Kapal feri

Kapal feri atau kapal penyeberangan adalah sebuah kapal transportasi jarak dekat.Feri mempunyai peranan penting dalam sistem pengangkutan bagi banyak kota pesisir pantai, membuat transit langsung antar kedua tujuan dengan biaya lebih kecil dibandingkan jembatan atau terowong. Feri pejalan kaki dengan banyak pemberhentian, seperti di Venesia, kadang kala dikenali sebagai bis air atau taksi air.

Jenis : Berbagai macam kendaraan air digunakan sebagai feri, tergantung pada jarak perjalanan, kapasitas kapal, kecepatan yang diperlukan dan keadaan air yang harus dilalui. Hydrofoil digunakan karena kelebihannya untuk melaju pada kecepatan tinggi, menggantikan hovercraft. Hydrofoil juga terbukti sebagai solusi praktis, mudah, cepat dan ekonomis. Untuk Jarak yang dekat dapat digunnakan feri kabel, dimana feri digerakkan dan di kendalikan dengan menggunakan kabel yang disambung di kedua sisi. Kadangkala feri kabel digerakkan menggunakan tenaga manusia. Feri arus adalah feri kabel yang menggunakan kekuatan arus sebagai sumber energi. Feri rantai dapat digunakan di sungai yang berarus laju pada jarak pendek. -RO-Ro (muatan agak besar) ,Double Ended (depan dan belakang dapat digunakan, sehingga saat kapal akan digunakan ke tempat lain tidak perlu balik arah) , Catamaran Kapal feri seringkali berlabuh di tempat yang dibuat khusus untuk meletakkan kapal dengan cepat dan untuk penurunan dan pengisian yang mudah, dikenal sebagai slip feri. Jika feri membawa kendaraan atau kereta, biasanya terdapat jambatan (ramp) yang disebut apron yang merupakan bagian dari slip. Dalam kasus lain, jembatan apron merupakan bagian daripada feri itu sendiri. Bukti-bukti yang menunjukan bahwa bangsa Indonesia telah memanfaatkan kapal-kapal sebagai sarana penting dalam transportasi laut dapat dilihat pada relief-relief Candi Borobudur yang berupa relief perahu bercadik. Perahu bercadik tersebut mampu berlayar hingga jauh sampai ke Pulau Madagaskar (Afrika). Bukti lainnya yaitu pembuatan kapal phinisi yang dilakukan oleh bangsa Bugis di Sulawesi Selatan.Teknologi pembuatan kapal di Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat setelah mendapat pengaruh asing seperti pengetahual teknologi navigasi dan pelayaran. Hal tersebut mengakibatkan Indonesia memiliki industri kapal yang modern. Industri perkapalan di

Kapal Turboferi TF-120 memiliki model sistem gerak yang tidak tunak. Jenis kapal laut yang sangat dekat dengan aktivitas sebagian besar manusai adalah kapal feri. Kapal ini berlayar di teluk Santander. Industri kapal Indonesia dimotori oleh PT. Kapal feri tidak hanya memuat penumpang.Indonesia berawal dari sebuah bengkel tempat mereparasi kapal. [16] Keadaan yang tidak tunak tersebut menyebabkan kapal feri ini menjadi tidak stabil dan tidak dapat dikontrol. Nama : Rheza Satria Ryadenata NRP : 4212100128 .Kapal feri dibagi menjadi beberapa jenis dimana desain pembuatan jenis-jenis kapal feri ini dipengaruhi oleh beberapa hal seperti panjang rute. Sejalan dengan perkembangan dan kemajuan teknologi maka penciptaan kapal laut semakin beraneka-ragam. Perusahaan ini merupakan sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN). truk. PAL Indonesia. Sebuah kapal feri dengan jenis turboferi tipe TF-120 cukup menarik perhatian. Kapal feri sangat sering ditemukan di perairan –perairan Indonesia sebagai sarana penyebrangan. Tidak semua kapal laut memiliki model sistem gerak yang tunak. Kemudian bengkel itu berkembang menjadi industri yang merancang dan membangun kapal sebagai sarana transportai laut. Pelayaran Laut Nasional Indonesia (PT.Kapal laut tersebut dapat diklasifikasikan secara umum dengan berdasarkan pada tenaga penggeraknya.motor dan lain-lain. kecepatan air dan lain-lain. jenis pelayarannya. kapal feri juga dapat memuat kendaraan seperti bus.Pelni). Industri tersebutdioperasikan oleh PT. Kapal laut mulai dibuat dengan berbagai-macam variasi sesuai dengan kebutuhan yang harus dipenuhi saat itu. fungsinya dan bahannya. Spanyol. kapasitas penumpang. Cantabria. Kapal laut yang memiliki model sistem gerak yang tidak tunak akan memiliki gerakan yang tidak dapat dikendalikan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful