DASAR-DASAR AGRONOMI (3 SKS) MATERI I

EVAWANI TOMAYAHU, SP.MSi

Pengertian dan Definisi Agronomi Agros : Lahan/pertanian Nomos : Pengelolaan .RUANG LINGKUP AGRONOMI 1.

Ada dua tujuan. semakin banyak anggota kelompoknya.  Pada awal kehidupan manusia di bumi. lalu ada tempat untuk menetap dan mulai bercocok tanam di lahan sekitar tempat tinggalnya dan mulai memelihara ternak dan terbentuklah pekarangan. dan diartikan suatu usaha pengelolaan tanaman dan lingkungannya untuk memperoleh hasil sesuai tujuan. Perkembangan berikutnya. . Agronomi dapat diistilahkan sebagai produksi tanaman. hanya hidup dari mencari makan dari hasil hutan secara langsung. yaitu memaksimalkan output atau meminimalkan input agar kelestarian lahan tetap terjaga.

sering dikenal dengan lahan berpindah.  Semakin bertambahnya penduduk. . sehingga hanya dapat ditanami beberapa tahun lalu pindah tempat. Setelah itu. sistem-sistem tersebut tidak dapat dipertahankan. berkembang untuk membuka lahan di hutan untuk bercocok tanam. lalu berusaha untuk tetap mempertahankan tingkat kesuburan tanahnya dan mulai dikenal teknik budidaya (agronomi).

 Ketidakseimbangan penambahan jumlah penduduk dibanding penambahan hasil pangan menjadi persoalan yang dipelajari oleh bidang Agronomi. penggunaan varietas unggul. . Antara lain usahanya dengan perluasan lahan. peningkatan manajemen dalam berbagai tindak agronomi dan pelaksanaanya.

Aspek dan Lingkup Agronomi 1.Aspek pemuliaan tanaman .Aspek fisiogi tanaman .2.Aspek ekologi tanaman 2. Aspek Agronomi meliputi tiga aspek pokok yaitu : . Lingkup agronomi .

Pemanenan .Teknik Budidaya .Lingkup agronomi terdiri dari : .Pengolahan .penyimpanan .Pemberantasan hama dan penyakit .Pemuliaan Tanaman .pemberantasan gulma .Teknologi benih .

serta memperbaiki mutu genetik sehingga diperoleh tanaman yang lebih bermanfaat  Beberapa orang juga menyebutkan pemuliaan tanaman merupakan seni dan ilmu memperbaiki keturunan tanaman demi kemaslahatan manusia.ASPEK PEMULIAAN TANAMAN  Pemuliaan tanaman adalah usaha-usaha yang dilakukan untuk mengubah susunan genetika tanaman. . baik individu maupun secara bersamasama (populasi) dengan tujuan tertentu  Pemuliaan tanaman kadang juga disamakan dengan penangkaran tanaman. yaitu kegiatan memelihara tanaman untuk memperbanyak dan menjaga kemurnian tanaman.

 Fisiologi tanaman : Ilmu yang membahas prosesproses yang terjadi di dalam tubuh tanaman pada tingkatan individu dan populasi  Tanaman adalah tumbuhan yang dibudidayakan  Fisiologi tanaman dapat juga dikatakan sebagai bagian cabang ilmu biologi yang mempelajari bagian proses metabolisme agar tanaman dapat bertahan hidup .ASPEK FISIOLOGI TANAMAN  Fisiologi tumbuhan : Ilmu yang membahas proses-proses yang terjadi di dalam tubuh tumbuhan pada tingkatan molekuler dan seluler.

ASPEK EKOLOGI TANAMAN  Ekologi merupakan gabungan dari dua kata dalam Bahasa Yunani yaitu Oikos berarti rumah dan logos berarti ilmu  Ekologi tanaman adalah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara tanaman dengan lingkungannya  Dengan mempelajari ekologi tanaman. maka kita dapat melakukan budidaya tanaman dan memperoleh hasil yang optimum dengan tidak merusak lingkungan .

Referensi :  ml.com/doc/68726829/Makalah-Ruang- Lingkup-Agronomi .scribd.