Struktur dan Tugas-Tugas di Gereja HKBP

Sinode Agung

Rapat Pendeta HBKP Sek. Jendral

Ephorus
Kepala Dep. Koinonia Kepala Dep. Marturi a Kepala Dep. Diakoia

MPS B.Audit
Balitbang HKBP Badan Usaha HKBP

Biro
Bendahara Umum

Biro

Biro
Yayaan

Biro
BPP HKBP

Yaya-

Sinode Distrik

an

Praeses
Kabid. Koinonia Kabid. Marturia Kabid. Diakonia
MPSD

Rapat Ressort
Pendeta Ressort

Majelis Ressort

Sekretaris Ressort

Rapat Jemaat
Rapat Rapat Pelayanan tahbisan

Pimpinan Jemaat

Pelayanan Jemaat

Ketua Dewan Koinonia
Seksi Sekolah Minggu Seksi Remaja Seksi Pemuda Seksi Perempuan Seksi Bapak Seksi Sending Seksi
Musik

Ketua Dewan Marturia
Seksi
Diakonia sosial

Ketua Dewan Diakonia

Ketua Pembendaharaan Dan Adm.

Seksi
Pendidikan

Seksi
Kesehatan

Seksi
Kemasyarakatan

Halaman 1

Struktur dan Tugas-Tugas di Gereja HKBP
Struktur Umum HKBP Pusat
Ephorus
Pdt.Dr.Bonar Napitupulu

Sekretaris Jenderal Pdt. Ramlan Hutahaean

Kepala Koinonia Pdt. Dr. Jamilin Sirait

Kepala Marturia Pdt. Dr. Binsar Nainggolan

Kepala Diakonia Pdt. Nelson F. Siregar

Tugas-tugas :
BAB I : JEMAAT
Pelayanan Jemaat :
1. Mengembangkan dan meningkatkan kehidupan rohani dan jasmani warga negara. 2. Mengangkat pelayan-pelayan jemaat. 3. Melaksanakan konfessi, peraturan Pengembalaan dan siasat Gereja

HKBP, Aturan Peraturan HKBP, dan keputusan rapat di HKBP. 4. Memberangkatkan utusan ke berbagai kegiatan HKBP. 5. Menyediakan lahan pertapakan dan bangunan gereja, bangunan lain dan segala kebutuhan jemaat.
Halaman 2

3. Memimpin jemaat setempat. Mengelola administrasi jemaat yang mencakup administrasi umum. dan rapat jemaat. rapat pelayan tahbisan. Menerima laporan pertanggungjawaban setiap dewan. merencanakan dan melaksanakan pekerjaan-pekerjaan pelayanan sesuai dengan tri-tugas panggilan gereja. maupun sarana dan prasarana. Sinode distrik. dan meningkatkan mutu pelayanan di bidang penatalayanan dan administrasi jemaat. seksi. statik. Memikirkan yang berguna di ressort. Mengembangkan dan meningkatkan hubungan persekutuan yang baik dengan teman seiman dan masyarakat maupun lingkungan.Struktur dan Tugas-Tugas di Gereja HKBP 6. 5. Melaksanakan keputusan Sinode Agung. membimbing. Mengawasi. Memimpin pelayan tahbisan sesuai dengan bidang tugasnya masingmasing. Pimpinan Jemaat : 1. Memimpin rapat jemaat. Mengadakan sarana dan prasarana sesuai dengan program kerja dan anggaran jemaat. 2. dan keuangan jemaat ke pendeta resort. dan panitia pembangunan. Melayankan pekerjaan jemaat melalui pelayan-pelayan jemaat. Menyampaikan laporan pelayanan. rapat pelayan. 8. 6. dan rapat pemilihan pengurus-pengurus dewan. dan harta kekayaan jemaat untuk dibawakan ke rapat. 2. 4. anggaran belanja. Majelis Pekerja Sinode. 7. dll. Halaman 3 . majelis pekerja sinode distrik. distrik. 7. Majelis Perbendaharaan : 1. 3. dan HKBP umum. Membantu pimpinan jemaat menyusun rencana kerja.

penempatan. 4. Memberikan pertanggungjawaban kepada pimpinan jemaat dan rapat pelayan tahbisan. Bendahara Jemaat : 1. 5. menghitung. dan pegawasannya. kecuali keperluan sehari-hari yang disimpan di brangkas. Menentukan harta benda yang tidak dapat dipergunakan lagi sesuai dengan ketentuan untuk dibawakan ke rapat pelayan tahbisan. Mengatur semua harta kekayaan jemaat demi keteraturan penggunaan. Mengirimkan semua uang yang pantas diserahkan ke resort.Struktur dan Tugas-Tugas di Gereja HKBP 4. 2. Membuat berita keuangan jemaat melalui warta jemaat. dengan persetujuan pimpinan jemaat. Halaman 4 . 5. Membayar dengan uang jemaat segala keperluan yang berhubungan dengan keputusan rapat pelayan tahbisan. Menyimpan uang jemaat di bank / di kantor pos terdekat. dan laporan tertulis. menyimpan semua uang jemaat yang bersumber dari berbagai kegiatan yang dilakukan jemaat. dan kantor pusat HKBP. Menerima usul rencana tahunan dan anggaran dari setiap seksi. Menghimpun. 6. distrik. 6. 2. Dewan : 1. Membuat laporan berkala tentang pengelolaan harta dan administrasi jemaat untuk disampaikan kepada pimpinan jemaat. 7. Menyusun renacana tahunan dan anggaran dewan yang akan disampaikan kepada pimpinan jemaat untuk dibahas dalam rapat. Mengatur semua uang jemaat melalui pembukuan uang yang masuk dan keluar. 3.

Membimbing anak-anak sekolah minggu dalam mempelajari firman Allah. Menyusun bahan ajar tentang firman Tuhan. Menyampaikan laporan pertanggungjawaban kepada pimpinan jemaat. B. Guru Sekolah Minggu 1. Seksi Sekolah minggu 1. 5. 4. 2. dan fisik anak-anak. kehidupan kekristenan dan jemaat.Struktur dan Tugas-Tugas di Gereja HKBP 3. 2. Membimbing anak-anak sekolah minggu dalam perkembangan pemahaman keagamaan dan kegerajaan. Menyajikan bahan ajar yang telah direncanakan kepada sekolah minggu sesuai dengan kelasnya. Mengkordinasikan semua saksi dalam melaksanakan rencana tahunan dan anggaran yang telah ditetapkan di rapat jemaat. Mengendalikan dan mengevaluasi pelaksanaan rencana tahunan dan anggaran setiap seksi. Merencanakan dan mengadakan kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler. Halaman 5 . Dewan Koinonia : A. 3. demikian juga kehidupan segenap HKBP sesuai dengan perkembangan pikiran. emosi. Membuat evaluasi dan laporan berkala tentang pelaksanaan tugas untuk disampaikan kepada ketua dewan koinonia dan pimpinan jemaat. 3. Membimbing anak-anak sekolah minggu sesuai dengan Pola Pendidikan Sekolah Minggu yang telah ditetapkan oleh HKBP. 4. seperti wisata rohani dan kunjungan ke panti-panti asuhan untuk dilaksanakan oleh anak-anak sekolah minggu.

Seksi Remaja 1. 3. 2. Mengadakan evaluasi penting pemahaman dan penghayatan anakanak sekolah minggu secara berkala. terutama sekali tentang posisi dan kehidupan pemuda agar semakin dewasa dalam iman. Membimbing remaja dalam perkembangan pemahaman keagamaan atau kegerejaan. Membimbing pemuda sesuai dengan pola pelaksanaan seksi pemuda yang telah ditetapkan. Halaman 6 .Struktur dan Tugas-Tugas di Gereja HKBP 4. dan mempergunakannya untuk meningkatkan mutu. 2. Seksi Pemuda 1. Membimbing pemuda dalam perkembangan pemahaman keagamaan atau kegerejaan. Membimbing remaja sesuai dengan pola pelaksanaan seksi remaja yang telah ditetapkan. Membuat evaluasi dan laporan berkala tentang pelayanaan terhadap remaja dan menyampaikannya kepada dewan koinonia dan pimpinan jemaat. 4. 4. Mebuat laporan tentang pelaksanaan pembelajaran sekolah minggu secara berkala. Membuat evaluasi dan laporan berkala tentang pelayanaan terhadap pemuda dan menyampaikannya kepada dewan koinonia dan pimpinan jemaat. 5. C. Merencanakan dan melaksanakan kegiataan pelayanan terhadap pemuda tentang penghayatan firman Tuhan agar smakin berkembang menuju kedewasaan iman. D. 3. Membimbing remaja untuk mempelajari firman Tuhan.

Seksi Perempuan 1.Struktur dan Tugas-Tugas di Gereja HKBP E. Membimbing perempuan sesuai dengan pola pelaksanaan seksi bapak yang telah ditetapkan. 3. 3. Dewan Marturia : Halaman 7 . Seksi Bapak 1. Membuat evaluasi dan laporan berkala tentang pelayanaan terhadap bapak dan menyampaikannya kepada dewan koinonia dan pimpinan jemaat. Membimbing bapak supaya semakin berkembang dalam pemahaman keagamaan dan kegerejaan terutama sekali tentang posisi dan kehidupan bapak. 2. Membuat evaluasi dan laporan berkala tentang pelayanaan terhadap perempuan dan menyampaikannya kepada dewan koinonia dan pimpinan jemaat. F. Membimbing perempuan sesuai dengan pola pelaksanaan seksi perempuan yang telah ditetapkan. Merencanakan dan melaksanakan kegiataan pelayanan terhadap bapak tentang penghayatan firman Tuhan agar smakin berkembang menuju kedewasaan iman. 2. 4. Merencanakan dan melaksanakan kegiataan pelayanan terhadap perempuan tentang penghayatan firman Tuhan agar smakin berkembang menuju kedewasaan iman. Membimbing perempuan supaya semakin berkembang dalam pemahaman keagamaan dan kegerejaan terutama sekali tentang posisi dan kehidupan perepuan. 4.

Seksi Pekabar Injil 1. panti-panti asuhan. Melayankan pelayanan diakonia di tengah-tengah jemaat itu sendiri bagi warga yang memerlukan bantuan dari jemaat. 4. Dewan Diakonia Sosial 1. Membuat evaluasi dan laporan berkala tentang pelaksanaan tugasnya yang akan disampaikan kepada ketua dewan marturia dan pimpinan jemaat. Menghimpun persembahan. sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Dewan Diakonia : A. untuk memberitakan firman Allah. 2. 2. Memberikan bimbingan dalam hal kegiatan musik vokalia dan instrumentalia di jemaat. Meningkatkan kelompok-kelompok paduan suara dan pemusik. 4. Melaksanakan pelayanan diakonia sosial kepada orang-orang yang terpenjara. dan orang lain di luar jemaat itu sendiri. Menjalankan program pekabaran injil HKBP. Menyediakan keperluan-keperluan yang berhubungan dengan kegiatan musik vokalia dan instrumentalia. Halaman 8 . Seksi Musik 1. 3. Melaksanakan pemberitaan injil keluar HKBP.Struktur dan Tugas-Tugas di Gereja HKBP A. B. 2. Membuat evaluasi dan laporan berkala tentang pelaksanaan tugasnya untuk disampaikan kepada ketua dewan marturia dan pimpinan jemaat. Melaksanakan pemberitaan injil di dalam HKBP sendiri. dana melalui donateur dan kegiatankegiatan lainnya untuk menyokong kegiatan pekabaran injil yang lebih luas. 3. 5. sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan.

2. Seksi Kesehatan 1. sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan. 3. Membuat evaluasi dan laporan berkala tentang pelaksanaan tugasnya yang akan disampaikan kepada ketua dewan marturia dan pimpinan jemaat. Seksi Pendidikan 1. 4. 2. Mengupayakan dan mengembangkan kerjasama pendidikan atau pelatihan dan lapangan kerja yang tepat guna. dana dari berbagai sumber untuk melayankan beasiswa kepada putera-puteri warga jemaat yang memerlukannya. 5. Melayankan kegiatan menghimpun sumbangan atau dana untuk membantu pembangunan kesehatan masyarakat.Struktur dan Tugas-Tugas di Gereja HKBP 3. Menjalankan program diakoni sosial HKBP. B. Melayankan pelayanan kesehatan kepada warga jemaat dan masyarakat sekitarnya yang memerlukannya. Melayankan kegiatan pendidikan atau pengajar dan pelatihan di tengah-tengah warga jemaat dan sekitarnya sesuai dengan keperluan masyarakat dan bangsa. dana dari donateur dan sumber-sumber lain untuk melaksanakan pelayanan diakonia yang lebih luas. sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Memberikan penerangan kepaa warga jemaat dan masyarakat sekitarnya tentang kesehatan. Halaman 9 . Menghimpun sumbangan. Menghimpun sumbangan. 3. C. Membuat evaluasi dan laporan berkala tentang pelaksanaan tugasnya yang akan disampaikan kepada ketua dewan diakoni dan pimpinan jemaat. 4.

Memimpin jemaat induk resort bersama-sama dengan pelayan tahbisan lainnya. Memperhatikan perkembangan-perkembangan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat dan di berbagai bidang kehidupan. sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan.Struktur dan Tugas-Tugas di Gereja HKBP 4. 2. 4. Halaman 10 . Merencanakan dan melaksanakan pembinaan untuk mengembangkan hubungan yang konstruktif dengan pemerintah dan golongan-golongan masyarakat sebagai pengejawantahan dari visi HKBP yang inklusif dan dialogis. D. 3. sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan. BAB II : RESORT Pendeta Resort : 1. Seksi Kemasyarakatan 1. Merencanakan dan melaksanakan sumber-sumber dana yang diperlukan untuk pelayanan tersebut. Membuat evaluasi dan laporan berkala tentang pelaksanaan tugasnya yang akan disampaikan kepada ketua dewan diakoni dan pimpinan jemaat. 2. Memimpin resort bersama-sama dengan majelis resort. 5. Merencanakan dan melaksanakan usaha-usaha meningkatkan kehidupan masyarakat dan pemeliharaan lingkungan hidup. Membuat evaluasi dan laporan berkala tentang pelaksanaan tugasnya yang akan disampaikan kepada ketua dewan diakoni dan pimpinan jemaat. serta merencanakan dan menetukan sikap HKBP berkenaan dengan perkembangan-perkembangan itu.

3. Halaman 11 . Majelis Resort : 1. Memotivasi dan melaksanakan kegiatan bersama dewan-dewan dan seksi-seksi di jemaat-jemaat yang ada di resort itu. Sekretaris Bendahara Ressort : 1. dan mengeluarkan uang di resort sesuai dengan keputusan rapat resort dan rapat majelis resort dengan persetujuan pendeta resort.Struktur dan Tugas-Tugas di Gereja HKBP 3. 6. rapat majelis resort. Memikirkan semua yang dibutuhkan demi membangkitkan dan menghidupkan jemaat bersama-sama dengan pelayan-pelayan di resort. rapat majelis pekerja distrik. Rapat Majelis Pekerja Sinode. Mempersiapkan dan melaksanakan yang perlu bagi rapat-rapat di resort. Rapat Majelis Pekerja Sinode. dan rapat resort. rapat majelis pekerja distrik. Mengelola administrasi dan keuangan resort. 5. Sinode Distrik. 3. statik. Membimbing jemaat-jemaat yang tergabung dalam resort itu untuk memenuhi tanggung jawabnya. dan rapat-rapat lain di tingkat resort. 2. Menyertai pendeta resort memimpin resort. Membuat evaluasi dan memberikan laporan pekerjaan. menyimpan. Melaksanakan keputusan sinode agung. Melaksanakan keputusan sinode agung. 4. 2. Memimpin rapat resort. dan keuangan resort ke rapat resort dan praeses. 7. Sinode Distrik. 8. dan rapat resort. Mengawasi keuangan dan kekayaan jemaat-jemaat yang tergabung dalam resort itu. Mengingatkan. menerima.

Menerima dan memeriksa serta mengawasi dan mengirimkan uang ke distrik dan ke pusat dari jemaat-jemaat yang tergabung dalam resort itu dengan persetujuan pendeta resort. Menyusun rencana strategis dan program kerja tahunan di distrik sesuai dengan keputusan Sinode Agung. 6. BAB III : DISTRIK Praeses : 1. 4.Struktur dan Tugas-Tugas di Gereja HKBP 4. 7. Melantik pelayan-pelayan tahbisan penuh waktu pada jabatannya masing-masing di distrik itu. Memimpin distrik bersama-sama dengan para kepala bidang. 2. 9. Majelis Pekerja Sinode. Membimbing dan mengawasi semua kegiatan yang berkenaan dengan kerohanian dan kekayaan di jemaat-jemaat dan resort-resort. 3. majelis pekerja sinode distrik. Membuat evaluasi dan memberikan laporan pertanggungjawaban setiap bulan ke pendeta resort. Membina dan mengembalakan pelayan-pelayan tahbisan dalam pekerjaan yang sesuai dengan tugas pelayanannya masing-masing. Mencari jalan untuk memasukkan uang ke resort dengan persetujuan pendeta resort. Halaman 12 . 5. 5. Meresmikan jemaat-jemaat dan resort-resort baru yang sudah ditetapkan oleh Pimpinan HKBP. Mengunjungi jemaat-jemaat dan memimpin pesta-pesta jubileum jemaat. dan Rapat Pimpinan HKBP. Menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi di jemaat dan resort yang tidak dapat diselesaikan oleh majelis resort. Memimpin Sinode distrik. dan rapat pimpinan distrik. 8. 6.

5. Melaksanakan kegiatan dan kebaktian bersama di tingkat distrik. sepikiran. dan rapat distrik. 12. Membuat evaluasi dan menyampaikan laporan pertanggungjawaban secara berkala kepada Ephorus HKBP. 13. Mengawasi pelaksanaan keputusan Sinode Agung. Memberikan laporan dan saran kepada Ephorus tentang kemampuan dan perpindahan pelayan-pelayan tahbisan penuh waktu yang ada di distrik itu. Merencanakan dan melaksanakan kegiatan-kegiatan untuk memantapkan perksekutuan yang sehati. Mengawasi dan menerima laporan dari yayasan tentang pengelolaan lembaga-lembaga pendidikan HKBP yang ada di distrik itu. dan laporan pekerjaan ke majelis pekerja sinode distrik. Mengadakan dan memimpin rapat-rapat para pelayan tahbisan penuh waktu di distrik. 11. Bidang-bidang di distrik : A. 3. 14. rapat majelis pekerja sinode distrik. dan seperasaan di jemaat-jemaat dan resort-resort yang ada di distrik itu 2. serta laporan tahunan ke sinode distrik. Membangkitka dam memelihara persekutuan di antara kelompokkelompok kategorial. sinode distrik. Mempersiapkan bahan-bahan atau materi embinaan kategorial dan warga jemaat yang didasarkan pada program HKBP.Struktur dan Tugas-Tugas di Gereja HKBP 10. Membangkitkan dan memelihara persekutuan di antara pelayanpelayan di distrik itu. Bidang Koinonia 1. Majelis Pekerja Sinode. 4. Halaman 13 .

dan ditengahtengah masyarakat. resort. Membuat evaluasi dan laporan pelaksanaan tugas kepada preases sesuai dengan waktu yang ditentukan. Memikirkan dan mempersiapkan materi-materi pengakuan. Halaman 14 . 6. B. Bidang Diakonia 1. 5. 4. Mengembangkan hubungan kemasyarakatan dengan umat beragama lain. 8. 3. 7. C. Memikirkan dan melayankan pekerjaan pekabaran injil kepada kelompok-kelompok khusus di tengah-tengah masyarakat. Bidang Marturia 1. Menjalin persekutuan dan melaksanakan kegiatan ibadah bersamasama degan gereja-gereja tetangga yang ada di distrik itu. Mewartakan injil ke seluruh masyarakat. 9. 2. di distrik. Menyusun dan mempersiapkan bentuk-bentuk liturgi yang sesuai untuk dipergunakan dalam kebaktian-kebaktian yang mampu membangkitkan kehidupan gerejawi HKBP. Membuat evaluasi dan laporan pelaksanaan tugas kepada preases sesuai dengan waktu yang ditentukan. Membangkitkan dan mengembangkan kebaktian-kebaktian doa ditengah-tengah masyarakat. Meningkatkan kemampuan para pengkhotbah dan pekabar injil dari kalangan warga maupun pelayan jemaat.Struktur dan Tugas-Tugas di Gereja HKBP 6. Merencanakan dan melaksanakan usaha-usaha untuk meningkatkan mutu pelayanan sosial di jemaat.

Mengusahakan dana yang perlu bagi pelayanan bidang diakonia dan tetap memlihara persekutuan dengan jemaat dan resort. 6. dan Halaman 15 . trutama seksi diakoni sosial. BAB IV : HKBP UMUM Ephorus : 1. 5. Merencanakan dan melaksanakan usaha-usaha meningkatkan mutu kehidupan ekonomi warga jemaat. 4. Merencanakan dan melaksanakan usaha-usaha untuk meningkatkan mutu pelayanan sosial di bidang pendidikan dan kesehatan kepada warga jemaat. Membina dan mengembangkan hubungan komunikatif dengan berbagai golongan masyarakat dan pemerintah. 2. Membuat evaluasi dan laporan berkala tentang pelaksanaan tugasnya yang akan disampaikan kepada ketua dewan marturia dan pimpinan jemaat. Memelihara dan menyuarakan tugas kenabiaan HKBP terhadap pemerintah melalui kata-kata maupun perbuatan. 3. Mengembalakan jemaat-jemaat dan pelayan-pelayan di segenap HKBP. 8. 7. dan merencanakan serta menentukan sikap. gereja. Merencanakan dan melaksanakan usaha-usaha untuk membantu anak-anak sekolah yang tidak mampu. 3. 4.Struktur dan Tugas-Tugas di Gereja HKBP 2. Melaksanakan pembinaan terhadap pelayan- pelayan tahbisan dalam rangka upaya meningkatkan kemampuan melaksanakan tugas-tugas pelayanannya. Mewakili KBP terhadap pemerintah. sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Mencermati perkembangan-perkembangan yang terjadi di tengah- tengah masyarakat.

Memimpin rapat preases. dan Sekretaris Jendral : Halaman 16 . Menyusun Rencana Strategis HKBP untuk disampaikan ke Sinode Agung. Menyusun almanak HKBP. Memimpin Rapat Pimpinan HKBP. Mellantik preases.Struktur dan Tugas-Tugas di Gereja HKBP badan-bandan lain di dalam maupun di luar negri. distrik baru. 6. guru jemaat. resort. Menyelenggarakan Sinode Agung sesuai dengan ketentuan persidangan Sinode agung. Menahbiskan evangelis. yayasan. 14. 15. 8. dan Peraturan Pengembalaan dan Siasaat Gereja sebagai manisfetasi kepatuahannya kepada Yesus. 17. 12. diakones. Aturan Peraturan. 9. Meyampaikan laporan tahunan dan pertanggungjawaban pelaksanaan tugasnnya memimpin HKBP ke sinode agung. dan komisi. Konfessi. dan Rencana Tahunan yang akan disampaikan kepada Majelis Pekerja Sinode. 7. Menerima ususl amandemen terhadap Aturan Peraturan HKBP. Memimpin segenap HKBP bersama-sama dengan sekretaris Jendral dan kepala departemen berdasarkan alkitab. pendeta. lembaga. Mengunjungi jemaat-jemaat untuk memimpin upacara penahbisan gereja dan peletakan batu alas. 5. 13. Menerbitkan surat-surat ketetapan tentang jemaat. bibelvrouw. Mempersiapkan dan menyusun rancana induk pengembangan pelayanan HKBP yang akan disampaikan Sinode Agung untuk ditetapkan. 10. 11. 16.

Menyertai Ephorus memimpin HKBP bersama-sama dengan kepala departemen. Mewakili Ephorus melaksanakan tuga-tugas yang diberikan oleh Ephorus sesuai kebutuhan. Memimpin semua pekerjaan di Departemen Koinonia : a. dan pedomanpedoman yang perlu. Menerima laporan pelayanan dari organ-organ pelayanan di bawahnya. 2.Struktur dan Tugas-Tugas di Gereja HKBP 1. 7. Menyusun kebijakan-kebijakan peraturan-peraturan. Menyertai Ephorus bersama-sama dengan Sekretaris Jendral dan kepala departemen memimpin HKBP. b. 8. Rencana Tahunan. Mewakili Ephorus dalam pelaksanaan tugas yang diberikan Ephorus sesuai kebutuhan. Bersama-sama Ephorus dan kepala departemen menyelenggarakan rapat pimpinan HKBP. Halaman 17 . 2. 3. Membuat evaluasi dan menyampaikan pertanggungjawaban kepada Ephorus. 4. Kepala Departemen Koinonia : 1. Bersama-sama dengan kepala departemen menyertai Ephorus menyusun Berita pelayanan. Mengkordinasikan perencanaan dan pelaksanaan semua usaha yang mengembangkan seluruh jemaat HKBP di semua tingkat. dan Rencana anggaran Pendapatan belanja tahunan HKBP. 5. Memimpin administrasi HKBP sesuai dengan Aturan Peraturan HKBP. Mempersiapkan segala keperluan yang berkenaan dengan pelaksanaan sinode agung. c. 6.

Menerima laporan pelaksanaan tugas dari semua organ pelayanan bawahan. f. d. Bersama-sama dengan sekretaris jendral dan kepala departeman menyertai Ephorus menyusun berita pelayanan. Mewakili Ephorus dalam pelaksanaan tugas yang diberikan Ephorus sesuai kebutuhan. Sekretaris jendral. Kepala Departemen Marturia : 1. Membuat evaluasi dan menyampaikan pertanggungjawaban kepada Ephorus. dan rencana anggaran pendapatan belanja tahunan HKBP. dan pedoman-pedoman yang perlu. b. g. Mengkordinasi perencanaan dan pelaksanaan pekabaran injil di setiap tingkat pelayanan HKBP. c. rencana tahunan. Megkordinasikan kebijakan-kebijakan. Bersama-sama dengan sekretaris jendral dan kepala departeman menyertai Ephorus menyusun berita pelayanan. peraturan-peraturan. dan rencana anggaran pendapatan belanja tahunan HKBP. rencana tahunan. e. Menerima laporan pelaksanaan tugas dari semua organ pelayanan bawahan. Halaman 18 . Menyertai Ephorus bersama-sama dengan Sekretaris Jendral dan kepala departemen memimpin HKBP. Bersama-sama Ephorus. Memimpin semua pekerjaan di Departemen Koinonia : a.Struktur dan Tugas-Tugas di Gereja HKBP d. 2. Kepala departemen diakonia dan Departemen Marturia menyelenggarakan Rapat Pimpinan HKBP. e.

Sekretaris jendral. peraturan-peraturan. Kepala departemen diakonia dan Departemen Marturia menyelenggarakan Rapat Pimpinan HKBP. dan kesehatan. dan pedomanpedoman yang perlu dalam pekerjaan diakonia yang menjadi pegangan bagi semua orang. b. menengah. Sekretaris jendral. Mewakili Ephorus dalam pelaksanaan tugas yang diberikan Ephorus sesuai kebutuhan. Halaman 19 . g. demikian juga yang berhubungan dengan yayasan pendidikan dasar. rencana tahunan. Menerima laporan pelaksanaan tugas dari semua organ pelayanan bawahan. 2. Memimpin semua pekerjaan di Departemen Diakonia : a. e. Bersama-sama dengan sekretaris jendral dan kepala departeman menyertai Ephorus menyusun berita pelayanan. c. Mengkordinasikan pengelolaan semua pelayanan sosial yang berhubungan dengan pemberian bantuan kepada yang kesusahan. Kepala departemen diakonia dan Departemen Marturia menyelenggarakan Rapat Pimpinan HKBP. Menyertai Ephorus bersama-sama dengan Sekretaris Jendral dan kepala departemen memimpin HKBP. Membuat evaluasi dan menyampaikan pertanggungjawaban kepada Ephorus. Bersama-sama Ephorus. Bersama-sama Ephorus. atas. Menyusun kebijakan-kebijakan.Struktur dan Tugas-Tugas di Gereja HKBP f. Kepala Departemen Diakonia : 1. d. dan rencana anggaran pendapatan belanja tahunan HKBP. f.

Membuat evaluasi dan menyampaikan pertanggungjawaban kepada Ephorus.Struktur dan Tugas-Tugas di Gereja HKBP g. Halaman 20 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful