Nama

: I Wayan Dedi Artawan

Jurusan : Teknik Sipil

Resume Teknik Sipil

Teknik sipil adalah salah satu cabang ilmu teknik yang mempelajari tentang bagaimana merancang, membangun, merenovasi tidak hanya gedung daninfrastruktur, tetapi juga mencakup lingkungan untuk kemaslahatan hidup manusia. Teknik sipil mempunyai ruang lingkup yang luas, di dalamnya

pengetahuanmatematika, fisika, kimia, biologi, geologi, lingkungan hingga komputer mempunya i peranannya masing-masing. Teknik sipil dikembangkan sejalan dengan tingkat kebutuhan manusia dan pergerakannya, hingga bisa dikatakan ilmu ini bisa mengubah sebuah hutan menjadi kota besar. Cabang-cabang ilmu teknik sipil

Struktural: Cabang yang mempelajari masalah struktural dari materi yang digunakan untuk pembangunan. Sebuah bentuk bangunan mungkin dibuat dari beberapa pilihan jenis material seperti baja, beton, kayu, kaca atau bahan lainnya. Setiap bahan tersebut mempunyai karakteristik masing-masing. Ilmu bidang struktural mempelajari sifat-sifat material itu sehingga pada akhirnya dapat dipilih material mana yang cocok untuk jenis bangunan tersebut. Dalam bidang ini dipelajari lebih mendalam hal yang berkaitan dengan perencanaan strukturbangunan, jalan, jembatan, terowongan dari pembangunan pondasi hingga bangunan siap digunakan.

Geoteknik: Cabang yang mempelajari struktur dan sifat berbagai macam tanah dalam menopang suatu bangunan yang akan berdiri di atasnya. Cakupannya dapat berupa investigasi lapangan yang merupakan penyelidikan keadaan-keadaan tanah suatu daerah dan diperkuat dengan penyelidikan laboratorium.

. irigasi. gaya dorong air dsb) dan bangunan air seperti pelabuhan. distribusi. pengelolaan limbah dan air kotor.  Hidrologi: Cabang yang mempelajari air. penjadwalan pekerjaan.  Teknik Lingkungan: Cabang yang mempelajari permasalahan-permasalahan dan isu lingkungan. curah hujan. semua hal yang berkaitan dengan hukum dan perizinan bangunan hingga pengorganisasian pekerjaan di lapangan sehingga diharapkan bangunan tersebut selesai tepat waktu. waduk/bendungan(dam). Perilaku struktur tersebut umumnya adalah lendutan dan gaya-gaya (gaya reaksi dan gaya internal). polusi suara dan udara hingga teknik penyehatan. Mencakup bidang ini antara lain dicontohkan berupa pemodelan Struktur Bangunan (Struktural dari Materi atau CAD). biaya proyek. pengembalian modal. debit air sebuah sungai dsb). Mencakup bidang ini antara lain konstruksi dan pengaturan jalan raya. hidrolika (sifat material air. Pokok utama dari ilmu tersebut adalah mempelajari perilaku struktur terhadap beban yang bekerja padanya. Mekanika teknik atau dikenal juga sebagai mekanika rekayasa atau analisis struktur merupakan bidang ilmu utama yang dipelajari di ilmu teknik sipil. kanal. pemodelan lingkungan dengan Teknologi GIS (Geographic information system). Manajemen Konstruksi: Cabang yang mempelajari masalah dalam proyek konstruksi yang berkaitan dengan ekonomi. konstruksi bandar udara. pencemaran sungai. Mencakup bidang ini antara lain penyediaan sarana dan prasarana air besih. terminal. pemodelan pergerakan air tanah atau limbah.  Transportasi: Cabang yang mempelajari mengenai sistem transportasi dalam perencanaan dan pelaksanaannya. Mencakup bidang ini antara lain cabang ilmu hidrologi air (berkenaan dengan cuaca. pengendalian dan permasalahannya.  Informatika Teknik Sipil: Cabang baru yang mempelajari penerapan Komputer untuk perhitungan/pemodelan sebuah sistem dalam proyek Pembangunan atau Penelitian. stasiun dan manajemennya. tekanan air.

Teknik fondasi atau teknik pondasi adalah suatu upaya teknis untuk mendapatkan jenis dan dimensi fondasi bangunan yang efisien. Istilah mekanika tanah diberikan oleh Karl von Terzaghi pada tahun 1925 melalui bukunya "Erdbaumechanik auf bodenphysikalicher Grundlage" (Mekanika Tanah berdasar pada SifatSifat Dasar Fisik Tanah). dan menjadi dasar studi-studi lanjutan ilmu ini. Mekanika tanah adalah bagian dari geoteknik yang merupakan salah satu cabang dari ilmu teknik sipil.dibuat dari beton atau pasangan batu. sehingga Terzaghi disebut sebagai "Bapak Mekanika Tanah". Salah satu tipe yang sering digunakan ialah pondasi menerus yang biasa pada rumah-rumah. sehingga dapat menyangga beban yang bekerja dengan baik.Dalam mempelajari perilaku struktur maka hal-hal yang banyak dibicarakan adalah     stabilitas keseimbangan gaya kompatibilitas antara deformasi dan jenis tumpuannnya elastisitas Dengan mengetahui gaya-gaya dan lendutan yang terjadi maka selanjutnya struktur tersebut dapat direncanakan atau diproporsikan dimensinya berdasarkan material yang digunakan sehingga aman dan nyaman (lendutannya tidak berlebihan) dalam menerima beban tersebut. Di dalamnya terdiri dari  Pondasi setempat . Jenis-jenis fondasi Pondasi dapat digolongkan menjadi tiga jenis:  Pondasi dangkal: kedalaman masuknya ke tanah relatif dangkal. meneruskan beban dari dinding dan kolom bangunan ke tanah keras. Teknik fondasi merupakan bagian dari ilmu geoteknik. dalam bahasa Inggris mekanika tanah berarti soil mechanics atau soil engineering dan Bodenmechanik dalam bahasa Jerman. hanya beberapa meter masuknya ke dalam tanah. yang membahas prinsip-prinsip dasar dari ilmu mekanika tanah modern.

Romawi Kuno termasuk golongan awal yang menggunakan prinsip siphon untuk membawa air melintasi lembah. Kata Hidrolika berasal dari bahasa Yunani hydraulikos. hitungan dinamika fluida. Mekanika Fluida meletakkan dasar-dasar teori hidrolika yang difokuskan pada rekayasa sifatsifat fluida. dan semacamnya. serta menggunakan teknik tertentu bernama hushing dalam pertambangan. Digunakan untuk menyalurkan beban bangunan melewati lapisan tanah yang lemah di bagian atas ke lapisan bawah yang lebih keras. hidrolika digunakan untuk pembangkit. kincir air. kontrol. perancangan bendungan. pertambangan hidrolis. tiang bor. pengukuran aliran. kaison. Dalam tenaga fluida. . pompa. mencakup konsep-konspen seperti aliran tertutup (pipa).contohnya: fondasi tiang pancang  Kombinasi fondasi pelat dan tiang pancang Jenis pondasi yang digunakan dalam suatu perencanaan bangunan tergantung dari jenis tanah dan beban yang bekerja pada lokasi rencana proyek. dan perpindahan tenaga menggunakan fluida yang dimampatkan. Penemuan terkait di Romawi Kuno Pada masa Romawi Kuno telah dikembangkan beragam penerapan hidrolika. yang merupakan gabungan dari hydro yang berarti air dan aulos yang berarti pipa. Mereka menggunakan timbal dalam sistem pemipaan untuk suplai domestik dan umum. Penyebutannya dapat berbeda-beda tergantung disiplin ilmu atau pasarannya. turbin. semisal pemandian umum pada masa itu.laba Pondasi dalam.    Pondasi penerus Pondasi pelat Pondasi konstruksi sarang laba . tenaga air. serta perilaku aliran saluran terbuka seperti sungai dan selokan. Hidrolika merupakan satu topik dalam Ilmu terapan dan keteknikan yang berurusan dengan sifatsifat mekanis fluida. Topik bahasan hidrolika membentang dalam banyak aspek sains dan disiplin keteknikan. sejumlahAqueduct. mencakup penyediaan air untuk umum. yang mempelajari perilaku aliran air secara mikro maupun makro. Contohnya antara lain tiang pancang.

terobosan dalam mekanika fluida oleh fisikawan muslim semisal Abu Rayhan al-Biruni (973-1048) dan Al-Khazini (penemu keseimbangan hidrostatis pada tahun 1121). netralitas ini memungkinkan untuk secara objektif dan tidak memihak menyarankan klien pada pilihan consultans dan kontraktor. Peranan Manajemen Konstruksi dalam Industri Konstruksi adalah layanan yang sangat baik yang disediakan untuk mengkoordinasikan dan mengkomunikasikan seluruh proses konstruksi. administrasi kontrak. Kemudian datang desain dan perencanaan. manajemen keselamatan. Sebagai manajer proyek konstruksi akan menangani semua tahap konstruksi proyek Anda. dan dan praktik profesional. manajemen waktu. Construction Management Association of America (CMAA) menyatakan bahwa ada tujuh kategori utama tanggung jawab seorang manajer konstruksi. Kerajaan Arab telah menemukan sistem pengairan domestik semisal sistem pembilasan dan sistem transportasi air yang berdampak baik pada pertanian.Inovasi pada Masa Kejayaan Islam Pada masa kejayaan Islam. Menekankan pada independen dari para profesional lain yang terlibat dalam konstruksi. Manajemen konstruksi adalah ilmu yang mempelajari dan mempraktikkan aspek-aspek manajerial dan teknologi industri konstruksi. Pada tahap pra-konstruksi. yang memungkinkan klien untuk mendapatkan manfaat maksimal. menghantarkan berbagai inovasi di bidang hidrolika dari insinyur-InsinyurArab dan para penemu. pekerjaan dilanjutkan oleh pembangun dan kontraktor untuk memulai membangun aktual bawah pengawasan yang ketat kami. manajemen harga. . kita akan melakukan semua yang diperlukan studi kelayakan dan penelitian. Manajemen konstruksi juga dapat diartikan sebagai sebuah model bisnis yang dilakukan oleh konsultan konstruksi dalam memberi nasihat dan bantuan dalam sebuah proyek pembangunan. Setelah spesifikasi arsitektur dan tujuan penjadwalan yang didefinisikan dengan baik. yaitu perencanaan proyek manajemen. manajemen kualitas.

mengamati jalannya proyek agar sesuai dengan perencanaan. Ahli teknik sipil tidak hanya berurusan dengan pembangunan sebuah proyek bangunan. terowongan. gedung. tetapi di bidang lain seperti yang berkaitan dengan informatika. sistem jaringan kanal. gedung. Semua aspek kehidupan tercangkup dalam muatan ilmu teknik sipil. jembatan. karena :   Disiplin ilmu Teknik Sipil mudah diterapkan di dalam dunia pekerjaan Teknik Sipil sesuai dengan kebutuhan bidang pekerjaan saya saat ini . memungkinkan untuk memodelisasi sebuah bentuk dengan bantuan program CAD. perlindungan lingkungan. banjir. penyediaan air bersih. drainase. seperti terletak pada pemeliharaan fasilitas gedung tersebut. perumahan. ide. ahli teknik sipil melakukan perbaikan/saran dari pelaksanaan perencanaan. manajemen projek dsb. terletak pada posisi ahli teknik sipil dalam sebuah proyek. irigasi. Peran ahli teknik sipil juga masih berlaku walaupun fase pembangunan sebuah gedung telah selesai. minimalisasi kerugian gempa. jika terjadi kegagalan perencanaan teknis. lalu lintas (darat. Hal ini sangat penting di negara maju sebagai tolak ukur kelayakan pembangunan sebuah bangunan vital yang mempunyai risiko dapat menelan korban banyak manusia seperti reaktor nuklir atau bendungan. koordinasi dalam proyek. ahli teknik sipil juga membangun konsep finansial dan manajemen proyek atas hal-hal yang memengaruhi jalannya proyek. kemungkinan pelaksanaan pembangunan di atas kertas. laut. Profesi yang didapat dari seorang ahli bidang ini antara lain: perancangan/pelaksana pembangunan/pemeliharaan prasarana jalan. Arsitek menyumbangkan rancangan. Tahapan ini. survey lahan.Keluasan cabang dari teknik sipil ini membuatnya sangat fleksibel di dalam dunia kerja. udara). Selain itu. Hasil rancangan tersebut diserahkan selanjutnya kepada staf ahli bidang teknik sipil untuk pelaksanaan pembangunan. Rancangan bangunan tersebut biasanya dimodelkan dalam komputer dengan diberikan faktor-faktor ancaman bangunan tersebut seperti gempa dan keruntuhan struktur material. pemodelan kerusakan akibat gempa. Perbedaan dari arsitek. konsep finansial dari proyek. Alasan saya memilih Fakultas Teknik Sipil. bandar udara.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful