Di S U S U n

oleh : Nama Prodi : Dede vandini Lubis : Biologi

D.pembimbing : Irma salviana sembiring M.Pd
UNIVERSITAS ISLAM SUMATRA UTARA FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN
PENDAHULUAN

Dalam mempelajari atom tidak sebatas mengetahui defenisi atom saja.Apakah kelebihan yang terdapat pada macam-macam perkembangan teori atom? 01 . sifat kimia dan juga sifat fisik dari salah satu atom. Perkembangan itu tidak hanya terjadi dalam bidang pembangunan tetapi juga perkembangan ilmu pengetahuan di bidang pendidikan. Salah satu teori saat fisika modern belum lahir yaitu tentang model atom yang dikemukakan oleh Bhor . dapat membedakan atom yang mempunyai elektron paling banyak dan paling sedikit. materi. Pekembangan yang demikian dalam bidang pendidikan tidak hanya memfokuskan kepada satu bidang studi saja seperti fisika. Dalam mempelajari bidang studi tersebut. Hal apa saja yang berkaitan dengan perkembangan teori atom? 02. Mereka meng gambarkan atom sebagai materi terkecil yang sedemikian kecilnya sehingga tidak dibagi-bagi lagi.Apakah kelemahan yang terdapat pada macam-macam perkembangan 03. Hal itu dapat dilihat pada materi atom yang dipelajari dalam ilmu kimia selama ini. selain itu juaga dapat dilihat tingkat energinya. molekul dan masih banyak lagi. model atom bhor memiliki kelebihan dan kekurangan yang dapat dikaji. PERUMUSAN MASALAH Dari latar belakang tersebut maka dapat dirumuskan beberapa permasalahan yaitu: 01.LATAR BELAKANG Istilah atom telah dikenal oleh bangsa Yunani sebelum Masehi. biologi dan kimia. . Perkembangan ilmu pengetahuan dari zaman ke zaman selalu berkembang. Ahli fisika Yunani bernama Leucippus pada abad ke-5 SM dan Democritus (460-370 SM) telah mengemukakan teori tentang atom. unsur. tetapi masih banyak lagi yang harus ketahui dan pelajari. Hal yang mendasar sebelum mempelajari lebih jauh tenytang atom hendaknya harus mengetahui perkembangan teori atom yang ada. Dalam bidang kimia dipelajari banyak hal yang berhubungan langsung dengan aspek kehidupan manusia seperti zat. tidak akan mencapai tujuan yang jelas tanpa dihubungkan dengan bidang yang lain yang mendukung materi atau aspek yang bersangkutan atau yang akan dipelajari.

Untuk mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan perkembangan teori atom 02. Dengan demikian. 02 .Untuk mengetahui kelemahan dari masing-masing teori perkembangan atom 03.Untuk mengetahui kelebihan dari macam-macam teori perkembangan atom Manfaat Penulisan ini : Hasil penulisan ini dapat memberikan informasi ilmiah tentang kelebihan dan kelemahan dari model atom Bhor.Tujuan Penulisan Pernulisan makalah ini bertujuan untuk: 01. akan memberikan pengetahuan baru mengenai perkembangan atom yang kemudian dapat bermanfaat dalam mempelajari suatu inti atom dan materi perkuliahan mengenai atom.

dipecah) tak dapat di pecah atau tidak dapat di bagi. Lavosier menemukan hukum kekalan massa.tetapi dapat bergabung bersama-sama menjadi gabungan yang stabil. Dalam proses pembakaran oksigen dari udara bergabung dengan benda yang mengalami perubahan. Dalam percobaanya mercuri cair bergabung dengan oksigen membentuk merkuri oksida yang berwarna merah. Teori atom Dalton (1803) Orang yang dapat kita kaitkan terutama dengan asal teori atom dalton adalah guru besar kimia sekolah inggris yang bernama JHON DALTON (17761844).dasar percobaan yang pertama adaalah penemuan tentang pembakaran dan proses yang berkaitan yang dilakukan oleh Antoine Lavoisier (174-1794).kelompok dua sering di sebut para ‘atomis’.Sejarah singkat mengenai perkembangan atom Salah satu konsep ilmiah yang paling tua adalah mengungkapkan bahwa semua benda dapat dipecah menjadi partikel-partikel yang dapat di bagi lebih lanjut.Joseph proust (1754-1826) menemukan bahwa karbonat. Contoh lain adalah pemanasan potongan logam Mg dengan gas Ogsigen menjadi bubuk putih.yaitu’ perbandingan-perbandingan massa yang sama dari unsur-unsur pembentukanya.tidak + omos. 03 . Lavosier mennyatakan bahwa “Massa total zat-zat sebelum reaksi akan selalu sama dengan massa total zat-zat hasil reaksi”.tak dapat di belah Semasa dalton terdapat dua kelompok yang saling bertentangan.sedangkan kelompok dua menyatakan bahwa peroses pemecahan mempunyai batas akhir.apakah berasal dari alam atau buatan dalam laboraturium . Sedangkan Prouts menyatakan bahwa “Perbandingan massa unsur-unsur dalam suatu senyawa selalu tetap”senyawa kimia idak peduli dari mana asalnya dan caranya di buat .Ada dua percobaan yang mendasari teori atom dalton.sekarang kita menyatakan partikel-partikel ini disebut atom-atom (dari asal atomos(a.percaya bahwa setiap benda tak dapat terus-menerus di bagi. kelompok pertama percaya bahwa pembelahan setiap benda terus-menerus sampai tak terhingga.yaitu partikel-partikel yang kemudian dikenal dengan atom-atom.sebagai contoh pada tahun 1799. MgO.peroses pemecahan menjadi bagian yang lebih kecil akan berhenti manakala mencapai akhirnya. 01. selalu mempunyai komposisi yang sama . yang mempunyai komposisi tertentu. Filosof yunani demicritus(kira-kira 460-370 sebelum masehi) menyatakan bahwa partikel-partikel ini dalam keadaan bergerak tetap.

dan sifat-sifat yang lain.maka perbandingan massa magnesium dengan massa magnesium oksigen harus merupakan harga yang tetap.massa. Atom atom tidak dapat diciptakan oleh manuisa maupun dihancurkan 04.48 0.02=0. 05. Atom-atom dari unsur tertentu adalah identik satu terhadap lainnya dalam ukuran.pada kolom terakhir terlihat bahwa harga perbandingan tersebut adalah tetap.36/0.79=0.62/1.Sebelum percobaan (g) magnesium setelah pemanasan (g) magnesium oksida perbandingan (g)magnesium/ (g) magnesium oksida ____________________________________________________________________ 01.02 0.79 0. 02.60 1. 03.60 Sesuai dengan hukum komposisi tetap.48/0. Semua benda berbentuk atom 02. 0.61 0. Gambar : model atom dalton Teori atom dalton yang di kembangkan selama periode 1803-1808 berdasarkan beberapa anggapan sebagai berikut : 01. Atom-atom tidak dapat dibagi maupun di pecah menjadi bagian lain 03. 04 .62 0.60 0.namum mereka berbeda dari atomatom dan unsur unsur lain.60 0.60=0. Perubahan kimia merupakan penyatuan atau pemisahan dari atom-atom yang tidak dapat lagi dibagi.

sebab dapat memutar baling-baling yang diletakkan diantara katode dan anode. Thomson memperbaiki kelemahan dari teori atom dalton dan mengemukakan teori atomnya yang dikenal sebagai Teori Atom Thomson. Yang menyatakan bahwa: “Atom merupakan bola pejal yang bermuatan positif dan didalamya tersebar muatan negatif elektron” Model atomini dapat digambarkan sebagai jambu biji yang sudah dikelupas kulitnya. oleh karena elektron bermuatan negatif. biji jambu menggambarkan elektron yang tersebar marata dalam bola daging jambu yang pejal. Seperti gambar berikut ini: Kelemahan : Teori dalton tidak menerangkan hubungan antara larutan senyawa dan daya hantar arus listrik. Atom merupakan partikel yang bersifat netral. Kelebihan: Dapat menerangkan hukum kekekalan massa (hukum lavoisier) 02. Thomson menyatakan bahwa sinar katode merupakan partikel penyusun atom (partikel subatom) yang bermuatan negatif dan selanjutnya disebut elektron. 05 . Dari hasil percobaan ini. Dari penemuannya tersebut. maka J. .Hipotesa Dalton digambarkan dengan model atom sebagai bola pejal seperti pada tolak peluru. Thomson(1897) J. Teori Atom J. yang pada model atom Thomson dianalogikan sebagai bola positif yang pejal.J thomson mengajukan model atom yang menyerupai roti kismis dan Berdasarkan penemuan tabung katode yang lebih baik oleh William Crookers. Thomson meneliti lebih lanjut tentang sinar katode dan dapat dipastikan bahwa sinar katode merupakan partikel. maka harus ada partikel lain yang bermuatan positifuntuk menetrallkan muatan negatif elektron tersebut. J.J.

partikel termasuk elektron yang mengorbit pada lintasannya akan melepas energi dalam bentuk radiasi sehingga elektron akan mengorbit secara spiral dan akhirnya jatuh ke iti atom. Gambar: model atom Rutherford 06 . Menurut Rutherford. Padahal menurut fisika klasik. Model atom Rutherford berhasil menemukan bahwa inti atom bermuatan positif danelektron berada diluar inti atom. 03.Kelemahan : Kelemahan model atom Thomson ini tidak dapat menjelaskan susunan muatan positif dan negatif dalam bola atom tersebut. Akan tetapi teori dan model atom yang dikemukakan oleh Rutherford juga masih mempunyai kelemahan yaitu teori ini tidak dapat menjelaskan fenomena kenapa elektron tidak dapat jatuh ke inti atom.Teori Atom Rutherford(1910 Penelitian penembakan sinar alfa pada plat tipis emas membuat Rutherford dapat mengusulkan teori dan model atom untuk memperbaiki teori dan model atom Thompson. Kelebihan: dapat menerangkan adanya partikel yang lebih kecil dari atom yang disebut partikel sub atomik. -Dapat menerangkan sifat listrik atom. atom mempunyai inti yang bermuatan positif dan merupakan pusat massa atom dan elektron-elektron mengelilinginya.

Jika lempeng emas tersebut dianggap sebagai satu lapisanatom-atom emas. Dari pengamatan mereka. maka sebagian besar partikel alfa diteruskan (ada penyimpangan sudut kurang dari 1°). diperoleh beberapa kesipulan beberapa berikut: 1. Percobaan tersebut sebenarnya bertujuan untuk menguji pendapat Thomson.Pada tahun 1911. Sebelumya telah ditemukan adanya partikel alfa.000 partikel alfa akan membelok sudut 90° bahkan lebih. 07 . Rutherford bersama dua orang muridnya (Hans Geigerdan Erners Masreden) melakukan percobaan yang dikenal dengan hamburan sinar alfa (λ) terhadap lempeng tipis emas. Bila perbandingan 1:20. karena hampir semua partikel alfa diteruskan 2. 3. yakni apakah atom itu betul-betul merupakan bola pejal yang positif yang bila dikenai partikel alfa akan dipantulkan atau dibelokkan. Berdasarkan gejala-gejala yang terjadi. tetapi dari pengamatan Marsden diperoleh fakta bahwa satu diantara 20.000 lebih kecil daripada ukuran atom keseluruhan.000 merupakan perbandingan diameter.000 partikel alfa akan dibelokkan. Atom bukan merupakan bola pejal. didapatkan fakta bahwa apabila partikel alfa ditembakkan pada lempeng emas yang sangat tipis. maka didapatkan yang ukuran inti atom kira-kira 10. maka didalam atom emas terdapat partikel yang sangat kecil yang bermuatan positif. berdaya tembus besar sehingga dapat menembus lembaran tipis kertas. Partikel tersebut merupakan partikelyang menyusun suatu inti atom. yaitu partikel yang bermuatan positif dan bergerak lurus. berdasarkan fakta bahwa 1 dari 20.

