P. 1
Makalah Alat Dan Bahan Pembersih

Makalah Alat Dan Bahan Pembersih

|Views: 8,800|Likes:
Published by Elli Rayyan Net
tugas makalah anak smkn 1 watansoppeng
tugas makalah anak smkn 1 watansoppeng

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Elli Rayyan Net on Mar 03, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/09/2015

pdf

text

original

JENIS-JENIS ALAT PEMBERSIH

 Room attendant trolley

Kereta yang digunakan untuk menyimpan/mengangkut perlengkapan dan linen housekeeping untuk memudahkan pekerjaan bagi room attendant sehari-hari.

 Carry bucket/carry cady

Kotak perlengkapan pembersih Alat untuk menyimpan perlengkapan dan bahan-bahan pembersih untuk keperluan room/public area attendant yang sifatnya kecil-kecil.

 Container bin

Tempat untuk menampung sampah sementara sebelum dibawa ketempat pembuangan atau diangkut mobil pengangkut sampah.

 Interior cloth/cleaning cloth

Sejenis kain yang dapat digunakan untuk mengelap,mengeringkan,furniture,keramik dan porselin dan benda-benda lain yang perlu di dusting

 Jumbo- pad/scruber pad

Sejenis sponge yang permukaannya kasar yang digunakan untuk membersihkan dinding kamar mandi yang dapat dijangkau dengan tangan.

 Pad-boy-red

Alat sejenis sponge yang agak kasar yang disambung dengan stick dan digunakan untuk membersihkan dinding kamar mandi yang tinggi/tidak dapat dijangkau dengan tangan.

 Pad scourer

Sejenis sponge yang terdiri dari dua bagian pada pegangan bertektur halus dan pada penggosok seperti tapas yang agak kasar yang dapat digunakan untuk membersihkan dinding kamar mandi dan wastafel/was-basin.

 Danger notice/wet coution

Suatu alat yang digunakan untuk member tanda peringatan supaya orang lewat hati-hati “lantai licin !”alat ini dipasang pada saat dilakukan pembersihan lantai,perawatan lantai atau pada saat moping.

 Telescopic stick

Sejenis stick yang dipergunakan untuk menyambung alat pembersih pada objek pembersihan yang tinggi/tidak terjangkau dengan tangan.

 Washer- set/ window washer

Alat yang digunakan untuk membersihkan atau mencuci jendela/kaca biasanya dapat disambung dengan tangkai/tongkat jika tidak dapat dijangkau dengan tangan.

 Window- wiper

Alat yang digunakan untuk membersihkan permukaan kaca dari air,debuh,maupun kotoran lain yang menempel pada kaca.

 Gun sprayer

Alat untuk menyemprotkan cairan/bahan pembersih pada objek yang dibersihkan.

 Blower

Alat pengering yang dipergunakan untuk mengeringkan karpet pada saat disampoo/alat ini juga dapat digunakan untuk menyapu halaman.

 Carpert Extract

Mesin untuk menyedot cairan pada carpet pada saat di shampoo.

 Double Bucket & Trolley

Alat untuk menampung air yang sudah dicampur dengan bahan pembersih maupun yang belum digunakan untuk mopping. Trolley alat untuk membawa/ menempatkan bucket,sehingga memudahkan untuk memindahkannya.

 Floor machine

Mesin untuk perawatan lantai,mesin ini dapat berubah berfungsi sebagai brushing machine, scrubing machine maupun sebagai polishing machine.

 Dry foam Extraction

Mesin untuk mencuci karpet dengan system busa,tanpa dibilas lagi, dan sisa busa yang sudah kotor akan dihisap oleh mesin kembali.

 Power wall

Mesin untuk mencuci tembok/dinding dengan system busa.

 Upholstery Extraction

Mesin untuk mencuci sofa dengan system busa.

 Vacuum cleaner

Mesin untuk membersihkan lantai karpet khususnya & alat untuk membersihkan: a.debu pada lantai/karpet b.Air yang menggenang pada lantai/karpet.

 Hand brush

Alat untuk menggosok kotoran dan noda-noda pada lantai dan tembok.

 Ceiling brush/broom

Alat untuk membersihkan debu di langit-langit atau permukaan yang tinggi, serta sarang langit-langit yang sering kita jumpai.

 Brush and long stick

Alat yang digunakan untuk menghilangkan kotoran yang melekat pada lantai kering dan basah/dpat juga untuk menyapu lantai dengan tangkai panjang.

 Pail

Alat untuk menampung air dan larutan bahan pembersih.

 Toilet bowl brush

Alat/sikat yang dipergunakan untuk membersihkan bagian dalam toilet.

 Lobby duster

Alat yang dipakai untuk menjebak debu pada lantai atau area yang luas,[lobby,supermarket dll.

 Floor squeegee

Alat untuk mengeringkan/menarik permukaan lantai yang tergenang air.

 Sarung tangan/hand –gloves

Alat yang termasuk pada kelompok protective,dipakai untuk melindungi tangan dari bahaya bahan kimia.

Jenis-jenis bahan pembersih
 Deterjen

Berbentuk bubuk, berbutir halus, batangan, cair atau cream. Dapat dipergunakan sebagai bahan pembersih untuk peralatan dari bahan dasar plastic,vinyl,keramik,kulit,metal,porselin.

 Wax strip

Berbentuk cair bahan ini dapat digunakan untuk mengangkat lapisan/sealer dan finisher serta menghancurkan daya metal lock yang terdapat pada lapisan itu [untuk membersihkan lantai yang akan dilapisi ] stripper digunakan pada lantai resilient dan lantai keras.

 Gym finish

Berbentuk cair bahan pembersih yang berfungsi untuk melapisi lantai atau kayu, serta lantai yang memiliki banyak pori-pori.

 Disinfectant

Berbentuk cair bahan pembersih yang sekaligus juga berfungsi membunuh kuman dan bakteri,misalnya pada ruang dapur, toilet atau pesawat telephone yang dipakai oleh umum.

 Solven

Berbentuk cair ,dipakai sebagai bahan pembersih dengan menggunakan mesin cuci’’ dry cleaning’’ bahan pembersih ini dibuat dari bahan acetone, methyl spirit dan white spirit.

 Amoniak

Bebentuk cair dan Kristal , zat pembersih ini mempunyai bau yang khas dan eras dan tidak berwarna.pemakaian bahan ini harus dicampur dengan air,jenis kotoran yang dapat dibersihkan adlah seperti kotoran lemak pada kaca.

 Multi purpose cleaner

Berbentuk cair, ada beberapa multi purpose cleaner dipasaran. Bahan ini dapat digunakan untuk mencuci tembok,mengosok lantai,membersihkan bak mandi dan shower serta membersihkan jendela dan kaca.Multi purpose cleaner kebanyakan kental dan dapat dicampur.

 Deodorizer

Deodorizer atau penyegar ruangan dirancang untuk mengurangi bau tidak enak.penyegar seperti biasa dapat meninggalkan bekas pada permukaan.

 Polisher/pengkilap

Berbentuk cairan, cream/pasta bahan pembeersih yang berfungsi juga sebagai bahan pengkilap pada objek pembersihan yang terbuat dari bahan dasar kayu,metal,kaca,kulit,dan marmer.bahan ini jaga berfungsi untuk merawat agar tidak cepat rusak/kusam.masing-masing bahan pembersih/pengkilap akan digunakan pada masing-masing objek yang berbeda sesuai dengan fungsinya,misalnya;politer untuk kayu,semir untuk kulit,glass cleaner untuk kaca dan pastablanka untuk marmer.

MAKALAH
ALAT DAN BAHAN PEMBERSIH

OLEH : FITRIAWAN X.PERHOTELAN

SMKN I WATANSOPPENG

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->