P. 1
Definisi, Struktur Dan Komponen Sel

Definisi, Struktur Dan Komponen Sel

|Views: 755|Likes:
Published by Dadan Fakhrurijal

More info:

Published by: Dadan Fakhrurijal on Mar 04, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/13/2014

pdf

text

original

DEFINISI, STRUKTUR DAN KOMPONEN SEL

Oleh : SEKAR PINASTI

Kata "sel" sendiri dikemukakan oleh Robert Hooke yang berarti "kotak-kotak kosong“. Sel terdiri dari kesatuan zat yang dinamakan Protoplasma yang dibagi menjadi dua bagian yaitu Sitoplasma dan Nukleoplasma Robert Brown mengemukakan bahwa Nukleus (inti sel) adalah bagian yang memegang peranan penting karena berfungsi mengatur semua aktivitas (kegiatan) sel  .DEFINSI SEL  Sel adalah satuan unit terkecil dari kehidupan.

terdapat terutamanya sebagai komponen dalam organisma multiselular (sel hewan dan sel tumbuhan) .KOMPONEN SEL • • • Berdasarkan kejelasan inti sel maka sel dibagi menjadi dua jenis yaitu Prokariot dan Eukariot Sel Prokariot adalah suatu jenis sel yang tidak mempunyai selaput inti. dapat dijumpai pada bakteri dan ganggang biru Sel Eukarioti adalah sel yang mempunyai selaput inti.

dengan kode genetik yang identik  Reaksi metabolisme  Apparatus yang sama untuk konversi energi kimia  Mekanisme fotosintesis yang sama  Mekanisme sintesa dan penyisipan protein membran  Konstruksi proteosom yang sama    .Persamaan antara Eukaryot dan Prokaryot Konstruksi membran plasma sama Mekanisme transkripsi dan translasi Informasi genetik dikode oleh DNA.

jamur. tumbuhan dan hewan Ukuran sel Metabolisme Organel Inti DNA RNA dan protein 1-10 mikrometer anaerobik/ aerobik sedikit Tidak ada DNA sirkular dalam sitoplasma Disintesis pada ruang yang sama 5-100 mikrometer aerobik Mitokondria. dll ada DNA linier dalam inti RNA di sintesis dan diproses di inti Protein disintesis di sitoplasma Terdapat sitoskeleton Sitoplasma Tidak terdapat sitoskeleton .Perbedaan antara Eukaryot dan Prokaryot Prokaryot Organisme bakteri Eukaryot Protista. RE.

Lisosom. Mitokondria (The Power House).STRUKTUR SEL      Retikulum Endoplasma (RE.). organel ini banyak dijumpai pada organ tubuh yang melaksanakan fungsi ekskresi. fungsi dari ribosom adalah : tempat sintesis protein. fungsi dari organel ini adalah sebagai penghasil dan penyimpan enzim pencernaan seluler. . Ribosom (Ergastoplasma). sebagai alat transportasi zat-zat di dalam sel itu sendiri. misalnya ginjal. fungsi mitokondria adalah sebagai pusat respirasi seluler yang menghasilkan banyak ATP (energi) . Badan Golgi (Apparatus Golgi = Diktiosom).

struktur berbentuk bintang yang berfungsi dalam pembelahan sel (Mitosis maupun Meiosis).  Peroksisom (Badan Mikro).Sentrosom (Sentriol). berperan dalam pergerakan sel.  Mikrotubulus.  Mikrofilamen. berfungsi untuk mempertahankan bentuk sel dan sebagai "rangka sel". organel ini senantiasa berasosiasi dengan organel lain  .

membutuhkan dan menggunakan energi  Sel melaksanakan berbagai reaksi kimiawi  Terlibat dalam berbagai aktivitas mekanik dalam sel yang dinamis  Sel mampu merespon terhadap berbagai rangsang  Sel mampu mengatur diri sendiri     .KARATERISTIK SEL Sel sangat kompleks namun teratur Sel memiliki informasi genetik Sel mampu memperbanyak diri Sel memperoleh.

THANK YOU .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->