PEMASARAN

DINA VIKTORIA SINLAE, SP, M.Agribus

Kompetensi Khusus
Setelah tatap muka, mahasiswa diharapkan mampu:
1. Mengetahui pengertian pasar pertanian dalam konsep agribisnis. 2. Memahami pengertian pemasaran 3. Memahami saluran dan lembaga pemasaran produk pertanian 4. Memahami fungsi-fungsi pemasaran. 5. Mengetahui biaya-biaya dalam pemasaran 6. Mengetahui pengertian efisiensi pemasaran.

Referensi
Firdaus, M., 2008. Manajemen Agribisnis. Bumi Aksara. Jakarta. Mubyarto, 2000. Pengantar Ekonomi Pertanian

Sa’id, E.G dan Harizt Intan,2004. Manajemen Agribisnis. Ghalia Indonesia. Jakarta.
The University of Queensland, 2006. Agribusiness Marketing. Materi kuliah program Pascasarjana UQ, Australia.

terjadi pemindahan kepemilikan. terjadi tawarmenawar nilai produk.Pengertian Pasar Pertanian • Pasar pertanian merupakan tempat dimana terdapat interaksi antara kekuatan penawaran dan permintaan produk pertanian. dan – Pasar produk industri pengolahan hasil pertanian/agroindustri. 2004. . dan terjadi kesepakatan-kesepakatan yang berhubungan dengan pemindahan kepemilikan • Menurut konsep sistem agribisnis pasar pertanian terdiri dari: – Pasar input dan alat-alat pertanian – Pasar produk pertanian. Sa’id dan Intan.

2. 3.Pengertian (Cont. .) Pemasaran Pemasaran merupakan salah satu dari kegiatan pokok yang harus dilakukan oleh setiap pengusaha termasuk pengusaha pertanian (agribusinessman) untuk: 1. Mempertahankan kelangsungan hidup (survival) Mendapatkan laba/keuntungan Berkembang.

Pemasaran adalah pelaksanaan kegiatan dunia usaha yang mengakibatkan aliran barang dan jasa dari para produsen ke para konsumen (The American Marketing Association). menentukan harga. Stanton.1995). 2. mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan.Pengertian (Cont. 1978). Pemasaran adalah suatu keseluruhan sistem dari kegiatankegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan. menawarkan. . dan bertukar sesuatu yang bernilai (Philip Kotler.) 1. baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial (William J. Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial di mana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan. 3.

Proses pemasaran meliputi aspek fisik dan non fisik: 1.Pengertian Kesimpulan: Pemasaran terdiri dari tindakan-tindakan yang menyebabkan berpindahnya hak milik atas barang serta jasa dan yang menimbulkan distribusi fisik mereka. . 2. Aspek fisik menyangkut perpindahan barang ke tempat di mana mereka dibutuhkan Aspek non fisik dalam arti bahwa penjual harus mengetahui apa yang diinginkan oleh para pembeli dan sebaliknya pembeli harus mengetahui apa yang dijual.

Dispersi 3.Saluran dan lembaga pemasaran Aliran produk pertanian secara umum meliputi tiga macam proses pokok: 1. Ekualisasi . Konsentrasi 2.

Konsentrasi dan dispersi Konsentrasi merupakan aspek pertama dari aliran produk pertanian. khususnya bagi produk-produk yang dijual sebagai bahan mentah (kapas. atau produk yang dikonsumsi dalam keadaan segar (sayuran dan buah-buahan). wol). Konsentrasi sangat penting dalam pemasaran. dimana produk yang dihasilkan konsumen dalam jumlah kecil dikumpulkan menjadi jumlah yang lebih besar pada titik-titik sentral agar dapat disalurkan ke pasar dengan lebih efisien. .

produk yang telah dikumpulkan dalam jumlah besar harus dipecah-pecah kembali menjadi jumlah yang lebih kecil dalam rangka memenuhi kebutuhan konsumen. Adakalanya pedagang eceran membeli langsung dari petani. atau dapat pula para petani menjual hasil pertanian mereka kepada konsumen akhir.Konsentrasi… (cont. Metode konsentrasi dan dispersi yang dilakukan tidak sama untuk semua produk. .) Dispersi atau penyebaran produk yang telah terkonsentrasi pada titik-titik sentral ke arah konsumen. Pada tahap ini.

Proses dimana penawaran produk-produk yang siap untuk dijual disesuaikan dengan permintaan konsumen. jumlah dan kualitas.Ekualisasi Di antara proses konsentrasi dan dispersi terjadi kegiatan yang disebut ekualisasi (equalization). . Ekualisasi adalah tindakan penyesuaian permintaan dan penawaran yang didasarkan pada waktu.

Proses pemasaran melalui konsentrasi. dispersi dan ekualisasi Produsen Pedagang tengkulak Pedagang besar Pabrik penggilingan Pedagang beras Konsumen Konsentrasi Dispersi Ekualisasi gabah Ekualisasi beras .

Lembaga pemasaran • Saluran pemasaran berkaitan dengan jejak penyaluran barang dari produsen ke konsumen akhir. Produsen. . 3. Perantara. Lembaga-lembaga yang terlibat dalam penyaluran barang. 2. Konsumen akhir. antara lain: 1.

adalah sebuah unit usaha yang membeli dan menjual kembali barang-barang kepada pengecer dan pedagang lain dan/atau pemakai industri. dan pemakai komersial. a. Pengecer (retailer). Pedagang besar (wholesaler). Perantara pedagang (merchant middlemen). 2.) • Perantara dapat dibedakan atas 2 golongan: 1. adalah perantara yang bertanggung jawab terhadap kepemilikan semua barang yang dipasarkannya. . meliputi unit usaha yang langsung menjual barang atau jasa kepada konsumen akhir untuk keperluan pribadi (bukan untuk keperluan usaha).Lembaga… (cont. pemakai lembaga. b. Perantara agen….

. Perantara agen (agent middlemen). tetapi mereka ikut memberikan bantuan serta memperlancar pemindahan tersebut (misalnya perbankan. adalah agen yang secara aktif ikut dalam pemindahan barangbarang dari produsen ke konsumen. perusahaan asuransi). Agen penunjang (facilitating agent). adalah perantara yang tidak mempunyai hak milik atas semua barang yang ditanganinya. Agen pelengkap (suplemental agent).) 2. seperti agen pengangkutan. b. a. adalah agen yang tidak secara aktif ikut dalam pemindahan barang.Lembaga… (cont.

Fungsi pertukaran (exchange function) a. Fungsi penyediaan sarana (the facilitating function) a. Pengumpulan (collecting) d. Fungsi fisis (function of phisical supply) a. Informasi pasar (market information) b. b. b.Fungsi pemasaran Ada tiga fungsi pokok pemasaran: 1. Pembiayaan (financing) 2. Komunikasi (communication) e. Fungsi pengangkutan Fungsi penyimpanan/ pergudangan Fungsi pemrosesan/ pengolahan c. Penanggungan resiko (risk taking) c. . Standarisasi dan sortasi (grading) f. Fungsi pembelian (buying) Fungsi penjualan (selling) 3.

yang mendapat komisi karena mempertemukan produsen dan konsumen. distributor. dan agen. . Fungsi pertukaran melibatkan kegiatan yang menyangkut pengalihan hak kepemilikan dari satu pihak ke pihak lainnya dalam sistem pemasaran.Fungsi… (cont.) 1. Pihakpihak yang terlibat adalah: pedagang.

penjual harus memutuskan produk apa yang akan diproduksinya dan kapan ia harus memproduksinya. serta penjual harus menyediakan produk jika konsumen menghendaki dan dengan harga yang wajar. .Fungsi (cont.) a. Fungsi penjualan meliputi sejumlah fungsi tambahan: • Fungsi perencanaan dan pengembangan produk dimana penjual harus menawarkan produk yang sesuai dengan keinginan konsumen.

Fungsi pembelian. • . Beberapa fungsi tambahan dari fungsi pembelian ini: • Fungsi perencanaan. meliputi kegiatan untuk mencari sumber produk yang diinginkan. Fungsi mencari kontak.Fungsi… (cont. meliputi perencanaan oleh pembeli tentang apa saja produk yang menjadi kebutuhannya. meliputi segala kegiatan dalam rangka memperoleh produk dengan kualitas dan jumlah yang diinginkan pembeli.) b.

Fungsi (cont. meliputi tindakan mencari dan membuat kontak dengan para pembeli. mencakup persetujuan akhir untuk melakukan penjualan dan transfer hak milik. • Fungsi menciptakan permintaan (demand creation). harga. pemanfaatan reklame. kuantitas. dengan undian. Misalnya menjual secara individu. dll) harus dirundingkan oleh penjual dan pembeli • Fungsi melakukan kontrak. meliputi semua usaha yang dilakukan penjual untuk mendorong para pembeli membeli produk-produk mereka. • Fungsi melakukan negosiasi. dalam fungsi ini.) • Fungsi mencari kontak. cara pembayaran. . waktu pengiriman. syarat serta kondisi penjualan (kualitas.

tujuannya untuk meningkatkan guna bentuk. meliputi: • • • Fungsi pengangkutan. tujuannya untuk meingkatkan guna waktu.) • • Fungsi assembling meliputi kegiatan mengumpulkan produk untuk diproses lebih lanjut. 2. . Fungsi penyimpanan/pergudangan.Fungsi… (cont. Fungsi fisis. Fungsi pengolahan/pemrosesan. tujuannya untuk meningkatkan guna tempat. Fungsi kontrak. meliputi pembuatan kontrak jual beli berdasarkan kesepakatan bersama.

radio. TV. melalui surat kabar. . Resiko yang dihadapi oleh pemilik produk adalah resiko fisik dan resiko pasar. Strategi lain yang dapat diterapkan adalah mengadakan kontrak di muka. b.Fungsi… (cont. Resiko fisik dapat diatasi antara lain dengan jaminan asuransi.) 3. dll. adalah kegiatankegiatan yang membantu sistem pemasaran agar dapat berjalan lancar. tetapi dapat dikurangi dengan survey pasar yang akurat dan aktual. Fungsi ini meliputi: a. Sedangkan resiko harga sulit diatasi. Informasi pasar yang dapat diperoleh dengan melakukan survey. Fungsi penyediaan sarana. Penanggungan resiko.

Standardisasi dan grading. Standardisasi meliputi penentuan mutu barang menurut ukuran atau patokan tertentu.) c. serta membayar upah tenaga kerja. Pembiayaan. Grading adalah klasifikasi hasil pertanian ke dalam beberapa golongan mutu yang berbedabeda.Fungsi … (cont. d. masing-masing dengan nama dan label tertentu. pemasaran membutuhkan modal (uang) dalam jumlah besar untuk membeli mesin-mesin dan bahan-bahan mentah. .

5. Biaya tenaga kerja Biaya transportasi Biaya penyimpanan Biaya pengemasan Retribusi Periklanan/promosi. 3. 6. 2.Biaya pemasaran Biaya pemasaran produk pertanian meliputi: 1. 4. .

Margin pemasaran adalah selisih antara harga jual di tingkat lembaga pemasaran dan harga jual di tingkat petani.) Biaya pemasaran sering diukur dengan margin pemasaran.Biaya … (cont. .

Efisiensi pemasaran Salah satu indikator yang digunakan dalam mengukur efisiensi pemasaran adalah margin pemasaran. kesimpulan yang tergesa-gesa dengan mengatakan saluran pemasaran harus dipangkas dapat berakibat fatal………… . semakin kecil perbandingan balas jasa antara yang diterima petani produsen dan pedagang pengecer. semakin panjang suatu saluran pemasaran. Namun. Lazimnya.

. Kini. petani cengkeh Indonesia hanya menikmati harga beli komoditas tersebut oleh BPPC (Badan Penyangga dan Pemasaran Cengkeh) sebesar Rp 2.per kg.000.500. petani cengkeh justru dapat menikmati harga beli sebesar Rp 80.Efisiensi… (cont.) Contoh: Pada dekade 1980-1990an. .per kg. tanpa BPPC.. Petani cengkeh tidak tahu pasti bahwa BPPC yang amat monopsonis itu akhirnya menjual cengkeh yang telah disortir dan dikeringkan kepada pabrik-pabrik rokok dan pasar ekspor dengan harga berlipat-lipat.

sesuai dengan jasa yang diberikan oleh sekian pelaku pemasaran yang terlibat. tetapi ditentukan juga oleh tingkat balas jasa yang fair atau adil.Efisiensi • Efisiensi pemasaran tidak hanya dilihat dari panjang atau pendeknya rantai/saluran tata niaga. .

Akibatnya. .Catatan tambahan Supply chain management Mengapa membentuk rantai penawaran? Perusahaan menyadari bahwa mereka harus bekerjasama untuk dapat bersaing. persaingan akan terjadi antara satu chain dengan chain yang lain.

tetapi kemampuan dari tiap anggota untuk menciptakan nilai tambah yang bermanfaat bagi “chain” ybs. retailer. dan konsumen.) • Prinsip SCM: memastikan produk/jasa dapat sampai ke tangan konsumen se-efektif dan se-efisien mungkin. sehingga mampu bersaing dengan chain lainnya. • SCM tidak hanya membutuhkan kemampuan bekerjasama. . perusahaan transportasi. dan bukan per perusahaan. • SCM merupakan strategi bisnis yang ditempuh dengan melibatkan seluruh komponen dalam “chain”. perusahaan penyedia servis/pelayanan jasa (seperti lembaga perkreditan. petani/produsen. pergudangan). • Meliputi kerjasama/cooperative antara perusahaan penyedia input.Supply… (cont.