Naskah Pidato Berbakti Kepada OrangTua

Contoh Naskah Pidato Berbakti Kepada Orang Tua -----------------------------Assalamu'alaikum wr. Wb. Segala puji bagi Allah yang menguasai seluruh alam. Rahmat dan salam semoga tetap dilimpahkan kepada seorang Nabi yang tidak akan ada Nabi sesudahnya, Nabi Muhammad Saw. , kepada keluarga dan sahabatnya seluruhnya. Yang terhormat bapak kepala sekolah, yang terhormat bapak dan ibu guru, yang saya banggakan rekan-rekan sekalian. Setiap manusia sudah pasti memiliki orang tua. Tidak satupun manusia yang lahir tanpa orang tua. Kita pun menyadari bahwa orang tua berkuah keringat, siang dan malam banting tulang, memeras pikiran, sekuat tenaga memperjuangkan agar anaknya bisa hidup seperti layaknya anak-anak yang lain. Karena itu saat ini ijinkan saya untuk menyampaikan betapa penting berbakti kepada orang tua. Rekan-rekan dan para hadirin yang saya banggakan. Alloh yang Maha Bijaksana telah mewajibkan setiap anak untuk berbakti kepada orang tuanya. Bahkan perintah untuk berbuat baik kepada orang tua dalam Al Qur‟an digandengkan dengan perintah untuk bertauhid sebagaimana firman-Nya, “Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan „ah‟ dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: „Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil.‟” (Al Isro‟: 23) Rekan-rekan dan para hadirin yang saya cintai. Alangkah lebih baik jika kita memahami arti Penting dan Kedudukan Berbakti Pada Orang Tua. Berbakti kepada kedua orang tua merupakan salah satu amal sholih yang mulia bahkan disebutkan berkali-kali dalam Al Quran tentang keutamaan berbakti pada orang tua. Alloh Ta‟ala berfirman: “Sembahlah Alloh dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapak.” (An Nisa: 36). Di dalam ayat ini perintah berbakti kepada dua orang tua disandingkan dengan amal yang paling utama yaitu tauhid, maka ini menunjukkan bahwa amal ini pun sangat utama di sisi Alloh „Azza wa Jalla. Begitu besarnya martabat mereka dipandang dari kacamata syari‟at. Nabi mengutamakan bakti mereka atas jihad fi sabilillah, Ibnu Mas‟ud berkata: “Aku pernah bertanya kepada Rosululloh, „Amalan apakah yang paling dicintai Alloh?‟ Beliau menjawab, „mendirikan

akan tetapi bagaimana sikap kita dalam menolak itupun harus dengan cara yang baik tidak serampangan.” (HR. Al Bukhori) Membuat menangis orang tua juga terhitung sebagaa perbuatan durhaka. „Kemudian apa?‟ Jawab Beliau.898) Alloh pun menegaskan dalam surat Al Isro‟ bahwa perkataan “uh” atau “ah” terhadap orang tua saja dilarang apalagi yang lebih dari itu. duraka kepada kedua orang tua. Ingatlah begitu dahsyatnya ancaman bagi siapapun yang durhaka kepada orang tua. bahkan di atas jihad fi sabililllah. Dalam hadits Abi Bakrah.” Nabi bersabda. Demikian yang dapat saya sampaikan. Al Bukhori no. 2. „berbakti kepada orang tua.sholat pada waktunya. Bukhari. Adabul Mufrod hlm 31. ridho Alloh tergantung pada ridho kedua orangtua.‟” (HR. „Jihad di jalan Alloh. Assalamu'alaikum wr. Ibnu „Umar menegaskan: “Tangisan kedua orang tua termasuk kedurhakaan yang besar. “(Yaitu) berbuat syirik.” (HR. Janganlah sekali-kali kita berbuat durhaka kepada orang tua. Dalam ayat itu pula dijelaskan perintah untuk berbuat baik pada orang tua.‟ lanjut Beliau. Demikian agungnya kedudukan berbakti pada orang tua. Rekan-rekan dan para hadirin yang saya mulyakan. Sekarang kita ketahui bersama apa arti penting dan keutamaan berbakti pada orang tua. beliau bersabda: “Maukah kalian aku beritahukan dosa yang paling besar ?” para sahabat menjawab. padahal jihad memiliki keutamaan yang sangat besar pula. Bersegeralah kita meminta maaf pada keduanya. Kita ingat kembali.Wahai saudaraku.‟ Aku bertanya kembali. Rosululloh menghubungkan kedurhakaan kepada kedua orang tua dengan berbuat syirik kepada Alloh. 5970).wb . Lihat Silsilah Al Ahaadits Ash Shohihah karya Al Imam Al Albani. “Tentu. „Kemudian?‟ Beliau menjawab. Aku bertanya lagi. betapa sering kita membuat marah dan menangisnya orang tua? Betapa sering kita tidak melaksanakan perintahnya? Memang tidak ada ketaatan kepada makhluk dalam bermaksiat kepada Alloh. Mohon maaf jika ada perkataan yang tidak berkenan. oleh polah tingkah sang anak. tangisan mereka berarti terkoyaknya hati.

Berkat pengorbanan beliaulah kita semua bisa tumbuh dewasa dan menjadi seperti sekarang ini. jangan membalas peluh orangtua yang sudah banyak tercurah demi memperjuangkan kehidupan kita dengan perlakukan yang tidak terpuji terhadapnya. Ingat. Sangat banyak kasih sayang dan keringat orangtua yang telah tercurahkan untuk kita sebagai anak yang disayanginya dan di lindunginya. Yang saya hormati Bapak Ibu dewan guru Yang saya cintai sahabat-sahabatku semuanya Yang saya hormati Bapak/Ibu para hadirin sekalian Sukur kehadirat Allah S. Segenap hadirin yang saya cintai Dengan pengorbanan orangtua dalam memperjuangkan masa depan anak-anaknya ternyata masih banyak sekali kejadian yang sangat memprihatinkan seorang anak durhaka dan ingkar terhadap tanggungjawabnya untuk mengabdikan diri kepada orangtua dan membalas perjuangan beliau. Para hadirin yang berbahagia Sebagai seorang anak sangat banyak sekali tanggung jawab kita terhadap orangtua kita.T. pada pagi hari ini kita akan sedikit membahas tentang kewajiban kita untuk senantiasa menjadi anak yang patuh terhadap kedua orangtua kita. menelantarkan orangtua atau bersikap kasar terhadap orangtua adalah bentuk penghianatan terhadap orangtua kita. apapun yang kita capai saat ini tidak lain adalah berkat pengorbanan beliau.Teks pidato ceramah seruan untuk patuh terhadap orangtua Assalamu‟alaikum Wr. yang telah melimpahkan segenap rahmat-Nya kepada kita semua sehingga kita masih diberikan kesempatan untuk berada disini pada pagi hari ini dengan suasana yang damai dan dalam keadaan sehat wal'afiyat. Kedua kalinya Sholawat serta salam muda-mudahan tetap terlimpahkan kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad S.A.W.W. yang telah membimbing kita dari jalan yang gelap menuju jalan yang terang benderang. Para hadirin yang saya muliakan. Surga itu terletak dibawah telapak kaki ibu. bagaimana kita mau mendapatkan kehidupan akhir yang layak jika kita bersikap kurang ajar atau bahkan sangat tercela terhadap ibu kita. . Wb Alhamdulillah… Puja dan puji syukur mari senantiasa kita panjatkan terhadap Tuhan yang telah memberikan kepada kita rahmat yang tak terhingga. Dari mulai balita hingga seusia sekarang ini. Jangan pernah ada satupun diantara kita termasuk salah satu dari orang-orang yang mendurhakai orangtua.

Mari kita semua memperlakukan orangtua kita dengan sebaik mungkin. Mari bahagiakan orangtua kita. Mari penuhi kebutuhan orangtua semampu kita agar kita semua bisa mendapatkan berkah darinya. mari kita hormati dan membalas jasa ayah kita. Wb. Wassalamu‟alaikum Wr. Para hadirin yang saya muliakan Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan yang berbahagia ini. . Pribadi yang baik adalah pribadi yang mau berkorban demi kepentingan orangtua sebagai bentuk pembalasan terhadap pengorbanan beliau selama ini. Sahabatku semuanya yang saya cintai Jangan pernah ada diantara kita yang ingkar terhadap tanggung jawab kita untuk membalas jasa-jasa orangtua kita.Karena bantuan seorang ayah kita bisa menikmati kehidupan masa dewasa kita dengan lebih baik. Santuni beliau dan selalu bahagiakan beliau. mari bersikap yang santun dan selalu memberikan perhartian yang secukupnya kepada orangtua kita. semoga bisa mendatangkan manfaat serta menjadikan kita semua sebagai anak yang selalu berbakti dan mengenang jasa orangtua.

Hadirin yang berbahagia. Meskipun kita mendapatkan banyak kemudahan dalam menjalani kehidupan sehari-hari kita. Kita bisa lihat pemuda-pemuda kita yang sepertinya sangat bangga mengenakan pakaian-pakaian yang serba minim yang sebenarnya tidak sopan menurut budaya kita. Bapak ibu guru yang saya hormati. Jika kita mau berpikir lebih terbuka. pembajakan. Internet juga menjadi salah satu gerbang masuknya budaya-budaya asing yang kadang tidak sesuai dengan budaya kita. komunikasi yang semakin mudah. Terima kasih. Contohnya saja kita bisa mendapatkan banyak informasi. di zaman globalisasi sekarang ini kita seakan semakin dimanjakan oleh teknologi yang semakin canggih. Akhir kata. kita harus pandai-pandai menyaring segala hal yang kita dapat di era globalisasi sekarang ini. Marilah sejenak kita melihat kehidupan disekitar kita yang semakin terpengaruh oleh perkembangan teknologi. bahkan telah banyak orang yang menjadi kaya karena internet. contohnya saja semakin maraknya pornografi. Budaya asing sebenarnya tak semuanya buruk. Saya mohon maaf jika ada kata-kata yang menyinggung perasaan hadirin. namun kita harus bisa memilah mana yang baik dan mana yang buruk bagi kita.CONTOH PIDATO TEMA PENDIDIKAN “DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF PERKEMBANGAN INTERNET” Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh. teknologi ini sekarang semakin mudah diakses oleh siapapun baik tua ataupun muda. sebenarnya ada sejuta manfaat yang bisa kita peroleh dari internet. dan masih banyak lagi. wassalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh. Oleh karena itu. hadirin yang saya hormati. saya ucapkan terimakasih atas perhatian hadirin. namun kemudahan-kemudahan itulah yang kadang justru membawa dampak buruk bagi kita. Saya beri contoh saja internet. serta teman-teman semua yang saya banggakan. Namun sayangnya banyak pihak yang menyalahgunakan teknologi internet ini. penipuan. karena atas berkat rahmat dan hidayahnyalah kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat tanpa kekurangan suatu apapun. Kita bisa lihat generasi muda kita yang sudah semakin teracuni oleh budaya barat yang sangat bertolak belakang dengan budaya Indonesia sebagai negeri timur yang sangat menjunjung tinggi norma kesopanan. Marilah kita bersama-sama memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa. .

Contohnya mobil. Contohnya sepatu. Di bidang kuliner. Saya juga berharap kita semua dapat menghadapi pengaruh globalisasi. berarti proses yang mendunia. Di abad ke 21 ini. KFC. dan sebagainya. siapakah yang akan melestarikan budaya Indonesia? Bidang olahraga juga merasakan dampak globalisasi. Jika orang Indonesia lebih memilih tren luar negri. Selain di bidang transportasi. dan lain sebagainya. Yang terhormat guru-guru SMP Santa Ursula BSD. Assalamu’alaikum Wr Wb Yang terhormat Kepala Sekolah SMP Santa Ursula BSD. basket. bahkan yang sangat panjang sekalipun. Model dan bentuk sepatu pun harus disesuaikan dengan olahraganya. Saat ini hand phone adalah alat komunikasi yang sudah dimiliki oleh setiap orang. Tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada teman-teman yang telah mendukung acara ini. Hal ini menyebabkan makanan khas dalam negeri menjadi kurang diminati. Misalnya. Globalisasi seperti mengharuskan kita untuk memiliki komputer yang dilengkapi dengan jaringan internet. Yang tak kalah penting. Padahal. yang tak kalah penting adalah internet. aspek kehidupan yang juga merasakan dampak globalisasi adalah fashion. globalisasi menjadi hal yang biasa bagi kita. Salam sejahtera Puji Syukur saya ucapkan kepada kepala sekolah kita karena saya diperbolehkan untuk hadir disini. Apakah globalisasi sangat berpengaruh dalam kehidupan kita? Saya berharap pada kesempatan kali ini kita semua menjadi tahu. biasanya orang akan berjalan kaki untuk menempuh suatu perjalanan. bulu tangkis. Beserta seluruh murid SMP Santa Ursula BSD yang berbahagia. Tentunya. saya ingin mengajak kita semua untuk mengingat kembali. pengaruh globalisasi juga cukup besar. Hoka Hoka Bento. aspek kehidupan yang terkena dampak globalisasi adalah telekomunikasi. di bidang transportasi. seberapa besar pengaruh globalisasi dalam hidup kita. sebelum mobil ditemukan. Victoria Istiningsih. Pada kesempatan kali ini. CFC. beberapa pola hidup yang kita lakukan dari penyebab globalisasi. Globalisasi. semua aspek kehidupan merasakan pengaruhnya. Selain hand phone.Pidato Bahasa Indonesia Tema Pendidikan Selamat siang. Bukan hanya kegiatan olahraganya. Makanan khas Barat menjadi sangat populer di seluruh dunia. . Saya juga berterima kasih kepada guru-guru yang telah menyelenggarakan acara ini. Contohnya Pizza Hut. Setiap hari kita dapat melihat seluruh jalan raya dipadati oleh berbagai jenis kendaraan bermotor. Saat ini seluruh dunia sangat meminati pertandingan sepak bola. Sepatu menjadi alat pendukung yang sangat penting. Yang terhormat Wakil Kepala Sekolah SMP Santa Ursula BSD Eusthasia Suwarti. Saat ini tren yang sangat mendunia adalah dari negara-negara barat. alat-alat pendukung pun ikut merasakan dampak globalisasi.

. kita harus mengikuti perkembangan informasi dan teknologi. namun kita harus mengambil dampak positifnya. yang tidak bertentangan dengan norma-norma yang ada di negeri kita. yang harus kita jaga. Setiap orang memang dapat merasakan pengaruhnya. Kita harus bisa memilih budaya yang baik. Semoga apa yang telah saya katakan tadi bermanfaat bagi kita semua yang ada disini. Sebagai warga masyarakat yang baik. Saya berharap dengan adanya globalisasi ini semua orang dapat mengambil nilai positifnya. Wassalamu’alaikum Wr Wb. jelas bahwa globalisasi sangat berpengaruh pada seluruh aspek kehidupan. dan membuang dampak negatifnya. Terima kasih atas perhatian. Jadi ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menghadapi pengaruh globalisasi. Misalnya.Dari beberapa aspek yang saya sebutkan tadi. dengan menyeleksi budaya asing yang masuk ke dalam negeri kita. Agar tidak kehilangan informasi. Kita harus bisa mengambil nilai-nilai positif dan membuang nilai-nilai negatifnya. Kita boleh merasakan pengaruhnya. kita harus bisa menghadapi pengaruh globalisasi. Karena budaya dalam negeri adalah ciri khas negeri kita sendiri.