P. 1
Misteri Gadis Tak Bernama

Misteri Gadis Tak Bernama

|Views: 1|Likes:
Published by Mahfud Al-Fathir

More info:

Published by: Mahfud Al-Fathir on Mar 04, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/30/2014

pdf

text

original

MISTERI GADIS TAK BERNAMA SINOPSIS

Di sebuah bukit milik CITRA terdapat pelanggan yang sangat crewet namanya nona Zaenal beliau begitu menyukai desain atau gaun yang dibuat oleh CITRA dan ANI.CITRA mendapat keahlian jahit menjahit dipelajarinnya dari bangku SKKA. Citra adalah seseorang yatim piatu setelah dia lulus dia mendapat pekerjaan sebagai tukang pemotong dan jahit di CV ARIMBI. Setelah itu dia menikah tapi tidak bertahan lama di menjadi janda dengan satu orang anak.Aniadalah sahabatnya mereka sudah bertemu sejak lama mereka dekat saat CITRAmengalami trauma setelah bercerai pada saat itulah ani tinggal satu rumah bersama CITRA Setelah CITRA sudah pulih dari trauma perceraiannya ANI menuliskan untuk mengontrak rumah dan hidup mandiri rumah ani tidak jauh dari rumah CITRA,dia tinggal sendiri pembantunnya datang Cuma sore hari pada saat CITRA pulang dari bukit. Pada suatu ani tiba – tiba hilang tidak ada kabar CITRA dan ZAENAL datang ke rumahnya dan membuka pintu kamar ternyata ada mayat yang terkapar di lantai akan tetapi itu bukan ani sahabatnya namun kelegaan yang timbl segera terselip oleh rasa kekuatiran. Ini merupakan awal penyusutan kapten polisi kosasih dan kawan karibnya gozali siapakah yang membunuh gadis tak dikenal ini.Orang yang pertama mereka curigai adalah ANI sendiri ANI yang rumahnya telah dipakai sebagai tempat pembunuhan.ANI yang telah meninggalkan rumah bersama seorang laki – laki pada malam pembunuhan itu terjadi ani yang kemudian diketahui adalah bekas narapidana, sampai pada akhirnya polisi tidak menemuhan hasil yang .Merusaknya Kemudian terjadi percobaan pembunuhan yang kedua akhirnya semu terungkap bahwa yang membunuh itu adalah ani, dia membunuh orang itu karena ani memiliki dendam kepada orang itu. Akhirnya polisi bisa menyelesaikan atau mengungkap kasus ini meskipun membutuhkan waktu yang lama.

UNSUR INTRINSIK “ MISTERI GADIS TAK BERNAMA ” TEMA : DENDAM PENOKOHAN : NYONYA ZAENAL = seorang pembeli yang crewet CITRA SUHENDAR = pemilik butik citra seorang janda, ia menolong orang yang tidak diketauhi latar belakang ANI = cantik dan misterius, tidak ada yang tahu persis sia[pa ia seharusnya JOHAN = supel, mudah, dan mudah bergaul DANI BURHAN = plin plan, baik, suka menolong PAK BURHAN = egois, suka marah – marah ROY SUHENDAR = tampan, gagah, khas type pria sukses TITIN SUKANDAR =crewet. Mudah putus asa KAPTEN POLISI =tangguh, tanggung jawab GOZALI = jujur, tanggung jawab MBAK SRI = baik, pemurah, lugu SYAHRIR = penakut

1. 2. A. a. B. C. D. E. F. G. H. I. J. K.

 Itulah sebabnya umumnya baju-baju yang dijual di butik citra ~ Di rumah Ani :  Ani sudah lama merindukan bisa makan dalam suasana keluarga. Tempat ~ Di Butik :  Ia selalu kembali ke butik citra untuk membeli semua pakaiannya.L.TINA.DEWI baik.  Biasa pulang menjelang magrib sebelum Ani berangkat ke butiknya lagi. ~SKKA . dan tiga rok bawah  Biasannya minggu pagi selalu ramai waktunnya orang orang libur dan menyempatkan diri berbelanja  Tak seperti biasannya hari senin begitu ada banyak pengunjung umumnya hari hari kerja biasa butiknya sepi sepi saja di pagi hari  Senin pagi ini keadaan butiknya luar biasa ramai  Umumnya hari kerja biasa sepi saja di pagi hari  Senin pagi ini keadaan butiknya luar biasa ramai  Siang hari  Siang ini aku makan di rumahku  Hari ini aku mengajak Ani makan siang di rumahku  Minggu siang begini bengkelnya sepi  Si mbok datang setiap pukul dua siang  Siang ini ia kelihatan keren sekali  Mengapa pada siang hari yang terang benerang  Sore hari  Sore harinya saja mereka tutup karena mereka sendiri juga membutuhkan waktu luang untuk kehidupan pribadi mereka.  Pada minggu sore duduk di beranda depan. dua blus. DOKTER LEO = baik.MAYA. Latar a.EVI. masih mandor di sebuah rumah kecil di salah satu gang sempit di daerah embang Malang.  Biasanya minggu sore jeng di sebelah ini ada di rumah. jujur 3. Waktu  pagi hari  Pagi – pagi sekali CITRA bangun untuk menyiapkan sarapan buat anaknya dan pagi ini juga dia harus segera membuka butIknya  Hari minggu pagi ini mereka telah menjual sembilan gaun.KRISTI.  Ani mengontrak di salah satu gang di Jalan N 6 Agel Jawa Tengah  Ani memandangi wajahnya di cermin  Perabotan dalam rumah Ani tidak terlalu banyak  Ternyata di dalam kamar Ani ada mayat ~ Di bengkel  Siang ini bengkelnya sekali Mardi pembantunya tidak masuk ~ Surabaya  Waktu itu belum lama ia tinggal di Surabaya. SELVI.WAHYU. setia kawan. tidak sombong M. b.

~ Di rumah sakit  Beni yang terbaring dengan beberapa bagian tubuhnya terbalut giv. ani yang rumahnya telah dipakai sebagai tempat pembunuhan ani yang terlihat meninggalkan rumahnya bersama seorang laki-laki pada malam pembunuhan itu terjadi. semua usaha polisi untuk menemukannya tidak membuahkan hasil. Pemunculan konflik o Entah bersembunyi dimana hari ini kata CITRA seharian ANI tidak dating. o Citra bangkit dari duduknya. . lalu berjalan ke pintu kamar ANI tangannya mencoba-coba tangkai pintu. Sudut Pandang Orang ke tida Ani adalah sahabatnya. Konflik memuncak o Rumah ani sudah dipakai sebagai tempat pembunuhan. b. 6. Alur Mundur Tahapan Alur a. Pengenalan o Ani berjumpa dengan citra lima tahun yang lalu waktu itu belum lama ia tinggal di Surabaya masih mondok di sebuah rumah kecil di salah satu gang sempit di daerah embang malang.Ani dicurigai sebagai pembunuhnya karna ani diketahui sebagai seorang bekas nara pidana.  Dari SKKA. Amanat o Saling terbuka dan saling percaya kepada sahabat agar tidak terjadi kesalahpahaman o Berkata jujur dan apa adanya agar tidak ada hal-hal yang tidak diinginkan o Dalam sebuah percintaan harus saling menghargai alangkah indahnya jika mencintai seseorang karena kekurangannya bukan karna kelebihannya karena dari itu kita dapat mencintai dan menyayangi seseorang apa adanya dari ketulusan hati. rumahnya juga sepi. o Jangan terlalu egois dalam memikirkan hidup kita punya segalanya tapi belum lengkap jika kita belum punya pendamping hidup. Ani memperoleh pekerjaan sebagai tukang potong dan jahit pada CV Serambi.Setelah informasi lama kepada Nyonya Shahri akhirnya terungkap siapa ani sebenarnya. Betulkah ani yang telah membunuh gadis yang tak bernama ini atau ia sendiri merupakan korban sandera si pembunuhan yang sebenarnya.Di hadapan mereka terlentang di atas lantai seorang perempuan muda yang sudah tidak bernyawa. d. Jahit menjahit adalah keahliannya bakat alamiahnya.Ternyata pintu membuka tanpa suara CITRA melengok ke dalam dan seketika terdengar suara teriakan tajam. o Setelah berteman cukup lama dengan gozali CITRA mendapatkan lelaki yang seperti diinginkannya 5. Konflik bisa diselesaikan o Kokasih dan gojali sudah dapat menemukan siapa pembunuhnya.Ani hilang entah kemana tidak ada kabar sama sekali. Kemudian terjadi percobaan pembunuhan yang kedua. Keahlian ini dipelajari dari bangku SKKA yang pernah dinikmatinya selama tiga tahun. c. 4.

Selain itu latar belakang pengarang ini adalah latar belakang social yang begitu peduli dengan sahabat serta lingkungan sekitar.UNSUR EKSTRINSIK Latar belakang pengarang ini adalah berawal dari hobi atau bakatnya dalam keahlian jahit menjahit yang selanjutnya ia teruskan dalam pendidikan di SKKA selama tiga tahun. Sebuah perusahaan kecil yang membuat pakaian-pakaian jadi khusus dari bahan batik. . Dari SKKA itu dia bekerja sebagai tukang potong dan jahit pada CV Arimbi.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->