P. 1
2. Jaringan Tumbuhan Dan Hewan

2. Jaringan Tumbuhan Dan Hewan

|Views: 395|Likes:
Published by Dinda Debby Cahya
materi biologi kelas 2 sma
materi biologi kelas 2 sma

More info:

Published by: Dinda Debby Cahya on Mar 03, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/02/2015

pdf

text

original

Standar Kompetensi

Memahami struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan

Kompetensi Dasar
Mengidentifikasi organel sel tumbuhan dan hewan

Jaringan Tumbuhan dan Hewan     Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Organ pada Tumbuhan Struktur dan Fungsi Jaringan Hewan Organ pada Hewan .

Pada pertumbuhan dan perkembangan pembelahan sel menjadi terbatas hanya dibagian khusus dari tumbuhan yang bersifat embrionik dan selalu membelah diri Jaringan embrionik itu disebut meristem .Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan      Histologi adalah ilmu tentang jaringan Jaringan adalah sekelompok sel yang mempunyai asal. dan fungsi yang sama. struktur. Pada awal perkembangan tumbuhan semua sel melakukan pembelahan diri.

tetapi jumlah pembelahannya terbatas Sel-sel meristem akan tumbuh dan mengalami spesialisasi membentuk berbagai macam jaringan yang tidak lagi mempunyai kemampuan membelah diri yang disebut jaringan dewasa.Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan   Pembelahan sel juga terjadi pada korteks batang. Meristem Jaringan dewasa .

Organ pada Tumbuhan     Akar Batang Daun Bunga .

Struktur dan Fungsi Jaringan Hewan  Jaringan Epitelium Jaringan Ikat Jaringan yang melapisi permukaan tubuh dan membatasi rongga tubuh  Jaringan yang mengikat dan menyokong bagian-bagian tubuh  Jaringan Otot Jaringan yang menggerakkan bagian-bagian tubuh  Jaringan Saraf Jaringan yang menanggapi rangsangan dan meneruskan rangsang dari bagian tubuh yang satu ke bagian tubuh lainnya .

herba. jambu. Akar tunjang atau tunggang 2. padi . jagung. pisang. Daun lebar dan menyirip 3. Batang berkambium dan berdiameter lebar serta berkayu Contoh : mangga.  TUMBUHAN MONOKOTIL (BERKEPING SATU) 1.rumput. dan tidak berkayu Contoh : pepaya. melinjo.PERBEDAAN DIKOTIL DAN MONOKOTIL  TUMBUHAN DIKOTIL (BERKEPING DUA) 1. Batang tidak berkambium. Akar serabut 2. singkong. durian. berdiameter kecil. tebu. Daun tidak lebar atau seperti pita dan menjari 3.

.PENGERTIAN KAMBIUM Kambium adalah lapisan sel-sel tumbuhan yang aktif membelah dan terdapat diantara xilem dan floem serta dapat membentuk kulit dan kayu.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->