Pandangan Iman Kristen Terhadap Gaya Hidup Modern

Natalina Martha Deborah N XI – IPA 1 “TUGAS AGAMA”

b. Konsumerisme : menganggap barang-barang mewah sebagai ukuran kebahagiaan. c. Akibatnya. Gaya hidup seperti itu ditiru oleh masyarakat lain. Kapitalisme liberal : menumpuk modal sebanyak-banyaknya sebagai tujuan tindakan ekonomi manusia. banyak gaya hidup yang bertentangan dengan iman-iman kristiani. Timbulnya dampak negatif dari gaya hidup seperti itu diantarnya disebabkan oleh masyarakat maju. Liberalisme : menekankan kebebasan yang seluas-luasnya bagi hidup individu dan sosial. yang tingkat ekonominya sangat tinggi dan tatanan masyarakat yang sudah mapan. f. Gaya hidup yang menurut kia menyimpang itu misalnya seperi: a. Hedonisme : kesenangan adalah tujuan tertinggi segala usaha manusia. Matenalisme: menempatkan materi sebagai hal dan tujuan tertinggi dalam hidup manusia. Elitisme : kecenderungan bergaya hidup mewah.BAB I PENDAHULUAN Pada zaman modern seperti sekarang. d. pola hidup mereka itu bertentangan dengan norma yang ada di dalam masyarakat setempat/disekitar. e. yang padahal belum tentu kemampuan ekonominya memadai. . Mereka menganggap bahwa pola hidup seperti itulah yang sesuai dengan status di zaman modern ini.

. Di dalam lingkungan penganut paham ini. Alkitab menasehatkan kita untuk berytolong-tolongan (Gal 6:2) 4. sebab tidak semua gaya hidup modern sesuai dengan Firman Tuhan. uang dan benda-benda berharga serta mengesampingkan nilai kerohanian. entah itu menyenangkan bagi orang lain atau tidak. 3. Materialistis Materialisme (kata sifatnya: materialistis) adalah pandangan hidup yang mencari dasar segala sesuatu. Oleh karena itu. Dalam paham ini manusia guna mencapai tujuannya. alkitab sangat menentang gaya hidup seperti ini. Berikut adalah paham-paham gaya hidup modern tersebut: 1. ketika ia menginginkan kebun anggur Nabot (1 Raj. Bagi penganut paham ini. di dalam alam kebendaan semta-mata dengan mengesmpingkan segala sesuatunya yang mengatasi alam indera. berfoya-foya. segala aktivitas hidup mereka diarahkan kepada harta benda. Raja Ahab pernah jatu kedalam pencobaan semacam ini. termasuk juga kehidupan manusia.BAB II ISI Pandangan iman Kristen tentang gaya hidup modern harus kita nilai secara kritis. Bgi para penganut paham ini. 2. Konsumeristis Konsumenrisme adalah gaya hidup / pandangan hidup yang suka menghabiskan waktu uang untuk berbelanja secara berlebihan. bukan hanya benda melainkan juga makanan dan minuman. Individualistis Individualisme (kata sifatnya: individualistis) adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa dirinya sendiri adalah lebih penting dari orang lain / yang paling penting (egois). Hedonistis Hedonisme (kata sifatnya: hedonistis) adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa kesenangan dan kenikmatan materi adalah tujuan utama hidup. segala hal boleh dilakukan olehnya. Gaya hidup ini tidak sesuai dengan Firman Tuhan. bersenang-senang pesta pora. 21:1-29). dan pelesiran merupakan tujuan hidupnya. Memang kita perlu memikirkan diri sendiri namun jangan berlebihan. hidup dijalani dengan sebebas-bebasnya demi memenuhi hawa nafsu yang tanpa batas. Segala sesuatunya berpusat pada dirinya sendiri.

yang mau tidak mau jugadihadapkan dengan siswa masa kini.Gaya hidup ini bertentangan dengan Firman Tuhan karena memuaskan hawa nafsu (2 Pet 2:13) Dampak Negatif dari BAB III PENUTUP Gaya hidup yang meluas pada masa modern ini. tidak jarang ditemui siswa Kristen yang gaya hidupnya menyimpang dari jalan Alkitab. orangorang terdekat punya peranan yang sangat besar dalam hal ini. agar tidak terpeleset ke jalan yang salah. para siswa Kristen pasti dapat menyakini dan menjalani gaya hidup yang sebenarnya diinginkan Tuhan seperti yang ditulis dalam Alkitab . Di saat zaman sudah modern. Tidak dapat dipungkiri bahwa ada siswa Kristen termasuk menjadi penganutnya. Walaupun perlahan. Mereka tidak lagi memperdulikan apa yang ditulis oleh Alkitab . Mereka harus membantu menyadarkan para siswa.

id/books? id=aMEIWtbgGiYC&pg=PA79&lpg=PA79&dq=pandangan+iman+kri sten+terhadap+gaya+hidup+modern&source=bl&ots=QmACeGdS v&sig=ZIioWLPdwfQlg4MdZLeDdMKmPJU&hl=id&sa=X&ei=m1IzUbW AHoL4rQeWg4GIDg&redir_esc=y#v=onepage&q=pandangan %20iman%20kristen%20terhadap%20gaya%20hidup %20modern&f=false .DAFTAR PUSTAKA http://www.google.com/doc/80232700/Pandangan-Iman-KristenTerhadap-Gaya-Hidup-Modern http://books.scribd.co.

Kata Pengantar Puji dan syukur saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa. karena atas berkat dan limpahan rahmatNyalah maka saya dapat menyelesaikan sebuah karya tulis. 28 Februari 2013 Penulis. Dalam penulisan makalah ini saya mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada pihak-pihak yang telah membantu saya dalam menyelesaikan makalah ini. Jakarta. Melalui kata pengantar ini penulis lebih dahulu meminta maaf dan memohon permakluman bila mana isi makalah ini ada kekurangan dan ada tulisan yang saya buat kurang tepat atau menyinggumg perasaan pembaca. Natalina Martha Deborah N . Dengan ini saya mempersembahkan makalah ini dengan penuh rasa terima kasih dan semoga makalah ini dapat memberikan manfaat.