BAB I PENDAHULUAN A.

Latar Belakang Setiap individu dalam kehidupan sehari-hari melakukan interaksi dengan manusia atau kelompok lainnya. Interaksi sosial mereka juga senantiasa didasari oleh adat dan norma yang berlaku dalam masyarakat. Misalnya interaksi sosial di dalam lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat dan lain sebagainya. Norma-norma itu mempunyai dua macam isi, dan menurut isinya berwujud: perintah dan larangan. Apakah yang dimaksud perintah dan larangan menurut isi norma tersebut? Perintah merupakan kewajiban bagi seseorang untuk berbuat sesuatu oleh karena akibat-akibatnya dipandang baik. Sedangkan larangan merupakan kewajiban bagi seseorang untuk tidak berbuat sesuatu oleh karena akibat-akibatnya dipandang tidak baik.

B. Perumusan Masalah 1. Bagaimana pengertian dari Norma .? 2. Bagaimana jenis-jenis norma yang ada dalam masyarakat..? C. Tujuan Penulisan 1. Untuk mengetahui pengertian dari norma. 2. Untuk mnegetahui jenis-jenis norma yang ada dalam masyarakat.

Norma adalah kaidah atau ketentuan yang mengatur kehidupan dan hubungan antar manusia dalam arti luas. Norma merupakan petunjuk hidup bagi manusia dan pedoman perilaku seseorang yang berlaku di masyarakat.BAB II PEMBAHASAN A. Sumber norma ini adalah kitab suci dari setiap agama yang dianut. 1. sedang universal berarti norma agama berlaku untuk semua umat beragama. Abadi berarti norma agama berlaku selama manusia hidup di dunia. Norma Agama Norma agama adalah peraturan hidup yang diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa guna menciptakan kehidupan bahagia di dunia dan akhirat. B. Pengertian Norma Norma adalah aturan-aturan yang berisi petunjuk tingkah laku yang harus atau tidak boleh dilakukan manusia dan bersifat mengikat. 2. Keberadaan norma sangat diperlukan untuk memberi petunjuk kepada manusia tentang bagaimana manusia harus bersikap bertingkah laku dalam masyarakat agar tercipta kehidupan bersama yang tertib. sedangkan yang mematuhi akan mendapat pahala. Norma bersifat mengikat setiap masyarakat. Norma Kesusilaan Norma kesusilaan adalah peraturan hidup yang dianggap sebagai suara hati sanubari manusia. Jenis-jenis norma yang ada dalam masyarakat adalah sebagai berikut. Pelanggaran norma agama menimbulkan dosa dan diancam hukuman dari Tuhan di akhirat nanti. dan harmonis. tenteram. Norma berisi larangan dan perintah. Larangan adalah keharusan bagi seseorang untuk tidak berbuat sesuatu karena menimbulkan kerugian. Perintah adalah keharusan yang harus dilakukan seseorang untuk berbuat sesuatu dengan kebaikan. Hal ini berarti bahwa manusia wajib menaati norma yang ada. Norma agama bersifat abadi dan universal. aman. Norma ini juga merupakan aturan hidup tentang perilaku baik .

seperti penjara. . Pedoman berperilaku ini dilakukan berdasarkan kebenaran dan keadilan. Norma kesopanan merupakan pedoman yang mengatur tingkah laku manusia terhadap manusia yang ada di sekitarnya. Menurut Kansil. Norma hukum bersifat memaksa dan mengikat. 3. Norma Hukum Norma hukum adalah peraturan hidup yang dibuat oleh penguasa negara atau lembaga adat tertentu. Norma hukum adalah aturan-aturan yang bersumber atau dibuat oleh lembaga negara yang berwenang. Pelanggaran terhadap norma ini akan kembali kepada diri si pelakunya sendiri. Aturan tentang perilaku manusia dalam pergaulan masyarakat Aturan dibuat oleh badan atau lembaga berwenang. Orang yang melanggar aturan-aturan hukum akan mendapatkan sanksi berupa hukuman. Pelanggaran terhadap norma ini tidak menimbulkan efek sosial yang besar. norma hukum memiliki unsur-unsur sebagai berikut. Pelanggaran terhadap norma ini akan mendapatkan sanksi sosial. seperti cibiran atau cemoohan masyarakat sampai diasingkan dari lingkungan masyarakat. Sanksi bersifat tegas. 4. Norma kesusilaan memberikan peraturan-peraturan kepada manusia agar menjadi manusia yang sempurna. Aturan berisi perintah dan larangan. Perintah harus ditaati dan larangan dijauhi setiap orang. perlakuan seorang anak terhadap orang tua dan tata cara berpakaian seseorang perempuan dewasa saat keluar rumah. Norma Kesopanan Norma kesopanan adalah peraturan hidup atau nilai-nilai yang diatur oleh agama maupun adat-istiadat masyarakat. Misalnya.dan buruk. Norma kesopanan merupakan norma yang bersumber pada budaya masyarakat. sedangkan mengikat berarti berlaku untuk semua orang. yaitu berupa perasaan malu dan menjadi sungkan terhadap orang di sekitarnya. Memaksa berarti aturanaturan hukum harus dipatuhi oleh siapa pun. Aturan bersifat memaksa. atau denda.

agar tidak terjadi lagi yang namanya korupsi dan lain sebagainya yang merugikan bangsa dan Negara. Saran Melihat banyak contoh yang telah terjadi. Kesimpulan Jelas di ketahui bahwa Norma merupakan salah satu moral yang harus dimiliki setiap individu manusia. terutama yang ada dalam lingkungan masyarakat. B. pemerintah harus segera melakukan tindakan terhadap norma-norma yang berlaku. .BAB III PENUTUP A. terutama norma hukum yang berlaku di setiap Negara.

DAFTAR PUSTAKA ebookbrowse.www.com/docs/7835067/MAKALAH-PKn-HAM--DOCdefinisi.ebookbrowse.com/contoh-makalah-pkn-sebagai-pendidikan-nilaimo./makalah-pkn-tentang-sengketa-internasional-dan-cont.docstoc... ....org/.ebookbrowse.com/makalah-ppkn-tentang-landasan-pendidikanpanc...com/contoh-makalah-pkn-tentang-nilai-dan-normapdf....

KATA PENGANTAR .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful