P. 1
BAB I

BAB I

|Views: 1|Likes:

More info:

Published by: Ayu Ekwanti Rosyidah on Mar 05, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/20/2014

pdf

text

original

2

1.4 Tujuan dan manfaat 1. Mahasiswa mampu mengetahui komponen hardware dalam komputer 2. Mahasiswa mampu mengetahui cara kerja dan fungsi dari komponen hardware dalam komputer 3. Mahasiswa dapat membedakan alat output dan input 4. Mahasiswa tidak mengalami kesulitan sewaktu mengerjakan Tugas Akhir (TA)

3 BAB II TINJAUAN PUSTAKA
2.1 Pengertian Hardware Pengertian dari hardware atau dalam bahasa indonesia-nya disebut juga dengan nama “perangkat keras” adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi. Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah. 2.2 Komponen Hardware Secara fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya proses-proses yang ada komputer dengan baik. Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware). Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi : 1. input divice (unit masukan) 2. Process device (unit Pemrosesan) 3. Output device (unit keluaran) 4. Backing Storage ( unit penyimpanan) 5. Periferal ( unit tambahan)

2.2.1 Input Device

4
Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer. Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer. Input device berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar sistem ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan informasi yang diperlukan. Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program. Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu : • Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner. • Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk. 20.2.2 Unit Pemrosesan Unit pemprosesan yang berada dalam komputer adalah Central Processing Unit (CPU). CPU merupakan otak atau pengatur suatu sistem yang mengolah sehingga menghasilkan informasi.

waktu pemasukan. dan letak hasil ditempatkan. Arithmatic logic unit adalah suatu alat yang bertugas melakukan perhitungan dalam komputer 3. Primary storage adalah ukuran besarnya processor atau biasa disebut dengan main memory. Dalam konteks ini. dan tempat penyimpanan didalam primary storage. Dalam teori kontrol.3 Unit Output device (unit keluaran) Unit keluaran adalah alat untuk menampilkan hasil pengolahan yang dilakukan oleh CPU. output cenderung untuk merujuk pada output eksplisit. 1. arithmatic logic uinit dan control unit. Dalam interaksi manusia-komputer. control unit adalah merupakan suatu alat pengontrolan yang berada dalam komputer yang memberitahukan unit masukan mengenai jenis data.5 Tiga unsur penting dalam CPU. seperti jarak dipindahkan atau kecepatan. output dibedakan dari negara. sedangkan produk sampingan umpan juga meliputi operasi . dan jenis-jenis input program menerima. yaitu primary storage. umpan balik dan keluaran sering digunakan secara bergantian. output informasi yang dihasilkan oleh program komputer dan dirasakan oleh pengguna. Jenis-jenis program menghasilkan keluaran. output dari suatu sistem adalah apa yang dapat diukur. sesuatu yang sengaja disediakan untuk user. Control unit juga bertugas memberitahukan kepada arthmatic logic unit mengenai operasi yang harus dilakukan.2. dari sistem mekanis. Namun. tempat data diperoleh. menentukan antarmuka pengguna program. Dalam rekayasa keluaran istilah dapat merujuk kepada: The power atau bekerja output dari mesin. 2. Sebuah diamati keluaran. Spesifik. 2.

biasanya berupa gelombang sinus. penyimpanan ini dibedakan atas serial acces contohnya tape drive dan direct acces contohnya disk magnetic (hardisk). Dalam hal ini sinyal pesan disebut . Pada dasarnya.5 Periferal ( unit tambahan) Contoh perangkat keras komputer yang termasuk dalam unit tambahan atau periferal antara lain Modem pengertian Modulator adalah suatu rangkaian yang berfungsi melakukan proses modulasi.2. Memory 2. data yang dimasukkan melalui berbagai bentuk (input) ke dalam komputer. Magneto-optical d. Output dari satu proses mungkin membentuk masukan untuk lain prosesor informasi. video. floppy disk (disket).4 Backing Storage ( unit penyimpanan) Backing Storage juga disebut penyimpan cadangan merupakan penyimpan semua informasi non aktif di dalam kompouter. data sering dimanipulasi. output adalah proses transmisi informasi atau informasi yang ditransmisikan itu sendiri.2. audio. Harddisk b. Dalam industri medis ini mungkin termasuk CT scan atau x-ray. output data keluar sistem komputer. Biasanya dalam komputer. Ini bisa dalam bentuk kertas cetakan. Floppy disk c. Dalam pengolahan informasi.6 yang terjadi pada berisi informasi (lihat kunci rendah umpan balik). 2. yaitu proses “menumpangkan” data pada frekuensi gelombang pembawa (carrier signal) ke sinyal informasi/pesan agar bisa dikirim ke penerima melalui media tertentu ( seperti media kabel atau udara). CD/DVD ROM dan sebagainya a. Optical disk e. dan kemudian informasi yang disajikan kepada manusia (output).

yaitu sound card yang menempel langsung pada motherboard komputer.Soundcard External. Namun sekarang. yaitu sound card yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada motherboard. Sound Card hanyalah sebagai pelengkap dari komputer.Sound Card Offboard. Dilihat dari cara pemasangannya. sound card dibagi 3: . Rata-rata. Pada awalnya. adalah sound card yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui port eksternal. sound card adalah perangkat wajib di setiap komputer. kartu suara Kartu suara (Sound Card) adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara.Sound Card Onboard. Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital dirubah menjadi sinyal Analog. . seperti USB atau FireWire . sekarang sudah menggunakan PCI .7 juga sinyal pemodulasi.

8 Halaman ini sengaja dikosongkan .

dll). agar kemudian dapat dijadikan sebagai tolok ukur dan penilaian atas pemahaman dasar kami. Setelah mengambil dan mempelajari data-data tersebut. seperti cara kerja beberapa perangkat hardware. Selain itu. Setelah mendapatkan beberapa pemahaman mengenai penjelasan-penjelasan yang bersumber dari buku-buku dan artikel-artikel dari search engine di internet beserta penjelasan dari dosen. kami segera menulis hal-hal yang penting.9 BAB III Metodologi Penelitian 3. kami menuliskannya dalam sebuah laporan.2. Alat dan Bahan • Alat • Alat Tulis • Laptop • Bahan • CPU bekas . sehingga kami mendapatkan informasi mengenai komponenkomponen semakin mengerti. kemudian kami menggambarkannya ke dalam bahasa yang mudah dan dapat kami mengerti. 3. printer. kami juga melakukan pengenalan terhadap bagian-bagian hardware pada CPU (Central Processing Unit).yang kemudian kami mencoba untuk merakitnya. keyboard.1 Metode penelitian Metode yang kami lakukan dalam pengenalan dan pemahaman terhadap hardware (perangkat keras) yakni dengan cara membaca referensi yang bersumber dari artikelartikel pada beberapa search engine di internet dan bukubuku. input output device (mouse. di samping itu kami juga menanyakan halhal yang belum jelas kepada dosen/ asisten kami. khususnya pada bagian motherboard dengan cara menyediakan CPU bekas.

yang kemudian di gunakan untuk menjawab soal soal tugas pendahuluan. • Pembuatan laporan hasil praktikum Dalam pembuatan laporan hasil praktikum. sampai CPU tersebut dapat menyala.10 3. yang dimana bahan yang digunakan adalah CPU. . • Pelaksaan praktikum Pada saat pelaksaan praktikum materi yang diperaktekan adalah Hardware. kemudian CPU tersebut dirakit dengan cara menghubungkan komponen komponen yang ada.3 Pelaksanan percobaan • Pengumpulan data Untuk pengumpulan data menggunakan sumber literatur dari buku dan internet.semua yang telah dilakukan dalam praktikum dituliskan dan dijelaskan dalam bentuk wacana.

Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem.11 BAB IV Hasil dan Pembahasan 4. input device (unit masukan) 2. 4. maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi. Berdasarkan fungsinya. Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya. yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi. Process device (unit Pemrosesan) .1 Pengertian Hardware Hardware adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata.2 Perangkat hardware Secara fisik. Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware). Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut. akan mengakibatkan tidak berfungsinya proses-proses yang ada komputer dengan baik. perangkat keras komputer dibagi menjadi : 1. Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. atau yang juga disebut dengan dengan istilah instruction set.

1 Input Device Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. @. B.12 3.Keyboard Keyboard Komputer adalah sebuah alat papan ketik terdiri dari beberapa tombol pada umumnya terdiri dari 85 sampai 120 buah tombol untuk menuliskan untuk menuliskan huruf (A. Gambar 4. Perangkat yang didesain sesuai dengan bentuk lekuk tangan ini umumnya memiliki dua tombol klik utama yaitu klik kiri dan klik kanan. 1. 2 sampai 9) dan juga simbol-simbol (!. angka (0. dll) serta tombol-tombol khusus seperti (F1. ^. 1. yang dibawah ini atau baliknya terdapat bola . Mouse Mouse merupakan perangkat yang digunakan untuk memasukkan data dengan cara menekan tombol klik. Backing Storage ( unit penyimpanan) 4. F2 ESC dll) ke Komputer yang akan ditampilkan di layar monitor komputer. Output device (unit keluaran) 4.1 Keyboard 1. #. C sampai Z). %. $.2.

apabila mouse digerakkan sebelah kanan secara otomatis penunjuk akan bergerak ke kanan di atas layar. dan apabila ikon atau gambar ditunjuk dan klik sebanyak dua kali (klik ganda / double click). untuk membuka klik ganda dokumen atau membuka folder. Terdapat aktivitas utama bisa dilakukan oleh mouse yaitu klik atau single klik untuk membuat pilihan tertentu pada layar. apabila penunjuk dituju kearah menu. Touch pad . maka kita akan membuka suatu program. dan drag and dorp untuk proses pemindahan ikon atau item pada layar. 2. klik kanan untuk menunjuk arah pada layar komputer. digunakan untuk menggerakkan penunjuk Gambar 4.2 Mouse Mouse biasanya digunakan di atas permukaan yang rata. Biasanya mouse mempunyai 1 hingga 3 tombol klik dan setiap tombol klik mempunyai peranan yang tersendiri.13 kecil yang (pointer).

14 Touchpad termasuk input perangkat keras komputer yang biasa kita temukan pada laptop atau notebook. Cmos. Memory. seperti: Prosesor. 1. . Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball. berfungsi seperti mouse tetapi dengan menggunakan sentuhan jari untuk menggerakkannya.2. Lan card. 3. seperti yang biasa kita lihat di kasir minimarket yang berfungsi untuk menscan barcode pada kemasan yang menunjukkan identitas barang tersebut. ROM. tetapi output yang dihasilkan biasanya akan disimpan kedalam bentuk file. Vga card. Ada juga yang disebut sebagai barcode scanner. Unit pemprosesan adalah perangkat utama komputer yang mengelola seluruh aktifitas komputer itu sendiri. Scanner Scanner berfungsi sebagai alat untuk memasukkan data berupa gambar/foto. Klo kita lihat prinsip kerjanya sama seperti mesin photocopy. Prosesor Prosesor adalah sebuah perangkat di gunakan untuk mengolah data yang masuk. atau bisa di ibaratkan sebagai otaknya computer. 4.2 Process device (unit Pemrosesan). RAM.

biasanya disebut juga dengan memory kerja. Disk non alterable seperti CD-ROM merupakan suatu jenis penyimpanan yang hanya bisa dibaca. RAM Memori penyimpanan sementara yang bersifat acak. Memori yang hanya dapat dibaca. .4 RAM 3. Pada memory ini karena disimpan sementara (volatile). Gambar 4. ROM Disingkat dengan ROM. Biasanya ROM dipakai untuk menyebutkan bagian-bagian elektronik tertentu dlam suatu komputer. maka data yang disimpan pada memori ini akan hilang. ROM dapat dibaca tapi tidak dapat diperbaharui.3 Prosesor 2. maka apabila komputer tidak mendapatkan daya (off).15 Gambar 4. Read Only Memory bersifat non-volatile dan tidak hilang meskipun power dimatikan.

CMOS memerlukan daya yang sangat kecil untuk . Gambar 4.6 VGA 5. VGA juga memiliki processor yang dinamakan GPU(Graphics Processing Unit) dan membutuhkan memory juga.16 Gambar 4. CMOS Cmos adalah suatu memory yang khusus yang berisi data vital mengenai konfigurasi komputer dan bersifat semipermanen. VGA Untuk mengolah data graphis dan ditampilkan di layar monitor.5 ROM 4.

1. dan chip ini memanfaatkan baterai sebagai sumber daya listriknya. kertas (hardcopy). Saat ini layar monitor diproduksi dalam dua bentuk. visual display unit. dll. dll.7 Baterai CMOS 4. monitor. yaitu CRT (cathode ray tube) atau Flat Panel seperti TFT LCD. . Contoh dari output device adalah printer. suara.17 mempertahankan kontennya.3 Output Device Output device adalah perangkat komputer yang berguna untuk menghasilkan suatu keluaran seperti gambar. Gambar 4. Monitor adalah salah satu unit output device yang berfungsi menampilkan gambar-gambar dari komputer yang bisa dilihat tanpa merekamnya. Monitor Dapat disebut juga dengan computer display.2. atau monitor saja. speaker.

tray adalah tempat menaruh . baik berupa teks maupun gambar/grafik di atas kertas.9 Speaker 3.18 Gambar 4.8 Monitor 2. Gambar 4. Speaker Adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput. Printer Adalah alat yang menampilkan data dari komputer dalam bentuk cetakan. Printer terbagi atas beberapa bagian. yaitu picker sebagai alat pengambil kertas dari tray.

sedangkan tinta / inkjet tidak butuh pemanasan.10 Printer 4. Plotter Adalah salah satu jenis printer yang dirancang secara khusus guna menghasilkan output komputer berupa gambar / grafik. Sedangkan cartridge adalah alat pencetaknya. berbagai bentuk gambar akan dicetak dengan ukuran ekstra dan dengan kualitas tinggi.19 kertas di printer. toner atau laser butuh pemanasan sebelum mencetak. . Gambar 4. Perbedaan toner dengan tinta adalah perbedaan sistem. Dengan menghubungkan plotter ke komputer. Tinta / toner adalah bahan pencetaknya.

2.11 Plotterr 4. Data disimpan dalam lingkaran konsentris yang disebut track. Hal . Hard Disk Hardisk merupakan piranti penyimpanan sekunder dimana data disimpan sebagai pulsa magnetik pada piringan metal yang berputar yang terintegrasi. Floppy disk dapat dengan mudah dihapus dari komputer.20 Gambar 4. Atau dapat diartikan dengan cakram keras.Sebuah perangkat penyimpanan kapasitas rendah yang dapat ditulis sebagai mudah seperti yang dibaca.12 Harddisk 2. Gambar 4. Floopy Drive Floppy Drive .4 Backing Storage 1.

Gambar 4.21 ini disebut sebuah floppy karena bagian dari media yang menyimpan data pada bahan yang tidak kaku tetapi tertutup dalam kasus yang lebih rigit untuk memberikan ketahanan. CD ROM atau DVD dapat dihapus dari komputer.13 Floopy Drive 3. Kadang-kadang jenis drive yang digunakan untuk membuat cadangan data dari hard drive sehingga data tidak hilang jika hard drive istirahat.Digunakan untuk menyediakan penyimpanan permanen data tetapi jenis drive yang digunakan untuk membawa informasi ke komputer yang lebih umum daripada yang digunakan untuk menyimpan informasi dari komputer. CD-ROM dan DVD-DRIVE CD-ROM drive atau DVD drive . Sebuah DVD drive menyimpan data lebih dari drive CD ROM dan DVD memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup bahwa mereka dapat digunakan untuk memutar atau menyimpan film. Media penyimpanan. .

Memory Sebuah alat yang di gunakan untuk menyimpan data sementara saja.14 CD-Rom dan CD-Drive 2. Memori merupakan bagian dari komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan informasi yang harus diatur dan dijaga sebaik-baiknya.15 Memory . Gambar 4.22 Gambar 4.

23 Halaman ini sengaja dikosongkan .

1 Kesimpulan Dari serangkaian praktikum dan tugas pendahuluan yang dilakukan terhadap PC yang di rakit.24 BAB V PENUTUP 5. maka dapat di buat suatu kesimpulan di antara lain: 1. . Komponen pendukung dalam motherboard yang diantaranya:Heatsink.CMOS. input serta penyimpanan di luar motherboard. Brainware yang baik dapat menghasilkan sebuah PC yang baik beserta fungsinyba. Komponen utama PC terdapat di dalam motherboard yang diantaranya CPU. 3.RAM.BIOS beserta VGA.Po wer Suply. 2.Northbridge.ROM.Southbridge. 4. Piranti pendukung lainnya berupa alat output. Slot and Port.

2 Saran Dalam perakitan PC dan pengenalan ada beberapa hal yang harus di perhatikan oleh operator. PC memiliki banyak fitur yang berbeda. 4. Modul Praktikum Tik 2012  <URL:http://e205. Diperlukan ketelitian dan ketenangan yang baik di dalam perakitan PC. Mekanisme pemasangan PC yang rumit di haruskan untuk mempelajari terlebih dahulu supaya tidak terjadi kerusakan setelahnya. Penyusunan komponen memiliki mekanisme khusus dan aturan yang harus di ikuti. 5. pastikan memakai fitur yang tepat untuk pemakaian yang diperlukan. DAFTAR PUSTAKA e205. 3.org/wpcontent/uploads/2012/09/MODUL-2012.25 5. Bagi operator pemula di perlukan pembimbing untuk merakit serta memilah komponen komponen PC. 2. di antara lain: 1.pdf> .

html  http://alulnaxkudus.blogspot.ac.reyvababtista.blogspot.com/2011/11/pengertianfloppy-disk.com/2011/12/pengerti an-hard-disk.com/2011/05/pera ngkat-komuter-proses.catatanteknisi.com/  http://ivana9f.blogspot.html  http://bayuzu.id/?p=76  http://artikelfathur.com/2010/09/mengen al-output-device-alat-keluaran.html  http://www.26  http://alulnaxkudus.web.html  http://windha-kumala.com/2012/02/perangk at-keras-komputer-input.blogspot.com/2012/03/peng ertian-dan-fungsi-dvd-rom-drive.com/2012/06/mediapenyimpanan-pada-komputer.com/2011/05/peran gkat-komuter-proses.html  http://blogesupri.blogspot.blogspot.ugm.html .html  http://motekarkarya.html  http://www.blogspot.

c. Di dalam monitor touchscreen ini terdapat dua tranduser. Dan kelebihnnya apa. Selain itu dilengkapi juga dengan sebuah reflektor yang berfungsi sebagai pencegah agar gelombang ultrasonic tetap berada pada area layar monitor. Capasitive touchscreen memiliki sebuah lapisan pembungkus yang merupakan kunci dari cara kerjanya. sebutkan. Fungsi CMOS. Kenapa banyak dipakai sekarang. • Untuk mensuplai tenaga bagi BIOS unuk melakukan setting terhadap sebuah mainboard. Panel touchscreen ini dilengkapi dengan sebuah lapisan pembungkus berbahan indium tinoxide yang dapat meneruskan arus listrik secara kontiniu untuk kemudian ditujukan ke sensornya. Resistive Touchscreen Touchscreen yang termasuk dalam jenis ini adalah touchscreen yang layarnya dilapisi oleh sebuah lapisan tipis berwarna metalik yang bersifat konduktif dan resistif terhadap sinyal-sinyal listrik. Perkembangan teknologi touchscreen ada 3. namun sangat andal dalam ketahanan dan kejernihannya. 2. Capasitive Touchscreen Touchscreen jenis ini memiliki cara kerja yang cukup rumit. • Cara Kerja Touchscreen Sebuah layar touchscreen yang paling sederhana terdiri dari .27 Lampiran 1. yaitu pembungkus yang bersifat capasitive pada seluruh permukaannya. pengirim dan penerima sinyal ultrasonik. • Teknologi tochscreen a. b. Surface Wave Touchscreen Teknologi touchscreen yang satu ini memanfaatkan gelombang ultrasonik untuk mendeteksi kejadian di permukaan layarnya. Cara kerjanya.

maka dari itu sensornya juga merupakan sensor sentuh. • Kelebihan touchscreen a. • Sistem operasi ini merupakan sistem operasi yang menggunakan antarmuka dengan pengguna berbasis teks. Touch Sensor Touch sensor merupakan sebuah lapisan penerima input dari luar monitor. Yang mengembangkan siapa. Jika perintah ini hanya dilakukan oleh situs yang akan menjadi korban. Secara sederhana serangan DOS bisa dilakukan dengan menggunakan perintah ping yang dimiliki windows . Yang diinginkan. dengan tanda kesiapan menerima perintah dari pengguna yang disebut dengan prompt. • Cara kerja DOS dalam melakukan serangan kepada situs yang diinginkan. Cepat dalam mengakses c. Software driver Software driver merupakan sebuah software pengatur yang diinstal pada perangkat komputer atau PC Anda yang tugasnya adalah untuk mengatur agar perangkat touchscreen dan komputer dapat bekerja sama untuk digunakan dalam berbagai macam keperluan. Namun jika perintah ini dilakukan oleh banyak komputer pada . Input dari touchscreen adalah sebuah sentuhan. 2. Mudah dan praktis b. Proses ping ini ditujukan kepada situs yang akan menjadi korban. 3. Cara kerjanya bagaimana. Komponen tersebut adalah sebagai berikut: 1. perintah ini mungkin tidak menimbulkan efek bagi komputer korban. Jika perintah ini dilakukan hanya oleh sebuah komputer. Perkembanagn DOS.28 tiga buah komponen utama dalam bekerja. Menu-menu utama sangat mudah diakses 3. Controller Controller merupakan sebuah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan antara sensor dengan perangkat komputer yang akan memproses sentuhan tersebut. DOS itu apa.

Cara menambah RAM di handphone. • Perkembangan DOS yaitu IBM dan Microsoft selanjutnya merilis versi-versi DOS.memory swap akan sangat berguna ketika memory utama sudah penuh terpakai. • Memory swap adalah area atau ruang pada hardisk yang merupakan bagian dari memory virtual. MS-DOS versi 4. yang disebut dengan OS/2. • Exynos Exynos adalah prosessor mobile yang dikembangkan oleh samsung elektronik. Merk prosessor untuk ponsel. Pada awalnya. Memory SWAP. 5.jenis prosessor exynos ini merupakan prosessor yang dibangun berbasis SoC yang memang dibangun khusus untuk perangkat mobile semacam smartphone dan tablet. maka perintah ini bisa memperlambat atau menghentikan kerja komputer korban. karena Microsoft sedang berkonsenstrasi untuk mengembangkan sebuah sistem operasi penerus DOS. • Cara menambah RAM pada handphone itu sendiri dengan mempartisi memory dengan. seperti programprogramnya atau utilitas yang disertakannya. ketika melisensikan DOS kepada IBM. dan para perusahaan tersebut dipersilakan mengubah nama MSDOS menjadi nama yang mereka gunakan 4. Tapi. Perkembangan dari awal sampai sekarang bagaimana. IBM hanya menggunakan apa yang layak digunakan dari MS-DOS yang dirilis oleh Microsoft. Microsoft. versi IBM selalu dirilis lebih lambat dibandingkan dengan versi MS-DOS. Karena itulah. menandatangani perjanjian lisensi yang salah satu poinnya mengandung bahwa Microsoft boleh melisensikan MS-DOS kepada perusahaan selain IBM.0 adalah versi MS-DOS pertama yang benar-benar sama seperti IBM PCDOS.29 salah satu situs. di mana versi IBM yang langsung dibundel dengan komputer IBM PC disebut dengan "IBM PC-DOS" (singkatan dari InternationalBusiness Machine Personal Computer Disk Operating System). 6. memory yang dapat digunakan .

client. storage. Trackball. mudah untuk di kontrol. lalu keluar dari aplikasi. Spesifikasi minimal cloud computing. Cloud Computing adalah sebuah model komputasi / computing. RAM. Dengan cara mempartisi memory SWAP tersebut. Berikut adalah beberapa kategori layanan yang tersedia dari sebuah 'Cloud' seperti: • Infrastructure As A Services (IAAS) • Platform As A Service (PAAS) • Software As A Service (SAAS) 9. dimana sumber daya seperti processor / computing power. • Optical mouse . • Download aplikasi ”usb storage manager" di googleplay colokan flashdisk dan jalankan aplikasinya "usb storage manager" dan di dalam aplikasi tsb ada pilihan "mount usb storage now" dan "unmount usb storage now" klik mount usb storage now sampai ada icon usb storage nya di atas. Sebuah setup infrastruktur model cloud computing biasanya di kenali sebagai 'Cloud'. 7. Iya kenapa. dinamik dan skalabilitas yang hampir tanpa limit adalah beberapa atribut penting dari cloud computing.30 untuk menambahkan RAM pada HP adalah memory SWAP. Cara kerja OTG dari flashdisk ke handphone. Kecepatan internetnya. 8. untuk melihat data nya masuk ke file manager mnt/sdcard/usbstorage. Butuh daya berapa. Kekurangan dan kelebihan masing-masing. optical mouse. Model billing dari layanan in umumnya mirip dengan modem layanan publik. Ketersediaan ondemand sesuai kebutuhkan. dan software menjadi abstrak dan diberikan sebagai layann di jaringan / internet menggunakan pola akses remote. laser mouse. Tidak kenapa. jelaskan cara kerjanya. Server. network. Mungkin atau tidak diterapin di indonesia.

31 Cara kerjanya mouse optik menggunakan sebuah led merah sebagai pengganti bola mouse. sinarnya melalui apa saja. sehingga kemungkinan kegagalan putaran tidak ada. tak memungkinkan debu masuk ke dalam mouse. Karena tertutup penuh. Cahaya LED ini akan dipantulkan oleh permukaan meja/alas ke sensor CMOS. Menggunakan bola karet yang ada pada bawah mouse yang menggunakan sensor yang berputar sesuai dengan koordinat x dan y. Kelebihannya tak ada bagian yang harus bergerak. Prosesnya dengan detail.. termasuk di tempat di mana mouse optik sulit sekali dipakai 10. Gambar diagram blog proses input dan output. DSP akan menganalisis gambaran tadi dan menentukan jarak pergeseran mouse yang kemudian dikirimkan ke komputer. Berdasarkan data tersebut. Keunggulan Mouse laser bisa digunakan hampir di mana saja. Koordinat yang dikirim mouse kemudian digunakan komputer untuk memosisikan pointer. Ribuan gambar diambil dalam waktu satu detik untuk mengetahui pergerakan mouse. . Keuntungan lebih murah • Laser mouse Cara kerjanya pancaran sinar laser bergerak mengikuti tangan pengguna. Sinar laser itu menghidupkan sistem sensor optik seperti pada mouse optik biasa. komputer akan menggeser posisi kursor mouse pada layar. Sensor ini kemudian mengirimkan gambaran permukaan ke Digital Signal Prosessor. • Trackball Cara kerjanya.

• Output Tahap ini adalah tahap pemunculan semua data-data yang telah diproses dan disimpan. printer. Hardware yang menjadi media output antara lain monitor. Operasi ini biasa dilakukan dengan media-media hardware semacam keyboard. dsb. dsb. datadata tersebut kemudian akan disimpan dalam komputer. • Penyimpanan Data-data yang telah diproses tentunya perlu disimpan agar bisa kembali dibuka di saat user membuthkan. Namun media penyimpanan utama pada komputer adalah harddisk. Adapun media penyimpanan yang bisa digunakan ada banyak macamnya. . gambar. Data yang dimunculkan oleh media output dapat berupa suara. dsb. CPU atau processor adalah media yang menjadi tempat berlangsungnya proses ini. Nah. Tahap ini juga merupakan pusat dari segala aktivitas komputer. speaker. mouse. benda konkret. video. • Prosesing Tahap ini merupakan tahap pengolahan yang dilakukan oleh komputer terhadap data-data yang telah dimasukkan dalam operasi input.32 • Input Operasi input adalah proses memasukkan data oleh user untuk diolah oleh komputer.

Northbridge dan southbridge. 15. • Southbridge Chip yang mengontrol bus IDE(Integrated Drive Electronics). USB(Universal Serial Bus). Dengan penambahan rangkaian PEC biasanya mengguakan kapasitor yang lebih meratakan tegangan yang dihubungankan dengan flied-effect transistor MOSFET. 12. • Karena setiap warna kabel memilki tegangan yang berbeda-beda serta fungsi yang berbeda pula. lepaskan RAM lalu bersihkan alur . dukungan Plug and Play. MOSFET terhubung secara serial dengan sisi input transformator sebagai on-off switch yang akan menghasilkan feedback jika terjadi perubahan yang dibutuhkan berupa sinyal PWM sehingga dengan cepat hasil output akan tetap terjaga. • Berbentuk sinyal-sinyal elektronis. Bentuk fisik FSB. • Input listrik AC 220 volt diubah ke DC me. keyboard. • Northbridge Chip yang menghubungkan kinerja processor dengan memory system. fitur power management dll. 14. Indikator BEEP pada buzzer. Melalui system bus chipset berhubungan ke komponen lain yang terhubung pada motherboard. Fungsinya.33 11. Cara kerja dari FSB. karena melalui FSB keduanya saling mengirim dan menerima data atau informasi. menjembatani PCI(Peripheral Component Interconnect) dan ISA(International Standard Architecture). mouse. Solusinya. 13. Proses di dalam power supply.alui rectifrre kemudian filtering atau proses pembersihan dari noise sumber listrik AC. • Cara kerja. bus AGP / PCI-ex dan PCI. Kenapa kabel dari power supply warna berbeda-beda. • Beep 1x – RAM (memory) rusak atau tidak terpasang dengan benar. FSB merupakan tulang punggung hubungan antara prosessor dengan chipset pada motherboard.

