KANDUNGAN DAN PENGARUH ROKOK PADA KESEHATAN

MAKALAH

O L E H

JEANNY ZULYANA NIM : 121000372

UNIVERSITAS SUMATERA UTARA FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT JURUSAN ILMU KESEHATAN MASYARAKAT MEDAN 2012

Tujuan dari pembuatan makalah ini adalah mempelajari kandungan dan mengetahui secara jelas dampak yang ditimbulkan rokok pada kesehatan manusia. Medan. ( JEANNY ZULYANA) . Adapun judul dari makalah ini adalah Kandungan Dan Pengaruh Rokok Pada Kesehatan.KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat rahmat-Nya makalah ini dapat kami selesaikan.Mascahaya Daulay.M. Selain itu. Orang tua yang telah memberikan dukungan yang begitu besar. Dalam penyusunan makalah ini penulis menyadari bahwa masih terdapat kekurangan yang disebabkan terbatasnya pengetahuan yang penulis miliki karena itu penulis mengharapkan saran dan kritik membangun guna kesempurnaan makalah selanjutnya. kami menyampaikan terima kasih kepada :    Dosen mata kuliah Bahasa Indonesia Dra. Dengan selesainya makalah ini. Semoga makalah ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca umumnya. pembuatan makalah ini juga bertujuan untuk memenuhi kewajiban dari mata kuliah Bahasa Indonesia untuk Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara.20 Desember 2012 Penyusun.Hm yang telah mengarahkan kami sebelum penugasan ini berlangsung. baik dari segi moril maupun materi Semua pihak yang ikut berpartisipasi dalam pembuatan makalah ini. Terima kasih.

memang seperti itulah efek negatif dari merokok.BAB I PENDAHULUAN 1. ternyata yang akan menerima efek negative dari rokok tersebut bukan hanya perokok aktif saja.1 LatarBelakang Mungkin sudah bukan hal yang biasa lagi jika kita mendengar bahwa rokok sangat berbahaya bagi kesehatan manusia. entah hanya sekedar pengen di anggap sebagai anak gaul atau mungkin sudah menjadi kebutuhan bagi dirinya. Namun. . 1. Mungkin kita tidak akan merasakan efeknya secara langsung akan tetapi efeknya akan terasa dalam jangka waktu yang lama. perokok pasif merupakan sebuah istilah bagi seseorang yang sebenarnya bukan seorang perokok akan tetapi orang yang berada atau dekat dengan orang yang merokok sehingga ia secara tidak langsung sering menghirup asap rokok yang dikeluarkan oleh para perokok aktif dan kenapa lebih bahaya dibandingkan perokok aktif. 1.3 Tujuan Tujuan dalam penulisan makalah ini adalah membahas dan mempelajari kandungan yang terdapat pada rokok dan pengaruh yang ditimbulkan pada kesehatan dan lingkungan sekitar. Mungkin ada sebagian dari anda yang masih bingung dengan istilah perokok pasif.Jika saya mengatakan hal tersebut. kita harus sejak dini mengindari rokok tersebut. Bukan hal yang terlalu berlebihan. Tapi anehnya tetap saja masih banyak orang yang merokok. Itu dikarenakan asap yang dihirup oleh perokok pasif akan langsung masuk ke paru – paru melalui hidung. sebab efek dari asap rokok tersebut dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan mulai dari yang ringan hingga yang berat yang bisa membawa kita kepada kematian. Yang jelas apa pun alasannya . akan tetapi perokok pasif pun akan menerima akibat negative dari rokok tersebut dan justru efek yang diterima oleh perokok pasif akan jauh lebih berbahaya lagi ketimbang perokok aktifnya.2 RumusanMasalah Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam makalah ini adalah bagaimana mengurangi perokok dan cara menanggulangi rokok yang ada di sekitar lingkungan kita. karena sebenarnya sudah banyak peringatan dan pesan yang sering kita dengar dari berbagai media mengenai bahaya rokok tersebut bahkan sebenarnya sudah ada peringatan mengenai bahaya rokok tersebut di kemasan rokok itu sendiri.. Dan menurut penelitian. Jadi.

.4 Manfaat Manfaat yang sangat diharapkan adalah dapat memberikan masukan bagi para pembaca dan dapat menjadi pertimbangan sebelum mencoba.1.

dan latar belakang medis semakin lemah. dan bahkan ada kecenderungan bertambah dari waktu ke waktu. Merokok tidak mengenal situasi sosial ekonomi seseoang. Umumnya bermula dari perokok pasif ( mengisap asap rokok orang lain yang merokok ) lantas menjadi perokok aktif. golongan makin rendah. di negara maju kebiasaan merokok ini justru mulai ditinggalkan oleh masyarakat luas yang telah sadar akan bahaya rokok pada kesehatan. Anak-anak muda mulai merokok karena kemauan sendiri. Terlebih lagi terbukti . pendidikan semakin rendah. bahkan konon dengan 20 batang rokok sehari akan mengurangi umur sejumlah lima menit setiap hari. perokok tergolong paling tinggi menderita penyakit jantung koroner – sebagai pembunuh utama di negara-negara maju – yang kini juga melanda Indonesia.di tempat umum lainnya atau bahkan di kalangan rumah tangga kita sendiri. Pada taraf permulaan biasanya hanya dipergunakan rokok dari daun buah jagung atau daun nipah.BAB II PEMBAHASAN Jumlah Perokok Dalam kehidupan sehari-hari seringkali kita menjumpai orang merokok di sekitar kita. Semula hanya mencoba-coba kemudian menjadi ketagihan akibat adanya nikotin di dalam rokok. digemari mulai yang kaya sampai yang miskin. Kebiasaan merokok di Indonesia – dan di berbagai negara berkembang lainnya memang cukup luas. Disini jenis rokok yang disukai adalah rokok kretek. Perokok juga daopat berasal dari berbagai kalangan. Menjadi perokok pasif bagi wanita hamil boleh dikatakan sebagai permulaan merokok bagi sang janin. Perokok laki-laki semakin bertambah pada usia yang lebih muda. Hal yang sama juga terjadi pada wanita hamil yang perokok. Merokok pada anak-anak muda dengan kemauan sendiri disebabkan ingin menunjukkan bahwa ia telah dewasa. Padahal merokok jelas-jelas dapat mengganggu kesehatan. Sementara itu. Sementara itu. teman. alas an utama merokok adalah menghilangkan rasa jenuh. ketagihan.pasar. Apabila dinyatakan apakah orang tua merea .baik di kantor. dan untuk menghilangkan stres. kemudian dipergunakan tembakau. dan diajari atau dipaksa merokok oleh temantemannya. Pernah dilaporkan ada anak-anak berusia 3 tahun mulai merokok atas ajaran orang tua. Pada laki-laki rata-rata mulai merokok pada usia 19 tahun. melihat teman-temannya. atau kemauan sendiri.

1. Gas CO mempunyai kemampuan mengikat zat hemoglobin di dalam darah 200 kali lebih kuat dibandingkan dengan oksigen. Di pihak lain. Laporan WHO juga menyebutkan beberapa penyakit yang berhubungan dengan kebiasaan merokok yaitu. kanker paru. Kemudian 72 % orang tua tidak mengetahui bahwa anaknya menjadi perokok. Risiko menjadi penderita PJK 60-70% lebih tinggi pada perokok pria dibandingkan dengan pria yang tidak merokok.penyakit pembuluh darah ulkus peptikum. Penyakit Jantung Koroner ( PJK ) Kebiasaan merokok juga diketahui meningkatkan kadar koleterol dan asam lemak bebas.dan berbagai penyakit paru lainnya. Alasan utama menjadi perokok karena ajakan teman-teman yang sukar ditolak.bronchitis kronik.merokok.pancreas dan kandung kencing. Jenis Penyakit Kebiasaan merokok telah terbukti berhubungan setidaknya dengan 25 jenis penyakit dari berbagai alat tubuh manusia.Selain itu ada kanker mulut . Wanita perokok .penyakit pembuluh darah otak dan gangguan janin dalam kandungan.ulkus peptikum.dll. Ada juga pelajar pria yang mengatakan. Hal yang hamper serupa dapat juga terjadi pada pembuluh darah di otak dengan akibat serangan stroke yang dapat mengaibatkan kelumpuhan.Satu-satunya penyakit yang menunjukkan asosiasi negative dengan kebiasaan merokok adalah kematian akibat penyakit Parkinson. Nikotin memang mempengaruhi metabolism lemak dan mempermudah terjadinya penyempitan pembuluh darah di jantung. jawaban yang diperoleh 73 % ayahnya juga perokok.emfisema.bronkitis kronik dan emfisema. Kadar CO dalam darah perokok berat sekitar 5 %.Seperti kanker paru-paru. Akibatnya. gas CO akan mengganggu kemampuan darah kita untuk berikatan dengan oksigen.kanker mulut/tenggorok/kerongkongan.penyakit jantung iskemik dan penyakit kardiobaskuler lain.tenggorok. hemoglobin tidak akan mengikat oksigen dan tubuh kita pun jadi kekurangan oksigen yang merupakan suatu bahan utama bagi kehidupan manusia. sedangkan ibu yang merokok 8 %. pria menjadi perokok setelah melihat iklan rokok. Setiap batang rokok mengandung 3 % sampai 6% gas CO. Mati mendadak akibat penyakit jantung dijumpai 2-3 kali lebih besar pada pria berumur 35-45 tahun dibandingkan dengan yang tidak merokok.

2.dan menggunakan oralkontraseptik sepuluh kali lebih besar berisiko PJK dibandingan dengan wanita yang tidak merokok dan tidak menggunakan oralkontraseptik. kanker larink. Kalau merokok dua bungkus sehari maka risiko menjadi penderita kanker paru-paru. dan kanker oesopagus. Bagi perokok lebih mudah terserang influenza dan radang paru-paru yang lain dibandingkan dengan yang nonperokok. Hal ini bertambah parah lagi apalagi disertai meminum alkohol yang berlebihan sebab rokok dan alkohol bersifat saling membantu dalam faktor karsinogenik. . Mengapa Berbahaya? Rokok Indonesia mempunyai kadar tar dan nikotin yang lebih tinggi daripada rokokrokok produksi luar negeri. Merokok memberikan risiko tinggi terhadap kanker mulut. Kanker Saluran Pernapasan Merokok dikaitkan dengan terjadinya influenza dan radang paru-paru yang lain. Kanker mulut rahim merupakan kanker yang paling banyak dijumpai pada wanita terutama bagi wanita perokok. yang merupakan salah satu faktor pembentukan aterosklerosis sebagai penyebab PJK. Demikian juga merokok mempercepat pembekuan darah sehingga agregasi trombosit lebih cepat terjadi. Pada penderita asma. 3. Karena itu perlu dilakukan upaya terus menerus untuk menghasilkan rokok dengan kadar tar dan nikotin yang lebih drendah di Indonesia. 25 kali lipat dibandingkan dengan seseorang yang tidak merokok. Pembentukan Kanker Perokok yang menghabiskan sebungkus rokok setiap hari mempunyai risiko menjadi penderita kanker paru-paru sepuluh kali lipat dibandingkan dengan yang tidak merokok. merokok akan memperparah gejala asma sebab asap rokok akan lebih menyempitkan saluran pernapasan.

