Sejarah BPUPKI Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau BPUPKI (Dokuritsu Junbi Cosakai) adalah sebuah

badan yang dibentuk oleh pemerintah Jepang pada tanggal 29 April 1945 bertepatan dengan hari ulang tahun Kaisar Hirohito. Badan ini dibentuk sebagai upaya pelaksanaan janji Jepang mengenai kemerdekaan Indonesia. BPUPKI beranggotakan 62 orang yang diketuai oleh Radjiman Wedyodiningrat dengan wakil ketua Hibangase Yosio (orang Jepang) dan R.P. Soeroso. Di luar anggota BPUPKI, dibentuk sebuah Badan Tata Usaha (semacam sekretariat) yang beranggotakan 60 orang. Badan Tata Usaha ini dipimpin oleh R.P.Soeroso, dengan wakil Abdoel Gafar Pringgodigdo dan Masuda (orang Jepang). Pada tanggal 7 Agustus 1945, Jepang membubarkan BPUPKI dan membentuk Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia.

Rapat Pertama
Rapat pertama diadakan di gedung Chuo Sangi In di Jalan Pejambon 6 Jakarta yang kini dikenal dengan sebutan Gedung Pancasila. Pada zaman Belanda, gedung tersebut merupakan gedung Volksraad, lembaga DPR bentukan Belanda. Rapat dibuka pada tanggal 28 Mei 1945 dan pembahasan dimulai keesokan harinya 29 Mei 1945 dengan tema dasar negara. Pada rapat pertama ini terdapat 3 orang yang mengajukan pendapatnya tentang dasar negara. Pada tanggal 29 Mei 1945, Mr. Muhammad Yamin dalam pidato singkatnya mengemukakan lima asas yaitu: a. peri kebangsaan b. peri ke Tuhanan c. kesejahteraan rakyat d. peri kemanusiaan e. peri kerakyatan Pada tanggal 31 Mei 1945, Prof. Dr. Mr. Soepomo mengusulkan lima asas yaitu: a. persatuan b. mufakat dan demokrasi c. keadilan sosial d. kekeluargaan e. musyawarah Pada tanggal 1 Juni 1945, Ir. Soekarno mengusulkan lima asas pula yang disebut Pancasila yaitu: a. kebangsaan Indonesia b. internasionalisme dan peri kemanusiaan c. mufakat atau demokrasi

Agus Salim (anggota) Mr. 3. Ketuhanan yang berkebudayaan Bahkan masih menurut Soekarno. A. Ir. 9. namun dengan urutan dan nama yang sedikit berbeda. 2. Panitia kecil beranggotakan 9 orang dan dikenal pula sebagai Panitia Sembilan dengan susunan sebagai berikut: 1. Sementara itu. Sosiodemokrasi c. masih belum ditemukan kesepakatan untuk perumusan dasar negara. tanggal 22 Juni 1945 Panitia Sembilan kembali bertemu dan menghasilkan rumusan dasar negara yang dikenal dengan Piagam Jakarta (Jakarta Charter) yang berisikan: a. Wachid Hasyim (anggota) Abdul Kahar Muzakir (anggota) Abikoesno Tjokrosoejoso (anggota) H. Sosionasionalisme b. Muhammad Yamin (anggota) KH. 5.d. 4. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia Rapat Kedua . sehingga akhirnya dibentuklah panitia kecil untuk menggodok berbagai masukan. Moh. kesejahteraan sosial e.A. Ketuhanan yang Maha Esa Kelima asas dari Soekarno disebut Pancasila yang menurut beliau dapat diperas menjadi Trisila atau Tiga Sila yaitu: a. Trisila tersebut di atas masih dapat diperas menjadi Ekasila yaitu sila Gotong Royong. Hatta (wakil ketua) Mr. Soekarno (ketua) Drs. Kemanusiaan yang adil dan beradab c. 6. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan e. Persatuan Indonesia d. Achmad Soebardjo (anggota) Mr. perdebatan terus berlanjut di antara peserta sidang BPUPKI mengenai penerapan aturan Islam dalam Indonesia yang baru. Maramis (anggota) Setelah melakukan kompromi antara 4 orang dari kaum kebangsaan (nasionalis) dan 4 orang dari pihak Islam. 8. Selanjutnya lima asas tersebut kini dikenal dengan istilah Pancasila. 7. Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya b. Masa antara Rapat Pertama dan Kedua Sampai akhir rapat pertama.

6. ekonomi dan keuangan. Achmad Soebardjo Mr. akhirnya ditentukan wilayah Indonesia merdeka yakni wilayah Hindia Belanda dahulu. Borneo Utara. Soepomo (ketua merangkap anggota) Mr. 4. 3. Dalam laporan tersebut tercantum tiga masalah pokok yaitu: a. wilayah negara. Wachid Hasjim . Soeroso (Wakil Ketua) Hibangase Yosio (Wakil Ketua) . Dengan pemungutan suara. Moh. Sedangkan konsep Undang-Undang Dasar hampir seluruhnya diambil dari alinea keempat Piagam Jakarta. 8. 7. rapat pleno BPUPKI menerima laporan Panitia Perancang UUD yang dibacakan oleh Ir. Wongsonegoro Mr. Soekarno Drs. Muhammad Yamin Prof.P. batang tubuh UUD Konsep proklamasi kemerdekaan rencananya akan disusun dengan mengambil tiga alenia pertama Piagam Jakarta. pernyataan Indonesia merdeka b. Pada tanggal 14 Juli 1945. Soekiman Pada tanggal 13 Juli 1945 Panitia Perancang UUD mengadakan sidang untuk membahas hasil kerja panitia kecil perancang UUD tersebut. 7.Rapat kedua berlangsung 10-17 Juli 1945 dengan tema bahasan bentuk negara.P. Soekarno. R. Agus Salim Dr. 5. A. rancangan Undang-Undang Dasar. Mr. dan pulau-pulau sekitarnya. Dr. TimorPortugis. Soepomo KH. kewarganegaraan. KRT Radjiman Wedyodiningrat (Ketua) R. pembelaan negara. Maramis Mr. Singgih H. Hatta Mr. Prof. 6. 2. Soekarno. 4. Susunan keanggotaan BPUPKI 1. 2. Mr. 5. ditambah dengan Malaya.orang Jepang Ir. Papua. 3. pendidikan dan pengajaran. Dalam rapat ini dibentuk Panitia Perancang Undang-Undang Dasar beranggotakan 19 orang dengan ketua Ir. pembukaan UUD c.A. Dr. Pada tanggal 11 Juli 1945 Panitia Perancang UUD membentuk lagi panitia kecil beranggotakan 7 orang yaitu: 1. Panitia Pembelaan Tanah Air dengan ketua Abikoesno Tjokrosoejoso dan Panitia Ekonomi dan Keuangan diketuai Mohamad Hatta.

Abdoel Kahar Muzakir 10.A. 5. A. Abikoesno Tjokrosoejoso 12. kedudukan Jepang dalam perang Pasifik semakin terdesak. Ki Bagoes Hadikoesoemo 16. Angkatan Laut Amerika Serikat dipimpin Laksamana Nimitz berhasil menduduki posisi penting di Kepulauan Mariana seperti Saipan. Dr. H. Dari Holandia inilah Mac Arthur akan menyerang Filipina untuk memenuhi janjinya. Hoesein Djajadiningrat 15. KH. Prof. pemerintah militer Jepang masih tetap menggembar gemborkan (meyakinkan) bahwa Jepang akan menang dalam perang Pasifik. Pada tanggal 18 Juli 1944. Ahmad Sanusi 20. Tidian dan Guan yang memberi kesempatan untuk Sekutu melakukan serangan langsung ke Kepulauan Jepang.9. Di sisi lain kekuatan Angkatan Laut Sekutu yang berpusat di Biak dan Morotai berhasil menghujani bom pada pusat pertahanan militer Jepang di Maluku. Soekiman 17.A.A.A. Sementara posisi Angkatan Darat Amerika Serikat yang dipimpin oleh Jendral Douglas Mac Arthur melalui siasat loncat kataknya berhasil pantai Irian dan membangun markasnya di Holandia (Jayapura). PEMBENTUKAN BPUPKI Latar belakang dan sebab Memasuki awal tahun 1944. Mr. P. Liem Koen Hian Tan Eng Hoa Oey Tiang Tjoe Oey Tjong Hauw Drs. Kekuatan tentara Jepang yang semula ofensif (menyerang) berubah menjadi defensif (bertahan). Yap Tjwan Bing.A. 4. Kondisi tersebut menyebabkan jatuhnya pusat pertahanan Jepang dan merosotnya semangat juang tentara Jepang. 2. yaitu 1. R. Sulawesi. Maramis 11. Abdoel Kaffar 18. Achmad Soebardjo 14. 3. Agoes Salim 13. KH. Abdul Halim Di antara para anggotanya terdapat lima orang keturunan Tionghoa. Poerbonegoro Soemitro Kolopaking 19. Mr. Kepada bangsa Indonesia. Surabaya dan Semarang. Perdana Menteri Hideki Tojo terpaksa mengundurkan .

karena biasanya peranan ketua sebagai moderator atau pihak yang menegahi dalam memberi keputusan tidak mutlak. Radjiman Widiodiningrat dan R. namun ia tak bisa menemukan solusi yang akan menenteramkan militer Jepang atau Amerika. Ir. Kepulauan Solomon. maka pada tanggal 1 Maret 1945 pemerintah pendudukan Jepang di Jawa yang dipimpin oleh Panglima tentara ke-16 Letnan Jenderal Kumakici Harada mengumumkan pembentukan Dokuritsu Junbi Cosakai atau Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Balikpapan. Tujuan pembentukan badan tersebut adalah menyelidiki dan mengumpulkan bahan-bahan penting tentang ekonomi.000 orang (pasukan berani mati pada saat penyerangan ke Pearl Harbour). K. Makasar. Walaupun dalam penyusunan keanggotaan berlangsung lama karena terjadi tawar menawar antara pihak Indonesia dan Jepang. Soekarno yang pada waktu itu juga dicalonkan menjadi ketua. namun di sisi lain pemerintah Jepang semakin meningkatkan jumlah tenga pemuda untuk pertahanan. Barisan Berani Mati (Jikakutai) beranggotakan 50. Dalam rangka menarik simpati bangsa Indonesia agar lebih meningkatkan bantuannya baik moril maupun materiil. Di satu sisi ada sedikit kebebasan. Pada saat itu. Sekutu kemudian menyerang Ambon. yaitu Kaisar Hirohito. Perdana Menteri Koiso mengumumkan bahwa Negara-negara yang ada di bawah kekuasaan Jepang diperkenankan merdeka “kelak di kemudian hari”. posisi Jepang semakin terjepit dalam Perang Asia Timur Raya dimana Sekutu berhasil menduduki wilayah-wilayah kekuasaan Jepang. Pada akhir 1944. Suroso dan seorang Jepang sebagai wakilnya Ichi Bangase ditambah 7 anggota Jepang yang tidak memiliki suara.diri dan diganti oleh Perdana Menteri Koiso Kuniaki. .R. Koiso dianggap menciptakan perdamaian dengan Sekutu. Selain dari organisasi pertahanan yang sudah ada ditambah lagi dengan organisasi lainnya seperti: Barisan Pelajar (Suishintai). maka dalam sidang istimewa ke-85 Parlemen Jepang (Teikoku Ginkai) pada tanggal 7 September 1944 (ada yang menyebutkan 19 September 1944). Tarakan. begitu pula lagu kebangsaan Indonesia Raya boleh dinyanyikan setelah lagu Kimigayo. Kepulauan Marshall. menolak pencalonannya karena ingin memperoleh kebebasan yang lebih besar dalam perdebatan. Janji kemerdekaan ini sering disebut dengan istilah Deklarasi Kaiso. Manado. Sejak saat itu pemerintah Jepang memberi kesempatan pada bangsa Indonesia untuk mengibarkan bendera merah putih berdampingan dengan Hinomaru (bendera Jepang).T. seperti Papua Nugini. bahkan Kepulauan Saipan yang letaknya sudah sangat dekat dengan Jepang berhasil diduduki oleh Amerika pada bulan Juli 1944.000 orang yang diilhami oleh pasukan Kamikaze Jepang yang jumlahnya 50. politik dan tata pemerintahan sebagai persiapan untuk kemerdekaan Indonesia. namun akhirnya BPUPKI berhasil dilantik 28 Mei 1945 bertepatan dengan hari kelahiran Kaisar Jepang. dan Surabaya. Adapun keanggotaan yang terbentuk berjumlah 67 orang dengan ketua Dr. Menghadapi situasi yang kritis itu.

KRT. Muhammad Yamin. BPUPKI mulai melaksanakan tugasnya dengan melakukan persidangan untuk merumuskan undang-undang dasar bagi Indonesia kelak.. peri kebangsaan b. Jalan Pejambon Jakarta. Muhammad Yamin. Supomo dan Ir.. Prof. Hal utama yang dibahas adalah dasar negara bagi negara Indonesia merdeka. Soekarno. Dr.006 Blog Entries: 12 a. Dalam pidato singkatnya. Selama masa tugasnya BPUPKI hanya mengadakan sidang dua kali. Orang pertama yang memberikan pandangannya adalah Mr. Pada sidang pertama..Pada tanggal 28 Mei 1945 dilangsungkanlah upacara peresmian BPUPKI bertempat di Gedung Cuo Sangi In. peri kerakyatan . QUOTE zentro View Public Profile Visit zentro's homepage! Find More Posts by zentro View Blog 18-08-2009. Sidang pertama dilakukan pada tanggal 29 Mei sampai 1 Juni 1945 di gedung Chou Sang In di Jalan Pejambon 6 Jakarta yang sekarang dikenal dengan sebutan Gedung Pancasila. dihadiri oleh Panglima Tentara Jepang Wilayah Ketujuh Jenderal Itagaki dan Panglima Tentara Keenam Belas di Jawa Letnan Jenderal Nagano. Dr. Rajiman Widyodiningrat selaku ketua dalam pidato pembukaannya menyampaikan masalah pokok menyangkut dasar negara Indonesia yang ingin dibentuk pada tanggal 29 Mei 1945. peri kemanusiaan e.♥ Posts: 4. 12:24 PM #2 zentro kaskus maniac Lanjutannya Ada tiga orang yang memberikan pandangannya mengenai dasar negara Indonesia yaitu Mr. peri ke Tuhanan c. ia mengemukakan lima asas yaitu: UserID: 945962 Join Date: Jun 2009 Location: ♥.. kesejahteraan rakyat d.

Mufakat atau demokrasi d. Meskipun sudah ada tiga usulan tentang dasar negara. Soepomo dalam pidatonya mengusulkan pula lima asas yaitu: a. Soekarno mengusulkan lima dasar negara Indonesia merdeka yaitu: a. Dr. Sosiodemokrasi c. musyawarah Pada sidang hari ketiga tanggal 1 Juni 1945. persatuan b. baik lisan maupun tertulis dari hasil sidang pertama. keadilan social d. mufakat dan demokrasi c. kekeluargaan e. Maka diputuskan untuk membentuk panitia khusus yang diserahi tugas untuk membahas dan merumuskan kembali usulan dari anggota. namun sampai 1 Juni 1945 sidang BPUPKI belum berhasil mencapai kata sepakat tentang dasar negara. Soekarno Trisila tersebut di atas masih dapat diperas menjadi Eka sila yaitu sila Gotong Royong. Sosionasionalisme b. Kelima asas dari Ir. Kesejahteraan social e. Kebangsaan Indonesia b. Ir. Ketuhanan yang Maha Esa. Internasionalisme dan peri kemanusiaan c. Ketuhanan yang berkebudayaan Bahkan menurut Ir. Panitia khusus ini yang dikenal dengan Panitia 9 atau panitia kecil yang terdiri dari: .Pada tanggal 31 Mei 1945. Soekarno itu disebut Pancasila yang menurut beliau dapat diperas menjadi Tri Sila atau Tiga Sila yaitu: a. Prof.

Persatuan Indonesia. Hasil dari pertemuan tersebut. Coba Anda perhatikan rumusan piagam Jakarta point pertama. Kemanusiaan yang adil dan beradab. Pada tanggal 22 Juni 1945. 5. Mr. Mr. Setelah piagam Jakarta berhasil disusun. Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Ini merupakan sidangnya yang ke-2 pada tanggal 10 . Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan. 3. konsep inilah yang pada akhirnya mengalami perubahan karena adanya kritik bahwa bangsa Indonesia majemuk dalam beragama. A. Achmad Soebardjo (anggota) 9. Agus Salim (anggota) 8. H. Hatta (wakil ketua) 3. KH. Panitia ini diketuai oleh Ir. Di sisi lain konsep tersebut saat ini sedang gencar-gencarnya untuk diusahakan kembali yaitu upaya untuk menjalankan syariat Islam bagi pemeluknya mengingat agama Islam merupakan mayoritas di Indonesia. Abikoesno Tjokrosoeyoso (anggota) 7. Muhammad Yamin (anggota). direkomondasikan Rumusan Dasar Negara yang dikenal dengan Piagam Jakarta (Jakarta Charter) yang berisi 1. Abdoel Kahar Muzakar (anggota) 5. Panitia Sembilan mengadakan pertemuan. BPUPKI membentuk Panitia Perancang Undang-Undang Dasar. Maramis (anggota) 6.16 Juli 1945. Ir.1.A. Wachid Hasyim (anggota) 4. Drs. 2. Soekarno (ketua) 2. 4. . Moh.

panitia Perancang UUD membentuk panitia kecil yang beranggotakan 7 orang. . Singgih f.A. Mr. Hoesein Djayadiningrat. Achmad Soebardjo d. pernyataan Indonesia merdeka b. P.Soekarno dan beranggotakan 19 orang. Wongsonegoro c. Mr.A. Dr. Selain panitia kecil di atas. Sukiman. Dalam laporan tersebut tiga masalah pokok yaitu: a. Soepomo (ketua merangkap anggota) b. batang tubuh UUD. Agus Salim g. Maramis e. Soekarno. a. Hasil kerja panitia perancang UUD yang dilaporkan akhirnya diterima oleh BPUPKI. A. Soekarno mengadakan sidang untuk membahas hasil kerja panitia kecil perancang UUD. pembukaan UUD c. Konsep pernyataan Indonesia merdeka disusun dengan mengambil tiga alenia pertama piagam Jakarta. Dr. Kejadian ini merupakan momentum yang sangat penting karena disinilah masa depan bangsa dan negara dibentuk.A. Prof. Mr. Pada sidang tanggal 11 Juli 1945. Pada tanggal 14 Juli 1945 dalam rapat pleno BPUPKI menerima laporan panitia perancang UUD yang dibacakan Ir. Dr.P. Prof. adapula panitia Penghalus bahasa yang anggotanya terdiri dari Prof. Mr. Tanggal 13 Juli 1945 panitia perancang UUD yang diketuai Ir. Mr. Dr. Tugas panitia kecil adalah menyempurnakan dan menyusun kembali rancangan UUD yang telah disepakati. Sedangkan konsep UndangUndang Dasar hampir seluruhnya diambil dari alinea keempat piagam Jakarta. Soepomo. R. H.

1 orang dari Nusa Tenggara. Rano Karno Dari Wikipedia bahasa Indonesia. 1 orang dari Maluku. 2 orang dari Sulawesi. Indonesia . 1 orang dari Kalimantan. 1 orang dari Tionghoa. BPUPKI atau Dokurtsu Junbi Cosakai dibubarkan oleh Jepang karena dianggap terlalu cepat mewujudkan kehendak Indonesia merdeka dan mereka menolak adanya keterlibatan pemimpin pendudukan Jepang dalam persiapan kemerdekaan Indonesia.Pada tanggal 7 Agustus 1945. dengan anggota berjumlah 21 orang terdiri dari 12 orang dari Jawa. 3 orang dari Sumatra. ensiklopedia bebas Langsung ke: navigasi. Pada tanggal itu pula dibentuk PPKI atau Dokuritsu Junbi Inkai. cari Rano Karno Biodata Lahir Asal 8 Oktober 1960 (umur 49) Jakarta.

Ayahnya adalah seorang aktor kawakan. Selain serial Si Doel Anak Sekolahan 1-6. PT Karnos Film juga menghasilkan sinetron Kembang Ilalang dan Usaha Gawat Darurat. Ketika industri film Indonesia 'pingsan'. di samping menjadi sutradara.Genre Pekerjaan Pop Aktor sutradara Wakil Bupati Tangerang Rano Karno (lahir di Jakarta. ia menjadi Wakil Bupati Tangerang untuk periode 2008-2013. Dalam film itu.[1] [sunting] Karir politik . Selain itu dia juga mempunyai saudara kandung yang juga turut bermain film seperti Tino Karno dan Suti Karno. putra ketiga dari enam bersaudara pasangan Soekarno M. Pada Maret 2008. Gita Cinta dari SMA (1979). Kemudian. Taiwan. Noer. prestasinya pun mulai kelihatan. Album perdananya. Selanjutnya ia mendapat peranan-peranan dewasa lewat film Wajah Tiga Perempuan (1976). Untuk mendukung niatnya terjun ke dunia film. Rano pun belajar akting di East West Player. Rano juga pernah terjun ke dunia tarik suara. ia meraih hadiah The Best Child Actor. Daftar isi • [sunting] Biografi [sunting] Karier di dunia hiburan Sejak umur sembilan tahun. Rano beralih ke sinetron. 8 Oktober 1960. Soekarno M. Namanya mulai dikenal lewat film Si Doel Anak Betawi (1972) karya Sjuman Djaja yang diangkat dari cerita Aman Datoek Madjoindo. Si Doel Anak Sekolahan adalah sinetron paling monumental yang digarapnya bersama saudarasaudaranya dalam Karno's Film. Rano sudah diajak ayahnya membintangi film Lewat Tengah Malam. Lewat film Rio Anakku (1973). penulis cerita dan skenario. Ia pernah diwacanakan menjadi pendamping Fauzi Bowo sebagai wakil gubernur dalam pemilihan gubernur DKI Jakarta tahun 2007. Yang Sangat Kusayang terhitung cukup laku di pasaran. Sejak itu. Rano memperoleh penghargaan Aktor Harapan I PWI Jaya (1974). Suci Sang Primadona (1977). Rano juga ikut main menjadi Si Doel. Amerika Serikat. umur 49 tahun) adalah seorang aktor Indonesia yang terkenal sebagai "Si Doel" dalam film sinetron Si Doel Anak Sekolahan. dalam Festifal Film Asia 1974 di Taipei. Dalam sinetron itu. Noer (Minang) dan Istiarti M Noer (Jawa) berperan sebagai pemeran utama. memerankan tokoh anak.

[5] [sunting] Filmografi • • • • • • • • • • • • • • • • • • • Malin Kundang (1971) Lingkaran Setan (1972 ) Tabah Sampai Akhir (1973) Si Doel Anak Betawi (1973) Yatim (1973) Rio Anakku (1973) Di Mana Kau Ibu (1973) Si Rano (1973) Romi dan Juli (1974) Jangan Biarkan Mereka Lapar (1974) Perawan Malam (1974) Anak Bintang (1974) Ratapan Si Miskin (1974) Senyum Dipagi Bulan September (1974) Senyum dan Tangis (1974) Sebelum Usia 17 (1975) Tragedi Tante Sex (1976) Wajah Tiga Perempuan (1976) Semau Gue (1977) . Rano bisa menjadi duta UNICEF dari Indonesia.[2] Namun pertengahan 2007. Rano pernah berpamitan kepada insan film nasional. Ibu Prof Murprawoto. [sunting] Kehidupan pribadi dan sosial Rano menikah dengan Dewi Indriati pada 8 Februari 1988 dan dikaruniai 2 orang anak. Dr. Singgih. Adhyatma. sebuah badan di PBB (Perserikatan Bangsa Bangsa) yang bergerak dalam bidang pendidikan.Di awal tahun 2007. Sebelumnya Rano pernah menikah dan berakhir dengan perceraian setelah 2 tahun.[3] Rano kembali mengejutkan publik di penghujung 2007 dengan menyatakan bahwa dirinya telah ditetapkan sebagai Calon Wakil Bupati (Cawabup) Tangerang sesuai dengan keputusan partai pendukung untuk mendampingi Calon Bupati Ismet Iskandar pada Pilkada Tangerang 2008[4] Pasangan ini kemudian terpilih sebagai pemenang dan Rano menjadi Wakil Bupati Tangerang untuk periode 2008-2013. Hal ini semapt memunculkan rumor bahwa Rano mundur dari kancah Pilkada DKI setelah menerima uang miliaran rupiah dari Fauzi Bowo. Mantan Menteri Kesehatan (alm) Prof. Raka Widyarma dan Deanti Rakasiwi. Ibu Prof. setelah direkomendasikan oleh Prof Dr Emil Salim. Rano Karno pernah diangkat sebagai duta khusus Indonesia dalam bidang pendidikan oleh UNICEF. Meski hal itu akhirnya ditepis oleh kedua pihak. untuk lebih berkonsentrasi dalam 'karir baru'-nya sebagai Calon Wakil Gubernur (Cawagub) DKI Jakarta. muncul iklan keluarga Si Doel yang mendukung Fauzi Bowo.

Masih Ada Kereta Yang Lewat (1987) Macan Kampus (1987) Dia Bukan Bayiku (1988) Arini II (1988) Sumpah Keramat (1988) Adikku Kekasiku (1989) Taksi (1990) .• • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • Suci Sang Primadona (1977) Musim Bercinta (1978) Pelajaran Cinta (1979) Anak-Anak Buangan (1979) Buah Terlarang (1979) Gita Cinta dari SMA (1979) Remaja di Lampu Merah (1979) Puspa Indah Taman Hati (1979) Remaja-Remaja (1979) Nikmatnya Cinta (1980) Roman Picisan (1980) Selamat Tinggal Masa Remaja (1980) Selamat Tinggal Duka (1980) Kembang Semusim (1980) Nostalgia di SMA (1980) Tempatmu di Sisiku (1980) Yang Kembali Bersemi (1980) Kisah Cinta Tommi dan Jerri (1980) Kau Tercipta Untukku (1980) Aladin dan Lampu Wasiat (1980) Senyummu Adalah Tangisku (1980) Bunga Cinta Kasih (1981) Mawar Cinta Berduri Duka (1981) Detik-Detik Cinta Menyentuh (1981) Dalam Lingkaran Cinta (1981) Yang (1984) Asmara Di Balik Pintu (1984) Untukmu Kuserahkan Segalanya (1984) Ranjau-Ranjau Cinta (1985) Tak Ingin Sendiri (1985) Kidung Cinta (1985) Yang Masih di Bawah Umur (1985) Pertunangan (1985) Anak-Anak Malam (1986) Merangkul Langit (1986) Di Dadaku Ada Cinta (1986) Opera Jakarta (1986) Blauw Bloed (1986) Bilur-Bilur Penyesalan (1987) Arini.

Arini II (1989).• • • • • • • • • • • • • Perasaan Perempuan (1990) Suamiku Sayang (1990) Sejak Cinta Diciptakan (1990) Pagar Ayu (1990) Taksi Juga (1991) Bernafas Dalam Lumpur (1991) Perawan Metropolitan (1991) Sekretaris (1991) Kuberikan Segalanya (1992) Selembut Wajah Anggun (1992) Kembali Lagi (1993) Si Jago Merah (2008) Shift (2009) [sunting] Sinetron • • • • • • • • • Camelia (TVRI 1982) Sebiasa (TVRI 1988) Si Doel Anak Sekolahan 1-6 Si Doel Anak Gedongan Gita Cinta Dari SMA Puspa Indah Taman Hati Pelangi Di Hatiku Maha Kasih (episode Putus Asa Itu Dosa) Jomblo [sunting] Penghargaan Khusus • • • • • • Penghargaan Surjosoemanto dari BP2N (Dewan Film Nasional) 1997 Nominasi FFI: Yang (1984). Ranjau-Ranjau Cinta (1985). Kuberikan Segalanya (1992) Aktor Utama Terbaik dalam Taksi FFI 1991 Pemain Cilik Terbaik FFI 1974 di Surabaya Best Child Actor FFA 1974 di Taiwan lewat film Rio Anakku (1973) Aktor Harapan I Pemilihan Best Actor/Actrees PWI 1974 . Arini I (1987).