Pengaruh Lingkungan, Etika dan Tanggung Jawab Sosial

Lingkungan Ekstenal Mikro Pemasok  Perantara  Pasar  Pesaing  Masyarakat  .

Lingkungan Eksternal Makro Demografi  Ekonomi  Teknologi  Sumber Daya Alam  Budaya  Politik dan Hankam  Pendidikan  .

LINGKUNGAN INTERNAL ORGANISASI BISNIS Lingkungan Internal : Faktor-faktor yang berada di dalam kegiatan produksi dan langsung mempengaruhi hasil produksi Tenaga Kerja  Peralatan dan Mesin  Modal  Bahan Baku  Sistem Informasi dan Administrasi  .

  Perilaku etis Perilaku tidak etis Etika bisnis.tindakan yang baik atau buruk.Etika  Etika adalah keyakinan akan sesuatu yang benar atau salah. ditentukan oleh perilaku manajer atau karyawan dalam suatu organisasi  Pembentukan perilaku etis dan tidak etis ditentukan oleh individu maupun budayanya.  .

Etika  Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku beretika:    Perbedaan budaya Pengetahuan Organisasi tempat bekerja .

Penilaian perilaku etis Perlu adanya rasa percaya  Norma etis      Kegunaan Hak Keadilan Kepedulian pengumpulan data analisa penilaian .

Etika bisnis  Mengambil langkah tambahan untuk berperilaku etis dalam lingkungan kerja  Aturan main dalam menjalankan bisnis. Perlu adanya dukungan manajemen puncak  Sikap jujur dan terbuka  Menetapkan kode tertulis  Memberlakukan program etika  .

 Penyebab perbuatan tidak beretika:    Persaingan yang ketat Iklim organisasi Nilai etika pribadi .

tapi kualitas dikurangi  Promosi yang membohongi konsumen .Fungsi-fungsi perusahaan dan etika  Etika dan kegiatan memproduksi contoh yang tidak beretika:    Menghasilkan produk yang tidak berkualitas Mencemarkan lingkungan sekitar Menjual produk yang membahayakan konsumen  Etika dan pemasaran Contoh tidak beretika:  Menjual produk dengan harga tetap.

Fungsi-fungsi perusahaan dan etika  Etika dan personalia   Memberikan pelatihan yang adil Suasana kerja yang menarik dan nyaman Memberikan laporan keuangan yang sesuai  Etika dan keuangan  .

tetapi juga menjaga kepentingan dan kesejakteraan mereka. sedangkan tanggung jawab sosial berhubungan dengan kelompok atau pribadi dalam lingkungan sosial. Organizational stakeholders:      Pelanggan karyawan Investor pemasok komunitas lokal .Tanggung jawab sosial    Etika berhubungan dengan perilaku pribadi. Tanggung jawab sosial adalah tindakan perusahaan yang bukan sepenuhnya tertumpu pada tujuan memperoleh keuntungan.

Evolusi tanggung jawab sosial Era kewirausahaan. menyalah gunakan kekuasaan→undang-undang untuk melaksanakan bisnis  Depresi besar. tidak terkendalinya bisnis →melindungi dan meningkatkan kesejakteraan masyarakat  Aktivisme sosial→peringatan akan kesehatan  .

Area tanggung jawab sosial  Lingkungan     Polusi udara Polusi air Polusi tanah Daur ulang .

Area tanggung jawab sosial  Konsumen. menyediakan produk-produk yang berkualitas dan menetapkan harga secara adil  Hak konsumen     Produk yang aman Mengetahui seluruh asfek yang berkaitan dengan produk Didengar Memilih apa yang ingin mereka beli   Penetapan harga Periklanan .

bagaimana sebaiknya memperlakukan konsumen. customer care   Memantau keluhan  Memperoleh dan menggunakan umpan balik pelanggan  Kuesioner untuk konsumen .Cara perusahaan memastikan tanggung jawabnya terhdap pelanggan  Menetapkan kode tanggng jawab  Pedoman mengenai kualitas produk. karyawan dan stakeholder Hotline.

Area tanggung jawab sosial  Karyawan     Kesempatan yang sama Lingkungan kerja yang aman Melindungi kesehatan keryawan Mempertahankan keahlian kerja yang sesuai Manajemen finansial yang tidak wajar Cek kosong Perdagangan orang dalam Penyimpangan laporan keuangan  Penanam modal     .

Cara perusahaan memastikan tanggung jawab terhadap karyawan   Kode tanggung jawab  Prosedur perekrutan yang jelas dan terbuka Prosedur untuk menyampaikan keluhan Terdapatnya mediator (orang luar sebagai pelantara) sebagi penengah Kebijakan mengenai keluhan   .

hanya melakukan apa yang dipersyaratkan oleh peraturanyang berlaku. dengan usaha menolak atau menutupi pelanggaran yang dilakukan. mendirikan yayasan. melaksanakan tanggung jawab sosial. Sikap proaktif. . mau menyumbang kalau didatangi. Sikap defensif. melakukan tindakan seminimal mungkin. mau bertidak lebih jauh pada saat-saat tertentu.Pendekatan tanggung jawab sosial     Sikap obstruktif. Sikap akomodatif.