dikelilingi oleh elektron yang bermuatan negatif. Teori Atom Niels Bohr (1913) Pada tahun 1913. Penjelasan percobaan rutherford. Percobaannya ini berhasil memberikan gambaran keadaan elektron dalam menempati daerah disekitar inti atom.Gambar :penembakan lempeng logam tipis dengan sinar alfa. Kelebihan : Dapat menerangkan fenomena penghamburan sinar alfa oleh lempeng tipis emas. energi elektron tetap sehingga tidak ada energi dalam bentuk radiasi yang dipancarkan maupun diserap. sebagai berikut: Hanya ada seperangkat orbit tertentu yang diperbolehkan bagi satu elektron dalam atom hidrogen. Mengemukakan keberadaan inti atom. Kelemahan: Tidak dapat menjelaskan mengapa elektron tidak jatuh ke dalam inti atom.sedangkan yang membelokkan adalah yang mendekati inti atom. Selama elektron berada dalam lintasan stasioner.partikel alfa yang terpantul adalah menabrak inti atom . Orbit ini dikenal sebagai keadaan gerak stasioner (menetap) elektron dan merupakan lintasan melingkar disekeliling inti. Penjelasan Bohr tentang atom hidrogen melibatkan gabungan antara teori klasik dari Rutherford dan teori kuantum dari Planck. Rutherford menduga bahwa didalam inti atom terdapat partikel netral yang berfungsi mengikat partikel-partikel positif agar tidak saling tolak menolak. pakar fisika Denmark bernama Neils Bohr memperbaiki kegagalan atom Rutherford melalui percobaannya tentang spektrum atom hidrogen.partikel yang lewat tanpa pembelokan adalah yang melalui ruang hampa jauh dari inti atom Berdasarkan fakta-fakta yang didapatkan dari percobaan tersebut. diungkapkan dengan empat postulat. 04. Rutherford mengusulkan model atom yang dikenal dengan Model Atom Rutherford yang menyatakan bahwa Atom terdiri dari inti atom yang sangat kecil dan bermuatan positif. 08 .

perpindahan elektron ke kulit dalam akan di sertai pelepasan energi.adalah orbit berbentuk lingkaran dengan jari-jari tertentu. dan seterusnya. 02. Elektron dapat berpindah dari satu kulit ke kulit ke kulit lain di sertai pemancaran atau penyerapan sejumlah tertentu energi. makin besar harga n (makin jauh dari inti).4.lintasan itu. yang dinyatakan dengan lambang K.L. Menurut model atom bohr. Elektron hanya boleh pada lintasan-lintasan yang di perbolehkan (lintasan yang ada). 03. Sebaliknya.tinggi tingkat energinya. sejumlah energi tertentu terlibat. Tingkat energi paling rendah adalah kulit elektron yang terletak paling dalam.yang ju ga di sebut kulit atom .keadaan seperti itu di sebut tingkat dasar (ground state). Kelemahan: Model atom ini tidak bisa menjelaskan spektrum warna dari atom berelektron banyak. besarnya sesuai dengan persamaan planck.makin besar energi elektron mengorbit pada kulit itu.dan seterusnya . Pada peralihan ini.N dan seterusnya lintasan pertama . Besarnya momentum sudut merupakan kelipatan dari h/2∏ atau nh/2∏.2. terutama sifat yang disebut momentum sudut. 01. Dalam atom terdapat lintasan-lintasan tertentu tempat elektron dapat mengorbit inti tanpa di sertai pemancaran aTau penyerapan energi. dengan n=2.Elektron hanya dapat berpindah dari satu lintasan stasioner ke lintasan stasioner lain. dengan n adalah bilangan bulat dan h tetapan planck.Neils bohr mengajukan model atom sebagai berikut.3. semakin keluar semakin besar nomor kulitnya dan semakin . elektron-elektron mengelilingi inti pada lintasan-lintasan tertentu yang disebut kulit elektron atau tingkat energi.lintasan yang akan di tempati oleh elektron bergantung pada energinya.pada keadaan normal (tanpa pengaruh luar)elektron menempati energi terendah. lintasan kedua .dan tidak boleh berada di antara dua lintasan.M. dengan n=1.dinamai kulit L. Lintasan stasioner yang dibolehkan memilki besaran dengan sifat-sifat tertentu.mulai dari 1.tiap lintasan di tandai dengan satu bilangan bulat yang di sebut bilangan kuantum utama (n).dinamai kulit K. ΔE = hv.perpindahan elektron ke kulit lebih luar akan di sertai penyerapan energi. Pada tahun 1913 berdasarkan analisi spektrum atom. 09 .

