P. 1
KERANGKA TEORI DAN HIPOTESIS.ppt

KERANGKA TEORI DAN HIPOTESIS.ppt

|Views: 231|Likes:
Published by aji jokja
KERANGKA TEORI DAN HIPOTESIS
KERANGKA TEORI DAN HIPOTESIS

More info:

Categories:Types, Reviews
Published by: aji jokja on Mar 02, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/16/2014

pdf

text

original

KERANGKA TEORI

DEFINISI TEORI
• Teori adalah: sekumpulan konstruk (construct), atau konsep (concept), definisi (definition), proposisi (proposition) yang menggambarkan fenomena secara sistimatis melalui penentuan hubungan antar variabel dengan tujuan untuk menjelaskan fenomena alam (Kerlinger dalam Indriantoro & Supomo, 2002:57)

Ada tiga hal pokok yang diungkap dalam definisi teori: 1. Elemen terdiri atas konstruk, konsep, definisi dan proposisi 2. Elemen-elemen teori memberikan gambaran sistimatis mengenai fenomena melalui penentuan hubungan antar variabel 3. Tujuan teori adalah untuk menjelaskan dan memprediksi fenomena alam

.

MASALAH/PERTANYAAN PENELITIAN

TELAAH TEORITIS

HIPOTESIS

PENGUJIAN FAKTA: Pemilihan Data Pengumpulan Data Analisis Data

HASIL

KESIMPULAN

KONSEP • Mengekspresikan suatu abstraksi yang terbentuk melalui generalisasi dari pengamatan terhadap fenomena-fenomena • Konsep merupakan abstraksi dari realitas yang tersusun dengan mengklasifikasikan fenomena (al. kejadian. atribut atau proses) • Misal: prestasi akademik merupakan konsep yang mengekspresikan abstraksi dari kemampuan belajar mahasiswa • Konsep penelitian merupakan hasil dasar pemikiran peneliti yang kemudian dikomunikasikan kepada orang lain • “apakah kemampuan berkomunikasi mempunyai pengaruh terhadap prestasi akademik mahasiswa” . berupa obyek.

merupakan abstraksi dari fenomena psikologis seseorang terhadap pekerjaan yang dapat diamati berdasarkan persepsi yang bersangkutan terhadap berbagai dimensi lingkungan pekerjaan. rekan sekerja. promosi karir . kompensasi pekerjaan. al: tugas-tugas yang dikerjakan. atasan.CONSTRUCT • Merupakan konsep yang lebih abstrak • Merupakan fenomena yang dapat diamati dari banyak dimensi • Contoh: kepuasan kerja.

Menghubungkan construct yang satu dengan construct yang lain menjadi suatu konstruksi teori.• Construct digunakan secara sistimatis untuk penelitian ilmiah melalui dua cara 1. Misal. Mengoperasionalisasikan construct ke dalam konsep-konsep yang dapat diamati dan dikur menjadi variabel penelitian 2. inovatif dan kreatif merupakan bagian dari fungsi kepuasan kerja dan prestasi kerja .

2000:58) • Menyadari bahwa kepuasan yang tinggi akan mendorong meningkatnya loyalitas konsumen.Proposisi • Pernyataan yang berkaitan dengan hubungan antara konsep-konsep yang ada dan pernyataan dari hubungan universal antara kejadian-kejadian yang memiliki karakteristik tertentu • Contoh: kepuasan pelanggan merupakan fungsi dari kinerja produk yang dirasakan oleh pelanggan dan harapan pelanggan terhadap produk tersebut (Kotler. maka banyak perusahaan bertujuan mencapai Total Customer Satisfac .

atau nilai dapat berbeda dalam waktu yang sama untuk objek atau orang yang berbeda • Proksi atau representasi dari construct yang dapat diukur dengan berbagai macam nilai .VARIABEL • Segala sesuatu yang dapat diberi berbagai macam nilai • Sesuatu yang dapat membedakan atau mengubah nilai • Nilai dapat berbeda pada waktu yang berbeda untuk objek atau orang yang sama.

Contoh Variabel • Skor ujian: skor ujian seorang mahasiswa untuk sebuah mata kuliah tertentu dapat berbeda. atau skor ujian mahasiswa yang berbeda untuk mata kuliah yang sama bisa berbeda skor ujian memiliki nilai yang berbeda sehingga disebut variabel • Motivasi: tingkatan motivasi belajar antar anggota sebuah kelas atau anggota sebuah tim kerja mungkin memiliki nilai yang berbeda-beda. berkisar dari sangat rendah sampai sangat tinggi .

Variabel Terikat (dependent variable): variabel yang memberikan respon jika dihubungkan dengan variabel bebas • Contoh: apakah kualitas layanan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan? Kualitas layanan adalah variabel bebas Loyalitas pelanggan adalah variabel terikat .JENIS-JENIS VARIABEL 1.Variabel Bebas (independent variable): variabel stimulus atau variabel yang mempengaruhi variabel lain 2.

Jika berubah maka keberadaan variabel moderat berpengaruh .Contoh: pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan. dimanipulasi atau dipilih oleh peneliti untuk mengetahui apakah variabel tersebut mengubah hubungan antara variabel terikatnya .variabel bebas ke dua yang sengaja dipilih untuk menentukan apakah munculnya variabel tersebut berpengaruh terhadap hubungan variabel bebas pertama dengan variabel terikat .Merupakan variabel yang diukur.Variabel moderat: .3. peneliti memilih “harga” sebagai variabel moderat.

Variabel Kontrol .4.Contoh: pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan.Variabel yang dikontrol peneliti untuk menetralisir pengaruh yang dapat mengganggu hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat . variabel kontrolnya adalah tingkat pendidikan .

namun dampaknya dapat disimpulkan berdasarkan dampat variabel independen dan moderating terhadap fenomena yang diamati • Contoh: hubungan antara derajad orientasi pasar (informasi pelanggan. informasi pesaing. diukur atau dimanipulasi. pertumbuhan pangsa pasar) maka variabel antaranya adalah tayangan iklan . Variabel perantara (intervening variable): • Faktor yang secara teori berpengaruh pada fenomena yang diamati tetapi tidak dapat dilihat.5. koordinasi lintas fungsi) dengan kinerja pemasaran (volume penjualan.

CARA DALAM MELAKUKAN STUDI PENDAHULUAN A. KAJIAN TEORITIS PENELITIAN EMPIRIS PENELITIAN KECIL KONSULTASI . D. B. C.

KAJIAN TEORITIS Hubungan Antara Teori dan Riset Permasalahan Teori Riset Kesimpulan .

PROSES TERBENTUKNYA TEORI . Pendapat Pendapat Pendapat Pendapat Pendapat Diuji Diuji Diuji Diuji Diuji Benar TEORI .

FUNGSI TEORI DALAM PENELITIAN • Sebagai penjelas • Sebagai prediksi • Sebagai kontrol .

Hubungan antar Teman Sejawat Terhadap Semangat Kerja Karyawan 1. 4. Kepemimpinan. 2. Lingkungan Kerja. 5. Tetapkan nama variabel yang diteliti Cari sumber bacaan yang relevan Lihat daftar isi buku Baca seluruh isi topik Deskripsikan teori . 3.CONTOH TELAAH TEORI Analisis Pengaruh Pemberian Insentif.

PEMASARAN Perilaku Konsumen Faktor Perilaku Motivasi .CONTOH SISTEMATIKA PENULISAN LANDASAN TEORI .

Mengetahui apa yang telah dihasilkan dari penelitian sebelumnya 3.PENELITIAN EMPIRIS PENELITIAN SEBELUMNYA DAPAT DIPERGUNAKAN UNTUK: 1. Mengetahui kekurangan-kekurangan penelitian sebelumnya 2. Mengetahui perbedaan dengan penelitian sebelumnya .

Bentuk matrik Nama Peneliti&th Judul Penelitian Tujuan Penelitian Alat Analisis Hasil Penelitian . Bentuk Paragraf B.PENYAJIAN PENELITIAN EMPIRIS DALAM LAPORAN PENELITIAN A.

.PENELITIAN KECIL (SMALL RESEARCH) • Penelitian kecil dilakukan dengan melakukan penelitian dengan mengambil sampel kecil untuk memperoleh gambaran tentang apa yang akan kita teliti.

• Keberhasilan teknik ini akan sangat tergantung kepada ketepatan peneliti dalam mememilih nara sumber • Teknik ini sangat cocok jika peneliti memiliki keterbatasan dalam hal waktu dan biaya. .KONSULTASI • Cara ini dilakukan dengan cara bertemu dan meminta informasi tentang apa yang akan kita teliti kepada orang-orang yang dianggap ahli dalam bidangnya.

Kerangka Pemikiran • Kerangka pemikiran merupakan miniatur keseluruhan dari proses penelitian • Kerangka pemikiran harus menerangkan: 1.Apa yang akan diperoleh dari penelitian tersebut? 4.Untuk apa hasil penelitain diperoleh ? .Bagaimana proses penelitian dilakukan ? 3.Mengapa penelitian dilakukan ? 2.

Sub Struktur Penelitian Tangible Reliability Responsiveness Satisfaction Assurance Empathy .

KERANGKA TEORITIS Perusahaan Produk Konsumen Kebutuhan Harapan Kinerja Kepuasan Konsumen .

Kerangka Pemikiran . Harga. Permasalahan Krisis ekonomi Persaingan yang ketat Selera konsumen yang selalu berubah Strategi Pemasaran Pelayanan. dan promosi terhadap keputusan pembelian Variabel yang paling berpengaruh terhadap penjualan . Harga. Kelengkapan Barangdan Promosi terhadap keputusan pembelian? Variabel manakah yang memili ki pengaruh terbesar terhadap keputusan pembelian? Analisis Data Regresi Uji F dan uji T Umpan Balik Pengaruh pelayanan. Kelengkapan Barang dan Promosi Apakah terdapat Pengaruh Pelayanan. harga. kelengkapan barang.

PERUMUSAN HIPOTESIS .

PENGERTIAN HIPOTESIS • Hipotesis merupakan jawaban sementara yang hendak diuji kebenarannya. penelitian yang bersifat eksploratif dan deskriptif tidak memerlukan hipotesis . • Tidak semua penelitian memerlukan hipotesis.

Menjelaskan masalah penelitian 2. Menjelaskan variabel-variabel yang akan diuji 3. Dasar untuk membuat kesimpulan penelitian.MANFAAT HIPOTESIS 1. . Pedoman untuk memilih metode analisis data 4.

YOSANTA • HIPOTESIS DAPAT MENUJUKKAN: – MASALAH PENELITIAN – VARIABEL PENELITIAN – METODE ANALISIS DATA – KESIMPULAN . lingkungan kerja.CONTOH HIPOTESIS Ada pengaruh positif yang signifikan pemberian insentif. dan kepemimpinan terhadap semangat kerja karyawan PT.

2.DASAR MERUMUSKAN HIPOTESIS 1. Berdasarkan pada teori Berdasarkan penelitian terdahulu Berdasarkan penelitian pendahuluan Berdasarkan akal sehat peneliti . 3. 4.

YASINTO 2.PEMBAGIAN HIPOTESIS 1. – – – HIPOTESIS ASOSIATIF Kepuasan pasien berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pasien Jumlah nasabah berpengaruh terhadap kinerja keuangan bank CBA Semangat kerja karyawan berpengaruh positif terhadap produktifitas karyawan . HIPOTESIS DESKRIPTIF – – – Pelayanan Rumah sakit Enggal Waras tidak Memuaskan Kinerja Keuangan Bank CBA Baik Semangat Kerja Karyawan PT. Yasinta Tinggi Rumah sakit enggal sempuh lebih memuaskan dibandingkan pelayanan rumah sakit enggal waras Kinerja keuangan bank CBA lebih baik dibandingkan dengan kinerja bank Polli Semangat kerja karyawan PT. – HIPOTESIS KOMPARATIF – – 3.YASINTA lebih tinggi dibandingkan dengan semangat kerja PT.

HIPOTESIS DESKRIPTIF • Rumusan Masalah: seberapa besar citra produk di kalangan masyarakat? • Hipotesis Penelitian: citra produk perusahaan di kalangan masyarakat kurang dari standar (diasumsikan 80% citra produk perusahaan) • Hipotesis Operasional: • Ho : citra produk perusahaan di kalangan masyarakat sama dengan standar • H1 : citra produk perusahaan di kalangan masyarakat tidak sama dengan standar .

HIPOTESIS KOMPARATIF • Rumusan Masalah: Bagaimana sikap masyarakat kota Jakarta dan masyarakat kota Bogor terhadap banjir • Hipotesis : terdapat perbedaan sikap masyarakat kota Jakarta dan Bogor terhadap banjir • Hipotesis Operasional: • Ho : tidak terdapat perbedaan prosentasi sikap masyarakat Jakarta dan Bogor terhadap bajir • H1 : terdapat perbedaan sikap masyarakat kota Jakarta dan Bogor terhadap banjir .

HIPOTESIS ASOSIATIF • Rumusan Masalah: adakah hubungan antara tayangan iklan dengan citra produk • Hipotesis :terdapat hubungan antara tayangan iklan dengan citra produk • Hipotesis operasional: • Ho : tidak terdapat hubungan antara tayangan iklan dengan popularitas produk • H1 : terdapat hubungan antara tayangan iklan dengan popularitas produk perusahaan .

Hipotesis Alternatif Merupakan hipotesis yang menyatakan adanya perbedaan. Atau dengan kata lain terdapat perbedaan. Atau dengan kata lain tidak terdapat perbedaan. Hipotesis Nol Merupakan hipotesis yang menyatakan hubungan atau pengaruh antar variabel sama dengan nol. hubungan atau pengaruh antar variabel. hubungan atau pengaruh antar variabel tidak sama dengan nol.DALAM SEBUAH PENELITIAN HIPOTESIS DAPAT DINYATAKAN DALAM BEBERAPA BENTUK 1. hubungan atau pengaruh antar variabel (merupakan kebalikan dari hipotesis alternatif) . 2.

(tidak memiliki dasar kuat) . Dasar dalam merumuskan hipotesis kuat – – Harga barang berpengaruh negatif terhadap permintaan (memiliki dasar kuat yaitu teori permintaan dan penawaran) Uang saku memiliki pengaruh yang signifikant terhadap jam belajar mahasiswa. Dapat diuji secara ilmiah – – (dapat diuji) Batu yang belum pernah terlihat oleh mata manusia dapat berkembang biak (Pada hipotesis ini tidak dapat dibuktikan karena kita tidak dapat mengumpulkan data tentang batu yang belum terlihat manusia) 3. Dinyatakan dalam kalimat yang tegas – – Upah memiliki pengaruh yang berarti terhadap produktifitas karyawan (jelas) Upah memiliki pengaruh yang kurang berarti terhadap produktifitas karyawan (tidak jelas) Upah memiliki pengaruh yang berarti terhadap produktifitas karyawan 2.Ciri-Ciri Hipotesis Yang Baik: 1.

Berat : susahnya suatu masalah diselesaikan Definisi operasional adalah suatu definisi yang diberikan kepada suatu variabel atau konstruk dengan cara memberikan arti atau menspesifikasikan kegiatan atau memberikan suatu operasional yang diperlukan untuk mengukur konstruk atau variabel tersebut.Cara Mendefinisikan Variabel • Definisi konstitutif adalah suatu definisi yang diberikan kepada suatu konstruk dengan menggunakan konstruk yang lain. Definisi dapat berupa definisi yang diukur (measured) (kemampuan adalah uji kemampuan berdasarkan nilai ujian akhir) atau eksperimental • . Misalnya area = luas lahan.

kepribadian dan pembelajaran . nilai.Contoh definisi operasional • Karakteristik Individu: ciri-ciri tertentu yang dimiliki oleh seorang karyawan yang membedakannya dengan orang lain. sikap. dimana ciri tersebut dapat menyebabkan perilaku yang positif maupun negatif Dalam penelitian ini dimensi dari ciri-ciri tersebut antara lain: kemampuan.

Adapun indikator dari sikap yang dipergunakan adalah: sikap terhadap pekerjaan. sikap terhadap organisasi. Adapun indikator dari kemampuan adalah: kemampuan konseptual. kemampuan hubungan manusia. sikap terhadap pimpinan. baik yang menguntungkan atau tidak mengenal suatu objek.• Kemampuan: merupakan berbagai hal yang berhubungan dengan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki seorang pegawai untuk dapat menyelesaikan pekerjaannya. sikap terhadap teman sekerja. atau peristiwa. sikap terhadap perubahan . orang. kemampuan teknis • Sikap: adalah pernyataan evaluatif.

Kemampuan Pekerjaan itu sendiri Kesempatan promosi Karakteristik individu Kepuasan kerja Supervisi Dukungan rekan Imbalan yg layak Budaya organisasi Komitmen organisasi Sikap Nilai Kepribadian Pembelajaran Layanan prima Kedisiplinan Kreativitas Gaya ke pemimpinan Laisses transfer transak Komitmen afektif Komitmen kontinyu Komitmen normatif ..

Operasionalisasi Variabel Variabel Sub variabel (dimensi) Kepuasan pada tugas Indikator Rutinitas Kompleksitas tantangan Prestasi Tanggung jwb perhatian Stimulasi Ambisi sikap Skala pengukuran ordinal ordinal ordinal Kepua san kerja atasan Rekan sejawat kompensasi Kewajaran Kesesuaian keinginan Kesempatan Keterbukaan ordinal ordinal promosi .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->