistem ekskresi pada manusia adalah a. Jadi rongga ginjal ini sebagai tempat bermuaranya tubulus. Setelah direabsorpsi kadar urea dalam tubulus semakin tinggi sehingga terbentuklah filtrat tubulus (urine sekunder). Korteks merupakan lapisan bagian luar pada ginjal. Ginjal berfungsi mengeluarkan sisa-sisa metabolisme yaitu urine b. Lengkung ini menghubungkan antara tubulus kontortus proksimal dan tubulus kontortus distal. Zat berupa air. b. Hati berfungsi mengeluarkan sisa-sisa metabolisme yaitu empedu 3.KUNCI LEMBAR PENILAIAN 1: PRODUK 1. Medula ini terdiri atas beberapa badan berbentuk piramida (kerucut). Pengertian ekskresi merupakan proses pengeluaran zat sisa metabolisme baik berupa zat cair dan zat gas yang tidak diperlukan tubuh dikeluarkan melalui sistem ekskresi. Zat yang bermolekul besar dan molekul protein tetap berada di pembuluh darah. glukosa dan urea mengalami penyaringan kemudian masuk ke kapsul Bowman. kapsul merupakan selaput tipis yang menyelubungi ginjal. Badan Malphigi terdiri atas glomerulus yang diselubungi kapsul Bowman. garam dan asam amino. seperti glukosa. Dalam perjalanannya terjadi reabsorpsi zat-zat yang masih berguna bagi tubuh. Tubulus terbagi menjadi tubulus kontortus proksimal (dekat dengan Malphigi) tubulus kontortus distal (menjauhi Malphigi) dan tubulus kolektivus. b. Paru –paru berfungsi mengeluarkan sisa-sisa metabolisme yaitu CO2 d. Kulit berfungsi mengeluarkan sisa-sisa metabolisme yaitu keringat c.

yaitu Uremia. Di sini melalui pembuluh kapiler darah melepaskan zat-zat yang tidak berguna bagi tubuh ke dalam urine sekunder. Jelaskan gejala dan penyebab penyakit pada organ ginjal manusia. 7 macam penyakit pada organ ginjal manusia. maka dinding kandung kemih menjadi tertekan. urine dialirkan melalui ureter menuju kandung kemih. Nefritis Gagal Ginjal 7. 6. Anuria. Urine ini selanjutnya menuju ke tubulus kolektivus dan akhirnya bermuara ke rongga ginjal. Nama Uremia Anuria Albuminuria Gejala /ciri keracunan dalam darah Urine tidak bisa keluar Urine mengandung albumin (protein darah) Hilangnya kemampuan mereabsorpsi. Kekurangan hormon vasopresin atau antidiuretik Hormon (ADH) Gangguan pada ginjal karena infeksi bakteri Ginjal tidak dapat berfungsi lagi sebagai organ ekskresi Terbentuknya endapan dari garam kalsium dan penimbunan asam urat sehinga membentuk CaCO3 (kalsium karbonat) pada ginjal maupun pada saluran 4. Selanjutnya urine dikeluarkan dari tubuh melalui saluran pembuangan yang disebut uretra 6. Gagal Ginjal dan Batu ginjal. 3. Batu ginjal . Selanjutnya. 5. Augmentasi ( pengeluaran zat ) Urine sekunder dari tubulus kontortus proksimal menuju tubulus kontortus distal.c. Deabetes Insipidus 5. yaitu : No 1. proses sistem urinaria pada manusia yaitu : Dari rongga ginjal. Nefritis. 7. Tekanan inilah yang menimbulkan rasa akan buang air kecil. terbentuklah urine sesungguhnya. Albuminuria. maka penderita mengeluarkan urine berlimpah (bisa mencapai 20 liter) Urine masuk ke dalam darah Mengakibatkan pendarahan dan fungsi jantung terhenti secara tiba-tiba Kesulitan pengeluaran urine. Selain itu juga terjadi penyerapan air. Penyebab Tertimbunnya urea dalam darah Gangguan tidak dapat mengeluarkan urine Adanya kerusakan glomerulus kapsul Bowman sehinga pada proses filtrasi tidak sempurna. 2. Jika kandung kemih sudah cukup mengandung urine. Deabetes Insipidus.

ginjal atau kandung kemih. Pentingnya menjaga kesehatan organ ginjal pada sistem ekskresi manusia. berusaha berhenti merokok dan berolah raga secara teratur serta banyak mengkonsumsi air putih. . 8. karena penyakit ginjal adalah termasuk penyakit yang sulit disembuhkan agar kita dapat terhindar dari penyakit yang berbahaya bahkan mematikan perlu adanya hidup teratur disiplin dengan menjaga kebersihan.

LEMBAR PENILAIAN 2: PROSES Perhatikan gambar dalam LKS 1 dan 2. Mendeskripsikan dengan teliti bagian dan fungsi organ ginjal serta proses pembentukan urine pada sistem ekskresi berikut : Gambar bagian dan fungsi organ ginjal Gambar proses pembentukan urine KUNCI LEMBAR PENILAIAN 2: PROSES Perhatikan reproduksi gambar dalam LKS 1. deskripsikan bagian dan fungsi sistem .

Bagian organ ginjal pada sistem ekskresi manusia yaitu : a. Zat berupa air. Tubulus terbagi menjadi tubulus kontortus proksimal (dekat dengan Malphigi) tubulus kontortus distal (menjauhi Malphigi) dan tubulus kolektivus. Medula (sumsum Ginjal) merupakan lapisan dalam ginjal. e. Di bagian glomerulus darah disaring. Korteks merupakan lapisan bagian luar pada ginjal. d. Di sini terdapat lengkung henle ascenden (naik) dan lengkung henle descenden (turun). Pada bagian korteks terdapat jutaan badan Malpighi dan tubulus (saluran). kapsul merupakan selaput tipis yang menyelubungi ginjal. b. Medula ini terdiri atas beberapa badan berbentuk piramida (kerucut). Gambar proses pembentukan urine Proses pembentukan urine melalui tiga tahap yaitu : a. Lengkung ini menghubungkan antara tubulus kontortus proksimal dan tubulus kontortus distal. glukosa dan urea . Jadi rongga ginjal ini sebagai tempat bermuaranya tubulus. Filtrasi ( penyaringan ) Darah dari aorta melalui ginjal menuju ke badan Malpighi. garam. c. Badan Malphigi terdiri atas glomerulus yang diselubungi kapsul Gambar bagian dan fungsi organ ginjal Bowman. Rongga Ginjal merupakan tempat penampungan urine yang kemudian mengalirnya ke ureter.

Hasil penyaringan itu disebut filtrat glomerulus ( urine primer ). b. terbentuklah urine sesungguhnya. Augmentasi ( pengeluaran zat ) Urine sekunder dari tubulus kontortus proksimal menuju tubulus kontortus distal. LEMBAR PENILAIAN 3: PERILAKU KARAKTER Petunjuk: Untuk setiap perilaku berkarakter siswa diberi nilai dengan skala berikut ini: A = sangat baik B = memuaskan C = menunjukan kemajuan D = memerlukan perbaikan Nama Siswa NIS Perilaku Berkarakter Kejujuran Tanggung jawab Kerja sama Menghargai pendapat No . Selanjutnya. Di sini melalui pembuluh kapiler darah melepaskan zat-zat yang tidak berguna bagi tubuh ke dalam urine sekunder. Zat yang bermolekul besar dan molekul protein tetap berada di pembuluh darah. Dalam perjalanannya terjadi reabsorpsi zat-zat yang masih berguna bagi tubuh. c. Urine ini selanjutnya menuju ke tubulus kolektivus dan akhirnya bermuara ke rongga ginjal. Selain itu juga terjadi penyerapan air. Reabsorpsi ( penyerapan kembali ) Dari kapsul Bowman urine primer menuju ke tubulus kontortus proksimal. seperti glukosa.mengalami penyaringan kemudian masuk ke kapsul Bowman. garam dan asam amino. Setelah direabsorpsi kadar urea dalam tubulus semakin tinggi sehingga terbentuklah filtrat tubulus (urine sekunder).

. D. Boston: Allyn dan Bacon. LEMBAR PENILAIAN 4: KETERAMPILAN SOSIAL Petunjuk: Untuk setiap keterampilan sosial siswa diberi nilai dengan skala berikut ini: A = sangat baik B = memuaskan C = menunjukan kemajuan D = memerlukan perbaikan Perilaku Berkarakter No Nama Siswa NIS Menyumbang Menjadi kan ide atau pedengar yang Komunikatif pendapat baik .…………. 2012 Pengamat ( Sumber: ) Johnson. 2002.W dan Jhonson. Meaning Assesment A Manageable and Cooperatitive Process. ………………………………….T. R.

…………. Organ Ekskresi pada Manusia . proses metabolisme juga menghasilkan zat sisa. Zat sisa ini harus dikeluarkan dari tubuh melalui sistem ekskresi. . Ekskresi merupakan proses pengeluaran zat sisa yang tidak diperlukan tubuh dikeluarkan melalui sistem ekskresi.. Jika tidak dikeluarkan. zat sisa tersebut dapat meracuni tubuh. Selain itu. 2012 Pengamat ( ) MATERI AJAR SISTEM EKSKRESI MANUSIA Di dalam tubuh setiap makhluk hidup terjadi proses metabolisme. Dari proses ini dihasilkan energi dan zat yang berguna bagi tubuh. ………………………………….

Hati berfungsi mengeluarkan sisa-sisa metabolisme yaitu empedu. b. Ginjal berfungsi mengeluarkan sisa-sisa metabolisme yaitu urine. c. Paru –paru berfungsi mengeluarkan sisa-sisa metabolisme yaitu CO2. Kulit berfungsi mengeluarkan sisa-sisa metabolisme yaitu keringat. Organ Ginjal Manusia . d.Gambar Organ Ekskresi Hasil yang di ekskresikan oleh sistem ekskresi pada manusia adalah a.

Korteks merupakan lapisan bagian luar pada ginjal. Medula ini terdiri atas beberapa badan berbentuk piramida (kerucut). d. b. Di sini terdapat lengkung henle ascenden (naik) dan lengkung henle descenden (turun). Medula (sumsum Ginjal) merupakan lapisan dalam ginjal. Lengkung ini menghubungkan antara tubulus kontortus proksimal dan tubulus kontortus distal. PROSES PEMBENTUKAN URINE . Badan Malphigi terdiri atas glomerulus yang diselubungi kapsul Bowman. kapsul merupakan selaput tipis yang menyelubungi ginjal. Tubulus terbagi menjadi tubulus kontortus proksimal (dekat dengan Malphigi) tubulus kontortus distal (menjauhi Malphigi) dan tubulus kolektivus.Gambar bagian Ginjal manusia Bagian organ ginjal pada sistem ekskresi manusia yaitu : a. Pada bagian korteks terdapat jutaan badan Malpighi dan tubulus (saluran). Rongga Ginjal merupakan tempat penampungan urine yang kemudian mengalirnya ke ureter. c. Jadi rongga ginjal ini sebagai tempat bermuaranya tubulus.

PROSES SISTEM URINARIA PADA MANUSIA . Selain itu juga terjadi penyerapan air. Hasil penyaringan itu disebut filtrat glomerulus ( urine primer ). Selanjutnya. Urine ini selanjutnya menuju ke tubulus kolektivus dan akhirnya bermuara ke rongga ginjal. b. garam dan asam amino. Augmentasi ( pengeluaran zat ) Urine sekunder dari tubulus kontortus proksimal menuju tubulus kontortus distal. Filtrasi ( penyaringan ) Darah dari aorta melalui ginjal menuju ke badan Malpighi. Setelah direabsorpsi kadar urea dalam tubulus semakin tinggi sehingga terbentuklah filtrat tubulus (urine sekunder). Zat berupa air. Reabsorpsi ( penyerapan kembali ) Dari kapsul Bowman urine primer menuju ke tubulus kontortus proksimal. seperti glukosa. c. Di sini melalui pembuluh kapiler darah melepaskan zat-zat yang tidak berguna bagi tubuh ke dalam urine sekunder. Di bagian glomerulus darah disaring. Dalam perjalanannya terjadi reabsorpsi zat-zat yang masih berguna bagi tubuh. glukosa dan urea mengalami penyaringan kemudian masuk ke kapsul Bowman. terbentuklah urine sesungguhnya. garam. Zat yang bermolekul besar dan molekul protein tetap berada di pembuluh darah.Gambar proses pembentukan urine Proses pembentukan urine melalui tiga tahap yaitu : a.

4. Tekanan inilah yang menimbulkan rasa akan buang air kecil. 6. Batu ginjal .Gambar Sistem Urinaria sistem urinaria pada manusia Dari rongga ginjal. maka dinding kandung kemih menjadi tertekan. PENYAKIT PADA SISTEM ORGAN GINJAL MANUSIA No 1. Kekurangan hormon vasopresin atau antidiuretik Hormon (ADH) Gangguan pada ginjal karena infeksi bakteri Ginjal tidak dapat berfungsi lagi sebagai organ ekskresi Terbentuknya endapan dari garam kalsium dan 5. 3. Nefritis Gagal Ginjal 7. Jika kandung kemih sudah cukup mengandung urine. Penyebab Tertimbunnya urea dalam darah Gangguan tidak dapat mengeluarkan urine Adanya kerusakan glomerulus kapsul Bowman sehinga pada proses filtrasi tidak sempurna. urine dialirkan melalui ureter menuju kandung kemih. Nama Uremia Anuria Albuminuria Deabetes Insipidus Gejala /ciri keracunan dalam darah Urine tidak bisa keluar Urine mengandung albumin (protein darah) Hilangnya kemampuan mereabsorpsi. 2. Selanjutnya urine dikeluarkan dari tubuh melalui saluran pembuangan yang disebut uretra. maka penderita mengeluarkan urine berlimpah (bisa mencapai 20 liter) Urine masuk ke dalam darah Mengakibatkan pendarahan dan fungsi jantung terhenti secara tiba-tiba Kesulitan pengeluaran urine.

penimbunan asam urat sehinga membentuk CaCO3 (kalsium karbonat) pada ginjal maupun pada saluran ginjal atau kandung kemih. .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->