P. 1
Perkembangan Volkswagen Kodok

Perkembangan Volkswagen Kodok

|Views: 199|Likes:
Perkembangan VW kodok
Perkembangan VW kodok

More info:

Published by: Prisman Cahya Nugraha on Mar 02, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/26/2013

pdf

text

original

Perkembangan Volkswagen Kodok

Volkswagen Beetle (1938 – 2003)

Volkswagen Tipe 1 (Kodok) Volkswagen Beetle, atau Volkswagen Tipe 1, adalah sebuah mobil kecil yang diproduksi oleh Volkswagen. Juga dikenal dengan VW Kodok di Indonesia atau Bug dalam bahasa Inggris, atau Käfer dalam bahasa Jerman, VW Kodok merupakan salah satu mobil yang paling mudah dikenal di dunia, dikarenakan oleh bentuknya yang khas, bunyinya yang unik, dan kehandalannya. VW Kodok diproduksi mulai tahun 1938 sampai 2003, walau sempat terhenti oleh Perang Dunia II. Pada rentang masa yang panjang ini, lebih dari 21 juta VW Kodok dibuat. Dalam sebuah polling internasional untuk penghargaan mobil yang paling berpengaruh, VW Kodok menempati peringkat keempat setelah Ford Model T, Mini dan Citroën DS. Asal mula mobil ini berasal dari zaman Nazi Jerman pada tahun 1930an. Adolf Hitler menginginkan agar kendaraan pribadi dapat tersedia untuk masyarakat umum, dan menugaskan seorang insinyur, Ferdinand Porsche, untuk merancang kendaraan tersebut. Hitler mensyaratkan bahwa kendaraan ini harus mampu mengangkut dua orang dewasa dan tiga anak kecil, pada

dan mengkampanyekan dalam iklan sebagai 'Der Deutsche Volkswagen' (mobil rakyat Jerman). dan Standard memproduksi Superior. pabrik tersebut telah dapat memproduksi 1. dan Käfer sendiri bukan didesain berdasarkan rancangan Ganz. ia kemudian berhasil meyakinkan angkatan bersenjata Inggris untuk memesan 20.000 mobil per bulan. dan popularitas mobil telah menyebar ke berbagai penjuru dunia. Mayor Ivan Hirst. yang dinamakan Käfer. (Ia kemudian kabur ke Swiss). Adler memproduksi Maikäfer. Produksi VW Kodok "Type 1" berkembang pesat dari tahun ke tahun. pada 1920-an. Escarabajo di Spanyol dan Amerika Latin. namanya biasanya berupa istilah yang mencoba menggambarkan bentuknya yang unik: Käfer di Jerman. Bug di Amerika Serikat. Pada tahun 1946.kecepatan 100 km/jam. Hirst diperintah untuk mengepalai pabrik yang telah rusak dibombardir Sekutu dan dikuasai Amerika Serikat. Joseph Ganz telah merancang mobil yang mirip. Sedan. lalu Fusca di Brasil. Ketika Nazi mulai berkuasa. Perusahaan Volkswagen dapat bertahan setelah Perang Dunia atas usaha seorang tentara Inggris. Carocha di Portugal. namun para produsen mobil tidak tertarik. Pada 1973. dan tentunya Kodok di Indonesia. Volkswagen Kübelwagen (1940 – 1945) . Menurut Volkswagen. Setelah perang. tidak hanya Ganz yang telah merancang mobil dengan desain mirip. yang merancang prototipe mobil yang mirip dengan Superior. Kever di Belanda. Maggiolino di Italia. produksi telah mencapai 16 juta. Hipushit di Israel. Dimulai dengan usahanya membuang bom yang tidak meledak yang tersangkut di antara mesin produksi. dan harganya tidak melebihi harga sepeda motor ditambah harga boncengan samping sepeda motor pada waktu itu. Sedán atau Vocho di Meksiko. karena walaupun secara resmi Ferdinand Porsche adalah perancangnya. Mobil tersebut lebih kecil dan lebih murah. Косτенурка (Kostenurka) di Bulgaria (yang berarti kurakura). Mobil ini memiliki nama julukan yang berbeda-beda pada setiap negara. ‫( ةةةةةة‬Ag-ru-ga) in Iraq. Boble (gelembung) di Norwegia. Coccinelle di Perancis. Garbus (yang berarti 'Bongkok') in Polandia. dan pada 1954 mencapai 1 juta mobil. kotseng kuba (yang berarti 'mobil punggung bongkok')/"pagong" (kura-kura) di Filipina. Pemerintah Nazi kemudian mendekati Porsche. Perancang mobil yang sebenarnya masih kontroversial. Brouk di Republik Ceko. mereka menyukai Superior. Buba di Kroasia. namun tidak lama kemudian. Kemungkinan alasan dipenjaranya Ganz adalah karena Nazi mengetahui bahwa ia adalah seorang Yahudi. justru dua produsen sepeda motor yang tertarik. Joseph Ganz dimasukkan ke penjara. Σκαθάρι (Scathari yang berarti kumbang) atau Σκαραβαίος (Scaraveos yang berarti kumbang jenis Scarabaeidae) di Yunani.000 mobil.

(dinamai Wolfsburg setelah 1945). mobil harus bisa mengangkut 3 orang dan sebuah senapan mesin beserta peluru-pelurunya. bodinya dibuat oleh Ambi Budd Presswerke di Berlin.435 unit. yang memasangkan pintu dan bentuk lebih di-kotak-kan. Pada tahun 1937 sebuah prototip mobil berhasil di adaptasi untuk memenuhi spesifikasi itu dan yang kemudian dikenal sebagai Tipe 62. Ini juga membuat kendaraan semakin tinggi dan membuatnya cocok untuk medan "off-road". Kuberlwagen kemudian terus dimodifikasi dan diberi kode Tipe 82. sebuah Kubelwagen tanpa pintu. tetapi harus dimodifikasi untuk memungkinkan kendaraan dapat berjalan pada kecepatan dibawah 5 mph. yaitu. Ferry. Dengan sasis dan mekaniknya dibuat di Stadt des KdF-Wagens. Hal ini dicapai oleh putra Ferdinand.Volkswagen Tipe 82 Ada agenda lain sewaktu Porsche diberi kontrak untuk menrancang dan membangun Volkswagen. dimana produksi Kubelwagen tersebut mencapai 50. Kubelwagen diturunkan dikancah pertempuran. Setelah modifikasi selanjutnya. yang mempunyai ide yang cemerlang untuk memasang "reduction gears" pada "hub-hub" roda belakang. Volkswagen Schwimmwagen (1940 – 1944) Volkswagen Type 166 'Schwimmwagen' .

dan 6 mph diair. kendaraan prototip lainnya muncul dari model KdF-Wagen yang merupakan kendaraan yang dapat berjalan di darat dan di tempat yang berair. Kali ini campuran antara chasis Kubelwagen dan body KdF-Wagen dengan kemampuan "four wheel drive" (benar. Schwimmwagen. yang dinamai Tipe 128. Type 166 adalah kendaraan amfibi yang paling banyak diproduksi di dunia sampai saat ini. Kodok 4x4.Pada tahun 1940. ini adalah kesukaan saya). Karmann & Hebmuller (1949 – 1952) . muncul derivatif lainnya dari KdF-Wagen. Kecepatannya didarat adalah 50 mph. termasuk 2 unit dibangun dari spare-part yang tersisa pada akhir perang. Volkswagen Kommandeurwagen (1942 – 1948) Volkswagen Kommandeurwagen Pada tahun 1942. Jumlah seluruh produksi Kommandeurwagen mencapai 669 unit.283 unit. Schwimmwagen terus dikembangkan menjadi sebuah kendaraan kecil dan cepat yang dinamakan Tipe 166 dan diproduksi selama tiga tahun mencapai jumlah 14.

