P. 1
Mengapa Kewirausahaan Menjadi Penting

Mengapa Kewirausahaan Menjadi Penting

|Views: 93|Likes:
Published by Yunita Selonika
buat yang mau jadi wirausahawan :D
buat yang mau jadi wirausahawan :D

More info:

Categories:Types, Reviews
Published by: Yunita Selonika on Mar 02, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial
List Price: $0.99 Buy Now

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
See more
See less

03/02/2013

$0.99

USD

pdf

text

original

MENGAPA KEWIRAUSAHAAN SANGAT PENTING?

“…Without entrepreneur, economies become poor and weak. The old will not exist; the new can not enter”

Pengalaman adalah guru yang sulit sebab ia memberikan ujian dulu kemudian baru pelajarannya

Tujuan pembelajaran:     Pada akhir sesi pembelajaran peserta diharapkan semakin menyadari peranan penting kewirausahaan. Pada akhir sesi pembelajaran peserta diharapkan menyadari kecenderungan pelaku kewirausahaan Pada akhir sesi pembelajaran peserta memahami kekuatan yang dimiliki usaha kecil Pada akhir sesi pembelajaran peserta mengerti faktor umum yang mengakibatkan gagalnya sebuah usaha kecil.

Meet America's Most Promising Company: Smashburger

Apakah dunia benar-benar masih membutuhkan yang burger lain? Dengan tiga besar penguasa burger-McDonald, Burger King dan Wendy's telah menyesaki mal dan jalan raya, dengan 28.000 lokasi di AS, pemain yang lebih kecil seperti Jack in the Box, Hardee dan Five Guys Burgers & Fries menambah sekitar 12.000 cabang.Tapi dengan semua pasokan yang masih ada permintaan yang besar: Penduduk Amerika mengkonsumsi 13 miliar burger per tahun yang berarti 43 buah untuk setiap pria, wanita dan anak-anak. Setengah laporan negara makan burger setidaknya sekali seminggu. "Hamburger adalah makanan favorit kami," kata Tom Ryan, pendiri Smashburger, seorang anak baru di bisnis burger. "Dan kita masih tidak puas."Itulah sebabnya pada tahun 2007 Ryan mulai membangun restoran burger yang cepat, terjangkau, dan bahkan layak dibicarakan. Ini bekerja: Di tengah resesi yang parah, perusahaannya Denver tumbuh hingga 143 lokasi (setengah perusahaan milik, setengah waralaba) dan $ 54 juta pada pendapatan tahunan pada akhir 2011. Keunggulan Smashburger ada pada campuran desain produk yang tepat dan pelayanan yang cepat. Seperti "fast casual" pesaingnya Chipotle Grill Meksiko, Panera Bread dan Così, Smashburger menawarkan tarif lebih menarik dan sedikit (kecil) dari pesaingnya dengan harga premium yang wajar. Selain burger, menu Ryan termasuk salad segar, tangan-breaded chicken sandwich, frites sayuran (flash-goreng wortel dan

asparagus), Haagen-Dazs milk shake, bahkan bir dan anggur. Harga rata-rata produk mereka: $ 8. (dimana produk McDonald Combo A: burger, kentang goreng dan minuman-berharga sekitar $ 6.)

"Saya pikir mereka mengerti. Dia menjual perusahaan." katanya. membuat kontak mata yang solid dan riang menjelaskan nuansa menu." katanya." Setelah lulus sekolah Ryan bekerja pada selai kacang Jif dan kopi Folgers untuk Procter & Gamble. "Kami berinvestasi lebih dalam hal-hal yang paling penting. percaya Anda mendapatkan apa yang Anda inginkan. adalah rekanan yang saling melengkapi. ke Vanguard Wireless untuk harga yang tidak diketahui pada tahun 1997.25) dan mendapatkan bonus "Cash Smash" untuk berbagai prestasi. di mana dia memimpin tim yang datang dengan boneka-kerak pizza. editor Burgerbusiness. Prokupek mengelola kekayaan keluarga Schaden. Karyawan baru di perusahaan memperoleh upah $ 9 jam an (upah minimum adalah $ 7. membeli paging kecil dan bisnis seluler. kasir tersenyum. orang-orang seperti saya. Franchisee tidak diharuskan untuk menggunakan model ini. Prokupek lankier. dan mulai mendapat lisensi spektrum. benar-benar layanan nilai yang baik dan pengalaman yang baik. di mana Ryan adalah kepala pemasaran. "Saya selalu terpesona oleh itu. terlihat sedikit seperti Joe Namath.Layanan merupakan hal yang penting juga. Para pembersih lantai rutin mengisi minuman dan membersihkan piring. Sebagai junior di University of Wisconsin-Madison ia mendapat pekerjaan di IBM.seorang quarterback yang telah berusia lebih. tapi banyak yang melakukannya. Pada tahun 2001 ia naik ke kepala pejabat pemasaran untuk McDonald di AS." Dave Prokupek. 50. ia mendapat tambahan 50 sen per jam. "Ada begitu banyak teknologi di belakang saus tomat dan mayones. Dia berhenti pada tahun 1989. Ryan dan Prokupek. CEO Quiznos. Jika memasak di bawah enam menit secara rata-rata.com. Manajer toko bisa mendapatkan bonus bulanan untuk 30% dari gaji dasar mereka-berdasarkan pendapatan bulanan dan opini pelanggan. CEO Smashburger. yang disebut NationPage. Pada tahun 1988 ia pindah ke Pizza Hut." kata Scott Hume. "Baby boomer. Mereka bertemu pada tahun 2003 melalui Rick Schaden. ia bekerja dalam kelompok LBO di Bankers Trust. Setelah sekolah bisnis di Kellogg School Northwestern University of Management. . Selama dua kunjungan terakhir ke rumah Smashburger dilokasi pusat kota Brooklyn. hal ini sehari-hari kita anggap remeh.

(Lihat Lampiran1) Untuk mengatasi masalah pengangguran dan kemiskinan telah banyak program yang telah disusun dan di terapkan. yang ia ditingkatkan dengan sandwich ayam. Jutaan dolar sudah diinvestasikan untuk dapat menciptakan proyek-proyek yang diharapkan bisa menurunkan tingkat pengangguran dan kemiskinan. Mereka bermain-main dengan resep dan desain dapur. Prokupek dikontrak pada sebagai penasihat diluar perusahaan. telah memberi pernyataan. dan menggunakannya sebagai laboratorium mereka. namun hasilnya belum memuaskan.” Kondisi yang sama saat ini juga dirasakan oleh beberapa negara-negara dengan tingkat perekonomian yang sebelumnya kuat dengan tingkat pengangguran yang rendah sekarang berubah menjadi negara dengan tingkat pengangguran tertinggi didunia. Sehingga ada satu hal yang pasti . Mereka membeli satu restoran. menguji ide dengan pelanggan setiap hari. Delapan belas bulan kemudian Prokupek menjadi CEO. sudah ada selama beberapa tahun.Ryan dan Prokupek bergabung pada tahun 2006." kata Ryan. Dalam sebulan restoran memiliki garis keluar pintu.com PERANAN KEWIRAUSAHAAN Masalah pengangguran dan kemiskinan merupakan suatu masalah yang menjadi perhatian pada setiap negara diseluruh dunia. sehingga Ryan untuk fokus pada menu. Akhirnya puas. memiliki arus kas dan dijual. "Icon Burger adalah menarik karena itu kecil. ketika Ryan memutuskan ia ingin membeli perusahaan burger. Tentunya masih segar didalam ingatan kita bagaimana Negara sebesar Amerika mengalami goncangan perkekonomian yang berakibat pula terhadap kestabilan perekonomian dunia. “Seperti yang dilansir oleh CNBCSabtu (18/8/2012) pemerintah AS . Sumber: Forbes. Icon Burger di Denver. angka pengangguran di 44 negara bagian meningkat. burger vegetarian dengan rasa lokal. mereka membuka Smashburger pertama di Denver pada bulan Juni 2007. Akan tetapi hingga kini solusi yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan ini masih belum ditemukan.

kita akan dapati yaitu: pengangguran dan kemiskinan masih bercokol diabat 21 ini. Para wirausaha. atau sudah bekerja pada sebuah instansi kemudian baru keluar dan mulai merintis usaha pada saat mendekati usia pensiun. Bagaimanapun. Apa yang sebenarnya terjadi? Yang hilang adalah Kewirausahaan. Para wirausaha sering menghasilkan solusi yang tepat dalam suatu kegiatan bisnis dan mereka selalu menentang status quo yang intinya adalah selalu menyukai perubahan. akan tetapi pada kenyataannya sebagaian rakyat hidup dibawah garis kemiskinan. Kewirausahaan merupakan faktor kunci seperti yang di ungkapkan oleh Prof. Para pemenang permainan wirausaha menjadi makmur dan berkuasa. yang baru tidak dapat masuk”. tetapi tanpa wirausahawan perekonomian menjadi miskin dan lemah. Yang tua tidak akan ada lagi. tidak diterima di perusahaan yang diidam-idamkan. “Tidak ada institusi pengganti untuk para agen wirausaha perorangan. ALASAN BERWIRAUSAHA Di Indonesia sampai saat ini masih banyak kita lihat orang baru mencoba memasuki dunia wirausaha setelah dia ditolak bekerja pada beberapa instansi pemerintah. mampu memanfaatkan peluang dan berani mengambil risiko. Secara alami mereka memiliki segala-galanya untuk kesejahteraan mereka. Peranan kewirausahaan dan budaya kewirausahaan dalam pembangunan ekonomi dan sosial sering kali diremehkan. setelah bertahun-tahun menjadi semakin jelas bahwa kewirausahaan memang berkontribusi terhadap pembangunan ekonomi. Sejarah menunjukkan bahwa kemajuan ekonomi telah maju secara signifikan oleh orang-orang yang memiliki jiwa kewirausahaan dan inovatif. mereka adalah para pengambil resiko yang sering melihat suatu peluang dari masalah masalah yang muncul yang bagi sebagian orang dianggap sebagai suatu ancaman bagi keberadaan mereka. situasi yang ditemukan mungkin lebih buruk. Sehingga bisa dikatakan wirausaha menjadi alternatif terakhir setelah gagal menjadi . Bagi Negara-negara yang dianugerahi kekayaan alam yang melimpah. Lester C Thurow (1999) di dalam bukunya Building Wealth1yang secara jelas menyatakan. Transformasi ide-ide menjadi peluang ekonomi merupakan inti dari kewirausahaan.

Memang untuk memulai berwirausaha seseorang HARUS memiliki keberanian dan tekad yang kuat karena dalam berwirausaha seseorang seringkali menemui banyak halangan dan ketidakpastian yang tidak ditemui pada saat seseorang menjadi pegawai. Hal lainnya adalah wirausahawan juga membantu masalah negara untuk mengurangi tingkat pengangguran. 2. Apabila berwirausaha merupakan sebuah pekerjaan yang “berat” mengapa anda harus tetap berfikir untuk menjadi seorang wirausaha? Mudah saja jawabannya karena dibalik kesusahan dan tantangan yang berat dalam berusaha PASTI ada sesuatu yang besar yang akan dapat anda peroleh. Seperti sebuah koin yang memiliki dua sisi dimana ada banyak alasan yang membuat anda menahan diri menjadi seorang wirausaha tapi sisi lainnya ada pula lebih banyak alasan mengapa menjadi seorang wirausaha bisa menjadi pilihan yang tepat bagi anda selain karena sudah terdesak. kenaikan gajinya tidak akan sebanding dengan kenaikan laba perusahaan yang diperoleh. Walaupun seorang pegawai dapat menghasilkan laba milyaran rupiah bagi suatu perusahaan. Ada beberapa alasan mengapa menjadi seorang wirausaha menjadi sebuah pilihan yang perlu anda pertimbangkan: 1.pegawai ataupun pegawai negeri bahkan baru akan berpikir menjadi wirausaha setelah mau pensiun atau mendapat PHK. karena dengan menjadi seorang wirausaha kita anda paling tidak dapat memberikan lapangan pekerjaan kepada paling tidak satu orang. Selain itu kenaikan gaji . Lihat saja pegawai negeri dengan golongan tertinggi tetap memiliki aturan-aturan gaji pokok dan beberapa tunjangan serta fasilitasnya. pemerataan kesejahteraan dan pengentasan kemiskinan yang masih menjadi masalah pelik di negara kita. Bebas secara keuangan Bila anda menjadi pegawai baik itu pegawai swasta atau pegawai negeri ada pasti ada batas maksimal dalam memperoleh penghasilan. Karenanya seorang wirausaha juga harus memiliki semangat dan komitmen yang tinggi dan mau bersusah payah di awal usaha untuk dapat menui kebahagiaan diakhir. Wirausahawan sebagai Pahlawan Bagaimana tidak seorang wirausahawan dikatakan sebagai pahlawan.

Wirausaha meraih kepuasan pribadi dengan menyadari bahwa mereka sendirilah daya dorong di balik bisnis mereka 5. Banyak orang bekerja pada orang lain hanya sebagai loncatan untuk mencari modal usaha dan modal relasi.terkadang tidak bisa mengimbangi kenaikan harga-harga kebutuhan hidup yang makin meningkat pesat. tidak terikat jam kantor . Mungkin berupa keinginan menyediakan perumahan yang murah dan layak untuk keluarga miskin. Karenanya sering kita dengar wirausaha orang yang bebas mengelola waktunya. seorang wirausaha akan mempunyai jam kerja yang bebas. Para wirausaha kini menemukan cara-cara untuk mengkombinasikan keprihatinan mereka terhadapa masalah sosial dengan keinginan menjalani hidup lebih baik . Kesempatan Melakukan Perubahan Semakin banyak wirausaha yang memulai usahanya karena mereka melihat kesempatan untuk membuat perubahan yang menurut mereka penting. Seorang Wirausaha bisa menentukan besarnya pendapannya yang sampai secara tak terbatas. Meski telah mendapatkan fasilitas yang bagus di perusaaan tidak jarang seorang dengan jiwa wirausaha keluar dan mengembangkan usaha sendiri dengan modal pengalaman bekerja. Selain itu meski kita memiliki prestasi yang baik jika pendidikan kita tidak cukup tinggi maka akan sulit untuk mendapatkan gaji yang tinggi. 4. 3. serta bebas dari pelanggaran disiplin kantor. Waktu bisa dibagi untuk kegiatan bisnis yang lain atau aktifitas lain. Apa bila bisnis yang dijalankan sudah berjalan dengan baik tidak perlu setiap hari kita pergi ke kantor karena bisa didelegasikan kepada orang lain. Bebas dalam mengelola Waktu Dengan mempunyai usaha sendiri. Meski wirausaha memerlukan disiplin yang tinggi tetapi dengan memiliki usaha sendiri kita bisa mengatur waktu sesuai kebutuhan kita sendiri tanpa diatur oleh orang lain. Sepertinya seorang wirausaha ingin menggunakan usaha yang dimilikinya untuk mewujudkan keinginan dalam hidupnya. atau mendirikan program daur ulang untuk melestarikan sumberdaya alam yang terbatas. Memiliki Peluang untuk Mengendalikan Nasib Anda Sendiri Memiliki suatu usaha memberikan kebebasan dan peluang pada wirausahawan untuk mencapai sasaran yang mereka anggap penting.

Kebanyakan wirausaha yang berhasil memilih masuk dalam bisnis tertentu. Kondisi ini akan memacu wirausaha untuk bekerja secara maksimal dan mengeluarkan kemampuan yang terbaik yang mereka miliki untuk dapat mempertahankan usaha yang di milikinya. Memiliki Peluang untuk Melakukan Apa yang Anda Suka Yang umum dirasakan oleh para wirausaha adalah kegiatan kerja yang mereka lakukan sesungguhnya bukanlah kerja. kesuksesan dalam berwirausaha adalah prestasi yang ditentukan oleh diri sendiri bukan ditentukan orang lain . Meski demikian ada kelompok kelompok tertentu yang dapat lebih cepat masuk dalam kegiatan kewirausahaan. Persaingan yang ketat memerlukan kemauan dan tekad keras. Adapun kelompok-kelompok itu adalah: . tidak menantang. tetapi lingkungan dimana seseorang itu hidup dan bersosialisasi akan memiliki pengaruh besar dalam perkembangan potensi wirausaha tersebut. dan tidak menarik. Tetapi pada seorang wirausaha kebanyakan mereka tidak merasa berbeda antara bekerja dan bermain. bisnis adalah persaingan menjadi yang terbaik.6. Hal kedua adalah semangat berkompetisi secara sehat. Motif berafiliasi juga juga perlu perlu diperhatikan karena karena wirausaha harus pandai pandai meningkatkan meningkatkan kemampuan manajerial yang mampu menggerakkan orang lain dengan sebaik-baiknya yang dilakukan dengan menjalin hubungan antar sesama yang yang baik.serta kesanggupan berpacu dengan keunggulan. Peluang untuk Menggunakan Potensi Sepenuhnya Terlalu banyak orang yang mendapatkan bawa pekerjaan mereka membosankan. dikarenakan mereka tertarik dan menyukai pekerjaan tersebut. 7. Dalam berwirausaha yang paling perlu perlu dikembangkan adalah motif berusaha dan bekerja keras. KECENDERUNGAN DALAM KEWIRAUSAHAAN Sebenarnya setiap orang memiliki potensi untuk jadi seorang wirausaha. Wirauasaha membuat kegemaran mereka menjadi pekerjaan mereka dan mereka sangat senang melakukannya. Motif ini mestinya menjadi filosofi dasar seorang wirausaha.

wanita pemiliki bisnis memiliki kelangsungan bisnis yang lebih tinggi dibandingkan keseluruhan bisnis di Amerika.5 juta karyawan atau 35 persen lebih banyak dari semua karyawan Fortune 500 di seluruh dunia.2 persen dibandingkan 66. Seorang penulis telah mengatakan unisex “Kewirausahaan Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia pada 2010 sekitar 60% UKM dikelola oleh perempuan Indonesia. Angga Bratadharma bersifat seperti celana jeans.4 trilliun pertahun34(1). Lebih dari 70 persen usaha-usaha baru para wanita memiliki usaha lebih dari 8. Perusahaanperusahaan yang dimiliki wanita mempekerjakan lebih dari 15.7 juta di Amerika dan menghasilkan penjualan sekitar $1. Wanita memiliki 36 persen dari semua bisnis-sekitar 7.WIRAUSAHA WANITA Saat ini pertumbuhan wirausaha wanita mengalami perkembangan yang cukup pesat dimana pertumbuhan wirausaha wanita di Amerika tiga kali lebih tinggi dari wirausaha pria. Hal ini tanpa disadari bahwa perempuan memiliki peranan penting dalam meningkatkan perekonomian negara.5 juta usaha kecil dan mempekerjakan lebih dari 17 juta orang dimana hal ini berarti terjadi peningkatan lebih dari 45 persen sejak era tahun 1990.35(1) . dimana di bidang ini seorang wanita dapat mengembangkan impian ataupun harapan terbesarnya”. 3. Adapun skala bisnis yang dibuka oleh wanita di Amerika cenderung lebih kecil dari yang dibuka laki-laki. tetapi dampaknya sama sekali tidak kecil. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ketahanan bisnis kaum hawa selama tiga tahun adala 72.6 persen untuk keseluruhan bisnis. Di Indonesia sendiri pada saat ini 60 % kegiatan usaha kecil atau yang dikenal juga dengan sebutan UMKN dikelola oleh kaum pengusaha wanita. Meskipun bisnis mereka cenderung tumbuh lebih lambat dari perusahaan yang dimilki pria.

berusaha untuk membuat sesuatu terjadi Kebebasan pribadi . kemampuan bisnis dan latarbelakang pekerjaan. kehumasan konsultan atau .citra diri yang berkaitan dengan status melalui peran mereka dalam perusahaan mereka tidak penting. Kepuasan kerja yang timbul dari keinginan untuk berada dalam kontrol   Titik Awal    Sumber pembiayaan       Karakteristik pribadi    Ketidakpuasan terhadap pekerjaan saat ini Pekerjaan sambilan di kampus. Perbandingan karakter antara wirausaha wanita dan pria dapat dilihat dari tabel dibawah ini: Perbandingan karakteristik antara wirausaha wanita dan pria Karakteristik   Motivasi Wirausaha Pria Prestasi .Karakteristik antara wirausaha wanita dan pria secara umum adalah tidak jauh berbeda. pekerjaan saat ini atau muncul dari pekerjaan saat ini Diberhentikan Ada kesempatan mengambil alih Tabungan dan asset pribadi Pembiayaan bank Investor Pinjaman dari teman dan keluarga Berpendirian keras dan persuasive Orientasi tujuan Inovatif dan idealistis Kepercayaan diri yang tinggi Antusias dan energik Harus menjadi bos       Fleksibel dan toleran Orientasi tujuan Kreative dan realistis Kepercayaan diri yang sedang Antusias dan energik Memiliki berhubungan   Latar Belakang    Tipe dari Usaha awal     Industri atau konstruksi  kemampuan dengan untuk lingkungan   Tabungan dan asset pribadi Hutang pribadi    Frustasi di tempat kerja Minat Perubahan keadaan pribadi   Wirausaha Wanita Prestasi – pencapaian tujuan Kebebasan – melakukan segalanya sendiri sosial dan ekonomi Usia saat memulai usaha sekitar 25-35 tahun Ayah seorang wirausaha Kuliah jurusan bisnis atau teknik Anak pertama Usia saat memulai usaha sekitar 3545 tahun Ayah seorang wirausaha Kuliah jurusan seni Anak pertama Ada kaitannya dengan usaha jasa – pendidikan. wirausaha wanita berbeda dalam hal motivasi.

yaitu pemandu makan malam interaktif di mana pelanggan dapat menelpon ke nomor telepon bebas pulsa dan mendapatka informasi tentang bermacam-macam restoran didaerah tersebut. Dengan beroperasi dari rumah Rodell. perwakilan penjualan AT&T. Keuntungan yang utama dalam bisnis paruh waktu adalah resiko yang lebih rendah apabila terjadi kegagalan dalam usaha yang dibangunnya.1 juta bisnis dari rumah-rumah mereka (oleh para ahli pemasaran kecenderungan ini diistilahkan sebagai Home Coming). Setiap malam dan akhir minggu. memutuskan bahwa cara terbaik untuk menguji gagasan bisnis mereka adalah dengan menjadi wirausahawan paruh waktu.WIRAUSAHA PARUH WAKTU Memulai usaha secara paruh waktu merupakan sebuah pintu masuk yang populer untuk secara total menjadi seorang wirausaha. para pengusaha paruh waktu akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk berwirausaha sampai akhirnya terbentuk bisnis yang sepenuhnya. Walaupun menjalankan bisnis secara paruh waktu berdampak terhadap pertumbuhan bisnis menjadi lebih lambat dari pada yang mereka inginkan BISNIS di RUMAH Bisnis di rumah (home base business) berkembang dengan sanagat cepat. Dengan berkembangnya usaha mereka. seorang insinyur di perusahaan konstruksi. kedua wirausahawan ini menjalankan The Teledine Group.dan peringkat mereka tumbuh dengan sangat cepat dimana secara rata-rata . Wirausaha paruh waktu mendapatkan yang terbaik dari kedua dunianya: mereka dapat masuk kedunia bisnis tanpa mengorbankan keamanan pendapatan dan fasilitas tetap dari pekerjaan utamanya. Banyak pengusaha paruh waktu ini “menguji suasana kewirausahaan” untuk melihat apakah gagasan bisnis mereka berhasil dan apakah mereka akan menikmati usaha mandiri yang mereka bangun saat ini. TELEDINE GROUP Adam Rodell. dimana para wirausaha di Amerika menjalankan lebih dari 27. mereka telah berhasil memperoleh pendaftaran dari lebih 300 restoran kedalam daftar jasa mereka. dan Frank Capristo.