Perubahan pertama yang terjadi pada masa ini disebut sebagai “metaplasia skuamosa” yang ditandai dengan perubahan bentuk sel epitel pada permukaan saluran napas dan rusaknya silia atau bulu getar yang ada pada permukaan saluran napas di paru.penyakit-penyakit kanker. Angka kematian bagi perokok 70% lebih tinggi dibandingkan dengan nonperokok terutama bagi pria umur 45-54 tahun. . Di Amerika Serikat diperkirakan bahwa 80-90% kanker paru pada pria dan 70% pada wanita disebabkan oleh kebiasaan merokok. dan akhirnya menjadi kanker paru. Makin lama ia punya kebiasaan merokok maka makin besar kemunginan mendapat penyakit.Timbulnya kanker paru berhubungan dengan jumlah rokok yang dihisap dan bahkan berhubungan juga dengan dalam tidaknya isapan yang dilakukan. Tetapi.penyakit jantung dan lain-lain akan diderita setelah mengisap rokok selama 10-20 tahun.secara umum.makin lama punya kebiasaan meroko. misalkan keluhan perih di mata bila kita berada di ruangan tertutup yang penuh dengan asap rokok.Bila seseorang berhenti merokok pada masa prakanker yang awal maka prosesnya tidak akan berlanjut menjadi kanker. Perokok juga memberikan sumbangan yang besar sekali terhadap risiko terjadinya penyakit jantung.karsinoma in situ. Perokok berhubungan erat juga dengan angka kesakitan beberapa jenis penyakit dan angka kematian. berhenti merokok akan menurukan jumlah angka kematian.makin banyak rokok yang diisap. Perokok wanita memberikan andil besar terhadap kematian bayi prematur. Tentu saja juga ada pengaruh buruk yang segera timbul dari asap rokok.Setelah mengisap rokok-rokok bertahun-tahun. si perokok mungkin menderita sakit. Kematian wanita perokok juga menunjukkan peningkatan dibandingkan dengan wanita nonperokok.Proses kanker di paru dimulai dengan apa yang disebut masa “prakanker”. Penderita asma juga seringkali mengeluh sesak napas dan batuk-batuk bila di sebelahnya ada orang yang menghembuskan asap rokoknya.makin tinggi kadar tar rokok yang diisap dan makin dalam seseorang mengisap rokoknya akan makin tinggi pula kemungkinannya ia mendapat kanker paru.Faktor lain yang mungkin dapat menambah risiko timbulnya kanker paru adalah pencemaran udara dalam industri atau pertambangan.Bila seseorang menghisap rokok dalam jangka lama makan di dalam parunya akan terjadi berbagai perubhana akibat asap rokok itu.Artinya.Bila arangsangan asap roko berlangsung terus maka metaplasia skuamosa ini dapat berubah menjadi dysplasia. tetapi bila sudah terlambat maka parahlah akibatnya. Perokok akan mengurangi jam bekerja sejumlah 40%. Salah satu bahan dalam rook yang merupakan penyebab kanker paru adalah tar. Oleh karena itu.

temperature pembakaran. seperti daun nipah muda kering. Bahan kimia di dalam rokok dan pengaruh pada tubuh Asap rokok merupakan kumpulan berbagai bahan bersifat gas yang terbentuk pada saat rokok dibakar secara tidak sempurna. tembakau sebagai bahan pokok rokok ditambah dengan cengkih atau bahan lainnya yang dipergunakan sebagai pembuat rokok kretek.Bahan baku rokok Daun tembakau yang diiris-iris dan dikeringkan ( ada juga yang hanya dikeringkan kemudian dijadikan rokok )merupakan bahan baku utama rokok. komponen asap rokok yang diisap oleh perokok terdiri dari bagian gas ( 85% ) dan bagian partikel. Pengaruh rokok bagi tubuh dapat dijelaskan sebagai berikut. dan penggunaan filter. panjang rokok uang dipergunakan. kertas yang khusus. penggulung ( pembalut ). dan daun tembakau kering yang disebut dengan cerutu. Khusus di Indonesia. daun pisang kering. Tanaman tembakau di Indonesia yang paling popular tentu saja tembakau Virginia yang banya ditanam di Jawa. serta sebagai obat untuk mengurangi rasa sakit. menekan rasa lapar dan rasa haus. Pada mulanya daun tembakau dipergunakan sebagai obat perangsang. terdiri dari gas dan bahan yang diendapan waktu diisap. Dengan demikian. Tanaman tembakau dikenal sejak zaman purbakala di Amerika. bahan tambahan lainnya. sekarang merupakan tembakau rakyat. Komposisi asapnya tergantung pada jenis tembakau. suatu saat dosis racunnya akan mencapai titik toksis sehingga mulai kelihatan gejala yang ditimbulkan. bila dipergunakan dalam dosis yang kecil. Daun tembakau sebagai bahan baku rokok pertama diketahui di Amerika ( 1535 ) Bahan baku kedua berupa pembungkus yang dibuat dari berbagai jenis bahan.000 kali isapan asap rokok. Kadang-kadang rokok dipergunakan tanpa pembungkus dan bahan lainnya sebagai pembantu. Beberapa zat kimia dalam rokok yang berbahaya bagi kesehatan bersifat kumulatif ( ditimbun ). . Kalau sebatang rokok dihabiskan dalam sepuluh kali isapan asap rokok maka dalam tempo setahun bagi perokok 20 batang ( 1 bungkus ) per hari akan mengalami 70. daun pembungkus jagung kering.

mengurangi rasa ingin buang air kecil. lamanya isapan. Denyut jantung. Nikotin Komponen ini paling banyak dijumpai di dalam rokok. sedangkan gas CO yang diisap oleh perokok paling rendah sejumlah 400 ppm sudah dapat meningkatkan kadar karboksi hemoglobindalam darah sejumlah 2-16%. kadar asam lemak bebas.1. Nikotin memegang peranan penting dalam ketagihan terhadap rokok. Apabila keadaan terus berjalan akan terjadi polycythemia ( pertambahan kadar butir darah merah ) yang mempengaruhi fungsi syaraf pusat. denyut jantung bertambah. Kadar normal karboksi hemoglobin hanya 1% pada bukan perokok. Walaupun diberi filter. sedangkan bagi perokok yang mempergunakan filter dapat mengalami penurunan 5-15 mg. 3. Dalam rokok terdapat gas CO sejumlah 2-6 % pada saat merokok. Tar Tar merupakan bagian partikel rokok sesudah kandungan nikotin dan uap air diasingkan. Kecanduan merokok ( adiksi nikotin ) Beberapa penelitian mengatakan dengan lima batang rokok putih luar negri sudah dapat membuat ketagihan terhadap rokok. dan meningktakan agregasi sel pembekuan darah. dalamnya isapan. dan menggunakan filter rokok atau tidak. Gas CO ( Karbon Monoksida ) Gas bersifat toksis yang bertentangan dengan oksigen dalam transport maupun penggunaannya. Nikotin meningkatkan kadar gula darah. Nikotin yang terdapat di dalam perokok normal akan menyebabkan peningkatan tekanan darah baik sistolik maupun diastolik. Sebagai bahan kimia yang terdapat di dalam rokok. dan aliran darah pada pembuluh koroner bertambah. beberapa komponen zat kimianya bersifat karsinogen ( pembentuk kanker ). nikotin bersifat toksis terhadap syaraf dengan stimulasi atau dipresi. Kadar tar pada sebatang rokok yang diisap adalah 24-45 mg. kolesterol LDL. jumlah tembakau setiap batang rokok. mengisapnya berkali-kali dan jumlah rokok yang dipergunakan bertambah banyak. 2. efek sebagai karsinogenik pada paru-paru tidak berguna jika waktu merokok hirupannya dalam-dalam. Kalau dikembalikan kepada kadar nikotin yang diisap 4-6 mgr nikotin diisap setiap hari pada orang dewasa sudah dapat membuat adisi. . Jumlah nikotin yang diisap dipengaruhi oleh berbagai faktor kuantitas rokok.

Hari kesehatan nasional dan hari kesehatan sedunia juga dapat dipakai sebagai saat yang baik untuk melaksanakan pendidikan kesehatan masyarakat tentang bahaya merokok. Usaha mencegah dilakukan dengan menjelaskan bahaya merokok bagi kesehatan. upaya ketiga yang dianjurkan para ahli WHO dalam penanggulangan masalah merokok adalah memberikan pendidikan kesehatan pada masyarakat. Kaitan pendidikan merokok dengan kesehatan ditujukan bagi seseorang yang berisiko tinggi akan menjadi perokok. antara lain yang berpenghasilan rendah. Bila seseorang mengisap satu bungkus rokok per hari. sedangkan batas bahaya adalah 20 ugr per hari. . melainkan juga usaha mencegah diperlukan bagi seseorang yang telah berhenti merokok agar tidak merokok lagi. Usaha mencegah bukan hanya diperlukan supaya seseorang tidak menjadi perokok. ibu hamil. Sudah tentu para tokoh di tengah masyarakat juga perlu dilibatkan dalam upaya pendidikan kesehatan ini.4. dan orang dewasa. anak-anak. Timah hitam ( Pb ) Timah hitam ( Pb ) merupan partikel asap rokok. Usaha pendidikan kesehatan dalam masalah merokok perlu dikaitkan juga dengan penyerapan tenaga kerja. Pendidikan kesehatan Perubahan perilaku masyarakat tidak dapat diharapkan mudah terjadi hanya membuat peraturan-peraturan saja. Sasaran pendidikan kesehatan ini tentu ditujukan pada masyarakat umum. dikaitkan dengan kerugian material dan psikis akibat merokok dan penggunaan tembakau yang lain. Juga. pendapatan negara dari tembakau dan rokok. Setiap satu batang rokok yang diisap diperhitungkan sejumlah 0. pekerja industri dan lain-lain – karena merokok dapat memperberat penyakit akibat kerja yang mungkin didapatnya. dengan penekanan khusus pada kelompok masyarakat tertentu – seperti murid sekolah. berarti menghasilkan 10 ugr. pihak lembaga swadaya masyarakat dan kalangan profesi sesuai bidangnya masing-masing. Karena itu. Aturan-aturan yang sudah dibuat baru akan berhasil dilaksanakan bila diikuti dengan program pendidikan kesehatan yang baik.5ugr.termasuk pengaruh perokok pasif. Penjelasan tentang bahaya rokok dan kesehatan ini perlu pula diberikan pada para pengambil keputusan.

lembaga masyarakat. . dan media massa perlu diintensifkan dengan kombinasi cara-cara komunikasi yang lain.Penyampaian informasi tentang merokok dan kesehatan melalui sekolah. kelompok-kelompok masyarakat.

bermusik dan lain sebagainya. Lebih baik anda meninggalkan rokok saat ini dalam keadaan masih sehat dan bugar daripada nantinya anda harus meninggalkan rokok dalam keadaan sakit kritis dan diujung kematian. maka kita harus melakukan sesuatu dalam mensosialisasikan bahaya merokok. Lebih baik lagi jika orang tua turut serta di dalamnya. Tentu saja akan aneh dan masuk akal jika hanya siswa saja yang dilarang merokok. Hal ini merupakan suatu bentuk keteladanan. Sosialisasi yang dilakukan harus benar-benar riil dan masuk ke alam bawah sadar para pelajar. Semoga artikel ini membawa manfaat bagi anda. 3. 2. Kegiatan yang melibatkan pemuda terutama para pelajar tidak boleh menggunakan sponsor dari perusahaan rokok atau yang berkaitan dengannya. Hal-hal yang bisa dilakukan untuk mencegah pelajar merokok diantaranya adalah sebagai berikut: 1.BAB III KESIMPULAN DAN SARAN Sebagai masyarakat yang sadar akan kesehatan. masyarakat dan juga pemerintah harusnya melakukan sosialisasi tentang bahaya merokok bagi pelajar sesuai dengan kemampuan dan kondisi masing-masing. Guru. Membudayakan hidup sehat yang bebas rokok harus dimulai dari sekarang. tentu saja itu akan lebih baik karena dapat dicontoh oleh anak-anaknya. 4. Semua pihak. Tetapi jika orang tua bisa berhenti merokok. olahraga. jika memang tidak bisa berhenti merokok. Kegiatan tersebut bisa seperti les. Orang tua yang merokok tidak memperlihatkan diri saat merokok di depan anak-anaknya. guru. karyawan dan orang tua dan semua orang yang berkunjung ke sekolah tidak diperkenankan merokok seperti di rumah sakit. Sekolah dan jajarannya harus berkomitmen membebaskan sekolah dari rokok. Jika anak memiliki waktu luang maka tugas orang tua adalah mendorongnya dalam kegiatan yang positif sehingga mereka tidak ada waktu untuk merokok. ada baiknya kita berhenti merokok mulai dari sekarang. Demi orang-orang yang kita cintai. baik itu orang tua. .

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.