Beberapa perubahan dilakukan terhadap Kodok selama beberapa tahun.Hebmüller Cabriolet Dua mobil konvertibel pabrik yang telah disetujui tampil untuk diekspor.Hebmuller ternyata tidak sesukses Karman dan Hebmuller kemudian jatuh bangkrut pada tahun 1952. termasuk dihilangkannya jendela split yang diganti dengan jendela oval kecil pada tahun 1953 dan juga ukuran mesin diperbesar. Tahun 1958 jendela oval menghilang dan diganti dengan jendela yang sedikit lebih besar. produksi Kodok mencapai 1 juta unit. Pada bulan Agustus 1955.) Volkswagen Type 2 . Volkswagen Type 2 (1950 . membuatnya menjadi mobil yang sangat dicari-cari. Karmann konvertibel dengan empat tempat duduk yang dibangun oleh Karmann dari Osnabruck dan sebuah konvertibel Hebmuller dengan dua tempat duduk yang dibangun oleh Hebmuller dari Wulfrath. yang kemudian lebih diperbesar lagi. Total produksi Hebmuller mencapai kira-kira 750 unit.

Volkswagen Karmann Ghia (1955 – 1974) Volkswagen Type 14 Volkswagen Karmann Ghia adalah sebuah mobil berjenis coupe dan konvertibel yang diproduksi pada tahun 1955-1974 oleh Volkswagen.000 unit Karmann Ghia diproduksi di Jerman. Dodge A100. setelah pada model sebelumnya mereka meluncurkan Beetle. Volkswagen Type 3 (1500/1600) (1961 – 1973) . dan menjadi mobil yang paling banyak diimpor Amerika Serikat saat itu. didesain oleh Luigi Segre.600 unit mobil ini untuk pasar Amerika Selatan pada tahun 1962 sampai 1975. dan Corvair 95 Corvan. Di pasar Amerika Serikat mobil ini bersaing dengan Ford Econoline. Lebih dari 445. Produksi mobil ini kemudian meningkat 2 kali lipat setelah diluncurkan. Mobil ini menggabungkan sasis dan mekanikal dari Volkswagen Beetle. resminya Transporter atau Kombi (nama panjangnya adalah Kombinationskraftwagen) adalah sebuah mobil van yang diperkenalkan pertama kali tahun 1950 oleh perusahaan otomotif Jerman Volkswagen. tidak termasuk dengan varian Type 34. Mobil ini pada awalnya berperan sebagai model kedua dari Volkswagen.Volkswagen Type 2. dan pengerjaannya dibuat dengan tangan oleh Karmann. Untuk pasar Eropa mobil ini bersaing dengan Renault Estafette dan Ford Transit. Karmann Brazil juga memproduksi 41.

VW Type 3 mendiversifikasi produk-produk jajaran VW yang sebelumnya sudah ada. yaitu Type 1 (Beetle).Volkswagen 1600TL (Fastback) Volkswagen Type 3 (dijual dengan nama Volkswagen 1500 dan kemudian Volkswagen 1600) adalah jajaran mobil kecil yang diproduksi oleh pabrikan otomotif Volkswagen (VW). Internationale AutomobilAusstellung (IAA) 1961. Type 14 Karmann Ghia. Model 1500 dan 1600 ini memiliki rem cakram untuk ban depan Volkswagen Type 4 (1968 – 1974) Volkswagen 411 / Volkswagen 412 . yaitu mesin berpendingin udara dan terletak di belakang. berpenggerak roda belakang. Mobil ini pertama kali diperkenalkan di Frankfurt Motor Show. dan Type 2 (Bus) — dengan tetap mempertahankan prinsip-prinsip teknik yang mereka anut.

juga dengan mesin terbesar pula. dan merupakan kelanjutan sekaligus perbaikan dari Volkswagen Kübelwagen. meskipun penjualan untuk mobil sipil telah dihentikan pada tahun 1980. dan Safari di Meksiko. dikenal juga dengan nama Trekker di Inggris. kendaraan militer yang dipakai Jerman di Perang Dunia II. mobil ini adalah kendaraan penumpang terbesar Volkswagen pada masa itu. Type 4 terdiri dari 2 generasi.Volkswagen Type 4 adalah sebuah mobil kelas mid-size yang diproduksi dan dipasarkan oleh Volkswagen Jerman dari tahun 1968 sampai 1974 dalam bentuk sedan 2 dan 4 pintu dan station wagon 2 pintu. Mobil ini tetap mempertahankan tradisi VW saat itu yaitu mesin flat berpendingin udara. adalah kendaraan militer kecil yang diproduksi oleh Volkswagen dari tahun 1969 sampai 1983. Perbandingan distribusi bobot depan/belakang kendaraan ini aalah 45/55%. Mobil ini basisnya adalah VW Type 1 (Beetle). Volkswagen 181 (1969 – 1983) Volkswagen Type 181 Volkswagen Type 181 "Kurierwagen". 411 (1968–72) dan 412 (1972–74). Volkswagen Model 1302 (1970 . terletak di belakang. Mobil ini didesain oleh Heinrich Nordhoff dan diperkenalkan pertama kali pada pameran Paris Motor Show bulan Oktober 1968. Thing di Amerika Serikat.) . berpenggerak roda belakang.

Ada dua versi yang dibuat. Volkswagen Model 1303 (1973 – 1975) Volkswagen Model 1303 Beetle . yaitu 1302 dan 1302s. Perubahan yang dibuat adalah kaca depan agak dicekungkan. sebuah model Kodok yang lain dari yang lain muncul. hidung yang lebih besar. Model 1302 dirancang untuk menjawab kritik yang mengatakan bahwa ruang bagasi depan Kodok sangat sempit. dan suspensi MacPherson untuk ban depan.Volkswagen Model 1302s Beetle Kemudian pada tahun 1970. yang dengan sangan dramatis meningkatkan kapasitas hidung depan Kodok.

Perubahan pada model ini adalah kaca depan yang lebih cekung lagi. yaitu model 1303. Model 1303 diberhentikan produksinya pada tahun 1975. Model 1303s memiliki rem cakram untuk roda depan dan mesin 1600cc yang cepat. Volkswagen K70 (1970 – 1974) Volkswagen K70 Volkswagen K70 adalah mobil berjenis sedan yang dikembangkan oleh NSU dan dipasarkan oleh Volkswagen pada tahun 1970 sampai 1975. Ada dua versi untuk model ini yaitu 1303 dan 1303s. dan berpenggerak roda depan. berpendingin air. diperkenalkan sebuah model yang juga tidak kalah radikalnya dan merupakan model terakhir. pantat yang lebih lebar untuk tempat dipasangnya lampu belakang yang cukup besar. hidung yang lebih pendek. Volkswagen Derby (1977 – 1981) .Pada tahun 1973. K70 merupakan mobil pertama Volkswagen yang bermesin di depan. dashboard lapis plastik.

Volkswagen. Tapi. bahkan melampaui penjualan Polo pada saat itu.Volkswagen Derby Volkswagen Derby adalah versi sedan dari mobil supermini Volkswagen Polo. mobil ini pada awalnya sangat populer. Dengan 72.) . Volkswagen Lupo (1998 – 2004) Volkswagen Lupo Volkswagen New Beetle (1998 . antara tahun 1977 dan 1981. penjualannya melorot drastis. diproduksi oleh perusahaan otomotif dari Jerman. Di tahun 1984. Di tahun 1981.412 unit terjual pada tahun 1977. nama Derby dihapus oleh Volkswagen dan versi sedan dari Polo diganti menjadi Polo Classic. pada tahun-tahun setelahnya. Volkswagen memperkenalkan Polo dan Derby generasi kedua.

dengan bagasi yang terletak di belakang. Desain eksterior mobil ini diambil dari Beetle aslinya. sebuah mobil konsep bertema "retro" yang bentuknya mirip dengan Volkswagen Beetle. Pada bulan Mei 2010. Concept One Pada acara North American International Auto Show 1994. Platform dari mobil konsep ini basisnya diambil dari Volkswagen Polo. Volkswagen memperkenalkan Concept One. Volkswagen mengumumkan bahwa produksi model bodi yang sekarang akan dihentikan pada tahun 2011. New Beetle mempunyai mesin yang terletak di depan dan berpenggerak roda depan. Sebuah desain baru yang diluncurkan pada tahun 2011 menggantikan desain yang lama. Tapi tidak seperti Beetle aslinya. Mobil ini didesain oleh J Mays dan Freeman Thomas di studio desain California. Generasi pertama (Platform A4) New Beetle Coupe (Jepang) 2001-2005 .Volkswagen New Beetle Volkswagen New Beetle adalah sebuah mobil kompak yang diperkenalkan oleh Volkswagen pada tahun 1998.

Pada tahun 2004.0 in) o Berat kosong: 1. basisnya diambil dari platfotm PQ34 Volkswagen Golf Mk4.721 mm (67.Reaksi publik yang antusias membuat perusahaan ini tertarik untuk mengembangan produksi dari mobil konsep Concept One.9 L TDI bertenaga 100 hp (75 kW) (mesin ini hilang setelah tahun 2006 karena regulasi emisi yang semakin ketat). Pada bulan Juni 1999. Mobil itu pun akhirnya diluncurkan dengan nama New Beetle pada tahun 1998.5-13.498 mm (59.129 mm (162. Model di Amerika Serikat Mesin yang tersedia adalah mesin 4 segaris berkapasitas 2. dan mesin 4 segaris 1. New Beetle hanya memiliki kesamaan nama dan model saja bila dibandingkan dengan generasi yang lama. ketika model ini mendapatkan lagi tambahan kantung udara samping.8L bertenaga 150 hp (112 kW) dengan Turbo.0L bertenaga 115 hp (86 kW). Typ 1C Coupe Amerika Utara 1998– Typ 9C coupe Eropa dan lainnya 1998– Typ 1Y konvertibel Dunia 2001– . versi turbocharger pertama dari mobil ini akhirnya diluncurkan juga ke publik (versi 1.230 kg (2.515 mm (99. VW juga membuat situs khusus yang didedikasikan untuk mobil ini saja.8T).6 in) o Lebar: 1. Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) melaporkan bahwa New Beetle ini memiliki nilai "Baik" secara keseluruhan untuk tes tabrak depan. Versi konvertibel baru ditambahkan pada pertengahan tahun 2003 untuk menggantikan Volkswagen Cabrio. Saat itu. IIHS tetap memberikan nilai "Jelek" untuk tabrakan dari samping.8 in) o Tinggi: 1. Spesifikasi • • • • Dimensi: o Panjang: 4.0 in) o Jarak sumbu roda: 2.2 detik Model bodi Kode sasis Tipe bodi Kawasan Tahun Keamanan Mobil ini berhasil mendapatkan 4 bintang dari Euro NCAP dengan 25 poin (dibutuhkan 33 poin untuk mendapatkan 5 bintang).712 lb) Kecepatan maksimum: 177–210 km/h (110-131 mph) Akselerasi (0–96 km/jam | 0-60 mil/jam): 6. mesin turbodiesel 4 segaris 1.

Meksiko adalah negara yang mempunyai Beetle RSi cukup banyak. Di dalamnya. 221 hp). sayap belakang yang besar. bumper depan dan belakang yang unik. Meksiko. serta sistem penggerak 4 roda dari Volkswagen yang disebut 4motion. dengan gearbox 6 percepatan. difuser belakang. fender lebih lebar 80 mm (3. Hal ini mungkin dikarenakan harganya yang sangat mahal (US$58.2L bertenaga 224 PS (165 kW. serta knalpot ganda Remus. Generasi kedua (platform A5) . dan velgnya 18x9 OZ Superturismo dengan ban 235/40ZR-18. aluminium. dan jok kulit oranye bermerek Recaro untuk kursi depan. ada sekitar 20 unit. Menurut rumor yang beredar. Porsche memperbaiki suspensinya. tapi ternyata mobil ini dipermak di VW Individual. Kecacatan yang ada pada mobil ini adalah suara di dalam kabin yang sangat berisik dan usia pakai ban belakang yang rendah.000). Suspensi belakangnya sudah diubah drastis sehingga seperti mobil balap. tidak mempunyai Beetle RSi keluaran tahun 2001.Beetle RSi (2001–2003) VW New Beetle RSi Beetle RSi merupakan model yang diproduksi dalam jumlah yang sangat terbatas (hanya 250 unit saja). Anehnya lagi. sebagai negara yang penduduknya banyak memakai VW. mobil ini dilapisi dengan serat karbon. Mobil ini dipasangi mesin VR6 3.1 in).

. Sedangkan untuk mesin dieselnya tersedia transmisi otomatis 6 percepatan DSG dual-clutch. 104 PS. 200 PS). dipromosikan sebagai "Beetle abad ke-21". semuanya berteknologi TSI.5L ini berasal dari Beetle generasi sebelumnya.278 mm (168. 140 PS) berteknologi TDI. tersedia 1.5 in).6-liter bertenaga 105 hp dan 2.Volkswagen The Beetle Generasi kedua dari Beetle (tanpa embel-embel "New") diluncurkan untuk model tahun 2012. penggerak roda depan. dan 2.4 kaki kubik).5 in) dari generasi sebelumnya. dari generasi sebelumnya yang hanya 209 L (7. Semua mesin yang ada tersebut dipasangkan dengan transmisi manual 6 percepatan atau transmisi otomatis DSG dual-clutch. Versi konvertibelnya akan diluncurkan pada tahun 2012. Generasi baru Beetle ini memiliki tampak yang mirip dengan generasi sebelumnya. transmisi yang ada adalah manual 5 atau 6 percepatan pada mesin bensin 2. Mesin yang tersedia di pasar Eropa adalah mesin bensin 1. akan diluncurkan kemudian. dan lebih lebar 88 mm (3. Bagasi di belakang sekarang bertambah besar.5L. Mesin 2. Produksi yang lebih awal sudah dimulai terlebih dahulu dari pabriknya di Jerman.0-liter ditambah dengan mesin bensin 5 segaris 2. nanti disebut sebagai New Beetle R. Veri paling kencangnya. Untuk pasar Amerika Serikat. tapi secara keseluruhan bentuknya tetap menyerupai Volkswagen Beetle. hanya dengan profile yang lebih rendah. Mesin Model baru ini tetap mempertahankan tata letak mesin di depan. sama seperti pendahulunya. Untuk mesin dieselnya. Untuk pasar Amerika Serikat. 160 PS). Mobil ini juga lebih rendah 12 mm (0. Beetle ini akan diproduksi di pabrik Volkswagen Jetta di Puebla.0-liter bertenaga 138 bhp (103 kW. Volkswagen Beetle generasi terbaru ini lebih panjang daripada pendahulunya (panjang sekarang menjadi 4. kapasitasnya menjadi 310 L (11 kaki kubik).4-liter bertenaga 158 bhp (118 kW.0-liter bertenaga 197 bhp (147 kW.5-liter bertenaga 168 bhp (125 kW. 170 PS). tersedia mesin TDI dan TSI 2.4 in)) karena menggunakan platform baru A5 (PQ35) yang dipakai bersama dengan Volkswagen Jetta generasi terbaru. Meksiko.2-liter bertenaga 103 bhp (77 kW. 1.

Tugas Inovasi & Perancangan Produk “Perkembangan Volkswagen Basis Beetle (VW Kodok)” Disusun oleh: Nama NIM : Prisman Cahya Nugraha : 3333101252 JURUSAN TEKNIK INDUSTRI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA CILEGON-BANTEN 2012 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->