P. 1
Konsep Strategi Belajar Mengajar

Konsep Strategi Belajar Mengajar

|Views: 62|Likes:
Published by Douglass Arya's
arya
arya

More info:

Published by: Douglass Arya's on Mar 03, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/15/2013

pdf

text

original

KONSEP STRATEGI BELAJAR MENGAJAR

Makalah Disusun Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar Dosen Pembimbing :

Disusun Oleh :

1 Page

tempatmakalah.blogspot.com[Type text]

Dalam proses pembelajaran seorang guru dituntut untuk memiliki strategi belajar mengajar yang baik atau pola-pola umum kegiatan pembelajaran dalam mewujudkan tujuan pendidikan yang telah di gariskan. Apa pengertian strategi belajar mengajar ? Bagaimana klasifikasi strategi belajar mengajar ? Bagaimana konsep dasar pelaksanaan pendidikan Islam di sekolah? C. LATAR BELAKANG Program pembangunan nasional di bidang pendidikan adalah suatu upaya demi mencerdaskan kehidupan bangsa dan untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia dalam mewujudkan masyarakat yang maj. Dalam menyiapkan dan mencetak Sumber Daya Manusia yang proposional dan professional diperlukan proses belajar mengajar yang efektif. Dari tujuan ini maka yang menjadi persoalan adalah bagaimana kita menyiapkan sumber daya manusia tersebut agar sesusi dengan cita-cita bangsa kita. Dapat mengetahui Bagaimana klasifikasi strategi belajar mengajar. 2. TUJUAN PEMBAHASAN Adapun mengenai tujuan pembahasan makalah kali ini adalah : 1. tempatmakalah. B. Baik tujuan instruksional umum maupun tujuan instruksinal kusus.BAB I PENDAHULUAN A. 3. 3. 2 Page Dapat mengetahui pengertian strategi belajar mengajar. adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 yang memungkinkan warganya mengembangkan diri sebagai manusia Indonesia seutuhnya.blogspot. RUMUSAN MASALAH Berdasarkan latar belakang di atas maka kami dapat ambil rumusan masalah sebagai berikut : 1. Untuk itulah diperlukan strategi belajar mengajar yang dapat mendukung tercapainya tujuan pembelajaran. Dapat mengetahui Bagaimana konsep dasar pelaksanaan pendidikan Islam di sekolah. 2.com[Type text] . Menyiapkan dan mencetak sumber daya manusia proporsional dan profesional.

Aswan Zain. Strategi Belajar Mengajar.Joko Tri. Dari uraian di atas tergambar bahwa ada empat masalah pokok yang sangat penting yang dapat dan harus di jadikan pedoman buat pelaksanaan belajar mengajar agar berhasil sesuai yang diharapkan : Pertama.Jakarta:Rineka Cipta. Hal 05 Djamarah. strategi bisa diartikan sebagai pola-pola umum kegiatan guru anak didik dalam perwujudan kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tuuan yang telah di gariskan1. Mengidentifikasi serta menetapkan spesifikasi dan kualifikasi perubahan tingkah laku Memilih system pendekatan belajar mengajar berdasarkan aspirasi dan pandangan hidup Memilih dan menetapkan prosedur.2002.blogspot. Abu. spesifikasi dan kualifikasi perubahan tingkah laku yang bagaimana di inginkan sebagai hasil belajar mengajar yag dilkukan itu. Ada empat strategi dasar dalam perwujudan kegiatan belajar mengajar yang meliputi hal-hal berikut2 : 1. paling tepat dan efektif sehingga dapat dijadikan pegangan untuk guru dalam menunaikan kegiatan belajar mengajar.2005. Dihubungkan dengan belajar mengajar. Menetapkan norma-norma dan batas minimal keberhasilan atau criteria serta setandar keberhasilan sehingga dapat dijadikan pedoman oleh guru dalam melaksanakan evaluasi hasil kegiatan belajar mengajar yang selanjutnya akan dijadikan umoan balik buat penyempurnaan system intruksional yang bersangkutan secara keseluruhan. 3. 2.com[Type text] .BAB II KONSEP STRATEGI BELAJAR MENGAJAR A. 1 Ahmadi. Hal 12-15 2 3 Page tempatmakalah. PENGERTIAN STRATEGI BELAJAR MENGAJAR Secara umum strategi mempunyai pengertian suatu garis-garis besar haluan untuk bertindak dalam usaha mencapai sasaran yang telah di tentukan. metode dan tekhnik belajar mengajar yang dianggap dan kepribadian anak didik sebagaimana yang diharapkan.Bandung: Pustaka Setya.Strategi Belajar Mengajar. 4. Syaiful Bahri. masyarakat.

Keempat. Selaku suatu system belajar mengajar meliputi suatu komponen. Abu. Hal 08-21 4 Page . siswa.Joko Tri.blogspot. Menerapkan norma dan criteria keberhasilan keberhasilan belajar mengajar. Ketiga. b). yakni Tujuan Instruksional Khusus dan Tujuan Instruksional Umum.Bandung: Pustaka Setya. Bagaimana cara guru memandang suatu prsoalan.tujuan nasional. akan mempengaruhi hasilnya. terdapat berbagai masalah sehubungan dengan strategi belajar mengajar yang secara keseluruhan diklasifikasikan sebagai berikut3 : 1. 3 Hakikat Proses Belajar tempatmakalah. bahan. KLASIFIKASI STRATEGI BELAJAR MENGAJAR Menurut Tabrani Rusyan dkk. menerapkan norma-norma atau criteria keberhasilan sehingga guru mempunyai pegangan yang dapat dijadikan ukuran untuk menilai sampai sejauh mana keberhasilan tugas-tugas yang telah dilakukanya.2005. tujuan kurikuler. memilih dan menetapkan prosedur. memilih cara pendekatan belajar mengajar yang dianggap paling tepat dan efektif untuk mencapai sasaran. d). guru.Kedua. situasi dan evaluasi. metode. Menentukan pilihan berkenaan dengan pendekatan terhadap masalah belajar mengajar. pengertian dan teori apa yang guru gunakan dalam memecahkan masalah suatu kasus. Tujuan itu bertahap dan berjenjang mulai dari yang sangat operasional dan konkret. metode. metode dan teknik belajar mengajar. 3. 2. Memilih prosedur. Strategi Belajar Mengajar. Belajar Mengajar Sebagai Suatu Sistem Belajar mengajar selaku suatu system instruksional mengacu kepada pengertian sebagai seperangkat komponen yang saling bergantung satu sama lain untuk mencapai tujuan. Konsep Dasar Setrategi Belajar Mengajar Seperti yang telah diuraikan pada pembahasan sebelumnya. B. c). 4. Sasaran Kegiatan Belajar Mengajar Setiap kegiatan belajar mengajar mempunyai sasaran atau tujuan. Menetapkan sepesifikasi dan kualifikasi perubahan tingkah laku. antara lain tujuan. bahwa konsep dasar setrategi belajar mengajar ini meliputi hal-hal : a).com[Type text] Ahmadi. dan teknik belajar mengajar yang dianggap paling tepat dan efektif. konsep. sampai kepada tujuan yang bersifat universal.

baik 5 Page tempatmakalah. b). Kondisi yang diperluan untuk berlangsungnya tipe belajar ini adalah factor inforcement. ketrampilan maupun sikap. Gagne membedakan pola-pola belajar siswa menjadi delapan tipe yaitu : a). jadi tidak menuntut persaratannamun merupakan hirarki yang harus dilalui untuk tipe belajar yang paling tinggi. makin kuat reinforcement. Tingkat dan jenis karakteristik perilaku anak didik yang telah dimilikinya ketika mau mengikuti kegiatan belajar mengajar. Pola-pola Belajar Siswa Robert M. Makin singkat jarak S-R dengan S-R berikutnya. 1961) atau belajar dengan trial and error (mencoba-coba). baik secara material substansial. secara internala anak didik sudah harus terkuasai sejumlah satuan pola S-R. 6. maupun secara behavior. Belajar tipe 3 : Chaining (Rantai Atau Rangkaian) Chaining adalah belajar menghubungjkan satuan ikatan S-R (Setimulus Respons) yang satu dengan yang lain. 5. structural fungsional. Proses belajar mengajar bahsa pada anak-anak merupakan proses yang serupa dengan ini. Kondisi yang diperlukan bagi berlangsungnya tipe belajar ini antara lain. Signal learning dapat diartikan sebagai proses penguasaan pola-pola dasar perilaku bersifat involuntary (tidak disengaja dan tidak disadari tujuannya). Yang dipersoalkan adalah kepastian bahwa tingkat prestasi yang dicapai siwa apakah benar hasil kegiatan mengajar yang bersangkutan. Belajar tipe 2 : Stimulus Reponse Learning (Belajar Setimulus Respons) Bila tipe diatas dapat digolongkan dalam jenis Clas Sosial Condition. maka tipe belajar dua ini termasuk ke dalam instrumental conditioning (Kinble. Itulah yang dimaksudkan dengan Enteriting Behavior Siswa.com[Type text] . c). Waktu antara setimulus pertama dan berikutnya amat penting. Untuk kepastianya seharusnya guru mengetahui tentang karakteristik perilaku anak didik merupakan hasil belajar mengajar yang bersangkutan.Belajar adalah proses perubahan perilaku berkat pengalaman dan latihan.blogspot. Artinya tujuan kegiatan adalah perubahan tingkah laku. Belajar tipe 1 : Signal Learning (Belajar Isarat) Belajar tipe ini merupakan tahap yang paling dasar. Entering Behavior Siswa Hasil kegiatan belajar tercermin dalam perubahan perilaku. baik yang menyangkut pengetahuan. Untuk kepastianya seharusnya guru mengetahui tentang karakteristik perilaku anak didik saat mereka mau masuk sekolah dan mulai kagiatan belajar mengajar dilangsungkan.

Expository Learning c).psikomotoriknya maupun verbal. Humanistik Education 6 Page tempatmakalah. memeberikan respon terhadap rangsangan yang menggambarkan atau membangkitkan siotuasi problematik yang meggunakan berbagai kaidah yang telah dikuasainya. Belajar tipe 5 : Discrimination Learning (Belajar Diskrimanasi( Discrimination Learning atau belajar mengadakan pembeda. Enquiry Discovery Learning b). kedua belajar ini setarap. kemudian memilih pola-pola respon yang dinggap paling sesuai. g). Belajar tipe 6 : Concept Learning ( Belajar Konsep) Adalah belajar pengertian. Mastery Learning d). h). Belajar tipe 7 : Rule Learning (Belajar Atauran) Rule Laerning atau belajar membuat generalisasi. f). Belajar tipe 4 : Verbal Association ( Asosiasi verbal) Baik caining maupun verbal association. Kondisi utama bagi berlangsungnya proses belajar ini adalah anak didik sudah mempunyai kemahioran melakukan caining dan association serta pengalaman. dalil. Memilih system belajar mengajar Berbagai system belajar yang menarik perhatian akhir-akhir ini adalah : a).com[Type text] . Dalam tipe ini anak didik mengadakan seleksi dan pengujian diantara dua perangsang atau sjumlah stimulus yang diterimanya.blogspot. dengan berdasarkan persamaan cirri-ciri dari sekumpulan stimulus dan objek-objeknya. Belajar tipe 8 : Problem Solfing ( Pemecahan Masaalah) Adalah belajar memecahkan masalah. yaitu belajar menghubungkan satuan ikatan S-R yang satu dengan yang lainnya. hukum dan kaidah pada tingkat ini siswa belajar mengadakan kombinasi berbagai konsep dengan mengoperasikan kaidahkaidah logika formal sehingga menemukan konglusi tertentu yang dipandang sebagai prinsip. Selain itu prinsip kesinambungan. e). d). pengulangan dan reinfocement tetap penting bagi berlangsungnya proses caining. 7. aturan. yang membentuk suatu pengertian atau konsep.

Isrofil. Dasar yuridis atau hukum a). Dasar Sosial Dalam kehidupan sehari-hari manusia membutuhkan bimbingan dan petunjuk yang benar yang bernilai mutlak untuk kebahagiaan hidup di dunia dan di akirat. Dasar ideal Negara Pancasila b). Pelaksanaan pendidikan Agama Islam di Indonesia mempunyai dasar-dasar yang cukup kuat yaitu4 : 1.2009. Dasar operasional perundang-undangan Nasional dan peraturan pelaksana lainya 4 Amar. Tujuan pendidikan Islam adalah mempersiapkan anak didik atau individu dan menumbuhkan segenap potensi yang ada.C. baik jasmani maupun rohani agar dapat hidup sempurna sehingga ia dapat menjadi anggota masyarakat yang berguna bagi dirinya dan umatnya. maka dasar pertama adalah Al-Qur'an dan dasar yang kedua adalah Hadist. 3. tujuan ini merupakan acuan dan panduan untuk seluruh kegiatan yang terdapat dalam system pendidikan.blogspot. KONSEP DASAR PELAKSANAAN PENDIDIKAN ISLAM DI SEKOLAH Tujuan pendidikan merupakan suatu kondisi yang menjadi target penyampaian pengetahuan. Hal 10-15 7 Page tempatmakalah. Dasar kontitusional UUD 1945 c). 2.Pendidikan Agama Islam dalam perspektif perundang-undangan Indonesia.com[Type text] .Prenada Media group. Dasar Regius Dasar pelakasanaan pendidikan agama adalah bersumber dari ajaran agama.

Maka jika berkenan memberikan sesuatu yang baru maka kami siap menerima sebagai tambahan dan sebagai ilmu pengetahuan. strategi bisa diartikan sebagai pola-pola umum kegiatan guru anak didik dalam perwujudan kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tuuan yang telah di gariskan. 3. 7. 6. yaitu : 1.blogspot. 5. 8 Page tempatmakalah. Dasar Regius Dasar Sosial Dasar yuridis atau hukum Konsep Dasar Setrategi Belajar Mengajar Sasaran Kegiatan Belajar Mengajar Belajar Mengajar Sebagai Suatu Sistem Hakikat Proses Belajar Entering Behavior Siswa Pola-pola Belajar Siswa Memilih system belajar mengajar Pelaksanaan pendidikan Agama Islam di Indonesia mempunyai dasar-dasar yang cukup kuat B. 2. terdapat berbagai masalah sehubungan dengan strategi belajar mengajar yang secara keseluruhan diklasifikasikan sebagai berikut : 1. Menurut Tabrani Rusyan dkk.com[Type text] . 2. Dihubungkan dengan belajar mengajar. 4. SIMPULAN Secara umum strategi mempunyai pengertian suatu garis-garis besar haluan untuk bertindak dalam usaha mencapai sasaran yang telah di tentukan. Oleh sebab itu masih banyak hal yang perlu mendapatkan data-data baru untuk mendapatkan substansi tulisan yang lebih baik. 3. KRITIK DAN SARAN Dalam penulisan makalah ini tentu saja belum sampai pada kesempurnaan.BAB III PENUTUP A.

9 Page tempatmakalah.Aswan Zain.Abdul Rahman.Jakarta: Raja Grafindo Persada. Arifin.Jakarta:Rineka Cipta. Isrofil.2002. Strategi Belajar Mengajar. Shaleh.Ilmu Pendidikan Islam. Djamarah.Pendidikan Agama Islam dalam perspektif perundang-undangan Indonesia.Jakarta: Bumi Aksara.Prenada Media group. Amar.Strategi Belajar Mengajar. Abu.DAFTAR PUSTAKA Ahmadi.2003.blogspot.Joko Tri.com[Type text] .Bandung: Pustaka Setya.2005.Pendidikan Agama dan Pembangunan watak Bangsa.2009. Syaiful Bahri.2005.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->