seperti: Aturan 1 Pilih lokasi yang paling efisien untuk kantor anda. jadi pilihlah yang bagus. Sebagian bisnis rumah yang berhasil memusatkan diri pada kelompok pembeli atau spesialisasi tertentu Aturan 3 Bicarakan aturan bisnis dengan keluarga anda. Sekitar separuh dari wirausahawan dirumah menjalankan usahanya di kamar yang tidak terpakai. scanner. Hindari ruang tidur atau ruang keluarga anda Aturan 2 Pusatkan gagasan bisnis anda.bisnis rumah tangga baru lahir tiap 11 detik. seiring dengan kemajuan teknologi (computer dan peralatan komunikasi) yang megubah rumah sederhana menjadi “pondok elektronik”. mesin fax. tetapi ingat anda tidak perlu membeli semuanya sekaligus Aturan 6 Berpakaian yang Layak. Keputusan pemasaran anda yang pertama adalah nama perusahaan anda. Dimasa lalu bisnis dirumah cenderung berupa industri rakyat yang tidak menarik seperti kerajinan atau menjahit. printer. tetapi biasanya tidak membantu dalam menjual produk atau jasa anda Aturan 5 Beli peralatan yang benar. Meningkatnya jumlah wirausaha wanita dan paruh waktu akan terus menumbuhkan bisnis-bisnis yang bertempat dirumah. Hindari kecenderungan “segala hal untuk semua orang”. Tetapi bila diperlukan berpakaianlah yang layak seperti ketika bertemu dengan pelanggan. Untuk dapat berhasil dalam mengembangkan usaha di rumah ada beberapa “aturan” yang harus dituruti oleh para wirausahawan rumah. Hindari kecenderungan duduk-duduk . fotocopy. computer. Menggunakan nama Anda sendiri memang mudah. Perusahaanperusahaan di rumah dijalankan terutama oleh para wirausahawan wanita yang merupakan dua pertiga dari seluruh bisnis di rumah. Penelitian dari Link Resources Corporation menunjukkan tingginya tingkat keberhasilan usaha di rumah dimana ternyata 85 persen dari perusahaan-perusahaan jenis ini masih beroperasi setelah tiga tahun. Menjalankan bisnis dirumah berarti anda dapat lebih banyak berkumpul dengan keluarga atau sebaliknya keluarga anda juga dapat lebih banyak bersama anda Aturan 4 PIlih nama bisnis yang cocok. Kantor dirumah yang berkelengkapan baik harus memiliki telepon terpisah. Menjadi pekerja “kerah terbuka” memang menyenangkan.

pastikan penggunaannya produktif. Tidak seperti “Mom dan Pop” yang bekerja secara tradisional (suami sebagai atasan dan istri sebagai bawahan). Aturan 13 Bangga terhadap bisnis di rumah anda. Sebagai wirausaha di rumah.Berpakaianlah yang pantas jangan menggunakan pakaian untuk dirumah.jaringan.menggunakan baju tidur sepanjang hari Aturan 7 Belajar menjadi pengalih perhatian. Anda akan menggunakan banyak waktu menggunakan telepon. Mengelola sebuah bisnis kecil dengan pasangan tampaknya merupakan resep menuju . wirasutri menciptakan pembagian kerja berdasarkan keahlian dan bukan berdasarkan gender. Pastikan kantor anda menampilkan citra professional Aturan 11 Gunakan kotak pos. jaringan. Aturan 10 Bersiaplah bila bisnis Anda mengharuskan kedatangan klien kerumah anda. berilah penjelasan dengan baik bahwa anda sedang bekerja. Aturan 8 Sadarilah bahwa telepon dapat menjadi teman terbaik…. Saat ini wirausaha dan bisnis dirumah sangat dihargai. kerja di rumah memberi kesan kurang baik. Keterisolasian dapat menjadi masalah bagi kewirausahaan di rumah dan jalan terbaik untuk mengatasi hal ini adalah dengan membentuk jaringan. Cara terbaik untuk menghadapi perhatian sewaktu bekerja dirumah adalah dengan memilih bisnis yang benar-benar anda sukai. Kadang kala teman dan tetangga memiliki pandangan salah. bahwa karena anda berada dirumah. anda sedang tidak bekerja. disarankan menggunakan alamat kotak pos bukannya alamat rumah. Hal ini dapat menghindarkan tindakan criminal Aturan 12 Jaringan. Hanya beberapa dasawarsa yang lalu. Banggalah dengan Bisnis anda WIRASUTRI Wirasutri (copreneurs) adalah pasangan suami istri wirausaha yang bekerja bersama sebagai rekan kerja dalam bisnis mereka. Apabila perampokan dan pencurian meningkat. Bila seseorang dating mengobrol sewaktu anda bekerja. Atau musuh terburuk anda. Aturan 9 Tegaslah dengan teman dan tetangga.

kata Marcia Sherrill yang dengan suaminya William Kleinberg. sebuah perusahaan asessori dari bahan kulit. belajar membangun landasan hubungan kerja yang sukses sebelum mereka mendirikan bisnis. untuk meminimumkan konflik dan perebutan pengaruh  Kemampuan untuk saling mendorong semangat masing-masing dan “mengangkat” pasangan yang kurang bersemangat  Ada batas antara kehidupan bisnis dan kehidupan pribadi agar yang satu tidak mengganggu yang lain  Adanya rasa humor dalam mengelola bisnis ini bersama Meskipun wirasutri bukan untuk semua orang. menjalankan perusahaan Kleinberg Sherrill.”dengan menyatukan semua keterampilan ini satu tambah satu lebih dari pada dua”.pertengkaran yang akan berlangsung lama akan tetapi sebagian wirasutri mengatakan tidak. berbicara dan mendengarkan masalah-masalah baik pribadi maupun bisnis  Pembagaian peran dan wewenang yang jelas. tetapi untuk banyak pasangan kecenderungan menjadi sangat tepat dan mampu mendorong keberhasilan bisnis. “ Tidak ada yang lebih menarik daripada membina bisnis dan melihatnya tumbuh bersama-sama orang yang anda cintai”. Menurut seorang konsultan bisnis keluarga. Beberapa sifat yang mereka andalkan mencakup:  Membuat penilaian apakah kepribadian mereka akan menjadi sebuah sinergi yang baik atau malah menjadi sebuah konflik dalam lingkup bisnis  Saling menghotmati bakat masing-masing  Tujuan bisnis yang sesuai dengan tujuan hidup yang menjadi sebuah “visi bersama” dimana posisi mereka adalah sejajar bukan atasan atau bawahan  Keterampilan bisnis yang saling melengkapi yang diakui dan dihargai oleh masing-masing pihak dan mengarah pada identitas bisnis yang unik pada masing-masing pasangan  Kemampuan menjaga jalur komunikasi tetap terbuka. . Baik suami maupun istri bekerja untuk sasaran yang sama. Wirasutri yang berhasil. tetapi memusatkan pada bakat “masing-masing”. idealnya berdasarkan pada keterampilan dan kemampuan masing-masing pasangan.

serta (5) sumbangannya dalam menjaga neraca pembayaran melalui kegiatan ekspor Di Amerika dari 22 juta bisnis saat ini. Industri kecil di Amerika bergerak hampir disemua jenis industri. terutama dikaitkan dengan jumlah tenaga kerja yang mampu diserap oleh usaha kecil. Tidak hanya di Amerika di Indonesia Usaha kecil memiliki sumbangan yang sama besarnya terhadap perekonomian dan penyerapan tenaga kerja.839.75 juta dapat digolongkan sebagai usaha kecil. (2) penyedia lapangan kerja yang terbesar.KEKUATAN BISNIS KECIL Dalam perekonomian Indonesia sektor usaha kecil memiliki peran yang sangat besar dalam perekonomian.78 persen (2.775 orang) dan pada sektor industri besar hanya mampu menyerap tenaga kerja sebesar 2.22 persen (99. sekitar 21. melainkan juga menanggung beratnya melatih karyawan. Dalam situs Forbes.com diungkapkan bahwa sepuluh besar perusahaan Amerika yang paling menjanjikan dan memiliki ambisi global adalah usaha dengan skala yang kecil. Berdasarkan data yang di keluarkan oleh Kementerian Koperasi dan UMKM pada tahun 2010 jumlah tenaga kerja yang bekerja pada sektor UMKM memiliki porsi sebesar 97.401. (3) pemain penting dalampengembangan kegiatan ekonomi lokal dan pemberdayaan masyarakat. Seperti anda lihat pada tabel dibawah ini peringkat pertama untuk perusahaan . (4) pencipta pasar baru dansumber inovasi. dilakukan di dalam perusahaan sambil bekerja. Peran usaha kecil dalam perekonomian Indonesia paling tidak dapat dilihat dari beberap aspek seperti: (1) kedudukannya sebagai pemain utama dalam kegiatan ekonomi di berbagai sektor. Meskipun program pelatihan cenderung tidak resmi. dari cara menulis surat hingga pemakaian komputer.711). Penelitian yang dilakukan oleh Small Business Administration menyimpulkan bahwa bisnis kecil merupakan pemimpin dalam memberikan pelatihan dan peluang dan kemajuan pada karyawan. Perusahaan kecil tidak hanya menciptakan lapangan pekerjaan yang sangat besar. Usaha kecil memberikan pelatihan keterampilan umum lebih banyak dibandingkan dengan perusahaan besar. perusahaanperusahaan kecil mengajarkan keterampilan-keterampilan yang sangat berharga. meskipun kebanyakan perusahaan kecil terkonsentrasi dalam industri eceran dan jasa.

yang paling menjanjikan di Amerika di pegang oleh Smashburger yang memiliki hanya 67 karyawan tetapi mampu menghasilkan USD 39. .4 juta.

Dengan menelaah sebab-sebab kegagalan bisnis mungkin dapat membantu anda untuk menghindari masalah tersebut. Pengalaman jenis ini dapat benar-benar berpengaruh atas kegagalan atau keberhasilan. Hal ini akan memberikan pengalaman praktis dan pengetahuan tentang seluk beluk usaha tersebut. dan mengintegrasikan berbagai kegiatan usaha menjadi sesuatu yang sinergis. Sebagai contoh. Kadang-kadang menejer usaha kecil tidak memiliki kemampuan untuk menjalankan usaha tersebut dengan baik. Adapun sebabsebab kegagalan dalam usaha kecila adalah:  KETIDAKMAMPUAN MANAJEMEN Dalam kebanyakan usaha kecil.Idealnya. “Yang mematikan perusahaan biasanya tidak banyak hubungannya dengan kekuarangan uang.MENGAPA USAHA KECIL GAGAL dan BAGAIMANA MENGATASINYA? Karena keterbatasan sumberdaya. kurangnya pengalaman manajemen. kemampuan memvisualisasi. bila seseorang ingin membuka bisnis ritel pakaian sebaiknya ia mengerti seluk beluk dalam berusaha ritel pakaian tersebut dan cara paling mudah adalah bekerja pada sebuah usaha ritel pakaian. mengkoordinasi. calon wirausaha harus memiliki keterampilan teknis yang memadai (pengalaman kerja mengenai pengoperasian fisik bisnis dan kemampuan konsep yang mencukupi). jika dibandingkan dengan sesuatu yang lebih mendasar: seperti kurangnya penilaian yang baik dan pemahaman” kata seorang peneliti bisnis. dan kurangnya kestabilan keuangan merupakan beberapa hal yang menyebabkan kegagalan yang sangat cepat pada usaha kecil. dan keterampilan mengelola orang-orang dalam organisasi serta memotivasi mereka untuk meningkatkan tingkat kinerja mereka. Pemiliknya kurang mempunyai kepemimpinan dan pengetahuan yang diperlukan untuk membuat bisnis tersebut berjalan dengan baik. kurangnya pengalaman manajemen atau lemahnya kemampuan pengambilan keputusan merupakan masalah utama dari kegagalan usaha. bakat atau informasi.  LEMAHNYA KENDALI KEUANGAN .  KURANG PENGALAMAN Calon wirausaha perlu memiliki pengalaman dalam bidang yang akan dimasukinya.

Tetapi kegagalan perencanaan biasanya mengakibatkan kegagalan dalam bertahan hidup. Kekurangan Modal Banyak pemilik usaha kecil membuat kesalahan pada awal bisnisnya dengan hanya “modal dengkul” yang merupakan kesalahan. Praktek kredit dan penagihan yang buruk biasa terjadi pada banyak usaha kecil yang gulung tikar. Sebagai akibatnya. Apapun kasusnya. Beberapa wirausaha melihat peluang untuk mendapatkan keunggulan persaingan terhadap pesaing mereka dengan cara menawarkan penjualan kredit. Kelemahan Dalam Kebijakan Kredit Terhadap Pelanggan Tekanan terhadap usaha kecil untuk menjual secara kredit sangat kuat. sebuah bisnis tidak memiliki dasar yang berkesinambungan untuk menciptakan dan memelihara keunggulan bersaing dipasar. Tanpa suatu strategi yang didefinisikan dengan jelas. Membangun sebuah perencanaan strategis memaksa seorang wirausaha untuk menilai secara realistis potensi bisnis yang diusulkan. 2. Wirausahawan cenderung terlalu optimis dan salah menilai uang yang dibutuhkan untuk masuk kedalam bisnis. karena mereka mengira hal tersebut hanya bermanfaat untuk perusahaan besar. ruang untuk melakukan kesalahan dalam mengelola keuangan harus sangat diperkecil.  Gagal Mengembangkan Perencanaan Strategis Terlalu banyak pengusaha kecil yang mengabaikan proses perencanaan strategis. pemilik usaha kecil harus mengendalikan penjualan kredit secara hati-hati karena kegagalan mengendalikannya dapat menghancurkan kesehatan keuangan usaha kecil.Manajemen yang sehat adalah kunci keberhasilan usaha kecil. 1. mereka memulai usaha dengan modal yang terlalu sedikit dan tampaknya permodalan yang memadai tidak akan pernah tercapai mengingat perusahaan mereka memerlukan semakin banyak uang untuk mendanai pertumbuhannya. Ada dua kesalahan keuangan yang sering terjadi pada usaha kecil: kekurangan modal dan kelemahan dalam kebijakan kredit kepada pelanggan.”Saya tidak punya waktu” atau “Kami terlalu kecil untuk mengembangkan rencana strategis” kata mereka mencari alasan. Terutama pada sebagian besar bisnis kecil. . dan manajer yang handal menyadari bahwa semua keberhasilan usaha memerlukan kendali keuangan yang baik.

Tetapi perubahan yang paling penting terjadi dalam kemampuan manajerial. Sangat sering lokasi dipilih tanpa penelitian. perkembangan harus didanai dari laba ditahan atau tambahan modal dari pemiliknya. Meskipun penting untuk tidak membayar biaya sewa yang terlalu tinggi. pemilihan lokasi yang tepat untuk sebagian merupakan suatu seni-dan untuk sebagian lagi ilmu. sehat dan didambakan oleh semua perusahan. tetapi sebagaian besar bisnis mengambil pinjaman paling tidak untuk sebagian investasi modalnya.  Lokasi Yang Buruk Untuk bisnis apapun. investasi terbesar yang harus dilakukan pemilik usaha kecil adalah dalam persediaan. Akibat ketidaktepatan lokasi.  Pengendalian Persediaan yang Tidak Baik Umumnya. masalah-masalah cenderung meningkat proporsinya dan manajer harus belajar menangani hal ini. pengamatan dan perencanaan yang layak. Faktor lain yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan lokasi adalah besarnya sewa yang harus dibayar. Perluasan biasanya memerlukan perubahan besar dalam struktur organisasi. Pakar manajemen Peter Drucker menyatakan bahwa perusahaan yang baru berdiri dapat diperkirakan mengalami pertumbuhan terlalu pesat dibandingkan dengan basis modal mereka apabila penjualan mengingkat 40 sampai 50 persen. Tingakat persediaan yang tidak mencukupi akan . Dengan berkembangnya ukuran dan kompleksitas bisnis. Kadang-kadang wirausahawan mendorong pertumbuhan cepat. Beberapa pemiliki usaha memilih lokasi karena ada tempat kosong. penjualan tidak berkembang dan bisnis ini gagal. tetapi pertumbuhan haruslah terencana dan terkendali. Padahal masalah lokasi merupakan hal yang berbahaya apabila dilakukan secara untung-untungan. tetapi pemilik usaha harus membandingkan antara biaya dengan efek lokasi terhadap penjualan. dan bidang lainnya. namun pengendalian persediaan adalah salah satu tanggung jawab manajerial yang sering diabaikan.praktek-praktek bisnis seperti prosedur pengendalian persedian dan pengendalian keuangan. penugsan karyawan. yang akhirnya berakibat melawati kemampuannya dalam mengelola bisninya. Pertumbuhan Tak Terkendali Pertumbuhan merupakan sesuatu yang alamiah. Idealnya. Lokasi memiliki dua dal penting yaitu berapa biayanya dan berapa besar penjualan yang dapat dihasilkannya.

Situasi yang umum adalah pengusaha tidak hanya kebanyakan persediaan. majalah bisnis yang ada kaitannya dengan usaha anda.mengakibatkan kekurangan dan kehabisan stok. Hal ini dapat mengakibatkan pelanggan kecewa dan pergi. Mengenal Bisnis Anda Secara Mendalam “Bila anda masuk ke dalam suatu kegiatan yang tidak benar-benar anda ketahui . anda akan gagal” kata seorang konsultan usaha kecil. pelanggan. CARA MENGHINDARI KEGAGALAN Kita telah melihat alasan-alasan yang paling umum di balik kegagalan bisnis kecil.  Ketidakmampuan Membuat Transisi Kewirausahaan Berhasil melewati “tahap awal kewirausahaan” bukanlah jaminan keberhasilan usaha. Namun biasanya wirausaha yang cenderung menjadi orang yang cepat bertindak. tetapi juga terlalu banyak persediaan yang salah jenis. Baca segala macam hal yang mungkin seperti jurnal niaga. pertumbuhan biasanya memerlukan perubahan gaya manajemen yang secara drastic berbeda. Dapatkan pendidikan terbaik dibidang bisnis itu sebelum anda membuka bisnis anda sendiri. Sekarang kita harus mempelajari cara menghindari kegagalan dan memperoleh wawasan mengenai apa yang membuat usaha berhasil. Mengembangkan Rencana Bisnis yang Matang Untuk seorang wirausaha baru. Hubungan pribadi dengan pemasok. rancana bisnis yang ditulis dengan baik adalah resep yang sangat penting untuk keberhasilan bisnis. Pertumbuhan mengharuskan wirausahawan untuk mendelegasikan wewenang dan melepaskan kegiatan pengendalian sehari-hari-sesuatu yang biasaya tidak mampu dilakukan oleh banyak wirausahawan. Setelah berdiri. Banyak usaha kecil yang uangnya terlalu banyak mati tertanam dalam persediaan yang tidak bermanfaat. Kemampuan-kemampuan yang tadinya membuat seorang wirausahawan berhasil seringkali mengakibatkan ketidakefektifan menejerial. Tanpa rencana bisnis yang matang perusahan akan berjalan tanpa arah yang jelas. perkumpulan bisnis dan kegiatan lainnya dalam usaha yang sama adalah cara lain yang baik untuk memperoleh pengetahuan itu. sering kali melompat ke suatu usaha .

Hampir selalu catatan-cartatan ini digunakan untuk keperluan pajak dan pinjaman tetapi tidak dimanfaatkan sebagai pengendali yang vital. Jika anda secara fisik dan mental tidak siap. Belajar Mengelola Manusia Secara Efektif Tidak menjadi soal apa jenis usaha yang anda luncurkan. anda harus belajar mengelola manusia. Untuk benar-benar mengenal apa yang terjdi dalam bisnis. sebaiknya anda mengerjakan hal lain saja” kata seorang konsultan bisnis. Memang menghasilkan laba itu penting untuk dapat bertahan dalam jangka panjang. Keberhasilan . Jaga Kondisi Anda “Memulai usaha seperti lari marathon.tanpa meluangakan waktu untuk menyiapkan rencana tertulis yang menggambarkan pokok-pokok kegiatan bisnisnya. Mengelola Sumber Daya Keuangan Pertahanan terbaik untuk menghadapi persoalan keuangan adalah dengan mengembangkan system informasi keuangan dan kemudian menggunakan informasi tersebut untuk pengambilan keputusan usaha. “Kebanyakan wirausaha tidak memiliki rencana bisnis yang matang” kata seorang pengusaha.Orang-orang yang dipekerjakan oleh sang wirausaha pada akhirnya akan menentukan seberapa jauh perusahaan akan berkembang atau seberapa dalam perusahaan akan jatuh. Tidak ada pemilik bisnis yang dapat mengerjakan segala seuatu sendirian. Setiap usaha tergantung pada landasan karyawan yang terlatih baik dan termotivasi. tetapi sebuah perusahaan harus cukup memiliki uang untuk membayar tagiahn dan kewajiban lainnya. Memahami Laporan Keuangan Setiap pemilij usaha baru harus mengandalkan catatan dan laporan keuangan untuk mengetahui kondisi keuangan usahanya. seorang wirausaha paling tidak harus memiliki pemahaman dasar mengenai akuntansi dan keuangan.Dengan rencana bisnis yang seksama dan informasi keuangan yang baik dapa membantu dalam mengambil keputusan bisnis anda dan anda harus terus menerus memantau apa yang anda capai dibandingkan dengan apa yang anda rencanakan. Sumberdaya keuangan yang paling berharga untuk usaha kecil adalah uang tunai. Tidak ada wirausaha yang dapat mengendalikan bisnisnya tanpa mengetahui keadaan keungannya.

Jumlah pengangguran anak muda di zona Eropa mencapai lebih dari 22%. firma-firma yang berencana menutup pabriknya antara lain: PSA Peugeot Citroen. oleh sebab itu anda perlu memantau kesehatan anda dengan cermat.7% Meski tingkat pengangguran Prancis mencapai 9.3% GDP 2011: 1. Amerika Serikat (AS) yang harus merumahkan 8. General Motors dan peritel Conforama. Sebulan sebelum pilpres. Polandia Tingkat pengangguran: 9.Jutaan orang kehilangan pekerjaannya saat krisis keuangan global melanda pada 2008. tingkat pengangguran Polandia masih terbilang tinggi. Dia menyorot hilangnya 355. Lalu. Menurut serikat. Prancis Tingkat pengangguran: 9. reformasi buruh seperti membatasi pensiun dini seiring dengan ledakan kelahiran bayi Polandia pada 1980an telah meningkatkan partisipasi ketenagakerjaan dan mendorong pengangguran. sedangkan di Yunani dan Spanyol sendiri sudah melebihi 50%. Lemahnya pasar buruh di negara berekonomi terbesar kedua zona Eropa ini merupakan faktor utama yang menggiring peta politik Prancis ke tangan kandidat Sosialis. Menurut ekonom OECD Balazs Egert. Inilah 10 negara dengan tingkat pengangguran tertinggi di antara 50 negara ekonomi besar di dunia. LAMPIRAN 1 Detik. Pemerintah sudah berjuang untuk mencegah berbagai industri kelas atas supaya tidak tutup karena ini akan mengakibatkan lebih banyak lagi pengangguran.6% GDP 2011: 4. Anak muda mungkin yang paling merasakan dampak buruk prospek kerja yang suram kala itu.com . Francois Hollande dalam pilpres Mei lalu.terutama bila tidak dikendalikan. 9. Ditambah lambatnya pertumbuhan. Serikat buruh Prancis Mei lalu menekan Presiden Hollande untuk mencegah lebih dari 45 perusahaan menutup produksinya yang akan membuat 90. menandai rekor tertinggi dalam 13 tahun.3 juta orang selama resesi dan hanya 43% yang bisa kembali bekerja dalam jangka waktu 34 bulan.3% Meski Polandia merupakan salah satu yang mengalami tingkat pertumbuhan GDP tercepat dibandingkan negaranegara zona euro yang terlilit utang. dilansir dari CNBC (16/6/2012): 10.usaha anda akan sangat tergantung pada keberadaan dan perhatian anda secara terus menerus. negara ekonomi besar mana sajakah yang memiliki tingkat pengangguran tertinggi? International Labour Organization (ILO) menyusun data tingkat pengangguran rata-rata tahunan pada 2011 yang diperoleh dari sumber statistik nasional negara masing-masing.3% di 2011.000 lapangan kerja di bidang industri semasa lima tahun pemerintahan Sarkozy. .000 orang jadi pengangguran. Contohnya. Operator kapal ferry SeaFrance. lapangan kerja sekali lagi terguncang. Hollande beberapa kali menyerang incumbent Nicolas Sarkozy menggunakan fakta menurunnya sektor industri Prancis. produsen pakaian dalam wanita Lejaby dan kilang milik Petrolplus Swiss semuanya terancam. sebuah survey OpinionWay menunjukkan bahwa 40% pekerja Prancis percaya kalau pekerjaan mereka beresiko.Stress merupakan masalah utama. kini angka tersebut sudah naik lagi ke level 10%.

ArcelorMittal mengumumkan PHK massal untuk kawasan Eropa Timur yang mempengaruhi 1. namun jauh lebih tinggi dibanding rata-rata tahunan 2011 yang mencatat 9. tingkat pengangguran malah terus-terusan berada di kisaran 10%. Ditambah dengan fakta produsen besi baja kelas dunia. Hampir separuh wanita Turki pernah bekerja. Kekurangan pekerjaan dan upah rendah memicu eksodus massal pekerja dari Polandia ke negara-negara Eropa Barat seperti Jerman dan Austria. juga ada peningkatan permintaan pekerja dengan keterampilan level medium hingga tinggi dalam ekonomi Turki.5% Pertumbuhan pesat ekonomi Turki yang mengagumkan sepanjang satu dekade ini tidak sebanding dengan kekuatan di sektor lapangan kerjanya.“Jika Anda menciptakan lapangan kerja baru. faktor utama di balik tren ini adalah peningkatan jumlah orang yang meninggalkan sektor agrikultural dan pindah ke area urban. Menurut ekonom senior OECD Rauf Gonec. tapi tingkat penganggurannya masih termasuk yang paling tinggi di Amerika Latin.6% pada Mei. Kaum muda yang paling merasakan dampak krisis lapangan kerja. turun 0. pemerintah memberi bisnis kecil dan menengah „jeda sementara‟ untuk tidak membayar pajak penghasilan demi menggenjot jumlah penerimaan karyawan baru. 7. Ada peningkatan kekhawatiran bahwa kaum muda ini akan terus menganggur selamanya.215 atau hanya sepertiga dari upah kerja di Jerman.8% Pertumbuhan GDP 2011: 5. Tingkat pengangguran Polandia mencapai 12. pekerjaan-pekerjaan ini diimbangi dengan peningkatan besar dalam angka partisipasi. Untuk mencapai hal ini. Venezuela yang duduk di peringkat kedua. Maret lalu. Pada 2010. ada perbaikan pada tingkat pengangguran kaum muda beberapa tahun belakangan. Tingkat pengangguran anak muda melonjak hingga 26. Sementara golongan buruh punya keterampilan lebih rendah dan menciptakan ketidakseimbangan antara permintaan buruh dan suplai.” kata Egert.1%. Quibdo mencatat tingkat pengangguran sangat tinggi yaitu 19.8% dari 11.4% pada Maret tahun ini. Hal ini menyebabkan diterapkannya pembatasan pekerja Eropa Timur untuk memasuki pasar kerja mereka tahun lalu.5% di Desember 2007. Menurut studi terbaru OECD. dari 17. 1 bahkan lebih dari 5 anak muda menganggur.5% pada 2014. “Perusahaan Turki tidak bisa menemukan suplai buruh terampil yang cukup di area yang mereka siapkan untuk mempekerjakan lebih banyak orang. Upah bulanan rata-rata Polandia pada 2011 adalah US$ 1. Krisis utang zona Eropa yang terus memburuk dan lambatnya pertumbuhan ekonomi memaksa produsen besi baja untuk menghentikan atau mengurangi produksinya. angka tersebut masih lebih tinggi 2% daripada negara tetangganya. ibukota Kolombia Barat. menurut OECD.8% saat 2010. Hanya 24% wanita berpendidikan dasar yang memiliki pekerjaan.7% pada Maret dari 18. tapi sebagian besar berhenti karena kewajiban keluarga atau kondisi bekerja yang memprihatinkan. porsi ketenagakerjaan wanita hanya 29% dari total pekerja 6. Meski tingkat pengangguran Kolombia tahun ini turun menjadi 10.9 juta menurut ILO. Dengan pertumbuhan GDP tahunan rata-rata melampaui 7% sepanjang 2002 – 2006. Selain itu. Namun tahun lalu IMF memperingatkan pemerintah bahwa hambatan utama penerimaan kerja formal di Kolombia adalah relatif tingginya upah minimum kerja. 8.8% Pertumbuhan GDP 2011: 8. Ketika partisipasi anak muda dalam ketenagakerjaan telah meningkat. Tingkat pengangguran kaum muda menurun dalam lima tahun terakhir. Pemerintah Kolombia telah meloloskan legislasi Desember lalu yang menargetkan angka pengangguran hanya 8. Sementara itu.” kata Gonec.9% Kolombia telah berkembang pesat sejak pemerintah berhasil mengendalikan perang sipil dan pemberontakan. pemerintah Kolombia menaikkan upah minimum kerja . jumlah partisipasi wanita dalam ketenagakerjaan Turki masih rendah. Kolombia Tingkat pengangguran: 10. Pada 2011.000 pekerja di Polandia.6%. Turki Tingkat pengangguran: 9.1% pada Desember 2007 menjadi 15.3% dari April.

1%. Iran Tingkat pengangguran: 11. Tingginya tingkat pengangguran menimbulkan tren baru beberapa tahun belakangan.9% pada triwulan pertama 2012 karena negeri ini bergumul dengan resesi terberat yang pernah mereka alami sejak 1970an. angka pengangguran telah melampaui 13. kekurangan investasi asing langsung dan penurunan produksi minyak telah melukai ekonomi Iran dan sangat berpengaruh pada kondisi lapangan kerja negeri Timur Tengah ini. Tapi analis mengatakan angka sebenarnya mungkin bisa dua kali lipat dari yang disebutkan tadi.2% Sektor yang paling terpengaruh utang Spanyol salah satunya adalah industri perkapalan. 6. ada sekitar 17. IMF mengatakan.4 juta tenaga kerja pria dari total 21 juta orang dalam lapangan kerja Iran.7% Pertumbuhan GDP 2011: -1. Di tahun yang sama.000 karyawan ketika properti Irlandia booming pada 2008. Mei ini tingkat pengangguran Irlandia turun tipis ke angka 14. Di sini.7% Irlandia mengakhiri 2011 dengan gugurnya industri jasa dan rata-rata angka pengangguran tertinggi dalam sejarah 20 tahun terakhir. Program penghematan ketat yang diimplementasikan pemerintah sebagai imbalan paket bailout US$ 116 milyar dari Uni Eropa dan IMF malah makin menyulitkan terciptanya lapangan kerja baru di Portugal. tingkat pengangguran untuk usia di bawah 25 tahun adalah 29.4% Pertumbuhan GDP 2011: 0. salah satunya adalah ketika Bank of Ireland mem-PHK 1. Dari beberapa kejadian paling mencolok. Menurut otoritas berwenang. Irlandia berada di peringkat tiga sebagai negara yang warganya paling banyak mendapat visa Australia untuk imigran terampil. Tingkat pengangguran di kalangan anak muda juga melesat ke level 36.1%. hanya memiliki 13. Jika lebih tinggi lagi. masih jauh dari catatan 2007 sebelum krisis fiskal dan perbankan melanda yaitu 4. Portugal Tingkat pengangguran: 12.200 karyawan di akhir 2012. harus merumahkan 700 dari ribuan karyawannya selama beberapa tahun terakhir. Bank of Ireland. angka ini melonjak ke 14. Telah berkurang banyak dari masa puncaknya yakni di atas 16. Ditambah.000 wanita yang menganggur dibandingkan pria yang mencapai 2.3%.5% (data terbaru yang tersedia per 2009) Pertumbuhan GDP 2011: Sanksi Barat.000 per tahun. 4. Naval Shipyards. maka pemerintah kemungkinan harus membayar lebih banyak untuk benefit pengangguran. penambang bisa mendapat upah hingga US$ 150.7 juta pengangguran. Banyak mantan karyawan yang sekolah/kuliah lagi atau cari kerja di luar negeri. Pada 2009. Iran juga memiliki partisipasi ketenagakerjaan wanita yang rendah.sebanyak 4% menjadi US$ 300 per bulan setelah tingkat inflasi naik ke level 3.5% Meski tingkat pengangguran Portugal sepanjang 2011 tercatat 12.5%. lulusan perguruan tinggi punya kemungkinan menganggur 10 kali lipat lebih tinggi dibanding orang dengan kualifikasi lebih rendah. Seperti negara Timur Tengah lainnya. Eksodus ini berhasil mencegah tingkat pengangguran Irlandia melejit hingga 23% seperti Spanyol atau 18% seperti Yunani. 5. Tingginya angka pengangguran memicu berbagai protes yang digerakkan kaum muda negeri tersebut. Namun karena banyak pekerjaan formal yang tidak membayar upah layak untuk orang-orang Iran menghidupi kebutuhan sehari-harinya. Kaum pekerja yang mati-matian ingin keluar dari suramnya ekonomi Irlandia membuat terjadinya ledakan sumber daya di Australia Barat.7%. Menurut Pusat Sensus Iran. hanya 740. Menurut Menteri Ketenagakerjaan.000 karyawannya. upah minimum kerja menaikkan ongkos buruh. . Irlandia Tingkat pengangguran: 14. satusatunya produsen Portugal yang masih membangun kapal-kapal baru. mungkin angka sebenarnya lebih tinggi. satu-satunya pemberi pinjaman Irlandia yang menolak nasionalisasi setelah sekelompok investor Amerika Utara datang untuk menyelamatkan mereka tahun lalu. sekitar 15% warga Iran usia aktif bekerja kini menganggur.7% atau level perkiraan dalam perjanjian bailout 2012.

Lapangan kerja baru tercipta di sektor ritel dan manufaktur.7% Pertumbuhan GDP 2011: 3.9 juta dari 45 juta warga Spanyol kini tak punya pekerjaan lagi dan menandai rekor tertinggi dalam sejarah 14 tahun terakhir. Sulitnya mencari pekerjaan. situasi di Afrika Selatan bukanlah kasus baru. Spanyol memiliki tingkat pengangguran paling tinggi di antara negara-negara Eropa lainnya. 2. Pertumbuhan ekonomi juga tetap di bawah 7%. tapi juga saudara-saudaranya. Faktor penyebab utama tingginya pengangguran di Afrika Selatan adalah sejarah apartheid negara ini.000 orang yang kini tidak digaji lagi.1 juta warga Yunani kini menganggur atau 42% lebih tinggi dibanding Februari periode tahun lalu. Tingkat pengangguran Afrikas Selatan sudah melampaui 20% sejak 1997. Seperti membayar uang sekolah dan tagihan . Salah satu kasus PHK terbesar pada 2011 adalah grup media Prisa yang akan memangkas 2. Jumlah pengangguran berdampak besar terhadap konsumsi domestik yang mempengaruhi GDP Spanyol. telah menyulut kemarahan masyarakat yang menentang partai-partai politik pro bailout. Tidak seperti kasus di Eropa yang mengalami peningkatan pengangguran pesat. hingga lebih dari 1 di antara 5 orang kini menganggur. Tingkat pengangguran paling tinggi berada di pusat kota Yunani. Spanyol Tingkat pengangguran: 21. Spanyol jatuh ke dalam resesi pada pertengahan 2008 ketika terjadi bubble properti yang menyebabkan sektor jasa dan konstruksi bertumbangan.3% atau dua kali lipat rata-rata Uni Eropa.500 karyawannya atau setara dengan 18% dari total karyawan. angka pengangguran Spanyol meningkat ke 21. ditambah pemotongan gaji dan dana pensiun sebagai bagian dari program penghematan anggaran. Di triwulan pertama 2012.1% Afrika Selatan merupakan negara Afrika berekonomi terbesar sekaligus pemilik tingkat pengangguran tertinggi di antara 50 negara ekonomi terbesar dunia. Menurut bank sentral.7%. 1. Di triwulan pertama tahun ini. Jumlah kasus bunuh diri meningkat 40% pada paruh pertama 2011 dibandingkan periode yang sama setahun sebelumnya. setelah rata-rata 2011 tercatat 17. persentasenya mencapai 75% dari penghasilan yang disisihkan. khususnya Athena. Mencetak rekor pengangguran baru yakni 21. Jika ditotal. Sekitar 4. Hanya sedikit sekali dari 1 juta orang yang kehilangan pekerjaannya saat resesi telah menemukan pekerjaan baru. Menurut Theo Sparreboom.9% Resesi Yunani sudah sedemikian parahnya. ekonom buruh senior di ILO.7% pada Februari 2012.7% Pertumbuhan GDP 2011: -6. Mereka yang masih bekerja tidak hanya harus menopang anggota keluarga inti. Yunani Tingkat pengangguran: 17. Tingginya pengangguran juga berakibat meningkatnya utang rumah tangga di Afrika Selatan.6% Pertumbuhan GDP 2011: 0. ada sekitar 32.3. Pemotongan anggaran sebagai syarat bailout Uni Eropa dan IMF menyebabkan banyak perusahaan tutup dan bangkrut. apartheid telah menciptakan pasar gelap ketenagakerjaan.2% dibanding triwulan terakhir 2011 yang „hanya‟ 23. Afrika Selatan Tingkat pengangguran: 24. 1. Penjualan ritel mencatat penurunan tertajam dalam dua tahun terakhir ketika Maret lalu anjlok jadi 8.6% year-onyear. Minim lapangan kerja dan menurunnya kualitas hidup juga mempunya dampak psikologis. Ini merupakan tahun kelima ekonomi Yunani kembali terpuruk. Pada triwulan pertama 2012. namun sektor konstruksi. Hidup warga Yunani yang masih bekerja jadi makin sulit karena upah minimum bulanan dipotong sekitar 1/5 menjadi US$ 720 untuk menggenjot perekrutan kerja baru.7% Sebagai negara berekonomi terbesar keempat di zona euro. Sektor publik juga mengalami perampingan besarbesaran. Hal ini menyebabkan PHK besar-besaran dan melipatgandakan jumlah pengangguran saat itu. Sekitar 54% kalangan usia 15-24 tahun tak punya pekerjaan.9%. angka pengangguran melambung hingga 25. pertambangan dan penggalian ramai-ramai mengurangi jumlah pekerja.

BUKU REFERENSI Zimmerer Thomas W & Norman M Scarborough.kesehatan. Prenhallindo . 2002. Para ahli mengkhawatirkan masalah utang Afrika Selatan akan makin memburuk seiring bank-bank terpaksa mengambil pinjaman tak aman/terjamin. Pengantar Kewirausahaan dan Manajemen Bisnis Kecil.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->