PENDAPAT MASYARAKAT MENGENAI PANCASILA

5.00073 ) ( 11. Tomy W Suryono 2.00 ) SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA .5.Anggota Kelompok : 1.5. Chandra ariawan ( 10. Maharsudi Wahyu Jatmiko 4.00044 ) ( 11. Wahyu Romdhani 3.5.00103 ) ( 11.

Oleh karena itu. beserta istrinya kluarganya. Penulis . Penulis menyadari makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Semoga makalah ini berguna dan bermanfaat bagi kita semua. sahabat dan pengikutnya hingga ahir zaman. nabi besar Muhammad Sholallohu „alaihi wa salam. Makalah ini disusun dalam rangka memenuhi tugas ujian akhir pada mata kuliah Pendidikan Pancasila.DAN KOMPUTER SINAR NUSANTARA 2011/2012 KATA PENGANTAR Bismillahirrahmanirrahim Syukur alhamdulillah kami panjatkan kehadirt Allah SWT. Sholawat serta salam selalu tercurah keharibaan junjungan kita. karena tak ada gading yang tak retak. Amin. karena berkat rahmat dan karunia-Nya lah kami dapat menyelesaikan sebuah makalah dari wawancara koresponden mengenai Perjalanan Pancasila dengan tepat pada waktunya. saya mengharapkan kritik dan saran demi kesempurnaan makalah ini.

Ada pula sebagian pihak yang sudah hampir tidak mempedulikan lagi semua aturan-aturan yang dimiliki oleh Pancasila. pulau. serta warna kulit jauh berbeda satu sama lain tetapi mutlak harus dipersatukan. Mengapa begitu besar pengaruh Pancasila terhadap bangsa dan negara Indonesia? Kondisi ini dapat terjadi karena perjalanan sejarah dan kompleksitas keberadaan bangsa Indonesia seperti keragaman suku. Pancasila dianggap sebagai sesuatu yang sakral yang harus kita hafalkan dan mematuhi apa yang diatur di dalamnya. Masalah pokok yang hendak dikemukakan di sini adalah pendapat masyarakat atau pandangan masyarakat mengenai perjalanan Pancasila dari jaman dulu hingga sekarang berdasarkan perkembangan bangsa Indonesia dan golongan masyarakat umum yang ada di sekitar wilayah kota Solo. dasar negara. Sehingga tidak heran bagi sebagian rakyat Indonesia. khususnya bagi orang-orang yang berlatar belakang prinsip agama. Jika kita melihat perjalanan Pancasila dari jaman dulu hingga sekarang Pancasila sebagai ideologi negara Indonesia dengan ideologi yang mereka anut. Perumusan Masalah Dari latar belakang di atas.BAB I PENDAHULUAN A. Sejarah Pancasila adalah bagian dari sejarah inti negara Indonesia. dan pemersatu bangsa Indonesia yang majemuk. B. agama. Latar Belakang Masalah Pancasila merupakan pandangan hidup. kebiasaan budaya. di lain pihak muncul orang-orang yang tidak sepihak atau menolak akan adanya Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Namun. bahasa daerah. maka rumusan masalahnya adalah sebagai berikut: . Dengan kata lain masyarakat yang melakukan kudeta atas dasar keyakinan akan prinsip yang mereka anut adalah yang paling baik. adat istiadat.

dapat menuju negara yang maju? 3. 2. Untuk mengetahui perkembangan dan perbedaan pancasila dari jaman dulu hingga sekarang. Dalam hal ini dibatasi ruang lingkup dan focus masalah sebagai berikut : 1.1. Kegunaan Penulisan Makalah . Pembatasan Masalah Permasalahan yang berkaitan dengan judul di atas sangat luas. Apakah dengan terus menjadikan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. sehingga persoalan yang akan diteliti menjadi jelas dan terhindar dari kesalahfahaman. c. Apakah Pancasila masih cocok menjadi ideologi yang dianut oleh bangsa Indonesia yang terdapat beragam ras.suku. d. Subjek penelitian dalam survei ini adalah masyarakat warga Indonesia khususnya wilayah Solo dan sekitarnya. Objek Survei Objek dalam penelitian ini adalah pendapat masyarakat mengenai pancasila. Oleh karena itu untuk menghindari kesalahfahaman dan penafsiran berbeda-beda. Untuk mengetahui sejauh mana Pancasila sekarang ini diketahui oleh masyarakat. Untuk mengetahui arti penting dari adanya Pancasila di negara Indonesia. maka perlu adanya pembatasan dan perumusan masalah. beserta factor-faktor pendukung dan penghambat pemahaman mengenai nilai-nilai pancasila pada masyarakat serta harapan untuk masa depan Indonesia. Untuk memenuhi tugas kuliah pendidikan pancasila 2. Tujuan penulisan 1. b. sehingga tidak mungkin dari banyak permasalahan yang ada itu dapat dijangkau dan terlaksana. D. Apakah masyarakat Indonesia hafal isi dari Pancasila dan sudah mengamalkan Pancasila dalam kehidupan? C.dan budaya? 2. Tujuan Penulisan Makalah a.

dosen. Guru. Karyawan : 7 orang (45%) d. b. Tahap kedua : Responden dipilih dari usia 17 keatas secara acak dari berbagai golongan dan pekerjaan dengan memperhatikan keterwakilan kelompok sasaran sebagai berikut : a. Wiraswasta. Metodelogi dan Teknik Pengumpulan Data Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei melalui wawancara langsung yang dilakukan di wilayah kota Solo dan sekitarnya dengan melibatkan 20 responden. Tahapan pengambilan sampel sebagai berikut : Tahap pertama : Memilih lokasi survei secara acak di wilayah kota Solo. Pengusaha. Pelajar atau mahasiswa : 4 orang (15%) b. POLRI. Bagi Penulis Penulisan makalah ini disusun sebagai salah satu pemenuhan tugas terstruktur dari mata kuliah Pancasila. PNS.a. Bagi pihak lain Makalah ini diharapkan dapat menambah referensi pustaka yang berhubung dengan perkembangan Pancasila. Lainnya : 3 orang (10%) Hasil survei ini tidak dimaksudkan untuk mewakili pendapat seluruh masyarakat di negeri ini. E. TNI : 6 orang (30%) c. .

Itu bisa dilihat pada waktu peringatan kemerdekaan Indonesia atau sering disebut agustusan didesa masih banyak warga – wargnya yang mau mengibarkan bendera didepan rumah mereka. Hanya saja sedikit demi sedikit berkurang. kemudian mengenai penerapan nilai pancasila. Beda dengan di perkotaan tradisi seperti itu sudah jarang dilakukan. penerapan pancasila lebih ketat dan wajib disekolah – sekolah dan lingkungan. ia bilang belum sepenuhnya nilai itu diterapkan. Ia mampu menyebutkan ke lima pancasila tersebut.BAB II PEMBAHASAN Miftah. Dia memaparkan. mahasiswa Bangsa Indonesia memiliki ideologi yang berbeda dari Negara lain yaitu ideologi pancasila. Sedangkan perbedaan penerapan pancasila jaman dulu dan sekarang berbeda. 19 tahun. Contohnya di pedesaan rasa nasionalisme itu masih tinggi dari pada di lingkungan perkotaan. Terlebih lagi budaya barat yang sudah membawa pengaruh besar terhadap sikap dan perilaku bangsa ini. Tapi beda dengan sekarang. mengikuti pendidikan saja kurang berminat apalagi menerapkannya dalam kehidupan sehari – hari. Namun untuk penerapannya dia mengaku masih belum sepenuhnya mengamalkan dari apa yang terkandung dalam pancasila tersebut. Dalam artian memasang bendera merah putih didepan rumah menggunakan bambu dan sebagainya. Miftah juga mengatakan norma – norma yang ada dalam pancasila di masyarakat dijaman modern saat ini masih berlaku. artinya ia melihat jaman sekarang sudah banyak sekali budaya – budaya asing yang masuk kedalam bangsa ini. Lantas bagaimana tanggapan saudara Miftah tentang itu semua ? Miftah masih hafal betul sila – sila yang tercantum dalam pancasila. Menurut dia tergantung dari pribadi masing – masing setiap orang . contohnya masih banyak orang yang lupa pentingnya pancasila. Melihat ulasan itu masih cocokkah bangsa Indonesia menggunakan ideologi pancasila ? miftah mempunyai jawaban sendiri. Jadi perlu ada pemaksaan dari diri sendiri untuk . Dan dari dulu hingga sekarang penerapan pancasila sendiri memiliki perubahan – perubahan kecil maupun perubahan besar terjadi.

kadang gag “ adalah jawaban ibu joko untuk berlaku tidaknya pancasila sekarang ini. Beliau mengatakan masih ingat tentang pancasila. kita harus bisa membentengi diri untuk menerima segala aspek budaya luar. dirasa belum sejahtera. Ibu joko. „Bego‟ adalah tanggapan atau kata – kata yang muncul dari saudara miftah selanjutnya tentang aksi bakar diri yang dilakukan oleh mahasiswa beberapa waktu lalu... ia beranggapan keadilan itu belum terwujud. 30 tahun. Menurutnya untuk menyampaikan aspirasi tidak perlu melakukan seperti itu. Lalu pendapat ibu Joko mengenai pancasila jaman dulu dan sekarang adalah kalau jaman dulu orang – orang itu . Karena masih banyak kemiskinan dimana – mana. Tapi walaupun begitu ibu Joko telah mengamalkan pancasila dalam kehidupan sehari – hari.” paparnya mengenai opini tentang pancasila. namun beliau kurang hafal tentang sila – sila didalamnya terbukti ibu Joko hanya bisa menyebutkan sampai sila ke 2. Kemudian ia juga memaparkan pendapatnya tentang kemerdekaan Indonesia saat ini. masih banyak cara yang bisa digunakan. pendidikan di Indonesia juga belum merata hingga ke pelosok dan masih sering terjadi kesenjangan sosial antara si miskin dengan si kaya. Kadang ada menurut ibu Joko adalah masih adanya orang yang baik dan mau membantu sesama yang kesusahan dan tidaknya adalah hal yang sebaliknya.. “kadang ada. Namun menurutnya Indonesia sudah mau berbenah diri dengan adanya pemberantasan KKN dan juga meningkatkan mutu pendidikan.memasukan ideologi pancasila. Dan ia juga mengatakan walaupun banyaknya budaya yang masuk.. misalnya memberi uang kepada orang yang meminta – minta atau pengemis. “ mm. Selanjutnya mengenai keadilan dalam sila ke lima. tapi dalam bidang hal lain belum. ibu rumah tangga Ibu Joko mulai menjawab pertanyaan pertama. dan tidak ada salahnya untuk menengok bagaimana perjuangan rakyat Indonesia jaman dulu memperebutkan kemerdekaan ini.apa yang ada pastinya apapun itu harusnya bisa menjadi dasar untuk membangun bangsa Indonesia. Lalu kemerdekaan menurut ia sendiri itu bebas dari semua hal dari masalah. Menurutnya Indonesia memang sudah merdeka secara hukum. Selanjutnya tanggapan miftah mengenai kepemimpinan Indonesia saat ini. Lalu saran dari miftah untuk bangsa ini adalah kesadaran terhadap rasa nasionalisme dan juga saling membantu sama lain terakhir tahu diri dengan apa yang kita lakukan sekarang ini sudah benar atau belum. Karena masih banyak rakyatnya yang belum sejahtera. Ia juga menganggap sikap mahasiswa tersebut terlalu kekanak – kanakan.

“Belum sepenuhnya” papar bapak Irvan saat ditanya penerepan nilai – nilai pancasila di bangsa Indonesia ini. Karena masih jauhnya kata sejahtera untuk seluruh rakyatnya. Namun berbanding berbalik saat ibu Joko ditanya tentang keadilan di bangsa ini. perilaku yang baik dan tatakrama berbeda dengan sekarang nilai – nilai tersebut sedikit berkurang. Dan sekarang juga banyak orang yang tidak patuh atau taat dengan Undang – Undang yang berlaku di Indonesia. Menurutnya keadilan itu belum sepenuhnya tercapai karena kemiskinan masih ada dimana – mana. Berbeda dengan sekarang yang melenceng jauh dari pancasila. namun bapak Irvan menyebutkan salah satu contohnya ialah rasa empatinya terhadap politik sekarang ini yang begitu caruk maruk. Namun begitu bapak Irvan mampu menyebutkan semua sila dengan baik. Kemudian „masih‟ adalah jawaban ibu Joko untuk pertanyaan tentang cocok tidaknya pancasila di Indonesia. Beliau sempat tersendat pada saat menyebutkan sila ke empat. Kemudian harapan ibu joko sendiri tentang bangsa ini adalah adanya fasilitas pendidikan yang mudah dan juga bahan pangan yang murah. Soekarno itu sangat bagus dan penerapannya juga dilaksanakan dengan baik. menurutnya falsafah yang di bentuk pada jaman Ir. Sedangkan yang kekurangan semakin menderita. Selanjutnya bapak Irvan beranggapan bahwa bangsa Indonesia ini masih . Lalu menurut ibu Joko bangsa Indonesia ini belum merdeka. Lalu mengenai norma – norma yang berlaku di Indonesia saat ini bapak Irvan mengatakan seharusnya norma – norma tersebut masih berlaku di bangsa Indonesia namun kenyataanya hanya sebatas teori saja. Kemudian menurut bapak Irvan.” papar ibu Joko mengenai kepemimpinan saat ini. ia belum sepenuhnya mengamalkan. ia beranggapan dengan ideologi pancasila ini bangsa Indonesia akan makmur dan sopan santun itu masih berlaku. putus sekolah dan lain – lain. karena menurut ibu bangsa Indonesia ini dijajah oleh bangsanya sendiri. “ amburadul. wiraswasta Bapak Irvan mulai mengawali wawancara dengan menyebutkan sila – sila yang tertera dalam pancasila. Irvan. Kemudian tentang aksi bakar diri mahasiswa itu menurut ibu apa yang dilakukan mahasiswa itu untuk membantu rakyat kecil menyalurkan aspirasinya kepada petinggi negara. Ibu Joko mencontohkan masih banyak rakyat yang tidak bisa makan nasi. Sedangkan kemerdekaan menurut ibu joko sendiri itu sejahtera dan tidak kekurangan. 27 tahun.masih menjunjung tinggi kesopanan. Mengenai penerapan pancasila jaman dulu dan sekarang bapak Irvan mempunyai jawabanya sendiri. Dijajah oleh orang – orang yang mempunyai kemampuan financial yang lebih dan semakin bertambah..

Di pertanyaan selanjutnya mengenai kemerdekaan bangsa saat ini sudah merdeka secara de facto namun belum merdeka mengenai hak – hak asasi manusia belum. tidak dimanfaatkan pihak – pihak tertentu yang mengatasnamakan rakyat.. dikarenakan pemikiran orang yang semakin maju dan modern. Selain itu juga masuknya budaya barat ke Indonesia menjadi salah satu faktor lunturnya norma pancasila.” jawab bapak Irvan saat ditanya kemerdekaan menurut ia sendiri. Jika jaman dulu untuk pemilihan atau menyelesaikan masalah lebih cenderung bermusyawarah . Lalu mengenai norma – norma pancasila saat ini sudah mulai luntur. Kemudian menurutnya pancasila itu hanya sebagai simbol dan untuk pelaksanaanya harus lebih baik dari pancasila. ia bisa melafalkan dengan baik. menurut bapak Irvan keadilan di Indonesia ini masih timpang. Karena banyak kejadian yang membuat masyarakat kurang puas terhadap kepemimpinan bangsa Indonesia saat ini. karena masih banyak hak – hak masyarakat yang belum terakomodasi dengan baik. pelajar Wulan melafalkan sila – sila yang terkandung dalam pancasila dengan baik. Wulan. Selain itu juga bapak Irvan beranggapan kemerdekaan itu kemerdekaan yang bebas untuk berpendapat mengeluarkan aspirasi sebagai warga negara namun masih dalam jalur yang benar dan tidak asal berpendapat. karena masih ada gape – gape antara golongan atas dan golongan bawah.. Sedangkan mengenai kasus Sondang Hutagalung bapak Irvan menilai jika apa yang dilakukan Sondang itu merupakan bentuk pengekspresian diri atau ungkapan ketidakpuasanya terhadap ketimpangan – ketimpangan yang terjadi dimasyarakat dan juga terhadap jalannya pemerintahan sekarang yang dianggap kurang berhasil.. itulah opini bapak Irvan mengenai pancasila. 18 tahun. Walaupun tadi sedikit tersendat pada sila keempat namun setelah ia mengulangi kembali. Karena semuanya hal – hal ada dalam pancasila dan penjabarannya juga ada dalam butir – butir pancasila yang jika diterapkan dengan baik mungkin akan memajukan bangsa ini kearah yang lebih baik. Selanjutnya pendapat bapak Irvan agar bangsa ini bisa maju adalah menggalakan sila ketiga yang berbunyi “persatuan Indonesia”.. “ Hak – hak kita sebagai warga angota negara tidak digembiri.cocok menggunakan Ideologi Pancasila sebagai Ideologinya. Selanjutnya perbedaan penerapan pancasila dulu dan sekarang itu lebih pada kata mufakat itu menurut Wulan. Kemudian mengenai kepemimpinan saat ini menurut bapak Irvan masih jauh dari harapan masyarakat. Lalu ketika ditanya mengenai opini pancasila bapak Irvan menjawab pancasila sebagai landasan hukum dan pandangan falsafah hidup bangsa Indonesia dan jika dihayati dan diterapkan pasti bangsa Indonesia akan maju. Kemudian mengenai keadilan.

jadi menurut ia aksi itu dirasa tidak penting. dan aksi itu dianggap lebih memalukan diri mahasiswa itu sendiri. Selanjutnya menurut . Karena menurutnya situasi sekarang ini masih berpihak kepada orang yang kaya. Menurutnya jika kesalahan itu pasti juga berasal dari orang yang paling bawah. Jadi intinya semua itu salah dan tidak boleh saling tuding untuk menyalahkan satu sama lain. Opini pancasila menurut Wulan sendiri berarti bahwa didalam pancasila itu ada nilai – nilai dan norma – norma yang baik jika dilaksanakan dengan baik. yang kita tidak tahu dia ada dipenjara atau tidak. adil dari penguasa ke rakyat dan dari rakyat ke penguasa.untuk mencapai mufakat. Karena tugas mahasiswa itu untuk belajar dan masih ada cara lain untuk menyampaikan aspirasi. Kemudian menurutnya perbedaan pancasila dulu dan sekarang adalah dalam cara pengamalan saja seperti anak – anak jaman sekarang yang sudah tidak begitu mengamalkan pancasila berbeda dengan orang – orang jaman dulu yang menanamkan pancasila dalam diri mereka. seperti nilai kesopanan. Jadi adil yang dimaksud adalah adil yang tepat sasaran. seperti melakukan sesuatu yang nyata. Kemudian menurutnya aksi mahasiswa yang bakar diri beberapa waktu lalu itu hal yang salah. Kemudian mengenai kepemimpinan saat ini menurut Wulan. Sedangkan kemerdekaan menurut dirinya sendiri adalah adil. hanya saja kurangnya sosialisasi yang tepat membuat masyarakat Indonesia ini hanya mendengar saja tanpa melakukan apapun sesuai dengan pancasila. seperti rasa empati terhadap sesama. Selanjutnya mengenai keadilan di bangsa ini. Dan bapak Kris ini juga telah melakukan beberapa pengamalan pancasila dalam kehidupan sehari – hari. swasta Bapak Kris masih bisa menghafalkan pancasila dengan baik. Seperto koruptor yang bisa jalan – jalan kemana – mana dengan bebasnya. Sedangkan rakyat kecil selalu seperti di pojokkan. Kemudian menurut Wulan. Kristyanto. sedangkan sekarang lebih condong pada voting. agama dan banyak lagi. Itu jawaban menurut Wulan. Ideologi Pancasila ini masih cocok untuk bangsa Indonesia. menurutnya keadilan di bangsa ini sama sekali tidak ada. Dan menurut bapak Kris norma – norma pancasila sekarang ini sudah luntur. tidak hanya berbicara. Selanjutnya saat ditanya mengenai kemerdekaan bangsa Indonesia menurut Wulan kemerdekaan sekarang ini hanya di peruntukkan bagi orang yang memiliki kedudukan ataupun golongan atas. Kemudian Wulan juga mempunyai sedikit saran untuk bangsa Indonesia agar lebih baik dan maju. Jadi jika orang yang mempunyai pendukung banyak itu yang akan memenangkan suatu hal. kesalahan yang sering terjadi pada pemimpin saat ini tidak serta merta berasal dari diri pemimpin itu sendiri. sosialisasi terhadap masyarakat. seperti tenggang rasa antara umat beragama. 29 tahun.

„lemah‟ adalah kata yang meluncur dari bapak Kris saat ditanya mengenai kepemimpinan bangsa Indonesia saat ini. Kemudian kemerdekaan menurut bapak Kris sendiri itu adalah kemerdekaan bebas berpendapat dan bebas berkreasi. namun menurutnya ia telah mengamalkan beberapa sila tersebut dalam kehidupan sehari-hari contohnya adalah bersosialisasi dan menolong orang. menurutnya pemerintah dirasa tidak peduli dan kurang memperhatikan aksi tersebut. contohnya saja pembantaian di mesuji. “pancasila sebenarnya masih cocok untuk indonesia namun hanya saja penerapannya yang tidak sama dengan pancasila itu snediri” ujarnya. bapak Kris menjawab keadilan itu belum sepenuhnya terealisasikan. bangsa Indonesia ini masih cocok untuk menggunakan ideologi satu – satunya di dunia yaitu ideologi pancasila. dengan alasan bangsa ini terdiri dari beberapa suku. Dan falsafah yang baik itu ialah berbagi kepada sesama dan juga menghormati sesame. soalnya memperjuangkan pancasila agar tetap ada “ . Selanjutnya saat disangkut mengenai keadilan di Indonesia. Membangun dari sumber daya manusia dan perbaikan infrastruktur pendidikan juga menghapuskan tindakan korupsi adalah saran bapak Kris untuk bangsa ini agar bias menjadi bangsa yang lebih maju lagi. Ia mengatakan bahwa pancasila belum di laksaksanakan oleh bangsa indonesia. Selanjutnya tanggapan bapak Kris sendiri mengenai aksi bakar diri mahasiswa beberapa waktu yang lalu itu. ras dan pancasila yang mampu mempersatukan perbedaan tersebut... Kenapa begitu ? menurutnya pemerintah masih kurang dengan rakyat sendir dan kurang memperhatikan rakyat yang berada didaerah – daerah tepencil. pegawai swasta ketika kami mengajukan pertanyaan tentang pancasila dia mengaku agak sedikit lupa dengan pancasila. ia menanggapi bahwa keadilan belum sepenuhnya terwujud. “ pancasila mengandung falsafah yang baik.bapak Kris. Menurutnya masih banyak daerah pedesaan dan pedalaman yang belum tersentuh oleh pemerintah. karena tidak bisanya mengurus kepulauan yang diakui Negara lain dan juga kebudayaan bangsa yang juga di akui Negara lain. Ketika kami menanyakan tanggapannya mengenai aksi bakar diri mahasiswa yang bernama sondang hutagalung itu ia menjawab “ baguslah . Berdasarkan sila ke-5 keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia . Begitulah pancasila menurut bapak Kris. Fery. 20 tahun.” tutur bapak Kris mengenai pancasila. Dan opini lain bapak Kris mengenai kemerdekaan saat ini dirasa belum sepenuhnya merdeka. “kasus pembunuhan dan pembantaian menunjukan bahwa belum di laksanakannya pancasila oleh segenap rakyat” tambahnya. Menurutnya pancasila di jaman dahulu masih di pegang teguh sedangkan di jaman sekarang pancasila sudah banyak yang lupa.

mahasiswa ia mengatakan bahwa ia hafal dengan pancasila dan menurutnya ia telah mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Menurutnya agar bangsa indonesia bisa menjadi bangsa yang maju yaitu haruslah di mulai dari pendidikan karakter anakanak mulai dari usia dini seperti sosialisasi tindakan anti korupsi. “ kemerdekaan itu menurut saya terjaminnya kesejahteraan bagi seluruh rakyat indonesia “ tambahnya. “ . “ menurut saya banyak yang belum merdeka lah. Mengenai sila ke-5 keadilan sosial bagi seluruh bangsa indonesia. kan lebih banyak yang berpihak pada yang punya duit”. “ orang-orang jaman sekarang cenderung menuruti egonya sendiri “. Indra. “ kalau di indonesia itu keadilan hanyalah untuk orang-orang yang punya uang saja “ .ujarnya. tambahnya. 20 tahun. tutur mahasiswa jurusan hukum ini. keadilan. ucap mahasiswa 19 tahun ini. Menurutnya pancasila di jaman sekarang sudah tidak di berlakukan lagi. Menurutnya pancasila masih di berlakukan oleh bangsa indonesia namun hanya sedikit. ucap pria bertubuh tambun tersebut. Saat kami mengajukan pertanyaan mengenai masih cocokah pancasila untuk bangsa indonesia ia menjawab “ menurut saya pancasila masih cocok karena pancasila memilah dan mempertimbangkan beberapa aspek seperti keagamaan. Menurutnya pancasila itu adalah pedoman bagi pemimpin untuk mewujudkan negara indonesia yang maju. Mengenai sila ke-5 keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia ia menanggapi bahwa keadilan belum bisa di tegakan “contohnya ya yang ada di pengadilan itu. kemanusiaan. Saat kami menanyakan tanggapannya tentang aksi bakar diri seorang . 19 tahun. “ saya ini orang muslim jadi tuhan saya ya hanya satu dan tentang sila kedua saya juga berusaha berlaku adil terhadap sesama. misalnya masalah pangan dan kesejahteraan” tambahnya. mahasiswa ketika kami mengajukan pertanyaan mengenai pancasila saudara fajar mengaku bahwa ia sangatlah hafal dengan bunyi pancasila dan menurutnya ia telah mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari. contohnya adalah menolong sesama. Ketika kami menanyakan pendapatnya mengenai aksi bakar diri mahasiswa yang bernama sondang hutagalung di depan istana negara ia berpendapat bahwa itu adalah tanggapan mengenai bobroknya sistem di indonesia ini. terutama mengenai keadilan. dan tentunya musyawarah untuk mencapai tujuan “ . Ia berpendapat bahwa pancasila masih cocok bagi bangsa indonesia . ucap mahasiswa UMS tersebut. Menurutnya jaman dahulu pancasila di jalankan dengan betul dan di jaman sekarang pancasila hanya di hafalkan saja. Menurutnya bangsa indonesia saat ini belum merdeka karena baginya merdeka itu semua harus adil. Dan agar bangsa indonesia bisa menjadi bangsa yang maju menurutnya adalah dengan cara kembali kepada pancasila. Ia berpendapat bahwa bangsa indonesia saat ini belum sepenuhnya merdeka. Fajar. berpendapat bahwa itu hanyalah omong kosong. Menurut pendapatnya pemerintahan saat ini kurang tegas tidak seperti masa orde baru.

menurutnya yang harus di lakukan bangsa ini agar bisa menjadi bangsa yang maju adalah dengan cara terus berkembang. “ karena siapapun pemimpinnnya tidak bisa berlaku adil “ tambahnya. seharusnya matiin siapa satu gitu “ ucap bapak berkacamata ini. jawabnya. Menurut bapak ini indonesia impossible untuk menjadi bangsa yang maju. Saat kami menanyakan tanggapannya tentang aksi bakar diri mahasiswa yang bernama sondang hutagalung di depan istana negara ia memberi tanggapan bahwa itu mati sia-sia. Ketika kami menanyakan tentang sila ke-5 yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia ia menjawab “ tidak. ujarnya. Menurutnya norma-norma dari pancasila itu sudah tidak lagi di berlakukan oleh masyarakat. Bapak suratno. Menurutnya merdeka itu adalah kebebasan tiap-tiap orang untuk memiliki hak yang sama. “ kalau jaman dahulu kita di kondisikan untuk mengamalkan pancasila tapi kalau sekarang sudah tidak ada yang mengkondisikan lagi “. karena hidupnya di hanya di sia-siakan “. wiraswasta ia mengatakan bahwa dulu ia hafal dengan pancasila namun sekarang sudah lupa dan ia mengaku tidak mengamalkan pancasila dalam hidupnya karena tidak ada keharusan. kalau sondang doang ya kasihan. Menurut mahasiswa jurusan TI ini pemerintahaan saat ini masi perlu di benahi terutama pada kalangan bawahnya. 49 tahun. “ bangsa indonesia memang sudah merdeka namun masyarakatnya yang belum merdeka “ tambahnya. Menurutnya bangsa indonesia saat ini belum bisa merdeka sepenuhnya . tambahnya. Menurutnya pancasila hanya di laksanakan sebagian saja. ada yang melaksanakan ada pula yang tidak. Menurutnya bangsa indonesia saat ini sudah merdeka menurut hukum namun tidak semua rakyat dapat menikmati kemerdekaan tersebut. “ pemerintah kan bukan hanya dari satu tangan saja namun banyak tangan jadi kalau atasnya saja yang benar tapi bawahnya gak ya sama saja “. Menurutnya norma-norma pancasila saat ini masih di berlakukan oleh sebagian masyarakat. Bapak ini mengatakan “ pancasila ini sudah tidak cocok lagi di indonesia karena haknya kan sendiri-sendiri. gak bener kalau di paksakan “ ujarnya bapak yang berhobi memancing tersebut. keadilan itu tidak pernah terwujud . Berdasarkan pendapatnya tentang pancasila ia berpendapat bahwa pancasila itu di jalankan atau tidak di jalankan sama saja. seharusnya ia mati tapi pemerintah juga ikut mati satu gitu gak apa apa. Bpk ruwandi.mahasiswa yang bernama sondang hutagalung ia menjawab “ ya itu cukup konyol aja. 31 tahun. Ada yang adil ada yang tidak “. swasta ia mengatakan bahwa ia kemungkinan lupa dan ia mengaku bahwa ia ikut dalam forum pancasila di seluruh jawa tengah. “ eman-eman tow generasi muda kok begitu. Menurutnya pemerintahan indonesia saat ini biasa-biasa saja . Menurut .

Menurutnya pancasila sini masih sangat relevan bagi bangsa indonesia karena pancasila itu bersifat luwes. Dan ketika kami meninta pendapatnya tentang pemerintahan saat ini beliau mengatakan bahwa apapun sistem pemerintahannya apabila . terutama untuk masyarakat kita orang solo “. golongan. Menurutnya perbedaan penerapan pancasila di jaman dahulu dan di jaman sekarang adalah pada permasalahan yang di hadapi namun pada intinya pancasila itu masih relevan. Bapak widi. PNS ia mengatakan bahwa ia hafal dengan pancasila dan ketika kami minta untuk menyebutkan beliau dapat menyebutkan dengan sangat lancar. Menurutnya bangsa indonesia saat ini belum merdeka sepenuhnya karena di beberapa daerah masih ada yang ingin merdeka sendiri ( memisahkan diri dari indonesia ). ras. Menurutnya pemerintahan saat ini pemerintah atau pejabat hanya memikirkan kepentingan golongannya saja tidak memikirkan semua rakyat. “Menurut saya pancasila itu adalah pandangan hidup yang mempersatukan dari berbagai suku. karena menurutnya yang di maksud adil adalah sejahtera. menurutnya pancasila masih cocok di indonesia “ ya cocok to. agama.bapak ini perbedaan penerapan pancasila di jaman dahulu dan jaman sekarang adalah kalau jaman dahulu penerapan itu di fokuskan pada pancasila namun di jaman sekarang agak di lupakan. 39 tahun. Saat kami menyinggung tentang sila ke-5 keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia ia memberi tanggapan belum semuanya terwujud ada yang sudah dan ada yang belum. Menurutnya pancasila itu sudah ada sejak jaman dahulu ketika masa pemerintahan soekarno. “ karena negara kita adalah pancasila ” tambahnya. Saat kami menanyakan tanggapannya tentang aksi bakar diri soerang mahasiswa yang bernama sondang hutagalung di depan istana negara ia mennganggapi bahwa itu adalah tindakan yang bagus “ bagus itu . “ itu sudah menjadi kesepakatan nasional yang mempersatukan bangsa dari berbagai suku. Ketika kami menyinggung tentang sila ke-5 yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia ia menanggapi bahwa keadilan sosial itu adalah mimpi. ras itu pancasila dan saya setuju itu “ ucap pegawai negeri sipil ini. Menurutnya pancasila masih di laksanakan oleh masyarakat “ sebagian saya kira masih. “ pancasila hanya di laksanakan 60% saja “ kata bapak berambut putih ini. menurutnya medeka itu adalah masalah ekonomi dapat di atasi dan harga-harga barang pun tidak mahal. menurutnya. Menurutnya bangsa indonesia saat ini sudah merdeka secara hukum. pahlawan reformasi pancasila itu menurut saya “ tambahnya. Dan ia berusaha mengamalkan sila-sila pancasila itu dalam kehuidupan sehari-hari. dan agama “ ucap bapak ini ketika kami tanyai opininya tentang pancasila. Menurutnya ideologi pancasila masih cocok di terapkan di indonesia. justru itulah yang akan mempersatukan negara kita “ ujarnya. Ketika kami menanyakan tanggapannya mengenai aksi bakar diri seorang mahasiswa yang bernama sondang hutagalung di depan istana negara beberapa waktu yang lalu ia mengatakan intinya bahwa itu belum sesuai dengan pancasila. Berdasarkan pendapatnya agar indonesia bisa maju adalah dengan cara memilih pemimpin-pemimpin yang adil dan bijaksana agar dapat menegakkan hukum setegak-tegaknya. dan bangsa indonesia mampu memproduksi barang sendiri untuk di pakai sendiri.

Enggar. karena makna kemerdekaan menurutnya adalah bukan hanya dapat mengusir penjajah namun juga dapat mengolah hasil alam secara mandiri. “ contohnya ya seperti saya ini yang belum mengamalkan pancasila “ tambahnya. pemain band ia mengatakan bahwa ia hafal dengan pancasila namun ia mengaku bahwa ia tidak mengamalkan pancasila. Menurutnya bangsa indonesia saat ini belum bisa di katakan merdeka. Ia berpendapat bahwa nilai-nilai dari pancasila belum sepenuhnya di di laksanakan oleh bangsa indonesia indonesia. Ia mengatakan bahwa pancasila belum di laksanakan oleh segenap masyarakat “ contohnya saja dalam hal pertandingan sepak bola yang kalah kita jadi bercerai berai “ sahut pria berkulit putih ini. “ di jakarta pembangunannya sudah sedemikian pesat namun coba kita tengok di nusa tenggara masih banyak rawa-rawa “ tambahnya. Ia mengatakan bahwa indonesia belum adil contohnya saya dalam bidang pembangunan. Ridho. Ia mengatakan bahwa ideologi pancasila masih cocok di terapkan di indonesia karena ia beranggapan bahwa semua itu tidak ada yang terlambat. Saat kami menyinggung mengenai sila ke-5 keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia ia memberi tanggapan bahwa keadilan belum di tegakan di indonesia contohnya di bidang hukum. bidang hukum di indonesia belum bisa adil namun masih memihak pada . Menurut pria berambut keriting ini penerapan pancila berbeda di jaman dahulu dengan jaman sekarang terutama dalam hal gotong royongnya.benar-benar di laksanakan untuk kepentingan masyarakat itu bagus. Ia mengatakan agar bangsa indonesia dapat maju adalah dengan cara mengurangi ketergantungan indonesia terhadap bangsa lain. Ia berpendapat bahwa pancasila ini masih relevan bagi indonesia namun hanya saja individunya yang masih belum bisa memahami. Ia berpendapat bahwa pancasila sangat bagus bila di berlakukan oleh masyarakat. Menurutnya yang harus di lakukan oleh bangsa indonesia untuk menjadi bangsa yang maju adalah dengan cara semua elemen pemerintah bersama-sama berkomitmen untuk kepentingan masyarakat. Menurutnya pemerintahan yang saat ini hanya memikirkan golongannya atau partainya saja bukan memikirkan kepentingan masyarakat luas. 22 tahun. pegawai swasta ia mengaku bahwa ia tidak hafal dengan pancasila namun ketika kami memintanya untuk menyebutkan pancasila ia dapat menyebutkan dengan benar. Dan ia sangat optimis sekali bahwa indonesia bisa maju asalkan ada komitmen dari semua elemen masyarakat dan pemerintah. Dan menurutnya ia telah mengamalkan pancasila dalam kehidupan sehari-hari tanpa ia sadari contohnya adalah beribadah kepada tuhan. 20 tahun. Berdasarkan opininya pancasila itu adalah dasar negara yang di rumuskan oleh para pemimpin pendahulu kita. “ semenjak keluar dari SMA saya sudah tidak mengamalkan pancasila lagi “ sambungnya. Ia berpendapat bahwa pancasila masih di perlukan di indonesia karena banyak rakyat yang belum mendapatkan keadilan.

dan menurutnya agar bangsa indonesia dapat maju yang perlu di utamakan adalah pada bidang pendidikan harus di tingkatkan agar mendapatkan sumber daya manusia yang baik. Menurut pandangannya pancasila masih cocok di terapkan di indonesia. menurutnya. ujarnya. pendidikannya. menurutnya. Novan. Menurutnya bangsa indonesia saat ini belum merdeka karena banyak sekali budaya kita yang di curi bangsa lain. “ pancasila itu kan dasar negara jadi mau gak mau ya harus di terapkan “ tambahnya. Ia pun berpendapat bahwa bangsa indonesia sudah merdeka namun belum merdeka dalam bidang ekonomi. Mengenai sila ke-5 keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia ia beranggapan bahwa keadilan belum dapat terwujud contohnya dalam bidang hukum. mahasiswa ia mengaku bahwa ia hafal dengan pancasila dan menurutnya ia sudah melaksanakan sebagian dari pancasila tersebut contohnya adalah membantu sesama. Berdasarkan pendapatanya merdeka itu adalah bebas dari segala jeratan kemiskinan dan kriminalisme. keamanannya . Ia beranggapan bahwa penerapan pancasila pada jaman dahulu lebih baik dari pada jaman sekarang karena jaman sekarang sudah banyak yang terpengaruh oleh budaya barat. Ketika kami mengajukan pertanyaan apa yang harus di lakukan bangsa indonesia agar indonesia bisa maju . Ia berpendapat bahwa pemerintahan saat ini sudah cukup bagus. Adi. menurutnya merdeka itu apabila terjamin ekonominya. tambah pria berparas tampan ini. Ketika kami menanyakan opininya mengenai pancasila ia mengatakan bahwa pancasila itu adalah ciri khas indonesia “ pancasila itu adalah ciri khas indonesia jadi ya harus tetap ada “. Ia berpendapat bahwa pemerintahan saat ini kurang tegas terutama presidennya. ia pun menjawab “ menciptakan lapangan kerja lalu kesadaran akan hukum “ jawab pria 20 tahun ini. swasta ia mengatakan bahwa ia cukup hafal dengan pancasila dan menurutnya ia sebagian sudah mengamalkan pancasila. dan lain-lain.golongan atas. dan juga banyak pejabat-pejabat yang korupsi. Ketika kami menyinggung tentang aksi bakar diri mahasiswa yagn bernama sondang hutagalung di depan istana negara beberapa waktu yang lalu ia berpendapat bahwa tindakannya itu merupakan bentuk ketidakpuasan terhadap kinerja pemerintahan saat ini. Saat kami menanyakan tanggapannya mengenai aksi bakar diri seorang mahasiswa yang bernama sondang hutagalung di depan istana beberapa waktu yang lalu ia berkata bahwa itu bukan mencirikan sikap seorang yang melaksanakan pancasila karena itu bunuh diri. Ia beranggapan bahwa di jaman modern sekarang norma-norma pancasila sudah banyak yang tidak mengamalkannya karena menurutnya pemerintah pun tidak melaksanakannya dengan baik. 20 tahun. “contohnya kalau tetangga sakit jangan mendengarkan radio keraskeras”. 22 tahun. Ia beranggapan bahwa pancasila hanya di berlakukan .

“ jadi pancasila masih perlu di kembangkan lagi agar bisa lebih baik lagi “ ujarnya. ia pun beranggapan agar bangsa indonesia bis maju yang perlu di lakukan adalah terus belajar dan pada bidang hukum harus lebih baik lagi. Mengenai sila ke-5 keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia ia beranggapan bahwa keadilan belum bisa di tegakan di indonesia contohnya di bidang hukum dan ekonomi. ujarnya. Menurut pandangannya tidak ada ideologi yang sempurna. Menurut pandangannya bangsa indonesia sudah merdeka secara de jure namun secara de facto bangsa indonesia belum merdeka . “ saya sampai bingung ini yang salah pancasilanya apa masyarakatnya dan yang saya heran satu hal jika pancasila itu baik kenapa masyarakat sekarang masih belum menjadi baik seperti yang di harapkan “. Mengenai pemerintahan saat ini ia beranggapan bahwa pemerintahan saat ini buruk. sistemnya sudah rusak. Ketika kami menanyakan tanggapannya mengenai aksi bakar diri seorang mahasiswa yang bernama sondang hutagalung ia pun hanya menaggapi bahwa itu adalah aksi protes yang membakar dirinya.oleh sebagian masyarakat saja . Ia berpendapat bahwa pancasila sudah puluhan tahun ada di indonesia namun kenapa sampai saat ini belum berhasil dengan baik. makna kemerdekaan menurutnya adalah jika kita bisa mandiri tanpa tergantung sedikitpun pada orang lain. . Menurutnya pancasila pada jaman dahulu di terapkan dengan amat baik namun jaman sekarang lebih menonjolkan egonya masing-masing.

karena masyarakat yang semakin modern dan lebih condong ke budaya barat.BAB III PENUTUP A. Norma – norma dalam pancasila sekarang ini telah luntur digerus jaman. Hendaknya semua elemen masyarakat mengamalkan pancasila mulai dari diri sendiri. Kesimpulan Setelah wawancara dengan 20 responden saya menyimpulkan : 1. 4. 2. Hendaknya seluruh rakyat indonesia sadar untuk mengamalkan nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila sebagai Ideologi negara Indonesia. Dan harapan untuk bangsa Indonesia adalah sejahteranya seluruh rakyat Indonesia dan perubahan yang nyata dari semua rakyat dan juga pemimpinnya. Saran 1. mulai dari hal terkecil. 3. Keadilan dan kemerdekaan di Indonesia saat ini masih jauh dari harapan karena masih ada rentang yang jauh antara masyarakat golongan atas dan golongan bawah. . sebagian responden yang kami wawancarai mampu menghafalkan sila – sila yang terkandung dalam pancasila dengan baik. 2. mulai dari saat ini. B.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful