1 Juni 1796 – meninggal di Paris. 24 Agustus 1832 pada umur 36 tahun) adalah seorang fisikawan Perancis. keponakannya Marie François Sadi Carnot kelak menjadi Presiden Perancis. dan politikus.  Ayahnya adalah Lazare Nicholas Marguerite Carnot. seorang ilmuwan. Ia dinamai menurut seorang penyair Persia Sa'adi.SADI CARNOT Nicolas Léonard Sadi Carnot (lahir di Paris. perwira.  Nicolas Sadi Carnot meninggal akibat penyakit kolera  .

.

yang mengubah energi panas ke dalam bentuk energi lain. Karya Carnot diperbaharui oleh Benoit Paul Émile Clapeyron.Penemuan Carnot   Carnot menemukan dan merumuskan hukum kedua termodinamika dan memberikan model universal atas mesin panas. yang menyempurnakan dan menyelesaikannya. yang melakukannya dengan menggunakan rumus matematika yang pasti. energi kinetik (sekarang bernama siklus Carnot). sebuah mesin. dan Rudolf Clausius. mesin panas Carnot. dll. Di dalamnya termuat sejumlah asas seperti siklus Carnot. mis. terbit tahun 1824. efisiensi termodinamika. Karyanya yang paling utama adalah "Réflexions sur la puissance motrice du feu" (Refleksi Daya Gerak Api). . teorema Carnot.

.Hubungan Carnot dengan konservatif energi Sesuai dengan hukum konservasi energi yang menyatakan bahwa : “Energi dapat berubah dari satu bentuk ke bentuk yang lain tapi tidak bisa diciptakan ataupun dimusnahkan (konversi energi)” Penemuan Carnot mengenai Mesin Carnot merupakan salah satu contoh konservatif energi. Maka Sadi Carnot merupakan tokoh dalam hukum konservatif energi.

 Pada tahun 1824. seorang insinyur berkebangsaan Prancis. Siklus Carnot terdiri atas empat proses. memperkenalkan metode baru untuk meningkatkan efisiensi suatu mesin berdasarkan siklus usaha. yaitu dua proses isotermal dan dua proses adiabatik. Nicolas Leonardi Sadi Carnot.  Metode efisiensi Sadi Carnot ini selanjutnya dikenal sebagai siklus Carnot.Siklus Carnot Siklus adalah suatu rangkaian sedemikian rupa sehingga akhirnya kembali kepada keadaan semula.  .

.

.

 Proses AB adalah pemuaian isotermal pada suhu T1. Pada proses ini sistem menerima usaha WCD dan melepas kalor Q2 ke reservoir bersuhu rendah T2. Pada proses ini sistem menyerap kalor Q1 dari reservoir bersuhu tinggi T1 dan melakukan usaha WAB. Selama proses ini suhu sistem naik dari T2 menjadi T1 akibat menerima usaha WDA. . Selama proses ini berlangsung suhu sistem turun dari T1 menjadi T2 sambil melakukan usaha WBC  Proses CD adalah pemampatan isoternal pada suhu T2.  Proses DA adalah pemampatan adiabatik.  Proses BC adalah pemuaian adiabatik.Proses siklus carnot proses siklus Carnot sebagai berikut.

Mengingat selama proses siklus Carnot sistem menerima kalor Q1 dari reservoir bersuhu tinggi T1 dan melepas kalor Q2 ke reservoir bersuhu rendah T2. . Siklus Carnot merupakan dasar dari mesin ideal yaitu mesin yang memiliki efisiensi tertinggi yang selanjutnya disebut mesin Carnot. Usaha total yang dilakukan oleh sistem untuk satu siklus sama dengan luas daerah di dalam siklus pada diagram p – V. maka usaha yang dilakukan oleh sistem menurut hukum I termodinamika adalah sebagai berikut.

Efisiensi mesin Carnot  Untuk siklus Carnot berlaku hubungan Q1/Q2=T1/T2 sehingga efisiensi mesin carnot dapat dituliskan : Keterangan: η : efisiensi mesin Carnot T1 : suhu reservoir bersuhu tinggi (K) T2 : suhu reservoir bersuhu rendah (K) .

