BAB 1 : PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Dewasa ini, perlunya akan informasi global. Mendorong kita agar terus maju mengikuti perkembangan zaman yang ada.Termasuk dalam ke-teknik-sipilan, kita harus mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan ilmu pengetahuan yang semaakin berkembang pesat. Untuk itu kebutuhan akan informasi dirasa semakin perlu, dalam rangka memenuhi kebutuhan akan informasi tersebut. Kami membuat sebuah metode ilmiah dengan pembahasan berupa Satuan Standar Internasional (SI) untuk metric dalam keteknikan. Untuk memperluas pengetahuan kita akan standar-standar yang berlaku di dunia internasional, agar memudahkan kita dalam setiap pekerjaan yang berhubungan dengan dunia internasional. Dan memperluas jangkauan kerja kita sebagai seorang engineer.

1.2 Rumusan Masalah
Sistem standar Internasional di rasa perlu untuk di dalami, mengingat era globalisasi yang terus mengalami perkembangan setiap saat. Perlunya Satuan Internasional (SI) bagi insinyur atau lulusan teknik sipil adalah untuk mengembangkan usahanya tidak hanya di dalam negeri saja, tapi mampu merambah ke dunia global dan untuk memudahkan kita dalam setiap pekerjaan ke teknik-sipilan, mengingat setiap satuan atau ukuran yang digunakan dalam ke teknik-sipilan banyaknya menggunakan bahasa internasional.Juga di karenakan satuan dan ukuran yang dipakai adalah, satuan dan ukuran yang telah disesuaikan ke dalam Standar Internasional (SI).

1.3 Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan, agar kita dapat mengetahui dan menggunakan Satuan-satuan Standar Internasional (SI). Yang berlaku dalam dunia keteknikan, dan memudahkan kita dalam menyelesaikan setiap masalah yang menggunakan Satuan Internasional (SI), seperti dalam hal pengukuran, dan menganalisis suatu struktur yang kebanyakan menggunakan Satuan Internasional dalam satuan pengukurannya atau penjabarannya.

1.4 Manfaat penelitian
Dapat mengerjakan suatu perkejaan yang membutuhkan perbandingan dan konversi pengukuran yang menggunakan Standar Internasional (SI).Dan mengaplikasikannya ke dalam dunia kerja di lapangan.Untuk itu karya tulis ini dibuat, agar memudahkan rekan-rekan lulusan sipil lainnya.

1 KIMIA DASAR

1. Cara-cara yang digunakan padapenelitian ini adalah : Studi Pustaka. 2 KIMIA DASAR .Metode studi kepustakaan. juga dengan metode pencarian bebas melalui media internet. 1.6 Metode Pengumpulan Data Data penulisan makalah ini diperoleh dengan metode studi kepustakaan. Dalam metode ini penulis membaca buku-buku yang berkaitan dengan penulisan materi ini.5 Metode Penulisan Penulis mempergunakan metode observasi dan kepustakaan. Selain itu. yang kemudian dikumpulkan dan ditulis kembali menggunakan data yang paling mendekati dan sesuai dengan data yang diinginkan.

Pengukuran ini tidak melibatkan pengubahan bentuk wujud fisikpada benda yang diukur. kontrak.meja.001 gram) dan dengan begitu tidak didaftarkan artikel ini. atau suatu konversi tidak mungkin sama persisadanya. 3 KIMIA DASAR . Sebagai pembanding. PROSES KONVERSI Proses konversi tergantung pada situasi yang spesifik dan tujuan yang diharapkan. tanpa harus meningkat atau mengurangi ketepatan pengukuran awal. berubah pengukuran ke unit dan angka-angka yang dapat dikerjakan dan menyenangkan di (dalam) sistem yang baru .Nilai nominal kadang-kadang diijinkan dan digunakan. Perkecualian dibuat jika unit biasanya dikenal oleh nama lain ( sebagai contoh. Spesifikasi teknis atau standard lain yang ditetapkan. 1 kilogram= 1000 gram. unit didaftarkan berurutan menurut abjad. dan SI unit ( dasar atau memperoleh) digaris bawahi. 1 miligram= 0.BAB 2 : PEMBAHASAN DAN ISI 2. tentang item . 1 mikron= 10^6 meter).Ini juga dapat disebut dengan konversi lembut. Edit Multiplication faktor Konversi antara unit di (dalam) sistem metrik dapat dibedakan oleh awalan mereka ( sebagai contoh. Pertimbangan rancang-bangun dapat meliputi beberapa factor antara lain :     Ketepatan Dan Ketelitian pengukuran dan ketidak-pastian pengukuran yang dihubungkan Interval Toleransi Atau Interval Kepercayaan yang statistik pengukuran awal Banyaknya figure-figur yang penting dalam pengukuran Dalam penggunaan pengukuran diharapkan mencakup toleransi yang di sepakati oleh perancang bangunan Beberapa konversi dari satu sistem unit ke sitem unit lainyamembutuhkan pengukuran yang tepat. suatu konversi sangat sulit. atau penggantian ukuran. kadang-kadang melibatkan suatu bentuk wujud yang sedikit berbeda. Ini mungkin diatur oleh peraturan. pemesanan editTable Di dalam masing-masing tabel.1.1 LANDASAN TEORI 2.1 KONVERSI UNIT A.

2. yang sesuai dengan Standar Internasional (SI).1.2.2 PEMBAHASAN 2. SATUAN DASAR (BESARAN POKOK) STANDAR INTERNASIONAL (SI) Berikut daftar satuan Besaran Pokok. Kuantitas length Unit meter Simbol m mass kilogram kg time second s electric current ampere A thermodynamic temperature amount of substance kelvin mole K mol luminous intensity candela cd 4 KIMIA DASAR . yang menjadi dasar untuk mencari besaran turunan.

2.01 0. PREFIX (Awalan) Berikut beberapa prefix (awalan) yang digunakan dalam menentukan satuan Standar Internasional (SI) Prefix Simbol yotta zetta exa peta tera giga mega kilo hecto deka deci centi milli micro nano pico femto atto zepto yocto Y Z E P T G M k h da d c m µ n p f a z y Perkalian Pemangkatan 1024 1021 1018 1015 1012 1 000 000 000 1 000 000 1000 100 10 0.2.000 001 0.001 0.000 000 001 109 106 103 102 101 10-1 10-2 10-3 10-6 10-9 10-12 10-15 10-18 10-21 10-24 5 KIMIA DASAR .2.1 0.

plane Jenis radian* Simbol rad Unit SI Lainnya m/m = 1 m2/m2 = 1 angle. solid steradian* sr Celsius temperature degree Celsius °C K electric capacitance farad F C/V electric charge.2. quantity of electricity coulomb C A·s electric conductance siemens S A/V electric inductance electric potential difference. quantity of heat joule J N·m kg·m/s2 force newton N frequency (of a periodic phenomenon) hertz Hz 1/s lm/m2 cd·sr illuminance luminous flux lux lumen lx lm 6 KIMIA DASAR .2.3. TURUNAN Kuantitas angle. work. electromotive force henry volt H V Wb/A W/A electric resistance ohm Ω V/A energy.

directional dose equivalent. organ dose equivalent sievert Sv J/kg catalytic activity katal kat mol/s 7 KIMIA DASAR . ambient dose equivalent.magnetic flux weber Wb V·s Wb/m2 J/s N/m2 magnetic flux density power. personal dose equivalent. kerma gray Gy J/kg dose equivalent. radiant flux tesla watt T W pressure. specific energy imparted. stress pascal Pa activity (referred to a radionuclide) becquerel Bq 1/s absorbed dose.

l mass t 8 KIMIA DASAR . turn area volume hectare liter** metric ton or tonne*** ' " 1' = (1/60)° = pi/10 800) rad 1" = (1/60)' = (pi/648 000) rad r 1 r = 2 pi rad 1 ha = 1 hm2 = 104 m2 1 L = 1 dm3 = 10-3 m3 1 t = 103 kg ha L. KONVERSI UNIT SI : Kuantitas Unit minute time hour day Simbol min h d Nilai dalam SI 1 min = 60 s 1 h = 60 min = 3600 s 1 d = 24 h = 86 400 s degree* ° 1° = (pi/180) rad minute* plane angle second* revolution.2.4.2.

2. if the value is used in nutrition candle or candlepower centiliter fermi gamma micron millimicron mho γ (gamma) λ (lambda) candela milliliter or liter femtometer nanotesla micrometer nanometer siemens microgram cubic millimeter or microliter 9 KIMIA DASAR . PERUBAHAN UNIT SI Perubahan Simbol Kilo` Hasil Perubahan kilogram joule (J). if the value is used in physics calorie kilojoule (kJ).5.2.

rd** rem Simbol Nilai dalam SI 1 nautical mile = 1852 m 1 nautical mile per hour = (1852/3600) m/s 1 bar = 100 kPa 1 b = 100 fm2 = 10-28 m2 1 Ci = 3.6.7 x 1010 Bq 1 R = 2.2.58 x 10-4 C/kg 1 rad = 10 mGy = 10-2 Gy 1 rem = 10 mSv = 10-2 Sv 10 KIMIA DASAR . UNIT LAINNYA (Temporarily Units) Jenis nautical mile knot bar* barn curie roentgen rad rem bar b Ci R rad.2.

11 KIMIA DASAR .1. menggunakan bagan sederhana Satuan Standar Internasional. yang berjudul “Satuan Standar Internasional dan Konversi Unit”. 3. yang telah kami buat. KESIMPULAN berikut kesimpulan yang dapat kami rangkum dari hasil karya tulis. kami harap dapat memberi suatu wawasan pengetahuan yang baru dan tambahan ilmu kepada yang membaca. PENUTUP Demikian hasil metode ilmiah kami.BAB 3 3.2.

kami mengharapkan adanya saran dan kritik yang membangun.3. 12 KIMIA DASAR . SARAN Untuk memperbaiki tulisan kami ke depannya.3.

DAFTAR PUSTAKA   US Metric Association : www.colostate.metric.htm 13 KIMIA DASAR .org http://lamar.edu/~hillger/basic.4.3.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful