Fakta-fakta Alergi Diperkirakan sekitar 50 juta penduduk Amerika dipengaruhi oleh kondisikondisi alergi.

Biaya dari alergi di Amerika adalah lebih dari US$ 10 milyar setiap tahunnya. Alergi rhinitis (alergi hidung) mempengaruhi sekitar 35 juta penduduk Amerika, 6 juta darinya adalah anak-anak. Asma mempengaruhi 15 juta penduduk Amerika, 5 juta darinya adalah anak-anak. Angka dari kasus-kasus asma berlipat ganda selama 20 tahun terakhir. Siapa Berisiko dan Mengapa ? Alergi dapat berkembang pada umur berapa saja, kemungkinan bahkan didalam kandungan. Mereka umumnya terjadi pada anak-anak namun mungkin dapat menimbulkan gejala-gejala untuk pertama kalinya pada waktu dewasa. Asma mungkin berlangsung lama pada orang-orang dewasa sedangkan alergi hidung cenderung berkurang di usia tua. Beberapa orang sensitif (peka) terhadap allergen-allergen tertentu dimana kebanyakan tidak peka? Mengapa orang-orang alergi menghasilkan lebih banyak IgE dari pada yang tidak alergi? Kelihatannya faktor utama yang membedakannya adalah keturunan. Untuk beberapa waktu, telah diketahui bahwa kondisi-kondisi alergi cenderung berkelompok/berkerumun

risiko anda lebih besar dari 60%. infeksi. paru-paru. Adalah jelas bahwa anda harus mempunyai suatu tendensi genetik dan di ekspose pada suatu allergen sehingga mengembangkan suatu alergi. risiko anda meningkat sampai 30% dan jika kedua-duanya alergi. mereka semua berasal dari suatu tanggapan/reaksi imun yang berlebihan pada bahan-bahan asing pada orang-orang yang sensitif. Beberapa dari ini termasuk merokok.keluarga-keluarga. lebih mungkin suatu alergi akan berkembang. belum diketahui. Apalagi. . Sebagai tambahan. Jika tidak ada satupun orang tua anda alergi. penyakit-penyakit yang mana mungkin dapat berkembang atau berapa beratnya gejala-gejala yang mungkin terjadi. Masih belum jelas apa yang menentukan bahan.bahan apa yang memicu suatu reaksi pada orang yang alergi. Ada pengaruh-pengaruh penting lainnya yang dapat berkomplot untuk menyebabkan kondisi-kondisi alergi. Anda juga tidak seharusnya mewarisi alergi yang sama atau penyakit-penyakit yang sama seperti orang tua anda. dan perut. hidung. Kondisi-Kondisi Tandanya Umum Alergi dan Gejal-Gejala dan Tanda- Bagian-bagian tubuh yang cenderung bereaksi pada alergi termasuk matamata. anda mungkin kenyataanya tidak pernah mempunyai gejala-gejala. polusi. lebih hebat dan ber-ulang-ulang ekspose pada suatu allergen dan lebih awal terjadi didalam kehidupan. kesempatan anda mendapat alergi adalah kira-kira 15%. kulit. Walaupun beragam penyakit-penyakit alergi dapat timbul berbeda. dan hormon-hormon. Walaupun anda mungkin mewarisi kecenderungan mengembangkan alergi. Risiko anda sendiri mengembangkan alergi berhubungan dengan sejarah alergi dari orang tua anda. Jika satu orang tua alergi. Potongan utama lainnya dari teka-teki alergi adalah lingkungan.

Serbuk sari diudara. Sedangkan allergen-allergen yang ditelan atau disuntik mereka akan berjalan menuju bagian-bagian lain tubuh dan memprovokasi gejala-gejala yang jauh dari titik masuknya. kucing).protein spesifik yang memprovokasi tanggapan imun (contohnya. Kita akan mengasumsikan bahwa allergen-allergen didefinisikan sebagai: sumber dari bahan-bahan yang menghasilkan alergi (sebagai contoh. bahannya sendiri (dander kucing).. atau protein. Feld1. Allergen-allergen mungkin dapat terhirup. tercerna (termakan atau tertelan)... Kita telah melihat bahwa allergen-allergen adalah tipe-tipe spesial dari antigenantigen yang menyebabkan reaksi-reaksi alergi. Ada dimana saja Allergen-Allergen ? Dimana-mana. dari Felis domesticus (kucing yang jinak). akan berdampak sedikit pada kulit. Mereka mudah sekali terhirup dan jadi akan menyebabkan lebih banyak gejala-gejala hidung dan paru-paru dan membatasi gejala-gejala kulit. Struktur kimia dari allergen-allergen mempengaruhi jalannya ekspose.. adalah allergen kimia yang paling penting pada dander kucing. atau disuntik kedalam tubuh baik sebagai suatu obat atau . allergen-allergen didalam makanan mungkin dapat mempercepat pelepasan penengah-penengah (mediators) didalam kulit dan menyebabkan hives.Uraian-uraian singkat berikut akan menyajikan suatu ikhtisar dari kelainankelainan alergi yang umum. contohnya. Gejala-gejala dan penyakitpenyakit yang ditimbulkan tergantung sebagian besar dari jalan masuknya dan tingkat ekspose pada allergen-allergen. dipakai pada kulit.. Feld1). Sebagai contoh.

asma. kulit. dan conjunctivitis. Serbuk sari: pohon-pohon. Kemampuan dari allergen-allergen untuk berpergian menerangkan bagaimana gejala-gejala dapat terjadi pada area-area yang berlainan dari saluran . Penyakit-penyakit yang umum yang berasal dari allergen-allergen udara adalah hay fever. rumput-rumput. namun dapat memicu reaksi-reaksi alergi ketika dihirup oleh individuindividu yang sensitif.dengan tidak hati-ati oleh sengatan serangga. beberapa berinfeksi. dan/atau rumput-rumput liar Tungau Protein-protein binatang: dander. Disamping oksigen. udara mengandung suatu variasi yang lebar dari partikel-partikel. Didalam Udara Yang Kita Napas Bernapas dapat penuh risiko jika anda alergi. allergen-allegen mungkin dapat mengakses kedalam aliran darah dan menjadi terpasang pada IgE tertentu didalam sel-sel pada tempat-tempat yang jauh seperti kulit atau selaput-selaput hidung. dan beberapa tidak berbahaya termasuk allergen-allergen. beberapa beracun. dan/atau urin Spora-spora jamur Bagian-bagian serangga: kacoa-kacoa Didalam Apa Yang Kita Makan Ketika makanan-makanan dan obat-obatan dicerna. Allergen-allergen berikut umumnya tidak berbahaya.

Harus dicatat bahwa ketika beberapa allergen-allergen (contohnya. Kesulitan bernapas dengan hidung atau reaksi-reaksi kulit mungkin juga dapat terjadi.pencernaan. kerang-kerangan. Obat-obatan (ketika diminum): contohnya. Dua grup utama allergen-allergen yang dicerna adalah: Makanan: Makanan yang paling umum yang menyebabkan reaksi-reaksi alergi adalah susu sapi. Contoh-contoh dari allergic contact dermatitis termasuk: Latex (menyebabkan reaksi-reaksi IgE dan non-IgE) Tumbuh-tumbuhan (poison ivy and oak) Zat pewarna (Dyes) Bahan-bahan kimia Logam-logam (nickel) KosmetikKosmetik Allergic contact dermatitis tidak melibatkan antibodi IgE. antibiotik-antibiotik dan aspirin Menyentuh kulit Kita Allergic contact dermatitis adalah suatu peradangan kulit yang disebabkan oleh suatu reaksi alergi lokal. bagaimanapun. tidak hanya pada kulit saja. kacang-kacangan. Rash yang ditimbulkan adalah serupa dengan yang dari suatu ivy rash yang beracun. latex) bersentuhan dengan kulit. Untuk kebanyakan orang. ikan. namun melibatkan sel- . Mayoritas dari reaksi-reaksi kulit lokal ini tidak melibatkan IgE. kacang-kacang tumbuhan. dan gandum. mual. mereka diserap oleh kulit dan dapat juga berpotensi menyebabkan reaksi-reaksi keseluruh tubuh. namun disebabkan oleh sel-sel peradangan. telur-telur. kulit adalah suatu penghalang yang hebat yang hanya dapat dipengaruhi secara lokal. diare. Reaksi-reaksi alergi makanan dapat mulai dengan pembengkakan lidah atau tenggorokan dan mungkin diikuti oleh kesemutan (tingling). atau kram perut. kedele.

insulin) . Berikut adalah allergen-allergen yang paling umum disuntikan yang dapat menyebabkan rekasi-rekasi alergi yang berat: Racun serangga Obat-obatan Vaksin-vaksin (termasuk suntikan alergi) Hormon-hormon (contohnya. Menyentuh atau menggosok suatu unsur/bahan yang pernah membuat anda sensitif sebelumnya dapat memicu suatu rash kulit (skin rash). Yang Disuntikkan Kedalam Tubuh Reaksi-reaksi yang paling berat dapat terjadi ketika allergen-allergen disuntikan kedalam tubuh dan mendapat akses langsung kedalam aliran darah. Akses ini membawa risiko dari suatu reaksi umum.sel dari sistim imun yang diprogram untuk bereaksi ketika dipicu oleh suatu allergen yang mensensitifkan. seperti anaphylaxis. yang dapat membahayakan nyawa.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful