Peninggalan Sejarah Yang Bercorak Agama Hindu, Budha dan Islam di Indonesia

I. Standar Kompetensi 1. Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa serta kegiatan ekonomi di Indonesia Kompetensi Dasar 1.1 Mengenal makna peninggalan-peninggalan sejarah yang nasional dari masa Hindu, Budha, dan Islam di Indonesia.

II.

berskala

III.

Uraian Materi Dan Langkah –langkah Pembelajaran A.Uraian Materi Peninggalan sejarah yang bercorak agama Hindu, Budha, dan Islam di Indonesia. Indonesia merupakan negara yang terkenal sejak dahulu sebagai negara kerajaan. Hal ini dapat dilihat dari beberapa bentuk peninggalan sejarah, dimana Agama Hindu merupakan Agama yang tertua di Indonesia dengan ditemukannya beberapa prasasti tua berupa Yupa yang ditemukan di wilayah Kutai ,Kalimantan Timur pada masa Kerajaan Mulawarman. Sedangkan di Pulau Jawa terkenal dengan prasasti candi, karya sastra ,tradisi dan adat yang merupakan peninggalan kerajaan Taruma Negara, Mataram, Kediri, Singosari dan Majapahit. Selain agama hindu berkembang pula agama budha pada masa kerajaan Kalingga dan Kerajaan Sriwijaya dengan peninggalannya berupa candi,prasasti dan patung budha.

Agama Islam merupakan agama yang terakhir masuk ke Indonesia dimulai kerajaan Samudra Pasai ,Kerajaan Aceh, Kerajaan Demak, Kerajaan Banten, Kerajaan Ternate dan Tidore juga Kerajaan Goa dan Talo. Peninggalan bersejarah dari Kerajaan yang bercorak Islam yaitu Mesjid, Bangunan Istana, kaligrafi, makam dan peninggalan budaya

Langkah-langkah Pembelajaran Model Pembelajaran: Picture and Picture. Kesimpulan/rangkuman  Kegiatan Pendahuluan 1. Dari alasan/urutan gambar tersebut guru memulai menanamkan konsep/materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai 7. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai 2. 2. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai 2. Menyajikan materi sebagai pengantar 3.Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama.Eksplorasi 1.B. Guru menanyakan alasan/dasar pemikiran urutan gambar tersebut 6.Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran  Kegiatan inti 1. Guru menunjuk/memanggil siswa secara bergantian memasang/mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis 5. Menyajikan materi sebagai pengantar 3. Langkah-langkah : 1. untuk mengawali pelajaran. Menjelaskan daftar peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha dan Islam di Indonesia. Guru menunjukkan/memperlihatkan gambar-gambar kegiatan berkaitan dengan materi 4. Guru menanyakan alasan/dasar pemikiran urutan gambar tersebut 6. . Dari alasan/urutan gambar tersebut guru memulai menamkan konsep/materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai 7. apersepsi dan kepercayaan masing-masing. Guru menunjukkan/memperlihatkan gambar-gambar kegiatan berkaitan dengan materi 4. Peserta didik menyusun daftar peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha dan Islam di Indonesia 8. Guru menunjuk/memanggil siswa secara bergantian memasang/mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis 5.

merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi. memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar. 4. bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat menumbuhkan rangkuman/simpulan pelajaran. dan bertindak tanpa rasa takut. dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis. memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif. guru: 1. 3. Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi. menganalisis. . 3.2. guru: 1. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa 2. 3. memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran. 5. program pengayaan. menyelesaikan masalah. memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas. guru: 1. memberi kesempatan untuk berpikir. memberikan penguatan dan penyimpulan  Kegiatan Penutup Dalam kegiatan penutup. Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi. layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik. 4. 2. diskusi. 2. memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik. melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram. Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman.

.............. Alat dan bahan 1..... b..... Langkah-langkah kegiatan 1..... ... 2.... Buku d..dan Islam............... 2.budha........... . tanggal...... ......... 4......... Tuliskan hari.. nama kelompok........ ........Amatilah foto/gambar berikut ini! Tulislah nama-nama bangunan yang ada dibawah ini .... Hari......... Tujuan Kegiatan : Siswa mampu mengidentifikasi peninggalan-peninggalan bersejarah yang bercorak Hindu... Gambar 3...LEMBAR KERJA SISWA Peninggalan Bersejarah Yang Bercorak Agama Hindu.......... tanggal Kelas Nama Kelompok Anggota Kelompok : : : : 1..... 3. kelas.. Budha dan Islam di Indonesia.. CD interaktif 4............. Lakukan kegiatan di bawah ini sesuai dengan langkah-langkah kegiatan yang telah di sediakan a......... dan anggota kelompok pada tempat yang sudah disediakan. Foto 2...... Petunjuk : 1..........

.. Penugasan terstruktur Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya dan tradisi.......................................................... Jelaskan latar belakang masuknya agama Islam di wilayah pulau Jawa dan sebutkan contoh peninggalan agama islam yang terkenal......................... b................................................................Apa yang menjadi ciri-ciri umum peninggalan sejarah yang bercorak agama Budha .............. Buatlah kesimpulan dari hasil pengamatanmu ! 5...............................................Sebutkan kerajaan yang bercorak agama Hindu................................................................. .... Diskusikan dengan teman kelompokmu untuk menjawab pertanyaan berikut! a.................. .......................... Budha dan Islam ? 4............... Dari hasil pengamatanmu pada tayangan CD .................................... Apa yang menjadi ciri-ciri umum peninggalan sejarah yang bercorak agama Islam 3............................................................................................................... c.......... Apa yang menjadi ciri-ciri umum peninggalan sejarah yang bercorak agama Hindu ...............2..... hal ini dibuktikan dengan beberapa kerajaan yang terkenal di wilayah Nusantara............ ............................

Mesjid yang terkenal di Aceh adalah .... 5. 9. 10. Hindu 8.... Hindu 7. Peninggalan kerajaan Tarumanagara di Bogor adalah . Prasasti Batu Tulis 6. Mesjid Demak 4. Kerajaan Sriwijaya bercorakan agama . Prambanan 2. Mesjid pertama dipulau jawa adalah. Tugas mengerjakan soal latihan Jawablah pertanyaan di bawah ini 1... 2.I. 6.... Hindu Kriteria Penilaian : Setiap Soal betul diberi Skor 10 Jadi Skor Maksimum 10 X 10 = 100 .. Candi terbesar peninggalan agama Budha adalah . Karya tulis indah huruf arab di sebut. 7. 4. Candi terbesar peninggalan agama Hindu adalah. Borobudur 3. Buku negara kerta gama merupakan peninggalan kerajaan Majapahit yang bercorak agama . Kunci Jawaban : 1... Pulau Bali terkenal dengan nama pulau dewata karna di Bali banyak peninggalan budaya yang menganut agama ... Budha 10. 3.. Baitulrahman 9. 8. Candi Cangkuang merupakan peninggalan agama ... Kaligrafi 5..

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful