1) Apa tujuan pembentukan bank dan lembaga keuangan non bank, Sebutkan minimal 5 buah ! Jawab : a.

Tujuan bank: 1. Sebagai model investasi, yang berarti, transaksi derivative dapat dijadikan sebagai salah satu model berinvestasi. Walaupun pada umumnya merupakan jenis investasi jangka pendek (yield enhancement). 2. Sebagai cara lindung nilai, yang berarti, transaksi derivative dapat berfungsi sebagai salah satu cara untuk menghilangkan risiko dengan jalan lindung nilai (hedging), atau disebut juga sebagai risk management. 3. Informasi harga, yang berarti, transaksi derivative dapat berfungsi sebagai sarana mencari atau memberikan informasi tentang harga barang komoditi tertentu dikemudian hari (price discovery). 4. Fungsi spekulatif, yang berarti, transaksi derivative dapat memberikan kesempatan spekulasi (untung-untungan) terhadap perubahan nilai pasar darit ransaksi derivative itu sendiri. 5. Fungsi manajemen produksi berjalan dengan baik dan efisien, yang berarti, transaksi derivative dapat memberikan gambaran kepada manajemen produksi sebuah produsen dalam menilai suatu permintaan dan kebutuhan pasar pada masa mendatang. 6. Sebagai penyedia mekanisme dan alat pembayaran yang efesien bagi nasabah. Bank dapat menyediakan uang tunai, tabungan, dan kartu kredit. Ini adalah peran bank yang paling penting dalam dapat diperdagangkan dengan cara barter yang memakan waktu. 7. Dengan menerima tabungan dari nasabah dan meminjamkannya kepada pihak yang membutuhkan dana, berarti bank meningkatkan arus dana untuk investasi dan pemanfaatan yang lebih produktif. Bila peran ini berjalan dengan baik, ekonomi suatu negara akan menngkat. Tanpa adanya arus dana ini, uang hanya berdiam di saku seseorang, orang tidak dapat memperoleh pinjaman dan bisnis tidak dapat dibangun karena mereka tidak memiliki dana pinjaman.

perusahaan terutama golongan perusahaan lemah .b. yang secara langsung atau tidak langsung menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkannya kepada masyarakat. . tetapi tidak berbentuk bank. baik yang dimiliki oleh pemerintah maupun swasta. c. Menjadi perantara dalam mendapatkan peserta atau kompanyon. Usaha-usaha yang dilakukan oleh lembaga keuangan bukan bank adalah sebagai berikut. Tujuan Non Bank : -Untuk mendorong perkembangan pasar modal -Membantu permodalan perusahaan-perusahaan ekonomi lemah . Mengadakan penyertaan modal sementara bagi perusahaann-perusahaan d. a. Mengumpulkan dana dengan mengeluarkan kertas berharga b.Membantu permodalan perusahaan. Jelaskan ! Jawab : Lembaga keuangan non bank tidak boleh menghimpun dana dalam masyarakat secara langsung sebab lembaga keuangan non bank hanya bisa memberikan secara kredit untuk membantu permodalan perusahaan dan perekonomian lainnya. baik dalam negeri maupun luar negeri untuk mengadakan usaha patungan (joint venture) e.meningkatkan tarif hidup rakyat -menampung tenaga kerja 2) Mengapa lembaga keuangan non bank tidak boleh menghimpun dana dari masyarakat secara langsung. Dan karena Lembaga keuangan bukan bank adalah semua lembaga atau badan yang melakukan kegiatan di bidang keuangan. Menjadi perantara dalam mendapatkan tenaga ahli dan memberikan nasihat-nasihat keahlian. Memberikan kredit jangka menengah kepada perusahaan-perusahaan atau proyek-proyek.

yaitu berusaha agar kegiatan dapat menghasilkan dan memberikan keuntungan yang maksimal kepada pemiliknya. Adapun Bank Sentral didirikan dengan tujuan mengatur dan mengawasi kegiatan bank umum dan lembaga keuangan lainnya. bahwa untuk mendukung terwujudnya.3) Sebutkan UU terbaru yang mendasari lembaga keuangan baik yang bank maupun non bank ! Jawab : A. b) Bank umum banyak dimiliki oleh pihak swasta. -UU RI No 10 Tahun 1998 tanggal 10 November 1998 tentang perbankan -UU No.UU No. sedangkan bank umum jumlahnya banyak. 3 tahun 2004 tentang perusahan atas undang. adanya Bank Sentral juga bertujuan membantu menciptakan kegiatan ekonomi yang tinggi dan stabil. bahwa pembanguna nasional yang di lakukan selama ini merupakan upaya pembangunan yang berkesinambungan yang meliputi seluruh aspek kehidupan dalam rangka mencapai tujuan nasional berdasarkan pancasila dan undang-undang dasar negara indonesia tahun 1945 b. UU terbaru lembaga keuangan non bank kitab Undang-Undang Hukum Perniagaan ayat 246 4) Sebutkan perbedaan antara bank umum dan Bank Pengkreditan Rakyat (BPR).undang prubahan atas undang-undang republik indonesia no 23 tahun 1999 tentang bank Indonesia dengan rahmat Tuhan yang Maha Esa presiden republik Indonesia menimbang: a. sedangkan Bank Sentral dimiliki atau dikuasai oleh pemerintah. . Minimal 5 buah ! Jawab : a) Dalam perekonomian hanya terdapat satu Bank Sentral. 23 tahun1999 tentang Bank Indonesia B. c) Tujuan utama bank umum. Selain itu. UU terbaru lembaga keuangan bank .

contoh: -Bank pasar di tanah abang . yaitu mengeluarkan uang kertas dan uang logam. Sedangkan BPR menerima simpanan hanya dalam bentuk deposito berjangka. Adapun bank umum tidak memiliki kekuasaan tersebut. e) Bank umum itu melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional dan atau berdasarkan prinsip syariah yang dalam kegiatannya memberikan jasa dalam lalulintas pembayaran.BTN ← 3.d) Bank Sentral diberi hak oleh pemerintah untuk mencetak mata uang.BPD Jatim . 5) Berikan contoh masing-masing 5 buah untuk jenis bank menurut organisasi ! Jenis bank menurut organisasinya Menurut organisasinya bank dikelompokkan menjadi: 1.BRI .Bank of Tokyo .BCA . tabungan dan atau bentuk lainnya yang dipersamakan dengan itu.Bank of America .Bank pasar mujokerto . Contoh : . Unit Banking adalah bank yang hanya mempunyai satu organisasi dan tidak memiliki cabang di daerah lain.NISP .BPD Sulawesi .CIMB Niaga .Mandiri .BNI ← . Branco banking adalah bank yang memiliki cabang-cabang di daerah lain. Contoh : . Corresponden banking adalah bank yang dapat melakukan pemeriksaan dokumen ekspor-impor dan kegiatan utamanya di luar negeri.BPD Jabar 2.Bank Danamon .

sebab keberhasilan usahalah yang menjadi perhatian bersama pemilik modl (bank) dan peminjam. manakala keuntungan bank meningkat. tergantung pada keuntungan perusahaan yang dikelola si peminjam. karena pengemblian bagi hasil didasarkan kepada untung rugi dengan pola nisbah (rasio) bagi hasil. pada sistem bunga. Sebutkan 5 buah ! Jawab : a. jumlah pembayaran bunga kepada nasabah penabung / deposan tidak meningkat. besarnya bunga yang harus dibayar di peminjam. pada sistem bunga. karena persentase bunga ditetapkan secara pasti tanpa didasarkan pada untung dan rugi. maka kerugian itu hanya ditanggung si peminjam (debitur) saja. maka hal itu ditanggung bersama oleh pemilik modal dan peminjam. besarnya persentase bunga dan besarnya nilai rupiah. 7) Sebutkan kelebihan dan kekurangan produk-produk perbankan kredit pasif. sedangkan dalam sistem bagi hasil. tanpa berpedoman pada untung rugi. waktu dan pikiran. jumlah pembagian laba yang diterima deposan akan meningkat. Sedangkan dalam sitem bagi hasil. penentuan jumlah besarnya tidak ditetapkan sejak awal. Pihak perbankan syariah menanggung kerugian tenaga. ditentukan sebelumnya berdasarkan jumlah uang yang dipinjamkan.lebih fleksibel . jika terjadi kerugian. jika terjadi kerugian. b. Sebutkan 5 buah ! o Giro kelebihan giro a.lebih aman c. sedangkan pada sistem bagi hasil. pasti diterima bank. tetapi berdasarkan keuntungan yang pararel c. Sedangkan dalam bagi hasil. berdasarkan pembayaran bunga tetap seperti yang dijanjikan. e. sehingga besarnya bunga yang harus dibayar sudah diketahui sejak awal.6) Sebutkan perbedaan antara bunga dan bagi hasil. besarnya tidak pasti.tidak perlu membawa uang cash dalam jumlah besar b. sesuai dengan peningkatan jumlah keuntungan bank. besarnya bagi hasil tidak didasarkan pada jumlah pinjaman (pembiayaan). d. penentuan bungan ditetapkan sejak awal. dalam sistem bunga. Sedangkan pada sistem bagi hasil. sekalipun keuntungan bank meningkat.

Dapat diperjual belikan secara bebas e. Perhitungan bunga dimuka. bisa dilakukan secara bertingkat d. terletak pada jumlah nilai nominal yang anda tabungkan hampir tidak berkurang b. Biasanya di bank tertentu setoran awal tinggi o Sertifikat deposito Kelebiahan a. makin tinggi bunga yang diberikan e. hanya bisa mengikuti jam kerja bank untuk dapat mencairkan giro c. Dapat dipergunakan sebagai jaminan kredit d. Tingkat suku bunga yang menarik c.d. Biasanya bunga yang diperoleh dari menabung tergerus biaya administrasi perbankan d. Tidak bisa ditarik sewaktu-waktu harus sesuai tanggal depoositnya o Tabungan Kelebihan : a.produk tabungan hanya memberikan bunga yang rendah c. Walaupun aman. giro bunganya kecil d. mudah diambil setiap saat Kekurangan: a.transaksi pembayaran bisa menggunakan cek e. bunga yang didapat mengikuti ketentuan suku bunga bank yang berjalan b.simpanan tabungan bunga lebih besar dari giro kekurangan giro a. Lebih kecil atau terbatas penarikannya e. tidak bisa langsung mencairkan uang tersebut b. Di jamin oleh lembanga penjamin simpanan ( LPS ) sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Biasanya bunga yang diperoleh dari menabung terpotong biaya administrasi e. sehingga bunga yang anda peroleh dapat di investasikan lagi di tempat lain b. biasanya makin banyak saldo. . pemberian bunga tabungan dapat secara single rate artinya berapapun jumlah uang yang ditabung anda peroleh bersama c.

Tetap dapat mengetahui saldo deposito dengan mendatangi bank tempat anda menabung Kekurangan : . Bank-bank yang akan menerbitkan sertifikan deposito harus memperoleh izin dari BI d. Penerbitan deposito on call memiliki jangka waktu minimal 7 hari dan paling lama kurang 1 bulan c. Deposito on call harus diterbit kan dengan atas nama b. Dana perbankan yang bersumber dari jenis simpanan jumlahnya lebih kecil dari sumber dana lain e. Dapat di gunakan bank sebagai sumber dana yang penarikannya dapat di prediksi Kekurangan : a. Besarnya bunga dihitung per bulan d. Bila dana dicairkan sebelum jatuh tempo maka akan kena penalti sejumlah tertentu b. Bila sertifikat deposito hilang. Sertifikat deposito tidak dapat di perpanjang secara otomatis o Deposit on call a. Bunga deposito bisa langsung di transfer langsung secara rutin ke rekening lain d. Deposito akan di perpanjang sesuai jangka waktu yang anda pilih saat pembukaan Kelebihan : c. Untuk deposit yang sementara waktu uangya belum digunakan Kelebihan : c. Adanya negosiasi antara nasabah dengan bank dalam pencairan dana o Deposito automatic roll over (ARO) a.Kekurangan a. Perpanjangan nominal deposito di luar negri bisa di perpanjang secara otomatis pada saat jatuh tempo b. maka penemunya bisa mencairkanya dengan mudah c. Memberikan bunga yang menarik dan pilihan jangka waktu yang beragam d. Untuk deposit yang memiliki jumlah uang yang besar b.

Setoran awal relatif besar c.   jatuh tempo. Tingkat suku bunga bersifat flating rate b. Karena adanya jangka waktu deposito tidak dapat di cairkan setiap saat d. Berjangka waktu pendek (maksimum 1 tahun).   Kekurangan :  o Bunga kredit dapat berubah setiap saat (floating) Kredit aksep Kelebihan :  Debitur dapat melakukan penarikan dengan menggunakan surat aksep untuk pembayaran kembali jumlah uang yang di pinjam  Jangka waktu kredit aksep umumnya selama 1 bulan dan dapat di perpanjang o Kredit documenteri Kelebihan :  Kredit documenter dapat mengaksep atau menegosiasi (mengambil alih) wesel-wesel yang di tarik oleh beneficiary/supplier/penjual . Jika ingin menambah saldo tidak dapat dilakukan setiap saat 8) Sebutkan kelebihan dan kekurangan produk-produk perbankan kredit aktif. Sebutkan 5 buah! o Kredit rekening Koran Kelebihan :  bunga yang dikenakan hanya untuk berapa besar yang digunakan dari plafond Penarikan dan penyetoran dapat dilakukan setiap saat.a. namun dapat diperpanjang setelah dapat meningkatkan daya guna uang Dapat meningkatkan pemerataan pendapatan kredit yang diberikan.

 Kredit documenter dapat memberi kuasa kepada bank lain untuk melakukan pembayaran  Cara pembayaran dengan menggunakan L/C merupakan suatu cara yang paling aman bagi kelancaran transaksi perdagangan di luar negeri  Pihak pembeli meminta kepada bank untuk mengikat pihak penjual Kekurangan :  Adanya beban dalam rantai administrasi  Kekurangan proses dan rendahnya tingkat otomatisasi tugas o Kredit dengan jaminan surat-surat berharga Kelebihan :  Dapat di gunakan sebagai cadangan sekunder untuk mengoptimalkan keuntungan dengan memanfaatkan dana-dana yang ideal  Dapat digunakan untuk membeli sekuritas jangka pendek  Tingkat bunga surat berharga bersifat konsisten.maka .apabila harga surat berharga naik maka tingakat bunga akan turun dan sebaliknya  Tingkat likuiditas obligasi rendah.khususnya apabila harga obligasi menurun  Resiko penarikan.hal ini dikarenakan pergerakan harga obligasi.perusahaan dapat menarik obligasi sebelum jatuh tempo dengan membayar sejumlah premi  Resiko kecurangan apabila perusahaan penerbit mempunyai masalah likuiditas dan tidak mampu melunasi kewajibannya ataupun mengalami kebangkrutan. dalam arti tidak dipengaruhi harga pasar  inflasi Investasi surat berharga dapat pula melindungi resiko pemegang surat berharga dari kemungkinan terjadinyainflasi  surat berharga dapat digunakan sebagai agunan kredit bank dan untuk membeli instrumen aktiva lain Kekurangan :  Tingkat bunga pasar keuangan dengan harga surat berharga mempunyai hubungan negatif.apabila dalam kontrak perjanjian obligasi ada persyaratan penarikan obligasi.

3. transaksi derivative dapat berfungsi sebagai sarana mencari atau memberikan informasi tentang harga barang komoditi tertentu dikemudian hari (price discovery). Fungsi manajemen produksi berjalan dengan baik dan efisien. transaksi derivative dapat memberikan gambaran kepada manajemen produksi sebuah produsen dalam menilai suatu permintaan dan kebutuhan pasar pada masa mendatang. agar mereka tidak terjerat rentenir atau pelepasan uang. 2. Sebagai cara lindung nilai. Informasi harga. yang berarti. B. yang berarti. transaksi derivative dapat dijadikan sebagai salah satu model berinvestasi. transaksi derivative dapat memberikan kesempatan spekulasi (untung-untungan) terhadap perubahan nilai pasar darit ransaksi derivative itu sendiri. yang berarti. beberapa manfaat dalam kehidupan: 1. 4. . Lembaga keuangan lain: Memberikan pinjaman atau kredit kepada masyarakat yang berpendapatan rendah. yang berarti. Walaupun pada umumnya merupakan jenis investasi jangka pendek (yield enhancement). transaksi derivative dapat berfungsi sebagai salah satu cara untuk menghilangkan risiko dengan jalan lindung nilai (hedging). Sebagai model investasi. Fungsi spekulatif. Minimal 5 buah ! Jawab : A. 5. atau disebut juga sebagai risk management. yang berarti.pemegang obligasi akan menderita kerugian 9) Sebutkan dan jelaskan manfaat bank dan lembaga keuangan lainnya bagi masyarakat.

Jika tujuan ini terlalu ditekankan.- Membiayai pembangunan industri dan memperlancar pembangunan ekonomi lewat pembangunan pasar uang dan pasar modal. . lembaga tersebut meminjamkan sebanyak mungkin uangnya kepada perusahaan dan perorangan. Bank Sentral disebut sebagai bank bagi bank-bank lainnya karena jasa yang diberikan kepada bank umum sama sifatnya dengan jasa bank umtun kepada masyarakat. termasuk bank umum merupakan perusahaan yang mencari keuntungan dari peminjaman uang maupun tabungan. c) Mengawasi Kegiatan Bank Umum dan Badan Keuangan Lainnya Lembaga keuangan. akan timbul akibat buruk bagi masyarakat dan perekonomian. - Membantu dunia usaha dalam meningkatkan produktivitas barang dan jasa. b) Bank Sentral sebagai Bank bagi Bank Umum Bank Sentral disebut juga sebagai “bank bagi bank” (bankers’ bank) atau “sumber pinjaman terakhir” (lender of last resort). Untuk memperoleh keuntungan maksimal. 10) Sebutkan dan jelaskan tugas-tugas bank central. bank umum dapar meminjam uang dari Bank Sentral jika bank umum tersebut mengalami kekurangan cadangan dana. Minimal 5 buah ! Jawab : a) Bank Sentral sebagai Bank bagi Pemerintah Bank Sentral bertindak sebagai badan keuangan yang memiliki tugas utama menyimpan uang yang dimiliki pemeritah dan pemerintah dapat menggunakan jasa Bank Sentral untuk membayar semi mengirimkan uang kepada pemerintah daerah dan departemen-departemen pemerintah yang lain. Artinya. Selain itu. Bank Sentral merupakan bank bagi bank-bank lainnya dan menjadi sumber terakhir pinjaman jika bank umum tidak dapar memperoleh pinjaman dari sumber lainnya.

Bank Sentral diberi kekuasaan oleh pemerintah untuk mengawasi dan memberi petunjuk-petunjuk mengenai kebijakan perekonomian yang perlu dijalankan. Bank Sentral akan menaikkan tingkat bunga karena muncul tekanan yang akan menurunkan nilai kurs mata uang asing. Lembaga keuangan sangat berperan dalam menciptakan likuditas. 11) Sebutkan dan jelaskan fungsi lembaga keuangan. yaitu mempertabankan kestabilan nilai kurs mata uang asing. Likuiditas berhubungan dengan kemampuan menyediakan uang tunai dan ini sangat dibutuhkan. dana pembiayaan aset tersebut diperoleh dari tabungan masyarakat. Bank Sentral menentukan pertambahan jumlah uang agar kegiatan perdagangan dan produksi berjalan lancar. Fungsi lembaga keuangan di sini adalah mengalihkan dana dari unit surplus ke unit defisit. Di dalam sebuah perekonomian terdapat unit-unit yang mengatur surplus dan defisit dana. Pengalihan Aset ( Assets Transmutation ) Lembaga Keuangan memiliki aset dalam bentuk pijaman kepada pihak lain dalam jangka waktu tertentu. Dengan tingkat bunga yang tinggi. menyimpan uang di bank menjadi lebih menguntungkan. Dalam hal ini. diupayakan keseimbangan antara ekspor dengan aliran masuknya modal dan impor dengan aliran keluarnya modal. Contoh pemberian kredit oleh perbankan. Minimal 5 ! Jawab : 1.Untuk menghindari hal tersebut. . Misalnya. Untuk mencapai tujuan tersebut. d) Mengawasi Kegiatan Perdagangan Luar Negeri Salah satu usaha untuk menciptakan kestabilan ekonomi. 2. Hal ini berarti mencegah aliran modal keluar dan akan menarik aliran modal masuk. Selain itu. e) Mencetak Uang dan Menjamin agar Uang Cukup Tersedia Mata uang yang beredar dalam perekonomian dikeluarkan oleh Bank Sentral. Likuiditas ( Liquidity ) Likuiditas berkaitan dengan kemampuan untuk memperoleh uang tunai pada saat dibutuhkan. Pemerintah memberikan kekuasaan kepada Bank Sentral untuk mencetak uang bagi lancarnya kegiatan perdagangan dan produksi. Bank Sentral menentukan besarnya jumlah uang yang harus disediakan pada waktu tertentu.

Realokasi Pendapatan ( Income Reallocation ) Lembaga Keuangan sebagai tempat realokasi pendapatan untuk persiapan dimasa yang akan datang. Dengan demikian lembaga keuangan sebcnarnya hanyalah mengalihkan atau mernindahkan kewaiban penlinjam menjadi suatu aset dengan suatu jangka waktu jattih letnpo sesuai keinginan penabung. kan ada dana pensiun yang diselenggarakan oleh lembaga keuangan. Dengan demikian. Dana pembiayaan asset tersehut diperoleh dari tabungan masyarakat. banyak individu yang memiliki pendapatan tetap dan memadai berpikiruntuk memanfaatkan dana di kemudian hari.Jika kita membutuhkan uang tunai dan memiliki rekening di bank. Transaksi ( Transaction ) Lembaga Keuangan menyediakan jasa untuk mempermudah transaksi moneter. kita bisa menikmati pensiun tanpa khawatir tidak mempunyai pendapatan. Minimal 5 ! Jawab : 1. Sekuritas sekunder seperti tabungan. maka kita dapat memiliki uang dengan mengambilnya ke bank. 12) Sebutkan dan jelaskan peranan lembaga keuangan. Proses pengalihan kewajiban menjadi suatu aset disebut transmutasi kekayaan atau asset transimutation. Pengalilian Aset (Asset Transfer) Lembaga keuangan memiliki aset dalam bentuk “janji—janji untuk membayar” atau dapat diartikan sebagai pinjaman kepada pihak lain dengan jangka waktu yang diatur sesuai dengan kehutuhan perninjam. deposito. 2. sertifikat deposito yang diterbitkan . Beberapa sekuritas sekunder dibeli sektor usaha dan rumah tangga terutama dirnaksudkan untuk tujuan likuiditas. 4. Lembaga keuangan berfungsi untuk menyediakan jasa pengalokasian pendapatan. Likuiditas (liquidity) Likitiditas berkaitan dengan kemainpuan untuk rnemperoleh uang tunai pada saat dihutuhkan. 3.

.bank umum memberikan tingkat keamanan dan likuiditas yang tinggi. 3. 4. nasabah mendapat keuntungan dari bagi hasil. Transaksi (transaction) Sekuritas sekunder yang diterbitkan oleh lembaga intermediasi keuangan misalnya rekening giro. polis asuransi atau saharn-saham adalah jauh lebih balk jika dihandingkan dengan alteniatif pertama. Pada bank konvensional. Dalam ha! tertentu. (leposito dan sehagainya. 13) Mengapa bank-bank konvensional tetap mempunyai nasabah yang lebih besar apabila dibandingkan dengan bank syari’ah ? Jawab : Karena di bank konvesional nasabah mendapat keuntung dengan Bunga Bank. program pcnsiun. tabungan. Bagi bank yang terpenting adalah nasabah harus membayar kredit tersebut. Untuk melakukan hal tersebut pada prinsipnya mereka dapat saja niembeli atau menyimpan barang rnisalnya : tanab. pemberian kredit berarti nasabah diberikan uang. Pokok pinjaman disertai bunga yang ditetapkan oleh bank. Jika di bank konvesional disebut kredit maka di bank syariah biasa disebut murobahah. Lalu masyarakat diberi kebebasan untuk menggunakan uang tersebut guna membeli sesuatu. di samping tambahan pendapatan. Bank tidak berhak tahu atas penggunaan uang nasabah. Perbedaan mendasar antara kredit dan murobahah terletak pada akad. misalnya program tahungan. Tintuk rnenghadapi masa yang akan dating tersehut mereka menyisihkan atau inerealokasikan pendapatannya untuk persiapan di masa yang akan datang. nicrupakan hagian dan sistem pembayaran. namun pemilikan sekuritas sekunder yang dikeluarkan lembaga keuangan. Produkproduk tabungan tersebut dibeli oleh rumah tangga dan unit usaha untuk rnernperrnudah mereka melakukan penukaran barang dan jasa. Giro atau rekening tabungan tertentu yang ditawarkan bank pada prinsipnya dapat berfungsi sehagal narig. Realokasi Pendapatan (income reallocation) Dalam kenyataannya di niasyarakat banyak individu merniliki penghasilan yang memadal dan nienyadari bahwa di masa datang mereka akan pensiun sehingga pendapatannya jelas akan berkurang. bank konvensional dan bank syariah melakukan aktivitas pembiayaan. deposito. sedangkan Bank syariah. unit ekonomi membeli sekuritas sekunder (misalnya giro) untuk mempermudah penyelesaian transaksi keuangannya sehari-hari. rumah dan sebagainya.

Tarif bunga akan mengacu pada tingkat suku bunga yang dikeluarkan oleh BI. Bahkan. murobahah bukanlah pemberian kredit. Bank konvensional mengambil keuntungan dengan membebankan bunga pada nasabah. Perbedaan selanjutnya adalah keuntungan yang diambil oleh bank. Bank membeli barang yang diminta. Keuntungannya diambil dari selisih harga barang yang diminta. margin murobah lebih tinggi dari tingkat suku bunga yang diberikan oleh bank konvensional. Melainkan jual beli yang keuntungannya diketahui oleh dua pihak. Sedangkan pada Bank syariah. Hanya saja bank harus tahu barang yang beli oleh nasabah. keuntungan diambil disebut margin. Karena bank dilarang melakukan aktivitas jual beli maka hak pembelian diwakilkan oleh nasabah. Nasabah meminta bank untuk membelikan sesuatu. . perhitungan margin dalam murobahah didasarkan pada tingkat suku bunga pasar. Sehingga skenarionya adalah sebagai berikut. Sehingga mengikuti mekanisme pasar. Kemudian barang tersebut dijual kepada nasabah. Sama dengan bank konvensional.Pada bank syariah. Maka dalam akad murobahah akan ada akad tambahan yaitu wikalah (perwakilan). Sehingga mekanismenya hampir sama dengan pemberian kredit pada bank konvensional.

TUGAS BANK DAN LEMBAGA KEUANGAN LAIN Dosen Pembimbing: YOOSITA AULIA. AK DI SUSUN OLEH: ERNA ASMAWATI . SE. MM.

SOETOMO SURABAYA 2012-2013 .(2012335007) AKUNTANSI (PAGI) FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS Dr.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times

Cancel anytime.