P. 1
Pengaruh Lama Perendaman terhadap Laju Perkecambahan

Pengaruh Lama Perendaman terhadap Laju Perkecambahan

|Views: 1,134|Likes:
Laporan mengenai pengaruh dari lama perendama terhadap laju pertumbuhan dari kacang hijau
Laporan mengenai pengaruh dari lama perendama terhadap laju pertumbuhan dari kacang hijau

More info:

Categories:Types, Brochures
Published by: Mahatma Aji Pangestu on Mar 04, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/19/2014

pdf

text

original

oleh

MAHATMA AJI PANGESTU

kelembapan tanah. Pengukuran tinggi kecambah dilakukan pada setiap hari selama 7 hari. Tujuan : Mengetahui pengaruh lama perendaman terhadap pertumbuhan biji kacang hijau B.4 10. Air D. 2. Variabel bebas Perendaman (0 Jam. dan hasil ditulis pada tabel 5. Pot/gelas plastik bekas air mineral 4.1 PB 24 - - 0. Pot diletakkan pada tempat yang sama/tidak dipisah. di mana tiap ulangan/pot berisi 2-3 biji kacang hijau. Tiap perlakuan terdiri dari 2 ulangan.8 5 7. Variabel terikat Pertumbuhan tanaman kacang hijau dengan indikator jumlah daun. 3. Variabel 1. 8 Jam dan 24 Jam). Biji kacang hijau dimasukkan kedalam pot yang telah berisi tanah.3 . Variabel kontrol Jenis tanah. kadar air tanah. tinggi tanaman dan warna daun.6 3. Alat Bahan : 1.A. 2. Catatan :Biji kacang hijau yang direndam diusahakan untuk diambil pada saat yang sama yaitu ketika akan ditanam.6 2. Biji kacang hijau direndam sesuai dengan perlakuan yaitu perendaman selama 0 jam (tidak direndam) (PO). 4. Biji Kacang hijau 2. 5.3 9. 3. 24 jam (PB). Dari data tabel dibuat menjadi sajian data dalam bentuk grafik E. Cara Kerja 1.3 1. cahaya. Tabel Pengamatan Tabel Pengamatan Pengaruh lama perendaman terhadap pertumbuhan biji kacang hijau Tinggi Tanaman (cm) Keterangan 1 2 3 4 5 6 7 Pot Lama perendaman(jam) PO 0 - - - - - - - PA 8 - - 0. Penggaris 3. 8 jam (PA). Media (Tanah) C.8 6.

yaitu biji muncul ke permukaan tanah.5 cm seperti pada pot PB.  Pada hari ketiga.  Pada hari keenam.  Pada hari keempat. Jumlah dan warna daun sama. Tetapi daun masih dalam bentuk kuncup. Jumlah daun sebanyak dua dan warnanya hijau segar.  Pada hari keenam.F. Jumlah daun sebanyak dua dan warnanya hijau segar. sama seperti hai kedua dan ketiga belum terjadi perkecambahan.  Pada hari kelima. Analisis Data Pot PO (pot berisi kacang hijau yang tidak direndam). belum ada tanda-tanda perkecambahan.  Pada hari keempat. batang yang tertinggi sepanjang 3. akar sudah mulai keluar dan mulai memanjang.8 cm dan daun sudah mulai muncul.5 cm. Jumlah daun sebanyak dua dan warnanya hijau. biji kacang hijau ikut tumbuh bersama batang.  Pada hari pertama biji diletakkan dalam pot sekitar kedalaman 0.batang tertinggi sepanjang 6. batang yang tertinggi sepanjang 2. belum terjadi perkecambahan.3 cm.yaitu biji muncul ke permukaan tanah.dari biji kacang hijau tersebut sudah mulai keluar akar dan kulit mulai terlepas.batang tertinggi sepanjang 9.  Pada hari ketiga.3 cm tetapi daun belum tumbuh. batang sudah mulai tumbuh sepanjang 0.1 cm. sudah ada tanda-tanda perkecambahan. Terjadi perkecambahan epigeal. batang yang tertinggi sepanjang 5 cm dan daun telah membelah menjadi dua. Pot PB (pot berisi kacang hijau dengan lama perendaman 24 jam).6 cm dan daun sudah mulai muncul. Tetapi daun masih dalam bentuk kuncup.  Pada hari pertama biji diletakkan dalam pot sekitar kedalaman 0. akar sudah mulai keluar dan belum dapat diukur . Pot PA (pot berisi kacang hijau dengan lama perendaman 8 jam).  Pada hari keempat. batang sudah mulai tumbuh sepanjang 0. batang yang tertinggi sepanjang 10.  Pada hari ketujuh.  Pada hari kedua. akar sudah mulai keluar dan mulai memanjang. Jumlah daun sebanyak dua dan warnanya hijau. .5 cm. Terjadi perkecambahan epigeal.  Pada hari ketiga.4 cm.  Pada hari kelima.8 cm dan daun telah membelah menjadi dua.  Pada hari kedua. Jumlah dan warna daun sama.  Pada hari keenam. sudah keluar akar dan kulit kacang hijau mulai terkelupas.dari biji kacang hijau tersebut sudah mulai keluar akar dan kulit mulai terlepas. biji kacang hijau ikut tumbuh bersama batang.3 cm. batang yang tertinggi sepanjang 7.6 cm tetapi daun belum tumbuh.  Pada hari kedua.  Pada hari kelima. batang yang tertinggi sepanjang 1.  Pada hari pertama biji diletakkan dalam pot sekitar kedalaman 0. juga belum terdjadi perkecambahan.  Pada hari ketujuh.  Pada hari ketujuh.

G. *NB : Kesalahan terletak pada bentuk wadah/pot yang berbeda dan penanaman yang tidak bersamaan semoga dapat menjadi pelajaran.3 0 0 HARI 5 HARI 6 HARI 7 H.1 Tinggi Tanaman 8 6 4 2 0 0 0 0 0 0 0 0 Pot (PO) Pot (PA) Pot (PB) 6.6 0 0 0. (terima kasih) DOKUMENTASI .4 10.6 7.3 5 2. yaitu semakin lama perendaman maka kacang hijau semakin cepat tumbuh dan sebaliknya.8 0. Grafik Pertumbuhan Pengaruh Lama Perendaman terhadap Pertumbuhan Biji Kacang Hijau 12 10 9. Kesimpulan Dari hasil analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa ternyata lama perendaman dapat mempengaruhi pertumbuhan kacang hijau.3 HARI 1 HARI 2 HARI 3 HARI 4 3. walaupun kami masih beranggapan data yang kami berikan cukup valid walaupun terjadi kesalahan.8 1.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->