Solusinya belikan baterai CMOS yang baru. Perlu mengganti chipset BIOS atau motherboard. perlu diganti. Kemungkinan perlu penggantian motherboard. Motherboard timer tidak berfungsi dan kemungkinan perlu diganti. Periksalah baterai CMOS pada motherboard. • Beep 6 x – Biasanya menunjukkan keyboard yang rusak. • Beep 8 x – Graphic card (VGA) rusak atau tidak terpasang dengan benar pada slot. 16. gantilah keyboard. karena ISA adalah slot orisinil dari sebuah motherboard. Jika masalah berlanjut. Solusinya sama dengan masalah RAM di atas. • Beep 7 x – Processor bermasalah (Processor Exception Interrupt Error). • Beep 9 x – BIOS/Motherboard bermasalah (ROM checksum Error ). Biasanya kalau baterai tidak terpasang dengan benar. • Beep 2 x – RAM bermasalah (Memory Parity Error in first 64KB block) • Beep 3 x – RAM bermasalah (Memory Read/Write Error in first 64KB block) • Beep 4 x – Motherboard bermasalah. atau tidak terpasang dengan benar. • Beep 10 x – Motherboard bermasalah (CMOS shutdown Read/Write error). seringkali dayanya sudah habis. Cek soket keyboard yang menancap pada bagian belakang casing. coba cari pinjaman RAM yang sesuai sebelum membeli yang baru. • ISA (Industry Standar Architektur) Slot ini dalah yang paling umum tersedia pada motherboard. • MCA (Micro Channel Architektur) . Soket keyboard dari jenis PS-2 lebih rawan rusak daripada jenis USB.34 PCB pada kaki RAM menggunakan penghapus dan pasang kembali. Jika masalah berlanjut. Nama-nama slot dan fungsinya. • Beep 5 x – Processor bermasalah. • Beep 11 x – Checksum-Error. Perlu diganti.

slot ini sangat umum terdapat pada motherboard yang menggunakan prosesor intel. Review video cara pembuatan prosesor/CPU. MCA lebih kuat menghadapi gangguan listrik. Cairan (warna biru) yang di tuangkan di atas wafer saat diputar adalah sebuah proses dari photo resist yang sama seperti yang kita kenal di film untuk fotografi. Ingot kemudian diiris menjadi discdisc silikon individual yang disebut wafer. Silikon dimurnikan dalam tahap berlapis untuk akhirnya nencapai kualitas produksi yang disebut Electronic Grade Silicon (EGS). 17. • Pengirisan ingot. • Mengaplikasikan photo resist. Hasil dari photo resist diekspos ke sinar ultraviolet (UV. . dengan permukaan selembut kaca cermin. Hasil dari photo resist yang diekspos ke sinar UV akan bersifat dapat larut. jenis pasir quartz. • Pasir. Sebuah ingot memiliki berat sekitar 100 kilogram (220 pound) dan memiliki kemurnian Silicon 99. • Silicon cair. EGS mungkin hanya mengandung sebuah atom asing setiap satu triliun atom Silikonnya. Tetapi MVA memilki keterbatasan. Reaksi kimianya ditrigger oleh tahap pada proses tersebut.35 Slot ini di perkenalkan pertama kali oleh IBM. memilki presentasi tinggi dari silicon dioksida (SiO2) dan merupukan bahan dasar dari semikonduktor. • Wafer. Sebuah ingot dibuat dari Electronic Grade Silicon. • PCI (Pheripheral Component Interconnect) PCI dikembangkan oleh intel. sama dengan apa yang terjadi pada material film pada sebuah kamera saat Anda menekan tombol shutter. Wafer-wafer ini dipoles sedemikian rupa hingga tanpa cacat. Wafer diputar selama tahap ini untuk membuatnya sangat tipis dan bahkan mengaplikasikan layer photo resist. Exposure diselesaikan menggunakan mask yang berfungsi seperti stensil dalam tahap proses ini. • Kristal silicon tunggal-ingot. • Exposure.9999%.

• Menghapus photo resist. diekspos dan photo resist yang terekspos dibersihkan sebelum tahap berikutnya. Terdapat photo resist (warna biru) diaplikasikan di sini. cerita bergambar ini hanya akan fokus pada sebuah bagian kecil dari sebuah mikroprosesor. mengendalikan aliran arus listrik dalam sebuah chip komputer. • Etching (menggores). Photo resist akan melindungi material yang seharusnya tidak tertanam ion-ion. photo resist dihilangkan dan bentuk yang diharapkan menjadi terlihat. Photo resist yang lengket dilarutkan sempurna oleh suatu pelarut. mask membentuk polapola sirkuit yang bervariasi di atas tiap layer dari mikroprosesor. Setelah proses Etching. Sebuah transistor berfungsi seperti sebuah switch. • Mengaplikasikan photo resist. Material yang ditinggalkan akan digores (disketch) dengan bahan kimia. Sebuah lensa (di tengah) mengurangi image dari mask. Proses ini meninggalkan sebuah pola dari photo resist yang dibuat oleh mask. area-area wafer silikon yang diekspos dibombardir dengan "kotoran" kimia bervariasi yang disebut Ion-ion. • Penanaman ion. Photo resist melindungi material yang seharusnya tidak boleh tergores. Melalui seuatu proses yang dinamakan "ion implantation" (satu bentuk proses yang disebut doping). Sehingga yang dicetak di atas wafer biasanya adalah empat kali lebih kecil secara linier daripada pola-pola dari mask. yaitu pada sebuah transistor atau bagianbagiannya.36 Saat digunakan dengan cahaya UV. Ion-ion ditembakkan . Ion-ion ini ditanam dalam wafer silikon untuk mengubah silikon pada area ini dalam memperlakukan listrik. Meskipun biasanya ratusan mikroprosesor bisa dihasilkan dari sebuah wafer tunggal. Peneliti-peneliti di Intel telah mengembangkan transistor-transistor yang sangat kecil sehingga sekitar 30 juta transistor dapat diletakkan pas di kepala sebuah peniti. • Membersihkan photo resist.

prosessor telah jadi. • Prosessor. Lapisan-lapisan metal dibentuk untuk interkoneksi (seperti kabel-kabel) di antara transistortransistor. die tunggal yang telah jadi pada tahap sebelumnya (pengirisan). photo resist dihilangkan dan material yang seharusnya di-doped (warna hijau) memiliki atom-atom asing yang sudah tertanam (perhatikan sekilas variasi warnanya). Material ekses dari proses sebelumnya di hilangkan. • Lapisan-lapisan logam. • Pemolesan. • packagingBagian dasar. Setelah penanaman ion. • Class testing. prosesor-prosesor akan ditest untuk key karakteristik . Wafer-wafer diletakkan ke suatu larutan sulfat tembaga di tahap ini. • Transistor yang sudah siap. Wafer di iris-iris menjadi bagianbagian yang disebut Die. Bagian dari sebuah wafer yang sudah jadi ini diambil untuk dilakukan test fungsionalitasnya. • Electroplating. Ion-ion tembaga bergerak dari terminal positif (anoda) menuju terminal negatif (katoda) yang dipresentasikan oleh wafer. • Memisahkan die yang gagal berfungsi. Di desin dengan arsitertuk fungsional prosesor sehingga chip-chip computer terlihat sangat flat. • Pengirisan wafer. Die-die yang saat test pola merespon dengan benar akan diambil untuk tahap berikutnya. Tiga lubang telah dibentuk (etching) di dalam layer insulasi (warna magenta) di atas transistor. • Individual die. • Testing wafer. Ion-ion tembaga ditanamkan di atas transistor melalui proses yang disebut electroplating. die. dan heatspreader digabungkan menjadi sebuah prosesor yang lengkap.37 di atas permukaan wafer pada kecepatan tinggi. Tiga lubang ini akan terisi dengan tembaga yang akan menghubungkannya ke transistor-transistor lainnya.

prosesor dengan kapabilitas yang sama di kumpulkan pada transporting trays yang sama pula.38 • Binning. Cari komponen hardisk. Jenis paling baru dari hardisk. 21. Nama sambungan (port) yang ada di belakang CPU • Port power supply kabel power listrik Port ini digunakan untuk menghubungkan power supply dengan CPU • Port ps/2 mouse Port ini disebut dengan port serial type 2 yang digunakan untuk menghubungkan mouse Port ini digunakan untuk mouse dengan model lama . yang apabila diberi tegangan tinggi piringan tersebut tidak akan hilang. • Berbentuk file seperti piringan magnetic. Prosesor-prosesor yang telah siap dan lolos test akhirnya masuk jalur pemasaran dalam satu kemasan box. Perkembangan hardisk. • Retail package. • Platter • Media perekam • Logic boards • Read/write head • Head slider • Head actuator mechanisms • Motor spindle • Voice coil • Air filter 19. 18. Bentuk fisik data yang tersimpan pada hardisk. Studi kasus : mengapa setelah proses Burning complete CD-Drive otomatis keluar (eject)? • Karena kerja dari burning telah selesai sehingga CDDrive menerima otomatis keluar. 20.

mic) berfungsi menghubungkan CPU dengan peralatan audio (speaker. • Port serial digunakan untuk menghubungkan mouse. joystick dan modem eksternal • Port video (monitor) / Port VGA Port ini menghubungkan monitor dengan CPU dan membuat monitor menampilkan isi dari cpu tersebut • Port parallel Termasuk dalam port paralel adalah port penghubung printer. mic. out. • Port network Port ini digunakan untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya (jaringan LAN) Juga berfungsi menghubungkan CPU dengan jaringan komputer. card wireless. . modem. line out. Port ini juga biasa digunakan untuk menyambungkan komputer dengan internet • Port sound card (line in. dan port penghubung disk drive. dan tv tuner) Port ini terdiri dari 3 port yaitu port line in. dan lain sebagainya. dan microphone. keyboard.39 • Port ps/2 keyboard Port ini disebut dengan port serial type 2 yang digunakan untuk menghubungkan keyboard • Port USB Port ini merupakan port multi fungsi yang dapat digunakan pada beberapa perangkat atau feriperal lainnya seperti mouse. modem.

40 • Port modem line telepon Port ini berfungsi sebagai penghubung untuk internet memakai modem dial up (jaringan telepon) .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->