 Ia adalah anak seorang pengusaha bir yang kaya raya.  Setelah berusia 17 tahun Joule baru bersekolah dan masuk ke Universitas Manchester dengan bimbingan John Dalton. Inggris pada 24 Desember 1818. namun sedikitpun ia tidak pernah merasakan pendidikan di sekolah hingga usia 17 tahun. seorang ahli kimia Inggris yang begitu terkenal  . ia terpaksa hanya tinggal di rumah sepanjang hari.JAMES PRESCOTT JOULE Joule ini lahir di Salford. Hal ini disebabkan karena sejak kecil ia selalu sakit-sakitan akibat luka di tulang belakangnya. Lancashire. Sehingga.

.

maka suhu gas itu akan turun. . nama Joule diambil dari penemunya. Efek tersebut menyatakan bahwa gas dibiarkan berkembang ranpa melakukan kerja keluar. yaitu Hermann von Helmholtz dan Julius von Mayer juga menemukan hokum kekekalan energi bersama. Dengan demikian. atau kalor.Penemuan Joule    Joule akhirnya bekerja sama dengan Thomson dan menemukan efek Joule-Thomson. berhasil membuktikan bahwa panas(kalori) tidak lainadalah suatu bentuk energi. Mayer of Heilbronn. Joule (symbol J) adalah satuan SI untuk energi dengan basis unit kg. istilah ini pertama kali diperkenalkan oleh Dr. Joule bersama dua ahli fisika dari Jerman. James Prescott Joule. Hukum ini menyatakan bahwa energi tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan. mekanik.m2/s2. tetapi hanya dapat berubah bentuk menjadi energi listrik. dia berhasil mematahkan teori kalorik yang menyatakan panas sebagau zat alir. Efek tersebut merupakan prinsip yang kemudian dikembangkan dalam pembuatan lemari es. Joule disimbolkan dengan huruf J.

.Joule dan konservasi energi  Joule merupakan orang yang mencetuskan tentang hukum konservasi energi dimana energi tidak dapat dimusnahkan tetapi hanya dapat diubah bentuknya.

s).241506363×1018 eV (electron Volet). selain itu. nama Joule diambil dari penemunya. 2.  Joule diambil dari satuan unit yang didefinisikan sebagai besarnya energi yang dibutuhkan untuk memberi gaya sebesar satu Newton sejauh satu meter.  .239 kal(kalori).869×10-3 liter-atmosfer. satu Joule juga adalah energi absolute terkecil yang dibutuhkan (pada permukaan bumi) untuk mengangkat suatu benda seberat satu kilogram setinggi sepuluh sentimeter.m). Oleh sebab itu. 1 Joule sama dengan 1 Newton meter (symbol : N. atau 2. 0.7778×10-7 kwh(kilowatt-hour).  Ukuran 1 Joule juga dapat didefinisikan sebagai pekerjaan untuk menghasilkan daya satu watt terus-menerus selama satu detik atau satu watt sekon (symbol : W. istilah ini pertama kali diperkenalkan oleh Dr. konversi 1 joule adalah sama dengan 107 erg.Konversi satuan Joule Joule (symbol J) adalah satuan SI untuk energi dengan basis unit kg. James Prescott Joule. Ukuran 1 Joule mendekati sama dengan 6.778×10-4 wH(watt-houre). atau 9.m2/s2. Joule disimbolkan dengan huruf J. Mayer of Heilbronn.

.Penghargaan Joule  Berkat penemuan-penemuannya. Meskipun begitu. Joule hisup miskin dan menghabiskan masa tuanya dalam penyesalan dan kekecewaan karena banyak penemuan ilmiah digunakan untuk berperang. Tidak seperti ayahnya yang kaya raya. kedipuannya sangat sederhana. Joule menerima Copley Medal dan menjadi anggota Presiden Asosiasi Kemajuan Ilmu Pengetahuan di Inggris.