10 . Bentuk dan tingkat energi orbital dirumuskan oleh Erwin Schrodinger.Mekanika kuantum(1927) Pada tahun 1927 .hal-hal yang dapat di tentukan mengenai keberadaan elektrondi dalam atom adaalh daerah dengan peluang terbesar untuk menemukan elektron tersebut.teori tersebut dapat di terima para ahli hingga sekarang. seperti terlihat pada gambar berikut ini.posisi elektron adalah tidak pasti. Dalam teori atom mekanika kuantum.daerah dengan peluang terbesar itu di sebut orbital .Erwin Schrodinger memecahkan suatu persamaan untuk mendapatkan fungsi gelombang untuk menggambarkan batas kemungkinan ditemukannya elektron dalam tiga dimensi. Daerah ruang di sekitar inti dengan kebolehjadian untuk mendapatkan elektron disebut orbital.Kelebihan: -Mengaplikasikan teori teori kuantum untuk menjawab kesulitan dalam model atom rutherford.Erwin Schrodinger. 05. Orbital-orbital dengan tingkat energi yang sama atau hampir sama akan membentuk sub kulit.seorang ilmwan dari australia. -Menerangkan dengan jelas garis spekrum pancaran (emisi)atau serapan (absorpsi) dari atom hidrogen.Dengan demikian kulit terdiri dari beberapa sub kulit dan subkulit terdiri dari beberapa orbital.mengemukakan teori atam yang di sebut teori atom mekanika kuantum atau mekanika gelombang.tetapi berbeda dalam hal bentuk lintasan atau orbit tersebut. Beberapa sub kulit bergabung membentuk kulit. Orbital menggambarkan tingkat energi elektron. Walaupun posisi kulitnya sama tetapi posisi orbitalnya belum tentu sama. Model atom dengan orbital lintasan elektron ini disebut model atom modern atau model atom mekanika kuantum yang berlaku sampai saat ini. Teori atom kwantum memiliki persamaan dengan teori niels bohr dalam hal tingkat-tingkat energi atau kulit-kulit atom. Awan elektron disekitar inti menunjukan tempat kebolehjadian elektron.

Ciri khas model atom mekanika gelombang: 1. sehingga lintasannya (orbitnya) tidak stasioner seperti model Bohr. 1.529 Amstrong dari inti H menurut Bohr bukannya sesuatu yang pasti. dualisme elektron. asas ketidakpastian Heisenberg Gambar :Model atom mekanika kuantum (1926) 11 . Teori teori pendukung teori atom modern. tetapi bolehjadi merupakan peluang terbesar ditemukannya elektron. Posisi elektron sejauh 0. 3. Gerakan elektron memiliki sifat gelombang. 2. tetapi mengikuti penyelesaian kuadrat fungsi gelombang yang disebut orbital. siafat gelombang sebagai partikel (dari hokum snelius). Bentuk dan ukuran orbital bergantung pada harga dari ketiga bilangan kuantumnya. (Elektron yang menempati orbital dinyatakan dalam bilangan kuantum tersebut) 2.

ketika sebuah elektron berpindah dari tingkat energi yang lebih tinggi (misalnya dari n=2 atau kulit atom ke-2 ) ke tingkat energi yang lebih rendah (misalnya n=1 atau kulit atom tingkat ke-1). telah dibuktikan bahwa garis-garis spektrum dari atom yang di-ionisasi tidak kontinyu. Ini adalah salah satu bukti dari teori mekanika kuantum. hanya pada frekuensi/panjang gelombang tertentu garis-garis spektrum dapat dilihat. Atom biasanya digambarkan sebagai sebuah sistem di mana elektron (yang bermuatan listrik negatif) beredar seputar nukleus atom (yang bermuatan listrik positif). Energi yang dilepaskan dapat dirumuskan sbb: keterangan:    adalah energi (J) adalah tetapan Planck. dilepaskan. energi berupa sebuah partikel cahaya yang disebut foton.Mekanika kuantum sangat berguna untuk menjelaskan perilaku atom dan partikel subatomik seperti proton. 12 . adalah frekuensi dari cahaya (Hz) (Js). Menurut mekanika kuantum. neutron dan elektron yang tidak mematuhi hukum-hukum fisika klasik. dan Dalam spektrometer massa.

Kimia SMK Jilid 1.2005.2008.Dkk.Kimia dasar.yogyakarta:Gadjah Mada University Press Purba.michael.Jakarta:Direktorat Pembinaan SMK .2001.Jakarta:Erlangga Ediati.Ratna.DAFTAR PUSTAKA Sastrohamidjojo.Kimia kelas x.Hardjono.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful